5 Merk Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik dan Hemat Listrik

Posted on

Banyak kelebihan yang dimiliki oleh mesin cuci 2 tabung seperti harga yang lebih ekonomis, hemat daya listrik dan tidak rentan rusak. Banyak merk mesin cuci 2 tabung yang mengeluarkan produk dengan klaim unggulannya masing-masing, misalnya, mesin cuci yang user friendly, mesin cuci berteknologi easy wash, dan mesin cuci dengan big pulsator. Adanya beragam pilihan, membuat Anda lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan.


Tips Memilih Merk Mesin Cuci 2 Tabung Sesuai Kebutuhan

1. Kapasitas tabung cuci harus disesuaikan dengan banyaknya cucian.

Apabila Anda memiliki anggota keluarga yang berjumlah lebih dari 3 orang, maka pilihlah tabung berkapasitas minimal 7 kg. Namun, apabila tinggal sendiri atau berdua dapat memilih kapasitas minimal 3 kg. Dengan begitu, Anda bisa langsung melakukan satu kali cuci sehingga menghemat waktu.


2. Perhatikan bentuk pulsator yang ada di bagian bawah tabung mesin cuci.

Fungsi pulsator atau bilah ini adalah untuk membuat pusaran air sehingga baju tercuci dengan baik. Sebaiknya, pilih pulsator yang agak tinggi atau agak menonjol. Bentuk yang semacam itu cenderung memiliki daya dorong yang lebih kuat sehingga pakaian dapat digerakkan dengan optimal.


3. Pilihlah mesin cuci yang tidak mengeluarkan suara terlalu bising.

Beberapa mesin cuci sudah dilengkapi dengan teknologi silent wash, sehingga menghasilkan suara halus selama proses mencuci. Keuntungan dari memilih mesin cuci tipe ini adalah Anda bisa mencuci pada jam-jam tidur sehingga tidak membangunkan anggota keluarga lain dengan suara mesin.


4. Sesuaikan ukuran mesin cuci dengan ruangan yang disediakan di rumah.

Kebanyakan, mesin cuci dengan dua tabung memiliki ukuran yang lebar sehingga membutuhkan space lebih luas. Apabila ruangan untuk mencuci sempit, usahakan pilih mesin cuci dengan slim design. Biasanya, bentuknya akan lebih memanjang dibanding melebar, lumayan bisa mengirit space.


Rekomendasi Merk mesin Cuci 2 Tabung yang Tidak Boros Listrik

1. LG WP1460R

LG-WP1460R

Merk mesin cuci 2 tabung produksi LG menawarkan kelebihan hemat daya sekalipun Anda mencuci berkali-kali. Kapasitas tabung cucinya mampu menampung hingga 14 kg sekali cuci. LG menggunakan teknologi Roller Jet Pulsator yang menghasilkan cucian tetap lembut dan bersih maksimal tanpa membuat pakaian kusut. Persis seperti saat mencuci sendiri dengan tangan.

Proses tersebut juga didukung oleh Punch+3 yang mengeluarkan tiga aliran air kuat secara terus menerus sehingga pakaian akan terdorong ke atas dan ke bawah untuk mempercepat terbuangnya kotoran. Pada bagian pengeringan, LG menggunakan Wind Jet Dry yang mampu memeras air dari pakaian hampir 90%. Anda hanya tinggal menjemur sebentar agar tidak lembab.


2. Aqua QW-780XT

Aqua-QW-780XT

Mesin cuci yang berkapasitas 8 kg ini, sangat cocok digunakan untuk mencuci jenis pakaian berbahan tipis dan lembut tanpa takut rusak. Selain itu, Aqua QW-780XT juga dikenal hemat listrik, terbukti pada tabung pencucian hanya membutuhkan daya sebesar 350 watt dan tabung pengeringan hanya sekitar 160 watt. Terlebih lagi, proses pencucian dan pengeringannya cepat.

Anda bisa memanfaatkan fitur pengaturan air yang dibutuhkan oleh tabung pencucian. Sedangkan, teknologi Air Intake disematkan pada tabung pengeringan untuk membuat prosesnya lebih cepat dengan menarik masuk udara luar. Mesin cuci 2 tabung ini didesain user friendly, jadi Anda bisa mengoperasikannya hanya dengan menggerakan satu tombol.


3. Sharp ES-T65MW-BK

Sharp-ES-T65MW-BK

Sharp menjadi salah satu merk mesin cuci 2 tabung yang banyak dipilih karena menawarkan banyak keunggulan. Dua fitur andalan yang dimiliki adalah Big Pulsator dan Water Inlet. Ukuran pulsator yang cukup besar memungkinkan perputaran air yang kuat dan kencang di dalam tub sehingga lebih efektif menghilangkan kotoran dari pakaian.

Selanjutnya, fitur Water Inlet memberikan kemudahan saat melakukan pengisian air ke wash tub. Biasanya, fitur tersebut digunakan pada mesin cuci 1 tabung. Water Inlet bekerja secara otomatis dengan cara membuka dan menutup saluran yang mengalirkan air dari kran ke tabung mesin cuci. Anda hanya perlu menyetel program pencucian, dan Water Inlet akan bekerja sesuai program.

Soal daya listrik, tiap tabung membutuhkan besaran yang berbeda namun tergolong sedikit. Tabung pencucian membutuhkan sekitar 330 watt sekali cuci, sedangkan tabung pengeringan hanya membutuhkan listrik sebesar 105 watt. Waktu maksimal yang dibutuhkan untuk mencuci dan membilas adalah 45 menit, dan waktu maksimal untuk mengeringkan hanya 5 menit.

Mesin cuci yang berkapasitas 6,5 kg ini memiliki dimensi yang cukup besar dengan berat 19,5 kg sehingga cukup memakan tempat. Bodi luarnya terbuat dari plastik namun kokoh dan anti penyok. Selain itu, Sharp sudah mendesain tipe ES-T65MW-BK agar tahan dari gigitan tikus. Selain itu, suara mesin yang dihasilkan tidak bising.


4. Toshiba VH-H85MN

Toshiba-VH-H85MN

Mesin cuci hemat daya juga diproduksi oleh Toshiba yang kapasitas maksimalnya adalah 7,5 kg. Teknologi unggulan yang dimiliki yaitu High Blades Pulsator dengan bilah berjumlah 8. Alhasil, perputaran air yang dihasilkan dalam tub akan lebih kuat apalagi didukung oleh mesin berkecepatan 1.280 rpm sehingga pakaian akan tercuci dengan bersih.

Walaupun kinerja yang dihasilkan maksimal, namun konsumsi listrik hanya sebesar 340 watt total untuk pencucian dan pengeringan. Teknologi pendukung lainnya adalah Super Jet Spin yang memungkinkan proses pengeringan berjalan cepat dan menguras air hingga 90%. Setelahnya, pakaian hanya perlu dijemur sebentar untuk menghilangkan lembab.


5. Samsung WT85H3210MB

Samsung-WT85H3210MB

Produk mesin cuci dari Samsung terkenal akan penggunaan teknologi yang canggih, tak terkecuali yang digunakan oleh tipe WT85H3210MB ini. Terdapat dua teknologi unggulan yaitu 4 Dynamic Pulsator dan Air Turbo Dying. Berkat Dynamic Pulsator, perputaran tabung mampu menghasilkan cucian yang bersih dari noda membandel sekalipu tanpa membuatnya kusut berlebih dan rusak.

Sedangkan, Air Turbo Dying yang dikhususkan untuk tabung pengeringan mampu menghasilkan putaran tabung yang kencang. Dengan begitu, pakaian lebih cepat kering karena mendapat banyak angin. Samsung juga menyertakan papan penggilas untuk digunakan apabila Anda ingin menghilangkan kotoran pada bagian yang sulit terjangkau oleh mesin cuci seperti lipatan lengan dan kerah.

Merk mesin cuci 2 tabung produksi Samsung ini tidak menyedot banyak listrik dalam pemakaiannya. Secara spesifik, daya listrik yang dibutuhkan saat proses pencucian sebanyak 420 watt. Sedangkan daya listrik untuk mengeringkan pakaian sebanyak 180 watt. Soal waktu pencucian hanya membutuhkan maksimal 35 menit, dan waktu pengeringannya maksimal 5 menit.

Walaupun tipe twin tub, namun bentuk Samsung WT85H3210MB tergolong ramping sehingga tidak membutuhkan banyak space. Penggunaan material plastik untuk bodi mesin cuci membuatnya tahan karat sehingga awe dalam waktu lama. Selain itu, mesin cuci ini sudah dilengkapi dengan anti gigitan tikus. Garansi motor juga diberikan oleh Samsung selama 5 tahun.


Kesimpulan

Terdapat beragam pilihan merk yang mampu menghasilkan cucian bersih tanpa merusak pakaian. Bahkan merk tertentu seperti Aqua memiliki spesialisasi untuk mencuci pakaian berbahan tipis. Agar tidak salah memilih beberapa hal wajib yang harus diperhatikan antara lain kapasitas tabung, teknologi yang digunakan dalam proses pencucian serta pengeringan, dan sistem pengoperasian.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan