10 Merk Mesin Pembuat Kopi Terbaik yang Bagus

Posted on

Kopi adalah salah satu minuman yang disukai oleh banyak orang khususnya kaum pria. Memiliki mesin kopi sendiri tentu akan lebih menguntungkan karena proses pembuatannya juga lebih mudah. Apalagi jika Anda harus segera berangkat bekerja di pagi hari, mesin pembuat kopi akan menghemat waktu Anda. Beberapa merk mesin pembuat kopi terbaik, bisa menjadi rekomendasi Anda sebagai pecinta kopi.


Semakin banyaknya penikmat kopi, maka mesin pembuat kopi di pasaran pun semakin banyak dan bervariasi. Namun, tentu Anda akan kebingungan memilih mesin pembuat kopi yang mana yang cocok dengan selera dan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga harus memilih merk mesin pembuat kopi yang penggunaan listriknya lebih hemat.


Tips Memilih Mesin Pembuat Kopi Terbaik

Meracik kopi sendiri di rumah biasanya lebih membuat Anda puas, karena takaran dan rasanya akan disesuaikan dengan selera Anda. Namun, Anda juga harus memilih mesin pembuat kopi terbaik dengan cara yang tepat serta sesuai dengan kecanggihan dan fungsinya. Berikut penuturannya :


1. Pilih Jenis Mesin Kopi yang Sesuai dengan Selera Anda

Pilih-Jenis-Mesin-Kopi-yang-Sesuai-dengan-Selera-Anda

Sebelum memilih suatu merk tertentu pada pembuat kopi ini, ada baiknya Anda menentukan dahulu jenis kopi apa yang Anda sukai. Misalnya, Anda lebih suka dengan jenis kopi filter maka Anda harus membeli mesin pembuat kopi yang memang khusus untuk pembuatan kopi filter.

Atau jika Anda lebih suka kopi yang rasanya bervariasi, maka Anda bisa memilih mesin pembuat kopi yang mampu menghasilkan rasa yang bermacam-macam.


2. Bagaimana Kapasitas Mesinnya

Bagaimana-Kapasitas-Mesinnya

Setiap mesin pembuat kopi biasanya memiliki kapasitas yang beragam. Ada jenis mesin yang mampu membuat beberapa belas kopi sekaligus, tapi ada juga mesin pembuat kopi yang hanya bisa digunakan untuk membuat satu gelas kopi saja.

Jika mesin pembuat kopi ini digunakan untuk Anda dan beberapa orang di rumah, maka pilih mesin yang kapasitasnya bisa membuat 1-2 gelas kopi saja. Tapi jika mesin ini untuk kepentingan banyak orang seperti misalnya di Toko atau Kantor, maka Anda bisa membeli mesin yang kapasitasnya lebih besar.


3. Bagaimana Level Kehalusan Kopi yang Dihasilkan

Bagaimana-Level-Kehalusan-Kopi-yang-Dihasilkan

Tingkat kehalusan kopi yang dihasilkan oleh mesin pembuat kopi, juga berbeda-beda. Hal ini juga bisa disesuaikan dengan selera Anda terlebih dahulu. Anda bisa memilih mesin yang memiliki fitur pengaturan dalam setiap tingkat kehalusan kopi yang dihasilkan. Namun, jika Anda hanya memerlukan kopi bubuk biasa pilih saja menu filter yang biasa.


4. Pilihlah Mesin yang Dilengkapi dengan Penggilingan Biji Kopi

Pilihlah-Mesin-yang-Dilengkapi-dengan-Penggilingan-Biji-Kopi

Apabila Anda lebih sensitif dengan rasa kopi, sebaiknya pilih mesin pembuat kopi yang sudah dilengkapi dengan fitur tambahan penggilingan biji kopi. Sehingga, dari biji kopi terbaik yang digiling akan menghasilkan citarasa yang juga berbeda. Biasanya, mesin pembuat kopi yang seperti ini cocok untuk jenis kopi luwak atau kopi gourmet.


Merk Mesin Pembuat Kopi Terbaik dan Hemat Listrik

Ada banyak mesin pembuat kopi yang dijual di pasaran. Setiap mesin tersebut memiliki fitur dan kecanggihannya masing-masing. Anda bisa memilih mesin pembuat kopi yang otomatis, manual, semi dan super otomatis, profesional dan sebagainya. Berikut ini beberapa merk dari mesin pembuat kopi yang memiliki fungsi, kecanggihan dan harganya masing-masing :


1. Black & Decker DCM25B1 Coffee Maker

Black-Decker-DCM25B1-Coffee-Maker

Mesin pembuat kopi yang satu ini sangat tingkat kecanggihannya sederhana, termasuk juga desainnya yang cukup simpel. Ukurannya juga kecil dan minimalis sehingga tidak akan menghabiskan tempat untuk disimpan di mana saja. Kapasitas mesin ini hanya mampu menghasilkan segelas kopi saja, karena ukurannya yang kecil. Harganya Rp.130.000,-


2. Electric Syphon Coffee Maker

Electric-Syphon-Coffee-Maker

Mesin pembuat kopi ini termasuk jenis mesin manual yang sudah muncul sejak tahun 1830an. Penggunaannya berbeda dengan jenis mesin pembuat kopi yang lainnya. Jika Anda ingin menghasilkan kopi dengan cita rasa terbaik, maka mesin Syphon ini bisa menjadi pilihan. Dalam sekali pengolahan, mesin pembuat kopi ini dapat menghasilkan sekitar 3 cangkir kopi.

Harganya yaitu Rp.1.600.000,-


3. Delonghi ICM15210 Drip Coffee Maker

Delonghi-ICM15210-Drip-Coffee-Maker

Kapasitas pada mesin pembuat kopi ini cukup banyak, yaitu sekitar 10 gelas kopi dalam sekali pengolahan. Mesin ini cocok untuk mesin pembuat kopi di kantor. Cara pembuatannya pun sederhana saja. Pertama-tama letakkan bubuk kopi pada filter yang telah tersedia lalu tuangkan air di atasnya. Harganya yaitu Rp.810.000,-


4. Matrix ET-600 Coffee Grinder

Matrix-ET-600-Coffee-Grinder

Mesin ini dirancang khusus sebagai jenis mesin kopi grinder. Mesin ini juga bisa dialihfungsikan menjadi mesin espresso dengan penyajian/pengolahan yang lebih singkat. Tingkat kehalusan kopinya bisa diatur hingga 8 level. Level pertama memiliki tingkat kehalusan yang paling halus, sedangkan level 8 lebih kasar. Harganya yaitu Rp.575.000,-


5. Nescafe Dolce Gusto Genio 2 – Red

Nescafe-Dolce-Gusto-Genio-2-–-Red Ingin memiliki mesin pembuat kopi yang hemat listrik? Mesin Nescafe ini solusinya. Aroma kopi yang dihasilkan dari mesin ini bisa terjaga dengan baik dan rasanya pun tidak berubah. Desainnya unik, elegan tapi tetap stylish. Mesin ini mampu membuat kopi yang panas dan dingin. Jika tak dipakai selama 5 menit, mesin ini akan mati otomatis. Harganya yaitu Rp.2.200.000.


6. Hario EVCG-8B Electric Coffee Grinder

Hario-EVCG-8B-Electric-Coffee-Grinder

Produk mesin pembuat kopi buatan Jepang ini, memiliki keunggulan dalam pengaturan tingkat kehalusan kopi yang mencapai 50 level. Anda juga bisa menggunakan metode brewing dengan mesin Hario ini. Mesin pembuat kopi ini telah dilengkapi dengan tombol on, off dan auto yang memudahkan Anda ketika mengoperasikan grinder. Harganya Rp.3.950.000,-


7. Cosmos Coffee Maker CCM-308

Cosmos-Coffee-Maker-CCM-308 Ingin mesin pembuat kopi terbaik dengan harga ekonomis? Cosmos Coffee Makerlah jawabannya. Mesin dibuat dengan material food grade yang aman digunakan. Kapasitas kopi yang dihasilkan dari mesin ini adalah sekitar 6 cangkir kopi. Mesin ini juga dilengkapi dengan pengunci saat Anda mengambil/menyimpan teko dari mesin. Harganya Rp.315.000,-


8. Oxone Coffee & Tea Maker OX-212

Oxone-Coffee-Tea-Maker-OX-212

Oxone memiliki sistem filtrasi yang cukup canggih karena mesin ini mampu menghasilkan rasa dan aroma yang kuat pada kopi/teh yang dihasilkan. Desainnya juga dirancang khusus demi kemudahan pemakaiannya. Mesin ini dapat menghasilkan 6 cangkir kopi dan 9 cangkir teh. Harganya Rp.467.000,-


9. Electrolux Coffee Maker ECM 3505

Electrolux-Coffee-Maker-ECM-3505 Mesin Electrolux ini memiliki komponen filter serta wadah yang bisa dilepas/dipasang dengan mudah. Fungsinya untuk memudahkan Anda ketika membersihkan mesin. Mesin ini memiliki kapasitas yang banyak dalam menghasilkan kopi, yaitu sekitar 12 cangkir kopi. Harganya Rp.540.000,-


10. Severin Coffee Maker KA 4479

Severin-Coffee-Maker-KA-4479

Mesin pembuat kopi Severin ini termasuk jenis mesin yang hemat listrik. Kopi yang dihasilkan dengan mesin ini rasanya hampir sama dengan sajian kopi ala barista café. Mesin pembuat kopi dari Jerman ini dapat menghasilkan 10 cangkir kopi dalam satu sajian. Harganya Rp.580.000,-

Harga yang variatif pada setiap merk mesin pembuat kopi ini, sebanding dengan kualitas kecanggihannya masing-masing, serta tingkat rasa yang dihasilkan dari kopi yang diolah.