10 Merk Tepung Tapioka Terbaik

Posted on

Tepung tapioka menjadi salah satu jenis tepung yang banyak digunakan dalam proses memasak. Tepung dengan karakteristik kesat ini memiliki daya ikat yang cukup kuat. Warna khas di dalamnya bisa dijadikan pembeda dengan jenis tepung lainnya. Merk tepung tapioka pun kini banyak berkembang.

Merk yang banyak berkembang bisa jadi memudahkan Anda sebagai konsumen. Namun, bila tidak selektif untuk memilih Anda bisa bisa mengkonsumsi tepung dengan kualitas yang tidak baik. Yang paling buruk, masalah kesehatan bisa menyerang tubuh Anda.

Tips Memilih Tepung Tapioka

Memilih tepung tapioka menjadi hal unik yang bisa saja membuat Anda kesulitan. Namun, yang perlu dipahami memilih tapioka jadi salah satu cara untuk memastikan panganan yang masuk dalam tubuh aman dikonsumsi. Berikut tips memilih tepung yang baik:

1. Lihat Warna Tepung

Lihat-Warna-Tepung

Warna tepung tapioka yang baik merupakan warna putih cemerlang, bahkan berkilau bila diterpa cahaya. Warna putih cemerlang didapat dari jenis singkong yang digunakan. Singkong yang digunakan tentunya merupakan singkong terbaik.

Bila warna tepung cenderung kusam ada baiknya Anda tidak mengambil tepung tersebut. Lebih baik lagi untuk mencari tepung lain dengan kriteria yang baik pula. Warna yang cerah bisa jadi salah satu indikator tepung yang baik.

2. Pegang Tekstur Tepung

Pegang-Tekstur-Tepung

Merasakan tekstur tepung bisa dilakukan bahkan saat tepung berada di dalam kemasan. Tidak perlu segan untuk merasakan tekstur tepung, karena ini jadi salah satu cara yang digunakan untuk menjamin keaslian tepung.

Selain keaslian tepung, kualitas tepung juga bisa dilihat lewat cara ini. Bila tepung kasar terlebih Anda memegang mikro organisme yang hidup di dalamnya, bisa dipastikan tepung tidak dalam kondisi yang baik.

3. Jangan Termakan Harga Murah

Jangan-Termakan-Harga-Murah

Terakhir, jangan termakan harga yang murah. Ada baiknya Anda menghindari tepung dengan harga yang sangat miring. Pasalnya, harga jual yang miring dilakukan untuk tujuan tertentu.

Salah satunya menjual tepung dengan kualitas yang buruk. Anda juga harus memperhatikan merk tepung tapioka untuk bisa meyakinkan kenapa tepung tersebut dijual dengan harga yang murah.

10 Merk Tepung Tapioka Terbaik

Tepung tapioka disebut juga tepung kanji atau tepung singkong, banyak digunakan bahkan sebagai sumber pangan utama di berbagai daerah Indonesia. Anda yang sedang mencari merk tepung terbaik bisa mempertimbangkan 10 merk di bawah ini:

1. Tepung Tapioka Murni Mahkota Dollar

Tepung-Tapioka-Murni-Mahkota-Dollar

Merk legendaris pertama yang bisa Anda gunakan adalah tepung tapioka merk Mahkota Dollar. Dengan tagline tepung tapioka murni, Anda akan diberikan sari pati singkong terbaik dengan proses pengeringan alami.

Pasalnya, tepung ini didapatkan dari proses pengeringan alami di bawah sinar matahari. Karenanya tepung ini lebih awet dan tahan lama bahkan bila disimpan di tempat yang gelap.

2. Liauw Lion Pit Tapioca Flour Tjap Tani

Liauw-Lion-Pit-Tapioca-Flour-Tjap-Tani

Satu lagi merk legendaris yang telah hadir sejak lama di lingkungan Indonesia, tepung tapioka cap Tani dari Liauw Lion Pit. Merk ini telah banyak digunakan sejak zaman dahulu bahkan hingga kini.

Kualitas terbaiknya bisa membuat makanan lebih kenyal dan tahan lama. Cita rasa otentik masih terjaga hingga kini. Anda yang menginginkan hasil terbaik dalam masakan bisa memilih merk ini.

3. General Starch Limited Tapioca

General-Starch-Limited-Tapioca

Tepung tapioka yang diimpor langsung dari Thailand ini memiliki ciri khas berwarna putih terang dengan tekstur yang lembut. Selain itu, tekstur yang tidak terlalu kesat jadi salah satu ciri khas merk ini.

Tepung ini banyak dijual dalam bentuk karungan, sehingga sedikit susah bagi Anda yang ingin membelinya dalam skala kecil. Tepung ini lebih banyak digunakan dalam industri pabrik besaran.

4. Tepung Tapioka Cap Gunung Agung

Tepung-Tapioka-Cap-Gunung-Agung

Tepung tapioka Cap Gunung Agung banyak digunakan karena kualitasnya yang baik. Warna putih cemerlang dengan cita rasa otentik khas tapioka menjadi salah satu daya tarik dari tepung tapioka ini.

Selain itu, tepung tapioka ini memiliki harga jual yang cukup ekonomis. Dijual per setengah kilo, Anda bisa menikmati tepung dengan kualitas terbaik hanya dengan harga yang sangat murah.

5. Tepung Tapioka Cap Rose Brand

Tepung-Tapioka-Cap-Rose-Brand

Rose brand tidak hanya mengeluarkan tepung terigu atau tepung beras saja. Merk ini juga mengeluarkan produk tepung tapioka dengan kualitas unggulan. Tepung tapioka dari merk ini sudah tidak diragukan lagi hasilnya.

Anda yang menginginkan hasil pasti enak dengan cita rasa tinggi bisa memilih tepung merk ini. Tepung ini juga banyak tersedia tidak hanya di toko  swalayan, bahkan tersedia juga di toko kelontong dekat rumah Anda.

6. Tepung Tapioka Cap Tani Rose Brand

Tepung-Tapioka-Cap-Tani-Rose-Brand

Rose Brand juga mengeluarkan produk tepung tapiokanya dengan cap yang berbeda. Cap Tani jadi salah satu produk tepung unggulan dalam penjualan merk ini. Hasil yang lebih baik tentu bisa didapatkan.

Cap Tani menawarkan Anda pengalaman mengolah tepung dengan mudah dan praktis. Hasil yang didapatkan pun akan sangat memuaskan, terlebih Anda yang memasak dengan tepung tapioka sebagai bahan dasarnya.

7. Bob’s Red Mill Tapioca

Bobs-Red-Mill-Tapioca

Ingin tepung tapioka yang sehat? Anda bisa memilih tepung tapioka dengan merk Bob’s Red Mill. Tepung ini terbuat dari singkong pilihan yang ditanam tanpa adanya rekayasa genetika.

Dengan demikian, hasilnya akan jauh lebih sehat dan rasanya lebih enak karena tidak ada campur tangan kimia atau produk genetik buatan di dalamnya. Anda berminat menggunakan produk tepung ini?

8. Ladang Lima Cassava Flour

Ladang-Lima-Cassava-Flour

Ladang Lima merupakan merk tepung tapioka yang terbuat dari singkong pilihan. Dengan kemasan kekinian, Anda bisa mendapatkan sensasi memasak dari produsen tepung dengan teknologi terbaru.

Tidak berbeda jauh dengan tepung tapioka lainnya, tepung ini juga bisa digunakan untuk berbagai jenis proses pembuatan masakan khas daerah, baik makanan utama maupun makanan pendamping.

9. Tepung Tapioka Bola Deli

Tepung-Tapioka-Bola-Deli

Selanjutnya terdapat tepung tapioka Bola Deli. Tepung dengan merk lokal ini banyak dijajakan di pasar swalayan dan pasar online. Tepung ini banyak digunakan karena teksturnya yang lembut.

Tepung merk ini juga cukup mudah untuk diolah. Selain itu, harga yang ditawarkan pun cukup murah. Cocok untuk Anda yang sedang berburu bahan masak dengan nilai rupiah yang cukup rendah.

10. Lingkar Organik Tepung Tapioka

Lingkar-Organik-Tepung-Tapioka

Terakhir terdapat tepung tapioka yang diambil dari bahan baku organik dengan pengolahan organik pula. Pengolahan organik maksudnya, tidak ditambahkan dengan jenis zat kimia apapun.

Dengan demikian, tepung ini cukup aman dikonsumsi, baik untuk usia muda maupun tua. Anda yang sedang mencari tepung sehat dan berasal dari bahan organik, bisa memilih merk unggulan yang satu ini.

Tepung tapioka banyak dijadikan bahan dasar dalam pembuatan makanan utama. Di Pulau Jawa sendiri banyak sekali kudapan yang terbuat dari tepung ini. Karenanya, memilih tepung yang tepat bisa mendorong produksi kudapan yang enak pula.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan