Rekomendasi 10 Merk Microphone Terbaik yang Bagus

Posted on

Bagi Anda yang senang bermusik khususnya bernyanyi, tentu akan memerlukan microphone yang kualitasnya bagus supaya hasil suaranya pun bagus dan mumpuni. Karena jenis microphone yang baik, juga akan menghasilkan suara yang bagus pada sound systemnya. Maka dari itu banyak penyanyi yang berusaha mencari merk microphone terbaik, agar hasil suaranya bisa terdengar lebih merdu.

Kualitas microphone ini memang akan berpengaruh pada hasil sound, khususnya kelayakan sound tersebut. Namun, dalam memilih microphone dengan kualitas suara paling baik memang tidak mudah. Sehingga ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika membeli microphone ini. Apalagi setiap merk memiliki keunggulannya masing-masing.

Tips Memilih Merk Microphone yang Paling Baik

1. Sesuaikan dengan Budget

Sesuaikan-dengan-Budget

Sebaiknya sebelum membeli microphone, ada baiknya untuk menyesuaikan harga dengan budget yang dimiliki terlebih dahulu. Karena range harga di pasaran cukup variatif. Semakin mahal harga microphone, maka kualitasnya pun akan semakin bagus. Namun, sesuaikan juga dengan kebutuhan Anda.

2. Fungsi Pemakaian Microphone

Fungsi-Pemakaian-Microphone

Tips kedua dalam membeli/memilih microphone yang tepat adalah, pertimbangkan dahulu apa saja fungsi pemakaian microphone tersebut. Sebelumnya tentukan dahulu jenis microphone apa yang akan dipilih, dan digunakan untuk kebutuhan apa misalnya untuk latihan vokal, menyanyi secara live, atau untuk home recording.

Selain itu perhatikan juga bagaimana kekuatan dari suara yang dihasilkan, kebutuhan akan jangkauannya, dan bagaimana mic tersebut menangkap sinyal wireless.

2. Tentukan Jumlahnya

Tentukan-Jumlahnya

Banyak penyanyi/musisi yang sengaja membeli microphone yang jumlahnya lebih dari 1 unit, artinya pembelian sudah satu paket yang terdiri dari 2 handheld microphone ditambah dengan 1 unit receiver. Jumlah unit microphone ini, seperti biasa sesuaikan kembali dengan kebutuhan Anda.

3. Memilih Tipe Analog/Digital

Memilih-Tipe-AnalogDigital

Kedua tipe mic ini sama-sama memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Walaupun versi digital memiliki keuntungan yang lebih banyak, tetapi jika tipe analog masih berfungsi dengan baik analog juga tetap bisa menjadi pilihan.

10 Merk Microphone Terbaik dan Terbagus

Berikut ini ada beberapa merk microphone dengan kualitas suara yang paling baik dan bagus, yang bisa menjadi pilihan tepat :

1. Shure SM57

Shure-SM57

Merk microphone Shure ini merupakan salah satu alternatif pilihan yang paling baik dan paling bagus. Musisi serta produser terkenal pun, banyak yang menggunakan microphone ini. Karena hasil suaranya sangat baik untuk drum, vocal sampai gitar. Harganya sekitar 1 juta rupiah saja.

2. Shure SM58

Shure-SM58

Jenis microphone lainnya yang juga terkenal, masih dari merk yang sama yaitu Shure. Namun dengan tipe yang berbeda. Jenis microphone ini cocok untuk suara vocal yang digunakan oleh para penyanyi. Mic yang satu ini juga bisa digunakan untuk studio musik atau untuk acara live musik.

Banyak perusahaan rekaman yang menggunakan mic ini, karena memberikan sound vocal yang sangat baik. Bagi penyanyi musik-musik keras, cocok untuk menggunakan mic ini karena mis Shure ini memiliki screaming vocal yang cukup intens. Harganya juga sekitar 1 juta rupiah.

3. Shure Beta 58

Shure-Beta-58

Masih dengan merk Shure, microphone ini juga tak kalah kerennya dengan dua jenis Shure yang lainnya. Merk Shure yang satu ini harganya memang agak lebih mahal dibanding dua tipe Shure yang sebelumnya. Namun, ada harga ada kualitas. Keunggulan michophone Shure Beta ini ada pada sound vocalnya. Harganya sekitar 1-2 juta rupiah.

4. Rode NT3

Rode-NT3

Jika ingin mencoba menggunakan mic yang harganya jauh lebih mahal lagi, Anda bisa mencoba microphone tipe Rode NT3. Mic yang satu ini sangat cocok untuk gitar akustik, terutama untuk melengkapi hasil suara dari gitar yang tidak dapat tertangkap dengan baik. Selain gitar, mic ini juga cocok untuk alat musik lainnya seperti drum, perkusi, dan sebagainya.

Khusus untuk drum, mic ini cocok untuk jenis musik drum yang frekuensi suaranya tinggi. Karena mic Rode ini tidak cocok dengan frekuensi suara drum yang rendah. Mic Rode ini juga cukup baik untuk kualitas suara vokal, tapi sebaiknya tidak untuk suara vokal jenis bariton. Harganya sekitar 2-3 juta rupiah.

5. Rode NTK

Rode-NTK

Ingin mencoba menggunakan mic yang juga digunakan oleh para penyanyi ternama? Anda bisa mencoba microphone tipe Rode NTK. Harganya juga memang jauh lebih tinggi dibanding tipe Rode yang lainnya. Namun, tipe mic ini termasuk jenis mic yang awet dan tahan lama serta cocok digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kualitas suara pada mic ini juga mampu menangkap suara tanpa adanya distorsi. Suaranya jelas, micnya tahan lama, mampu menangkap suara dengan baik, dan berkualitas tinggi adalah sederet keunggulan dari microphone tipe Rode NTK. Harganya yaitu sekitar 5 juta rupiah.

6. Behringer C1

Behringer-C1

Ingin membeli microphone yang harganya tidak terlalu mahal tapi kualitasnya tetap baik? Anda bisa mencoba Behringer C1. Banyak juga musisi yang menggunakan mic ini. Mic tipe Behringer C1 ini berfungsi dengan cukup baik, apalagi jika digunakan untuk kebutuhan home recording. Jika Anda memiliki home recording, sebaiknya gunakan tipe mic yang satu ini.

Agar kualitas suara akustiknya baik, hasil mixingnya juga baik dan hasil masteringnya juga sangat layak. Harganya masih cukup terjangkau, yaitu sekitar 1 juta rupiah saja.

7. M-Audio Nova

M-Audio-Nova

Microphone dengan bentuk yang menyerupai kapsul yang unik ini, juga bisa menjadi pilihan yang tepat. kualitas M-Audio Nova sedikit lebih baik dari microphone tipe Behringer C1. Harganya pun agak lebih mahal, yaitu kisaran 1-1,5 juta rupiah.

8. Audio Technica AT2020

Audio-Technica-AT2020

Microphone yang satu ini dibuat dan dirancang secara khusus untuk pemakaian home recording. Karena suara yang dihasilkan pun cukup maksimal. Mic ini telah dirancang secara multi purpose sehingga mampu merekam segala suara baik vokal, drum overhead, string maupun instrumen akustik. Harganya sekitar 1-1,5 juta rupiah.

9. Shure KSM27

Shure-KSM27

Alternatif produk lainnya dari salah satu merk microphone yang paling terkenal adalah mic Shure ini. Bahkan jenis microphone ini sudah dikenal di dunia. Mic ini telah dirancang untuk para musisi yang disesuaikan dengan kualitas terbaiknya. Untuk aplikasi musik di studio, tipe mic ini terbilang sensitif tetapi sangat tangguh jika digunakan untuk live concert.

Mic yang satu ini sangat cocok digunakan untuk merekam segala jenis vokal sampai instrumen akustik terbaik. Harganya yaitu 3-4 juta.

10. Rode Classis II

Rode-Classis-II

Dibanding dengan merk microphone yang lainnya, tipe microphone yang satu ini harganya memang terbilang sangat mahal. Mic ini cocok untuk vokal dengan genre musik rock dan suara gitar. Anda bisa menggunakan mic Rode Classic ini untuk instumen akustik serta drum overhead. Harganya mencapai 18-20 juta rupiah.

Memilih merk microphone terbaik memang agak sulit. Karena banyaknya varian microphone dalam berbagai merk, dan dengan harga yang juga variatif. Namun, Anda bisa memilih bagaimana kelebihan dan keunggulan dari masing-masing merk lalu sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan