10 Merk Minyak Sayur Terbaik

Posted on

Minyak sayur atau minyak goreng yang termasuk dalam sembilan bahan pokok dalam kehidupan sehari-hari, tergolong dalam bahan pangan esensial yang harus ada di rumah. Hampir seluruh proses memasak menggunakan minyak sayur. Merk minyak sayur pun telah lama beredar di pasar Indonesia.

Banyaknya merk tentu saja menciptakan keleluasaan dalam memilih. Namun, fenomena ini juga mengacu pada kesalahan dalam memilih minyak, yang akhirnya berpengaruh pada konsumsi minyak yang berlebih hingga kemungkinan penimbunan lemak pada tubuh.

Tips Memilih Minyak Sayur Bagus

Merk bukan hanya sekadar label, tapi juga sebagai indikator bahwa produk yang dijual merupakan produk dengan kualitas baik. Bagaimana bisa? Pasalnya, minyak sayur yang sudah bermerk menggunakan sistem produksi yang baik pula. Lantas, bagaimana cara memilih minyak sayur yang bagus?

1. Lihat Warna Minyak

Lihat-Warna-Minyak

Tips pertama yang paling mudah dilakukan yakni lihatlah warna minyak. Minyak sayur yang bagus memiliki warna kuning bening hingga keemasan. Bila Anda menemukan minyak goreng dengan warna demikian, bisa jadi itu merupakan minyak sayur yang bagus.

Hindari minyak sayur dengan warna kuning pekat hingga kecoklatan. Warna pekat mengindikasikan tidak adanya penyaringan dan minyak terkontaminasinya dengan hal lain. Dengan begitu, minyak belum seutuhnya menjadi minyak sayur yang layak digunakan sehari-hari.

2. Perhatikan Packaging Minyak

Perhatikan-Packaging-Minyak

Packaging atau bungkung dari minyak sayur tentunya juga harus jadi bahan perhatian. Apalagi minyak sayur akan dibawa dalam perjalanan panjang, atau disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pembungkus minyak haruslah bagus tidak bocor, berbau, bahkan sobek. Bila sesuatu terjadi pada pembungkus minyak, maka bisa dipastikan sedikitnya minyak telah terkontaminasi kotoran di luarnya. Ada baiknya Anda menghindari pembelian minyak dengan packaging yang rusak.

3. Perhatikan Merk Minyak Sayur

Perhatikan-Merk-Minyak-Sayur

Terakhir perhatikan merk minyak. Jangan tergiur dengan harga murah dari produsen minyak abal-abal. Apalagi minyak akan digunakan setiap hari untuk memasak makanan dan akan ikut masuk ke dalam sistem pencernaan.

Hendaknya Anda memilih merk terpercaya dengan produk yang telah dijamin memiliki kualitas baik. Banyak merk yang menyediakan kemasan ekonomis, untuk mempermudah Anda dalam penggunaan sehari-hari.

10 Merk Minyak Sayur Terbaik

Merk yang baik akan memberikan produk yang baik pula. Anda sedang mencari merk minyak yang terpercaya dengan kualitas yang baik? Jangan bingung, berikut 10 merk minyak sayur yang bisa dipilih berdasarkan budget atau berdasarkan kebutuhan pribadi:

1. Bimoli

Bimoli

Minyak sayur bimoli telah jadi adalah bagi kebanyakan ibu rumah tangga di Indonesia. Tidak hanya rumah tangga, restoran makanan hingga penjual makanan pinggir jalan pun banyak menggunakan minyak merk ini, karena terbukti minyaknya awet dengan hasil goreng yang memuaskan.

Bimoli diolah dari perkebunan kelapa sawit yang terjaga kemurniannya. Kelapa sawit diolah sedemikian rupa hingga menjadi minyak kemasan dengan kualitas terbaik. Minyak ini tidak banyak menyerap pada makanan dan menghasilkan gorengan yang lebih garing.

2. Filma

Filma

Filma bukan hanya merk yang terkenal dengan produk margarin serba gunanya saja, tapi juga karena produk olahan nabati lainnya. Minyak sayur merk Filma juga sudah banyak beredar di Indonesia dengan penggunaan yang cukup besar.

Minyak goreng Filma menyajikan hasil makanan yang lebih legit dengan wangi yang lebih khas. Dibuat dengan biji kelapa sawit yang berkualitas, minyak Filma aman digunakan sehari hari untuk mengolah makanan rumahan.

3. Sania

Sania

Merk minyak lokal Sania telah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kandungan gizi terlebih lemak nabati dan berbagai macam asam di dalamnya, dapat menopang kebutuhan gizi tubuh yang tidak bisa diproduksi sendiri.

Sania cocok digunakan untuk sistem penggorengan dengan suhu tinggi dan jumlah yang banyak sekaligus. Cocok juga digunakan untuk sistem masak tumis yang hanya menggunakan minyak untuk melumasi permukaan wajan.

4. Sania Royale

Sania-Royale

Sedikit berbeda dengan merk Sania biasa, Sania Royale memiliki warna keemasan dengan transparansi tinggi. Ini menunjukan kualitas minyak yang lebih baik karena telah melewati beberapa kali penyaringan.

Penyaringan ini juga membentuk minyak sayur yang lebih sehat. Ketika minyak digunakan untuk menggoreng, maka hasilnya tidak akan terlalu banyak menyerap. Hasilnya pun akan lebih garing merata karena dapat mengantarkan panas secara menyeluruh.

5. Tropical

Tropical

Tropical juga jadi salah satu merk minyak goreng atau minyak sayur yang paling banyak direkomendasikan. Selain ekonomis, minyak sayur merk ini banyak digunakan karena efisiensi pemakaiannya terukur.

Kualitas murni dari minyak sawit pilihan ini banyak membuat penggunanya puas. Pasalnya, minyak tetap jernih meskipun digunakan beberapa kali. Tropical juga banyak tersedia dengan ukuran yang lebih ekonomis untuk memenuhi pasar masyarakat luas.

6. Sunco

Sunco

Sunco dengan sistem 3x penyaringannya membuat minyak ini jernih dan ringan seringan air minum. Bahkan demo iklannya menunjukan minyak sayur yang bisa diminum layaknya air. Ini membuktikan bahwa minyak dengan merk ini berbeda dengan merk minyak lainnya.

Minyak sayur yang lebih jernih, bening, dan encer tidak membuat kualitasnya lebih rendah. Malah dengan pembuktian di atas menunjukan, bahwa minyak lebih sehat dan lebih tidak menempel di permukaan makanan yang digoreng menggunakan minyak Sunco.

7. Tropicana Slim

Tropicana-Slim

Tropicana Slim terkenal sebagai merk panganan yang mengedepankan produk sehat dan baik bagi tubuh. Tidak hanya memproduksi gula rendah kalori, tepung sehat, hingga minyak jagung, merk ini juga mengeluarkan produk minyak sayurnya.

Minyak sayur dari Tropicana Slim menyajikan minyak yang sehat dengan kandungan lemak nabati yang sehat. Kadar lemak jenuh di dalamnya cenderung rendah, karena telah diolah dengan teknologi terbaik. Efeknya minyak ini bagus digunakan sehari-hari.

8. Forvita

Forvita

Tidak berbeda jauh dengan Palmia yang lebih terkenal dengan produk margarin, Forvita juga mengeluarkan produk minyak sayur. Tidak berbeda jauh dengan produk margarine yang sehat, Forvita juga memproduksi minyak sayur dengan lemak nabati yang bersahabat dengan jantung.

Kandungan lemak jenuh ditekan ke titik yang paling rendah. Tidak menghilangkan citarasa gurih yang terkandung dalam minyak goreng, Forvita justru mempertahankan tekstur dan rasa gurih alami dari kelapa sawit yang bisa dirasakan pada hasil makanan Anda.

9. Kunci Mas

Kunci-Mas

Kunci Mas jadi salah satu merk yang terkenal akan harganya yang ekonomis, namun dengan kualitas yang baik. Kunci mas banyak tersedia dan dipasarkan dengan bentuk yang kecil. Harga ecerannya pun sangat terjangkau.

Harga yang murah jadi salah satu dari banyaknya keunggulan dari minyak merk minyak sayur ini. Anda yang sedang mencari rekomendasi minyak dengan harga terjangkau, bisa memilih minyak sayur dengan merk satu ini.

10. Bertolli

Bertolli

Satu lagi rekomendasi merk minyak yang paling banyak direkomendasikan yakni Bertolli. Minyak dari produsen luar negeri ini banyak digunakan, karena hasilnya yang memuaskan dan tahan akan suhu yang tinggi. Bertolli juga tidak hanya menjual minyak sayur, tapi juga minyak nabati lainnya seperti minyak zaitun.

Minyak sayur pada dasarnya dibuat dari bahan dasar yang sama. Yang jadi pembeda yakni cara pengolahannya hingga pengemasannya. Jadi, pastikan Anda memilih merk terbaik, agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan nantinya.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan