10 Merk Microwave Terbaik yang Bagus dan Hemat Listrik

Posted on

Kegiatan memasak atau membuat kue menjadi hal yang menyenangkan, apalagi jika didukung oleh peralatan misalnya dengan menggunakan microwave. Fungsi micowave ini bukan hanya untuk memasak saja, tapi juga untuk menghangatkan makanan. Penggunaan microwave memang lebih praktis dibanding menggunakan kompor, untuk itu Anda harus mengetahui apa saja merk microwave yang bagus.

Walaupun ada banyak jenis dan merk microwave ternama di pasaran, tapi tentu kita tidak tahu merk apa saja yang kualitasnya bagus dan tahan lama. Sebelum menentukan merk tertentu saat membeli microwave, ada baiknya Anda mempertimbangkan dulu apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli.


Tips Memilih Microwave yang Bagus dan juga Hemat Listrik

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum mulai memilih merk tertentu, atau mulai membeli microwave tersebut. Berikut penuturannya :

1. Pilih Jenisnya Dahulu

Pilih-Jenisnya-Dahulu

Microwave yang bisa Anda gunakan ini terdiri dari beberapa jenis. Seperti jenis basic microwave yang hanya berfungsi sebagai pemanas makanan saja. Atau untuk mencairkan jenis makanan beku untuk kemudian dimasak/diolah kembali. Anda juga bisa memilih grill microwave yang fungsinya untuk menghangatkan, memasak, dan mencairkan makanan beku.

Jenis lainnya dari microwave ini yaitu convection microwave yang memiliki fitur yang lengkap, seperti adanya alat untuk memberi tiupan pada udara supaya panas pada makanan menjadi lebih merata. Sesuaikan dulu jenis microwave yang akan dipilih, dengan kebutuhan Anda.

2. Menentukan Ukuran Microwave

Menentukan-Ukuran-Microwave

Bukan hanya jenisnya saja yang harus Anda tentukan lebih dulu, tetapi ukuran dari microwave itu sendiri juga penting. Karena ukuran yang terlalu besar akan membuat ruangan menjadi lebih sempit. Tentukan juga tempat untuk menyimpan microwave tersebut. jika ruangan dapur Anda sempit, sebaiknya pilih ukuran yang kecil saja.

3. Pilih Kapasitas Microwave yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Pilih-Kapasitas-Microwave-yang-Sesuai-dengan-Kebutuhan-Anda

Sebelum mulai membeli, Anda harus mengecek dahulu berapa kapasitas pemanas pada microwave yang akan dibeli. Kapasitas pemanas ini bisa disesuaikan dengan jenis masakan/makanan yang Anda buat. Jika Anda sering memasak makanan dalam jumlah banyak, sebaiknya pilih microwave yang kapasitas pemanasnya besar.

Supaya makanan yang telah diolah/dimasak akan menjadi lebih awet.

 

4. Memilih Daya yang Tepat

Memilih-Daya-yang-Tepat

Daya pada microwave akan menentukan seberapa cepat matang suatu masakan/makanan yang diolah. Suatu pemanas makanan yang memiliki jumlah daya yang besar, akan membuat makanan menjadi lebih cepat merata. Lain halnya dengan microwave yang dayanya rendah. Microwave yang dayanya besar biasanya ukurannya pun besar.

 

5. Pilih Jenis Microwave yang Memiliki Fitur Lengkap

Pilih-Jenis-Microwave-yang-Memiliki-Fitur-Lengkap

Ada beberapa fitur yang bisa Anda temukan di suatu merk microwave tertentu. Seperti misalnya fitur defrost dan tombol yang khusus untuk memasak jenis makanan tertentu. Seperti misalnya pizza, soup, popcorn dan sebagainya. Fitur-fitur tersebut akan memudahkan proses memasak dengan microwave.

Merk Microwave yang Bagus dan Hemat Listrik

Fungsi microwave juga bisa untuk menghilangkan bekuan es, pada makanan yang disimpan lama di kulkas atau freezer. Berikut ini ada beberapa merk microwave yang bagus, yang bisa menjadi rekomendasi Anda dalam membeli microwave. Berikut penjelasannya :

1. Microwave Samsung

Microwave-Samsung Keunggulan pada microwave Samsung ini ada pada kapasitas tampungnya yang cukup besar, yang mampu menampung hingga 28 liter. Namun tentu saja jumlah wattnya pun besar, yaitu mencapai 1400 watt. Microwave ini adalah salah satu produk Korea yang sudah dikenal kualitasnya, desainnya pun cocok untuk ditaruh di area dapur atau ruang makan rumah Anda.

Microwave ini telah dilengkapi dengan keramik yang berlapis enemel, fungsinya supaya mudah dibersihkan dan mengusir bakteri yang menempel. Kisaran harganya yaitu Rp.110.000 – Rp.3.350.000.

2. Microwave Bosch

Microwave-Bosch

Microwave ini juga bisa dipakai untuk mencairkan makanan beku dalam waktu cepat, bisa juga digunakan untuk memanaskan makanan dan mengolah makanan. Produk asal Jerman ini, juga telah dilengkapi dengan metode memasak lainnya yaitu memanggang. Ada pula pilihan kombinasi lainnya pada microwave ini, yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kisaran harganya yaitu Rp.5.950.000 – Rp.7.450.000.

3. Microwave LG

Microwave-LG

Microwave dengan brand yang sudah ternama ini, sudah dilengkapi dengan teknologi smart inverter. Artinya, terdapat fitur di dalamnya yang bisa mengatur daya memanaskan makanan atau mencairkan makanan beku dalam waktu yang cepat. Microwave ini juga telah dilengkapi dengan lapisan Easy Clean Coating dengan serbuk koherasi secara khusus yang cukup tinggi.

Fungsinya yaitu supaya lebih mudah dibersihkan. Kisaran harganya Rp.385.000 – Rp.3.373.300.

4. Microwave Modena

Microwave-Modena

Microwave dengan merk Modena ini termasuk jenis microwave yang multifungsi, karena bisa digunakan untuk memasak, memanggang, dan memanaskan. Microwave ini telah dilengkapi dengan teknologi inverter. Ada pula fitur auto menu atau cook function yang akan memudahkan Anda dalam proses memasak menggunakan microwave ini.

Kisaran harganya Rp.994.800 – Rp.11.385.000.

5. Microwave Sharp

Microwave-Sharp

Microwave ini dapat memanaskan makanan, tapi juga bisa digunakan untuk memanggang makanan seperti daging ayam/sapi. Produk buatan Jepang ini juga sudah dilengkapi dengan fitur defrost, yang fungsinya adalah untuk mencairkan makanan beku dalam waktu yang cepat.

Sehingga produk makanan beku yang sudah lama disimpan di kulkas tak perlu diolah terlalu lama. Kisaran harganya Rp.500.000 – Rp.4.687.200.

6. Microwave Panasonic

Microwave-Panasonic

Microwave yang satu ini sudah dilengkapi dengan fitur defrost, mempunyai daya yang cukup rendah sehingga menjadi lebih hemat listrik, dan telah dilengkapi dengan tombol putar yang dimana waktu pengaturannya yaitu selama 30 menit. Microwave Panasonic ini juga mudah digunakan dan dibersihkan. Kisaran harganya Rp.500.000 – Rp.9.810.000.

7. Microwave Oxone

Microwave-Oxone

Oxone hadir dengan desain yang elegan dan juga sudah dilengkapi dengan layar sentuh. Microwave yang satu ini memang sudah lebih canggih, serta bisa digunakan untuk memanggang daging apapun. Kelebihan lainnya yaitu dapat menampung lebih banyak makanan, serta memiliki berbagai fungsi lain di dalamnya. kisaran harganya Rp.800.000 – Rp.3.249.000.

8. Microwave Electrolux

Microwave-Electrolux

Pada microwave Electrolux, sudah terdapat fungsi timer yang fungsinya yaitu untuk mengatur jangka waktu hingga maksimum 60 menit dan sudah dilengkapi dengan fitur signal bel. Microwave ini juga mempunyai pengaturan dalam hal waktu serta daya, dengan menggunakan tombol knob.

Ada juga fitur tombol start yang fungsinya yaitu untuk menggunakan microwave dengan cepat. Kisaran harganya Rp.800.000 – Rp.5.544.000.

9. Microwave Ariston

Microwave-Ariston

Terdapat alat standing free pada microwave Ariston, yang sudah didesain secara khusus dengan teknologi tinggi dan bisa menjamin kekuatan dan fungsinya secara maksimal. Material bahan pada microwave ini adalah stainless steel. Ada banyak fitur yang lengkap pada microwave Ariston ini. Kisaran harganya Rp.3.570.000 – Rp.25.194.000.

10. Microwave Sanyo

Microwave-Sanyo

Terdapat enam tingkatan power pada microwave ini, sehingga penggunaan listriknya menjadi lebih hemat. Bahkan ada pula tombol manual yang sudah dilengkapi dengan fungsi memasak dengan cepat.

Dari ke 10 merk microwave yang bagus dan ternama ini, harganya memang cukup beragam dan beberapa diantaranya termasuk merk microwave yang harganya mahal. Namun, tentu saja harga ini seimbang dengan kualitas terbaiknya.

 

Lihat Juga :

  1. 10 Merk Dispenser Galon Bawah Terbaik ( Gak Berat Lagi )

  2. 10 Merk Kulkas 2 Pintu Terbaik dan Harganya

  3. 10 Merk Oven Listrik Murah yang Bagus dan Awet

  4. 10 Merk Regulator Gas yang Bagus, Aman, dan Tahan Lama

  5. 10 Merk Kompor Gas Terbaik yang Bagus dan Awet