5 Merk Mesin Cuci 1 Tabung Terbaik dan Hemat Listrik

Posted on

Penggunaan mesin cuci sudah menjadi hal umum sekarang ini. Tidak lagi khawatir hasil cucian akan kurang bersih karena teknologi modern sudah disematkan baik pada merk mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung untuk menghilangkan noda membandel, bakteri, dan kuman dengan cepat. Lebih menariknya lagi, beberapa mesin cuci dilabeli hemat listrik meskipun kinerjanya maksimal.


Tips Memilih Merk Mesin Cuci 1 Tabung

1. Pilih sesuai kebutuhan harian

Pilihlah jenis mesin cuci yang sesuai kebutuhan harian apakah top loading atau front loading. Beberapa mesin cuci jenis front loading memiliki kapasitas tabung yang sangat banyak hingga 9 kg sehingga cocok untuk rumah tangga yang cuciannya banyak. Sedangkan, kapasitas untuk tipe top loading biasanya berkisar 7 hingga 8 kg.


2. Cermati spesifikasi yang dimiliki oleh mesin cuci.

Anda bisa membaca informasi yang tertera pada brosur atau tulisan yang menempel di permukaan mesin. Namun, agar lebih jelas tanyakanlah ke seller. Pastikan memilih mesin cuci yang mampu memberikan servis terbaik, misalnya dengan menawarkan metode pencucian lengkap, fitur timer, penghemat daya, atau easy wash.


3. Pertimbangkan harga

Pertimbangkan apakah harga yang dibanderol sebanding dengan keunggulan yang diberikan. Agar tidak terkecoh, Anda perlu membandingkan satu merk dengan merk lainnya karena bisa jadi harga yang lebih murah belum tentu kualitasnya lebih di bawah. Baca juga beberapa ulasan mengenai merk mesin cuci tertentu untuk menambah bahan pertimbangan.


4. Pilih sesuai space ruangan anda

Pilihlah mesin cuci yang ukurannya sesuai dengan ruangan di rumah Anda. Apabila space yang tersedia tergolong sempit, maka mesin cuci 1 tabung adalah pilihan terbaik. Alasannya, karakteristik bentuk yang dimiliki yaitu tinggi dan ramping. Namun, apabila space yang ada cukup luas, memilih mesin cuci 2 tabung tidak masalah.


Rekomendasi Merk Mesin Cuci 1 Tabung Hemat Daya

1. Polytron Zeromatic PAW85511M

Polytron-Zeromatic-PAW85511M

Zeromatic produksi Polytron merupakan merk mesin cuci 1 tabung yang mampu bekerja optimal tanpa harus memakan banyak daya listrik. Dua keunggulan utama dari mesin cuci ini adalah teknologi zero pressure yang memungkinkan pencucian dan pembilasan tetap berjalan dalam tekanan air yang kecil. Dengan begitu, selain listrik mesin cuci ini juga mampu menghemat air.

Keunggulan yang kedua adalah adanya teknologi centrifugal softening yang memungkinkan deterjen dan pewangi pakaian tercampur merata. Mode pengaturan untuk pencucian berbagai jenis juga disediakan oleh Polytron. Soal ukuran, Zeromatic memiliki bentuk cukup ramping sehingga tidak memakan tempat. Walaupun begitu, kapasitas tabungnya tergolong banyak hingga 8,5 kg.


2. Sharp ES-FL1491XW

Sharp-ES-FL1491XW

Apabila menginginkan mesin cuci berkapasitas banyak dan pencucian yang cepat, maka Sharp ES-FL1491XW adalah solusi tepat. Mesin cuci tipe front loading ini mampu menampung cucian hingga 9,5 kg. Berkat adanya teknologi turbo key, pencucian hanya berlangsung 6 hingga 10 menit dengan hasil yang tetap bersih karena Sharp menggunakan eco logic system.

Apabila diperlukan, Anda pun dapat menggunakan air panas untuk mencuci pakaian tertentu. Keunggulan lain adalah noda membandel pada pakaian dapat hilang seketika walau tanpa dikucek. Mesin cuci ini tidak mengeluarkan suara bising baik saat proses pencucian maupun pengeringan dengan adanya teknologi silent wash. Hanya saja, perlu ekstra perawatan agar awet.


3. Electrolux EWF-85747

Electrolux-EWF-85747

Merk mesin cuci 1 tabung produksi Electrolux ini menjadi produk pertama yang memasukkan pilihan pencucian khusus hijab dan kain batik pada tombol pengaturan yang berbentuk layar LED. Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikan dua jenis deterjen untuk membersihkan lebih maksimal. Electrolux juga termasuk tipe front loading namun kapasitas tabungnya hanya 7 kg.

Mencuci menggunakan Electrolux EWF-85747 akan membuat pakaian Anda terbebas dari kuman dan bakteri. Namun, khusus untuk pakaian berbahan tebal perlu dijemur lagi agak lama karena mesin pengering hanya mampu mengeringkan hingga 80% saja. Soal garansi, merk ini tidak main-main karena memberikan rentang waktu 10 tahun.


4. Denpoo DWF-093

Denpoo-DWF-093

Kembali ke mesin cuci tipe top loading, Denpoo hadir dengan teknologi easy wash yang mampu menghilangkan noda membandel dengan cepat. Kapasitas tabung cucinya adalah 7 kg dengan hanya menyedot daya sebanyak 325 watt mengingat proses pencucian hingga pengeringan hanya memakan waktu sebentar. Namun, mesin cuci ini membutuhkan tekanan air yang besar.

Tidak disertakannya tombol pause, membuat mesin cuci bekerja non-stop hingga selesai. Hal tersebut menguntungkan bagi ibu rumah tangga yang repot mengurus anak kecil karena tidak perlu bolak-balik mengatur waktu pencucian. Selama pencucian, Denpoo tidak mengeluarkan suara berisik sehingga tidak akan mengganggu sekalipun mencuci saat tengah malam.


5. Modena WF-652

Modena-WF-652

Seri WF-652 dari Modena menawarkan kapasitas tabung sebesar 7 kg dengan 8 pilihan metode pencucian. Tombol start dan pause juga dimunculkan untuk membuat pengaturan lebih fleksibel. Demi memberikan kenyamanan bagi pengguna, kaki-kaki mesin cuci front loading ini dapat diatur ketinggiannya dengan mudah. Jadi, Anda tidak perlu terlalu membungkuk/menjijit saat mengambil cucian.

Sayangnya, Modena WF-652 belum dilengkapi dengan teknologi silent washing sehingga masih menimbulkan suara bising selama proses pencucian dan pengeringan. Selain itu, prosesnya pun terbilang lama karena gerakan tabung cucinya kurang gesit. Namun, hasil cuciannya tetap dijamin bersih dan higienis. Kondisi pakaian pun tetap terjaga meskipun sudah dicuci berkali-kali.


Rekomendasi Merk Mesin Cuci 2 Tabung yang Bisa Dijadikan Alternatif

1. Panasonic NA-W87FCI-BCI

Panasonic-NA-W87FCI-BCI

Apabila membutuhkan mesin cuci dengan 2 tabung, maka Anda bisa mencoba Panasonic seri NA-W87FCI-BCI. Listrik yang dibutuhkan untuk ukuran twin tabung cukup hemat yaitu sekitar 220 watt untuk proses pencucian dan 150 watt untuk proses pengeringan. Hasil cucian pun bersih maksimal dan bebas dari jamur berkat penyematan teknologi AG Clean dan tekanan pulsator.

Faktor lain yang mempengaruhi adalah adanya water filter sehingga kualitas air untuk mencuci terjaga. Pada bagian pengaturan, Anda akan mendapati tombol waktu pencucian yang bisa fleksibel diset sesuai dengan kebutuhan. Sekali cuci, kapasitas yang diperbolehkan hanya 6 kg. Termasuk sedikit memang mengingat ukurannya terbagi dengan tabung pengeringan.


2. Sanken TW-7730

Sanken-TW-7730

Alternatif mesin cuci 2 tabung yang kapasitasnya sedikit lebih banyak adalah Sanken TW-7730 dengan daya tampung hingga 7 kg. Proses pencuciannya sudah didukung oleh teknologi X-Tor sehingga pakaian dalam kapasitas full tetap bersih merata. Selain itu, super spin dry juga digunakan untuk mendukung proses pengeringan yang maksimal dengan cepat.

Namun, dibutuhkan air yang banyak selama proses mencuci apalagi jika mencapai kapasitas maksimal. Dari segi ukuran, mesin cuci ini cukup memakan ruang sehingga usahakan untuk menempatkannya sedikit merapat ke pojok ruangan. Jangan khawatir akan ancaman tikus yang bersarang dan merusak kabel karena Sanken melengkapi mesin cuci dengan komponen anti-rat.

Menggunakan merk mesin cuci 1 tabung memiliki banyak kelebihan seperti proses pencucian yang cepat, kapasitas tabung yang banyak, dan ukuran mesin cuci yang ramping. Penggunaan teknologi modern yang mendukung seperti turbo key, zero pressure, X-Tor, water filter, easy wash, dan silent wash menjadikan mesin cuci hemat daya tanpa mengurangi kualitas hasil pencucian.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan