5 Merk VGA Terbaik yang Bagus Untuk Gaming

Posted on

Anda adalah orang yang cukup beruntung karena terlahir di jaman ketika berbagai kemudahan telah disediakan akibat lahirnya teknologi-teknologi canggih. Kemajuan teknologi sebagai alat yang membuat manusia dapat melakukan banyak hal secara lebih efisien, juga menghasilkan alat yang kini digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia, yakni komputer.

Teknologi komputer terdiri dari berbagai komponen yang tertanam di dalamnya. Salah satu komponen terpenting dalam komputer saat ini adalah pengolah grafis atau biasa disebut VGA. Di bawah ini akan kami rekomendasikan merk VGA terbaik untuk komputer Anda . Namun sebelum masuk ke poin tersebut, kami akan memberikan tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat VGA komputer Anda.


Tips Merawat VGA Pada PC Anda

1. Jaga Kestabilan Suhu VGA

Jaga-Kestabilan-Suhu-VGA

Suhu VGA yang terlalu panas pastinya akan membuat VGA Anda bermasalah. Maka dari itu Anda hendaknya memperhatikan hal-hal yang bisa membuat suhu VGA Anda overheat. Beberapa hal yang bisa diperhatikan yakni debu-debu yang mungkin menempel pada VGA, atau bisa jadi juga karena buruknya sirkulasi udara yang buruk.

Salah satu cara untuk mengatasi sirkulasi udara yang buruk adalah dengan menggunakan fan tambahan pada pc Anda. Hal lain yang membuat suhu VGA panas adalah karena VGA digunakan dalam waktu yang terlalu lama sehingga dipaksa bekerja terus menerus. AC dalam ruangan juga bisa bermanfaat untuk menjaga suhu VGA serta membuatnya lebih terhindar dari debu.


2. Pertimbangkan Penggunaan Power Supply

Pertimbangkan-Penggunaan-Power-Supply

Banyak yang merekomendasikan power supply 80 plus. Power supply yang satu ini memang dikenal lebih mahal dari pada power supply stAndar lainnya. Namun, harga yang lebih mahal itu terbilang worth it karena power supply tersebut mampu menstabilkan aliran listrik pada pc Anda dengan baik, sehingga akan lebih aman bagi berbagai komponen yang tertanam di dalam PC Anda seperti VGA dan hardisk.


3. Berhati-hati Jika Membongkar Pasang VGA Sendiri

Berhati-hati-Jika-Membongkar-Pasang-VGA-Sendiri

Jika Anda pemula dalam membongkar CPU, pasti Anda belum mengenali betul seluk beluk bagian dalam CPU. Dengan begitu Anda harus berhati-hati ketika hendak membongkar atau memasang VGA. Karena jika tidak, bisa-bisa Anda secara tidak sengaja merusak socket VGA yang tertanam di dalam CPU. Kemudian pastikan PC tidak sedang dialiri listrik ketika Anda hendak membongkar CPU Anda.


4. Sebisa Mungkin Jangan Melakukan OverClock pada VGA

Sebisa-Mungkin-Jangan-Melakukan-OverClock-pada-VGA

Kini telah banyak VGA yang dilengkapi dengan fasilitas overclocking, tujuannya adalah untuk meningkatkan performa grafis pada PC. Namun dengan melakukan overclocking, Anda akan membuat VGA Anda bekerja berlebihan sehingga akan memperpendek umur VGA Anda. Maka dari itu, hindari membuat VGA bekerja lebih dari batas normal yang seharusnya.


Rekomendasi Merk Vga Terbaik

1. Zotac GeForce GTX 1080 Ti AMP Extreme Core

Zotac-GeForce-GTX-1080-Ti-AMP-Extreme-Core

Dengan memori GDDR5X, VGA yang satu ini dilengkapi dengan core berkapasitas 11 GB. Anda juga akan dimanjakan dengan tidak terdapatnya suara bising  pada VGA yang satu ini. Hal itu tak lain karena produk GeForce yang satu ini menggunakan Ice Storm pada sistem pendinginnya.

Dual Divi, HDMI, HDCP, serta Display  Port telah tersupport pada VGA ini. Untuk konsumsi dayanya, VGA ini memakan daya sebesar 320 watt. Produk GeForce yang satu ini juga cocok untuk Anda yang gemar dengan game berjenis virtual reality.

Selain itu sistem operasi yang telah disupport untuk VGA ini meliputi Windows 7 hingga 10. Untuk harga yang ditawarkan cukup fantastis, yakni mencapai kisaran 12 hingga 18 jutaan.


2. MSI Nvidia GeForce GTX 1080 Ti

MSI-Nvidia-GeForce-GTX-1080-Ti

Merk VGA terbaik yang satu ini pasti akan membuat penggunanya dimanjakan dengan pengalaman sinematik yang luar biasa. Terlebih jika Anda adalah pecandu game virtual reality, VGA yang satu ini bisa menjadi pertimbangan Anda. Dengan difasilitasi teknologi Finnet, VGA ini juga disupport oleh DirectX 12 yang membuat pengalaman bermain game para penggunanya menjadi lebih menyenangkan.

Untuk sistem pendinginan, VGA besutan Nvidia ini menggunakan Fleece Thermal yang memungkinkan untuk membuang suhu panas dan menstabilkan suhu VGA agar tetap dingin. Salah satu hal hebat dari VGA ini ialah, meskipun performanya premium namun kapasitas konsumsi daya yang diperlukan tidak begitu tinggi. Anda bisa membawa pulang VGA ini dengan menyiapkan budget 10 sampai 18 jutaan.


3. Asus Phoenix GeForce GT 1030 OC

Asus-Phoenix-GeForce-GT-1030-OC

Dalam hal ketahanan VGA terhadap debu, VGA yang satu ini telah dilabeli sertifikat IP5X. Dengan dibekali teknologi Auto-Extreme, GeForce GT 1030 OC dilengkapi dengan komponen-komponen dengan kualitas tinggi. Untuk harganya juga cukup terjangkau, Anda hanya perlu menyiapkan budget berkisar 1 sampai 2 jutaan untuk bisa membawa pulang VGA besutan GeForce ini.

Sebagai upaya untuk mencegah pembajakan dalam penggunaannya, VGA ini telah support HDCP. Kelebihan lain dari VGA ini yakni minimnya suara bising, temperatur yang stabil, sistem pendinginan yang baik, dan juga tahan debu. Namun sayangnya VGA ini belum memungkinkan penggunanya untuk bisa mengoperasikan game dengan jenis virtual reality.


4. Gigabyte AMD Radeon RX 570 Gaming

Gigabyte-AMD-Radeon-RX-570-Gaming

Merk VGA terbaik selanjutnya ialah VGA besutan AMD. Dengan tersematnya teknologi yang memungkinkan RGB Fusion berjumlah 16,8 juta, VGA ini juga dilengkapi dengan bilah kipas dengan ukuran 90 mm, yang memungkinkan sirkulasi udara meningkat sebesar 29 persen. Sedangkan provider memory yang digunakan VGA ini ialah GDDR5 berkapasitas 4GB.

Dengan output voltase yang terbilang stabil, desain power phase pada AMD Radeon RX 570 yakni 6+1. Kombinasi antara sistem pendinginan serta kapasitor yang berkualitas membuat suhu VGA ini lebih stabil. Usia pakai VGA ini juga dikenal memiliki usia yang lebih panjang. Untuk bisa menggunakan VGA ini, Anda hanya perlu menyiapkan budget sekitar 2 jutaan saja.


5. EVGA GeForce RTX 2070 Black Gaming

EVGA-GeForce-RTX-2070-Black-Gaming

VGA yang satu ini dilengkapi kemampuan untuk mengolah grafis sedemikian rupa sehingga grafis terkesan lebih realistis. Dengan bandwidth memory berkapasitas 336 GB/second, ray tracing pada VGA ini juga real time. Selain itu, microsoft 7 juga sudah tersupport pada VGA ini dengan resolusi video sebesar 7680×4320. Kemudian disupport juga dengan port HDMI dan port USB Type C.

Grafis yang realistis membuat pengalaman bermain game penggunanya menjadi lebih menyenangkan. VGA ini juga difasilitasi dengan fitur OverClocking (OC) yang memungkinkan penggunanya untuk membuat performa VGA lebih baik. Namun, menurut pendapat sebagian orang sistem pendingin yang terdapat pada VGA GeForce RTX 2070 tidak bekerja begitu maksimal.

Selain itu merk VGA terbaik yang satu ini dilengkapi dengan Evga Precision X1. Harga yang ditawarkan untuk membawa pulang VGA GeForce yang satu ini juga cukup mahal, Anda setidaknya harus menyediakan budget sekitar 8 sampai 10 jutaan.

PC merupakan teknologi yang menjadi kebutuhan sehari-hari kebanyakan orang. Mulai dari mengerjakan tugas, bekerja, atau bahkan untuk sekedar bermain game atau menonton film. Namun untuk memiliki performa yang baik, PC harus dilengkapi dengan komponen-komponen tertentu seperti VGA. Rekomendasi merk VGA terbaik di atas adalah berbagai VGA terbaik yang mungkin bisa Anda coba.


Baca Juga : 10 Merk Monitor LED Full HD yang Bagus dan Awet

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan