8 Merk Mesin Jahit Terbaik yang Bagus dan Awet

Posted on

Merkbagus.id –Memilih membeli mesin jahit bukanlah perkara yang mudah, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar tidak salah membeli. Untuk saat ini jenis mesin jahit yang paling banyak dijumpai adalah mesin jahit portable yang mudah dipasang dan dioperasikan. Banyak merk mesin jahit terbaik jenis ini yang dibanderol dengan harga bersahabat.

Jadi bagi pemula yang ingin belajar menjahit, ada banyak merk yang bisa dipilih dan dipertimbangkan. Tentunya memilih mesin jahit terbaik tidaklah mudah, selain harus bagus dan awet mesin jahit juga harus sesuai penggunaannya. Untuk itu kali ini akan dibagian tips untuk memilih mesin jahit terbaik.

Tips Memilih Mesin Jahit Terbaik Sesuai Kebutuhan

Pada tips di bawah ini, semuanya sudah lengkap hingga detail yang mungkin kadang terlupakan. Supaya semakin jelas, langsung saja disimak tips-tipsnya berikut ini :

1. Tentukan Apa Kebutuhannya

Menentukan kebutuhan mesin jahit yang akan dibeli adalah sebuah keharusan. Ini nantinya akan berpengaruh pada jenis dan fitur mesin jahit yang akan dibeli.

Misalnya saja kebutuhan mesin jahit hanya untuk keperluan biasa di rumah seperti sekedar membetulkan baju, maka mesin jahit portable sudah cukup. Tetapi apabila memiliki hobi mendesain dan membuat baju sendiri, mesin jahit yang dilengkapi dengan obras akan lebih cocok. Sementara untuk skala konveksi, mesin jahit high speed multi fungsi yang harus dipilih.

2. Memiliki Pengatur Jahitan Otomatis

Pengatur jahitan otomatis berfungsi untuk menghasilkan ragam jahitan jelujur dan zig zag. Untuk mengatur jenis atau pola jahitan jelujur menggunakan pengatur panjang. Sedangkan untuk pengatur pola jahitan zig zag menggunakan pengatur lebar.

3. Perhatikan Pola Jahitan Apa Saja yang Bisa Dibuat

Secara garis besar polanya memang hanya jelujur dan zig zag saja. Akan tetapi kedua pola dasar ini masih memiliki dilengkapi dengan varian lain. Contohnya zig zag yang lebih rapat,  atau pola jahitan zig zag longgar yang lebih panjang.

4. Cari Tahu Jenis Kain yang Bisa Dijahit

Tidak semua mesin jahit mampu menjahit semua jenis kain. Biasanya, mesin jahit portable lebih memiliki kelemahan pada poin ini. Hal tersebut karena mesin jahit portable memang didesain untuk skala rumahan.

Untuk kain yang terlalu licin seperti satin murni atau kain berbahan jeans yang tebal, mesin jahit untuk konveksi lebih cocok. Walaupun sebenarnya ada beberapa brand mesin jahit portable yang sudah mampu untuk menangani dua jenis kain ini, tapi tetap saja akan kurang praktis.

5. Pertimbangkan Fitur yang Ditawarkan

Fitur seperti banyaknya pola jahitan yang bisa dilakukan adalah sebuah hal yang wajib dipertimbangkan. Lalu hal-hal kecil seperti adanya lampu, pemintal benang, free arm, knee lifter dan pemotong benang juga patut dipertimbangkan. Meskipun hal ini bisa diatasi dengan alat lain, tapi jika mesin jahit sudah memiliki semua itu kegiatan menjahit menjadi lebih mudah dam menyenangkan.

6. Pastikan Diberi Kelengkapan Aksesoris Bawaan

Hal yang dimaksud dengan aksesoris bawaan disini adalah bagian kelengkapan mesin jahit. Seperti binding foot, button hole, foot gathering foot, walking foot dan zipper foot. Lalu jangan lupakan pula sekoci dan jarum yang akan digunakan.

Apabila saat membeli mesin jahit baru belum dilengkapi aksesoris ini, maka akan kesulitan membelinya terutama bagi yang awam. Ini karena tidak ada contoh yang bisa dibawa saat membeli aksesoris mesin jahit. Membeli aksesoris mesin jahit bukan perkara mudah loh, untuk memilih jarumnya saja ada puluhan pilihan .

7. Mempertimbangkan Suku Cadang

Mesin jahit sama seperti mesin-mesin lainnya, butuh servis rutin dan ada kalanya pula bagian suku cadangnya rusak. Sehingga memilih mesin jahit yang mudah ditemukan suku cadangnya akan lebih baik. Hal ini akan bermanfaat untuk memperpendek waktu servis dan pastinya lebih murah karena barang mudah dijumpai.

Meskipun disarankan untuk mempertimbangkan kemudahan suku cadang, tapi bukan berarti tidak boleh membeli merek yang kurang terkenal ya. Jika ingin membeli mesin jahit dengan merk yang masih jarang dijumpai, pastikan tanya dulu kepada penjual dimana tempat servis yang bisa memperbaikinya disaat rusak. Apabila membeli di toko khusus peralatan jahit, pasti penjual tahu tempatnya.

8. Memilih Penjual yang Terpercaya

Urusan membeli mesin jahit itu susah-susah gampang seperti membeli sepatu. Saat sudah ada merk dan tipe yang disukai harus dipastikan barang asli atau tidak dan barang yang dibeli merupakan barang rijek atau bukan.

Maka dari itu, sebaiknya membeli di toko terpercaya, atau kalau membeli online sangat disarankan untuk membelinya di toko official. Saat ini hampir semua brand mesin jahit ternama memiliki akun official resmi di berbagai toko online besar di Indonesia.

9. Pilih yang Sesuai Budget

Entah itu untuk kebutuhan rumah tangga atau bisnis, membeli mesin jahit yang sesuai budget sangat penting. Ini karena  harus memperhatikan biaya servis atau spare part jika rusak nantinya. Lalu harus dipertimbangkan pula biaya aksesoris, benang, sekoci, jarum dan kebutuhan lain.

Bagaimana? tips di atas sudah lengkap dan mencakup berbagai hal yang penting dan mungkin dilupakan bukan? Kalau sudah tahu apa yang perlu dipertimbangkan saat membeli mesin jahit, kini giliran rekomendasi merknya.

Rekomendasi Merk Mesin Jahit Terbaik yang Sesuai Kebutuhan, Bagus dan Pasti Awet

Brand mesin jahit di bawah ini sudah dipilih yang terbaik jadi sudah pasti bagus dan awet. Dari segi harga juga bervariasi, terutama ada banyak pilihan mesin jahit portable yang kini banyak diincar. Silakan disimak saja rekomendasi merknya di bawah ini ya :

1. SINGER 14HD854

SINGER 14HD854 merupakan mesin jahit sekaligus obras yang dilengkapi dengan multi speed drive dengan titik konsistensi. Kecepatan jahitannya mencapai 1.300 titik jahitan setiap menit tanpa meleset dan benang yang kurang kencang.

Kelebihan lain dari SINGER 14HD854 adalah pada ketahanan mesin jahit yang tidak perlu terlalu sering perawatan rutin hingga jenis kain tebal yang sanggup dijahit rapi. Selain itu di bagian bawah juga terdapat kotak penyimpan threading.

Kelebihan SINGER 14HD854

  • Dilengkapi pilihan benang untuk neci mulai dari 2,3, dan 4
  • Memiliki 3 benang obras yang dapat digunakan
  • Kecepatan jahitan hingga 1.300 jahitan setiap menitnya
  • Mesin jahit kuat dan mampu menjahit kain tebal
  • Dilengkapi kotak threading pada bagian bawah

Kekurangan SINGER 14HD854

  • Mesin jahit cukup berat
  • Harga lumayan mahal

Harga SINGER 14HD854

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 3.250.000
TokopediaRp 3.150.000
Shopee IndonesiaRp 3.591.000
BukalapakRp 3.200.000
LazadaRp 3.199.000

2. Juki DDL 8100e

Mesin jahit satu ini merupakan jenis mesin jahit industri yang dikhususkan untuk menjahit lurus 1 jarum. Kerapian jahitan serta daya tahan dan kemampuan menjahit berbagai jenis kainnya membuat merk satu ini sangat populer bagi mereka yang akan merintis usaha konveksi.

Untuk kecepatan jahitan, Juki DDL 8100e mampu mencapai 4.500 titik jahitan dalam satu menit. Dilihat dari harga mesin jahit Juki DDL 8100e juga termasuk terjangkau apabila membandingkannya dengan kualitas yang ditawarkan.

Kelebihan Juki DDL 8100e

  • Kecepatan jahitan hingga 4.500 titik jahitan setiap menit
  • Setiap pembelian dilengkapi dengan 1 dinamo, meja jahit, kaki mesin jahit, dan tool kit lengkap
  • Maksimal ketebalan bahan yang mampu dijahit adalah 10 mm
  • Sistem pelumasan mesin yang digunakan sudah otomatis
  • Sepatu bias diangkat hingga 13 mm

Kekurangan Juki DDL 8100e

  • Mesin jahit bukan portable sehingga tidak bisa dipindah kecuali dengan mejanya
  • Hanya bisa satu tipe jahitan saja

Harga Juki DDL 8100e

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 4.500.000
TokopediaRp 4.150.000
Shopee IndonesiaRp 4.177.000
BukalapakRp 4.250.000
LazadaRp 4.250.000

3. BERNETTE B48 Funlock

BERNETTE B48 Funlock merupakan salah satu mesin jahit multifungsi yang bisa digunakan untuk obras, neci, dan chanstict. Umumnya mesin jahit satu ini digunakan untuk menjahit bahan kaos yang cukup sulit atau untuk obras sambung pada bahan.

Fitur yang diberikan oleh mesin jahit satu ini diantaranya lampu LED, color coded threading diagram dan heavy duty metal frame. Hal lain yang bisa diandalkan dari BERNETTE B48 Funlock adalah pengatur kerapatan gigi dan lebar jahitan yang bisa mencapai 10 mm.

Kelebihan BERNETTE B48 Funlock

  • Kerapatan neci bisa mencapai 1,5 mm
  • Benang neci yang disediakan mulai dari 2 sampai 5
  • Memiliki 23 opsi obras dan jahit
  • Pisau pemotong yang dapat diaktifkan dan dimatikan
  • Pengaturan tekanan sepatu mudah diubah

Kekurangan BERNETTE B48 Funlock

  • Kecepatan mesin jahit baru 1.300 jahitan per menit
  • Mesin jahit masih impor dari Taiwan

Harga BERNETTE B48 Funlock

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 10.990.000
TokopediaRp 10.990.000
Shopee IndonesiaRp 9.891.000Diskon 10%
BukalapakRp 10.990.900
LazadaRp 10.990.000

4. Messina P5721

Messina P5721 termasuk salah satu merk mesin jahit portable yang cocok digunakan sebagai mesin jahit yang bagus untuk rumah tangga. Pengoperasiannya yang sederhana, serta fungsinya yang beragam menjadi kelebihan sendiri yang sulit ditawar.

Mesin jahit satu ini, memiliki fungsi pemasang benang otomatis dan pembuat lubang kancing 1 langkah yang praktis. Selain itu free arm yang ada juga memudahkan untuk menjangkau sudut sulit seperti kerah agar lebih mudah dijahit.

Kelebihan Messina P5721

  • Memiliki pemutar bobbin otomatis
  • Terdapat pemutus benang yang mudah digunakan
  • Pengatur jarak jahitan mulai dari 0 hingga 4 mm
  • Free arm memungkinkan menjahit sudut sulit menjadi lebih mudah
  • Lebar jahitan bisa mencapai 5 mm

Kekurangan Messina P5721

  • Kurang cocok untuk menjahit bahan yang tebal
  • Sangat sulit untuk menjahit bahan yang elastis seperti bahan kaos

Harga Messina P5721

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 1.790.000
TokopediaRp 1.650.000
Shopee IndonesiaRp 1.620.000
BukalapakRp 1.570.000
LazadaRp 1.599.000Diskon 39%

5. SINGER Patchwork 7285Q

SINGER Patchwork 7285Q merupakan salah satu mesin jahit portable terbaik 2019 dengan 100 jenis fungsi jahitan yang berbeda. Kecepatan mesin jahit dapat diubah dengan mudah, serta ada 6 model kancing yang bisa dibuat tanpa kesulitan.

Setiap satu set mesin jahit ini sudah dilengkapi dengan LED, canvas cooler, tool kit lengkap, even feed blind stitch foot, roller hem dan darning foot. Free arm yang dimiliki juga sangat mudah untuk menjangkau sudut sulit jahitan seperti kerah dan juga lengan.

Kelebihan SINGER Patchwork 7285Q

  • Bisa menjahit mundur
  • Mesin jahit bisa dioperasikan dengan pedal
  • Terdapat sistem bobbin yang mudah dipahami
  • Posisi jarum bisa diprogram
  • Needle threader yang sudah otomatis

Kekurangan SINGER Patchwork 7285Q

  • Kecepatan jahitan baru mencapai 750 jahitan per menit
  • Tipe yang sudah keluar beberapa tahun yang lalu sehingga cukup sulit didapatkan

Harga SINGER Patchwork 7285Q

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 3.680.000
TokopediaRp 3.550.000
Shopee IndonesiaRp 3.649.000
BukalapakRp 3.550.000
LazadaRp 3.900.000

6. Janome NS-7330N

Janome NS-7330N merupakan mesin jahit portable multifungsi yang dilengkapi dinamo pada bagian luarnya. Mesin jahit ini mampu menjahit lubang kancing hingga beberapa jenis kain.

Keunggulan dari mesin jahit satu ini selain dari kelengkapannya adalah kemudahan pengoperasian serta perawatan bahkan bagi pemula. Setiap satu setnya akan dilengkapi dengan pengatur pedal, panduan manual hingga toolkit yang lengkap.

Kelebihan Janome NS-7330N

  • Memiliki 24 fungsi jahitan plus 1 lubang kancing
  • Spool yang digunakan spool bawah
  • Memiliki pengatur panjang jahitan yang mudah
  • drop feed dog memudahkan quilting
  • Terdapat lampu

Kekurangan Janome NS-7330N

  • Tidak bisa digunakan untuk obras
  • Tidak cocok untuk menjahit kain yang tebal

Harga Janome NS-7330N

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 2.766.000
TokopediaRp 2.390.000
Shopee IndonesiaRp 2.868.000
BukalapakRp 2.399.000
LazadaRp 2.999.000

7. Butterfly JH8530A

Butterfly merupakan salah satu brand mesin jahit legendaris yang sudah ada dari jaman dahulu dan memiliki banyak varian mesin jahit berbeda. Untuk seri satu ini penggunaannya lebih berfokus untuk keluarga dengan 23 pola jahitan.

Butterfly JH8530A sudah mampu untuk mengatur lebar dan panjang jahitan secara otomatis. Lalu untuk membuat lubang kancing juga cukup mudah, hanya perlu 4 langkah saja.

Kelebihan Butterfly JH8530A

  • Memiliki 23 pola jahitan
  • Bisa untuk membuat lubang kancing
  • Harga cukup murah
  • Sudah otomatis untuk menghitung panjang dan lebar jahitan
  • Bisa menjahit bahan yang tipis dengan rapi

Kekurangan Butterfly JH8530A

  • Kurang cocok untuk menjahit bahan yang tebal
  • Belum dilengkapi dengan obras

Harga Butterfly JH8530A

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 1.635.000
TokopediaRp 1.649.000
Shopee IndonesiaRp 1.750.000
BukalapakRp 1.616.000
LazadaRp 1.875.000

8. Janome MC 600P

Mesin jahit saru ini harganya cukup mahal dan bukan seri yang mudah dijumpai sehingga terkadang harus memesannya terlebih dahulu. Walaupun begitu, mesin jahit dilengkapi dengan 2000 jenis jahitan dan 9 model lubang kancing berbeda.

Sistem bobbin yang digunakan sudah otomatis dan bisa memutar 36 derajat dengan mudah. Pada bagian jarum atas dan bawah, pengaturannya juga sudah otomatis dan ada mode pengingatnya.

Kelebihan Janome MC 600P

  • Memiliki 2000 mode jahitan
  • Terdapat 9 model lubang kancing
  • Menggunakan 7 feed dog system
  • Terdapat snap on presser feet
  • Dilengkapi drop feet

Kekurangan Janome MC 600P

  • Seri yang sulit didapatkan
  • Harganya sangat mahal

Harga Janome MC 600P

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 16.000.000
TokopediaRp 16.500.000
Shopee IndonesiaRp –
BukalapakRp 19.500.000
LazadaRp –

Rekomendasi Merk Mesin Jahit Terbaik

Untuk ukuran mesin jahit, yang terbaik bukan hanya bagus dan awet tapi, harus bisa digunakan untuk menjahit kain tebal atau tipis dengan mudah dan rapi. Lalu meskipun digunakan untuk skala rumahan, mesin jahit juga wajib memiliki banyak varian pola jahitan dan cukup cepat. Dari segi harga mesin jahit, harga yang bersahabat tentunya akan lebih baik.

Berdasarkan poin-poin di atas, pada kesempatan kali ini mesin jahit terbaik adalah SINGER Patchwork 7285Q . Mesin jahit satu ini sudah dilengkapi dengan 750 pola jahitan, mesin juga sudah mampu untuk menjahit lubang kancing dengan mudah.

Bagi pemula, sangat mudah untuk memahami mesin jahit ini karena mulai dari bobbin hingga jarum sangat mudah diatur. Lalu dari segi harga, mesin jahit ini juga sangat terjangkau dan mudah didapatkan dari segi aksesoris maupun ketersediaanya.

Kesimpulan

Untuk memilih mesin jahit yang bukan hanya bagus dari segi merk saja tapi juga terbaik dan awet ada beberapa tips yang bisa diikuti. Mulai dari menentukan untuk apa mesin jahit akan digunakan, hingga harga mesin jahit yang sebaiknya dipilih.

Baca juga: 10 Merk Magic Com Terbaik yang Bagus Dan Tahan Lama

Saat menentukan mana merk mesin jahit terbaik, dari semua rekomendasi yang sangat bagus di atas, penggunaan adalah hal yang perlu dipertimbangkan. Sehingga yang tidak terpilih sebagai mesin jahit terbaik bukan berarti kurang bagus.

Rasanya untuk pembahasan kali ini sudah cukup, dengan tips dan rekomendasi merk mesin jahit di atas, pasti sudah bisa menentukan yang terbaik. Sekarang giliran membagikan informasi bermanfaat ini di sosial media supaya semakin banyak orang yang bisa mengaksesnya.