10 Merk Tenda Camping

Posted on

Camping bersama teman-teman merupakan suatu hal yang menyenangkan, apalagi jika Anda dan teman merupakan pecinta alam dan senang berkegiatan outdoor. Tenda adalah peralatan yang harus Anda bawa jika sedang camping.  Memilih merk tenda camping terbaik mungkin akan membingungkan untuk Anda, karena banyaknya merk.

Untuk dapat membantu Anda mengatasi kebingungan tersebut, kami sudah merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih tenda camping yang terbaik beserta dengan rekomendasi merknya. Simak terus artikel ini hingga akhir dan jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Tips Memilih Tenda Camping yang Terbaik

Tenda camping yang tersedia di pasaran sangat banyak dan beragam, mulai dari berbagai ukuran hingga material yang digunakan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami sampaikan agar Anda tidak salah dalam memilih tenda camping:

1. Tentukan Jumlah Orang yang Ikut Camping

Tentukan-Jumlah-Orang-yang-Ikut-Camping

Sebelum berangkat, Anda harus memastikan terlebih dahulu jumlah orang yang akan ikut untuk meminimalisir kekurangan lahan. Hal ini disebabkan karena saat di dalam tenda Anda juga harus mempertimbangkan banyaknya barang yang akan disimpan.

2. Pilih Bahan dan Juga Warna Tenda yang Dapat Menahan Sinar Matahari

Pilih-Bahan-dan-Juga-Warna-Tenda-yang-Dapat-Menahan-Sinar-Matahari

Saat Anda sedang camping, tenda berfungsi untuk melindungi Anda dari sinar dan juga panas teriknya matahari. Memilih tenda dengan warna yang terang dapat menghindarkan area dalam tenda yang panas karena tidak menyerap sinar matahari.

3. Pilih Tenda dengan Bahan yang Waterproof

Pilih-Tenda-dengan-Bahan-yang-Waterproof

Selain terhindar dari sinar dan panas matahari, Anda juga harus memilih tenda yang dapat melindungi diri dari hujan dan juga dinginnya angin malam. Untuk dapat menghindari hujan, Anda dapat memilih tenda dengan bahan yang memiliki resistensi terhadap tekanan air yang tinggi.

Hal ini karena semakin tinggi resistensi suatu bahan akan tekanan air, maka bahan tersebut akan semakin waterproof atau tahan air.

Rekomendasi Merk Tenda Camping Terbaik

Setelah Anda mengetahui tips mengenai memilih tenda camping, Anda juga harus memperhatikan merk yang terpercaya untuk dibeli. Adapun rekomendasi merk-merk tenda camping yang dapat kami berikan untuk Anda di antaranya adalah:

1. Naturehike

Naturehike

Dengan fitur lengkap dan juga dapat menghadapi kondisi yang ekstrim mulai dari hujan hingga dingin, Cloud UP 3 Ultralight Three Men Tent dari Naturehike dapat menjadi pilihan untuk Anda. Sesuai dengan namanya, tenda ini dapat menampung hingga tiga orang.

Terdapat dua lapisan pada tenda ini, dimana lapisan luar difungsikan untuk berhadapan langsung dengan air hujan, sedangkan jarak yang terdapat pada kedua lapisan akan menjadi tempat sirkulasi udara. Dengan begitu, bagian dalam tenda tidak akan terkena butiran air.

2. Consina

Consina

Merk asal Indonesia ini merilis Breakout 10DLX yang merupakan tenda dengan kapasitas yang cukup besar, yaitu 9 hingga 13 orang. Tenda yang ukurannya cukup besar ini memiliki satu ruangan besar yang berada di tengah yang dapat Anda gunakan untuk ruangan berkumpul.

Tidak perlu khawatir saat hujan, tenda ini terbuat dari bahan polyester yang tahan akan air dan juga dilengkapi dengan pelapis polyurethane, yang memiliki tingkat water resistant yang cukup baik. Jika tidak ingin gerah saat di dalam, Anda dapat memilih warna yang terang sehingga tidak akan menyerap sinar matahari.

3. Coleman

Coleman

Tenda Cortes Octagon 8 Orange pernah mendapatkan penghargaan Tent of The Year untuk tahun 2015 karena kenyamanan yang diberikan tenda ini. Selain itu, bentuk tenda octagon merupakan salah satu bentuk yang unik dan membuat Anda dapat melihat ke sekeliling.

Ditambah dengan sekat yang tidak permanen, sehingga Anda bisa membuka tutup tirainya. Anda dapat lebih menikmati pemandangan dari lingkungan sekitar saat camping dengan lebih leluasa.

4. Decathlon Quechua

Decathlon-Quechua

Arpenaz Family Tent 5.2 yang cukup untuk memuat hingga 5 orang ini dapat menahan air dan juga menahan angin hingga dengan kecepatan 50 km/jam. Dengan adanya tenda ini, Anda tidak perlu akan cuaca yang hujan maupun angin yang menerjang.

Selain itu, untuk Anda yang baru atau pemula dalam melakukan kegiatan wisata alam atau camping, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, terdapat kode warna yang diberikan pada setiap pole tenda yang akan memudahkan Anda untuk memasang tenda ini.

5. Bestway

Bestway

Merk Bestway sebenarnya terkenal dengan produk peralatan olahraga airnya. Namun, ternyata merk ini merilis produk tenda misalnya Campbase X6 Tent Pavilo yang berukuran besar. Dengan dua ruang tidur dan juga satu ruangan berkumpul, 6 orang dapat menggunakan tenda ini.

6. Eiger

Eiger

Eiger yang terkenal sebagai merk outdoor yang memiliki kualitas tinggi ini berasal dari Indonesia. Eiger memiliki produk tenda camping yaitu Guardian 8P Tent yang berkapasitas hingga 8 orang. Meskipun besar, tenda ini ringkas dan juga ringan sehingga memudahkan untuk dibawa saat wisata outdoor.

7. Merapi Mountain

Merapi-Mountain

Dengan dua lapisan dinding, Merapi Mountain Firebird Ultralight dibuat untuk memastikan, bahwa ruangan bagian dalam tenda tidak kepanasan jika di luar panas dan basah jika di luar hujan. Lapisan luar tenda ini terbuat dari bahan water resistant polyester untuk menghindari rembesan air saat hujan.

Dengan jenis tenda yang free standing tent, tenda ini dapat dengan mudah dipasang di medan yang beragam, baik lunak maupun keras. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kenyamanan saat tidur.

8. Great Outdoor

Great-Outdoor

Tenda Monodome 2 Ultralight dari Great Outdoor ini merupakan tipe tenda yang sederhana dan juga kecil karena dapat diisi oleh 2 hingga 3 orang. Meskipun bobot tenda ini ringan, tapi Anda tidak perlu khawatir karena tenda ini kokoh dan juga tahan angin.

9. Hewolf

Hewolf

Tenda Ultralight 4 Season dari Hewolf ini merupakan tenda yang ringan dan juga ringkas, sehingga tidak membutuhkan area penyimpanan yang besar. Berkapasitas hingga 2 orang, tenda ini sangat mudah dipasang karena menggunakan rangka dan juga strap yang elastis.

Tenda ini dilengkapi dengan satu pintu, satu jendela teknologi air cooling dan juga dibuat dengan material jaring atau flysheet. Tujuannya adalah untuk menghindarkan Anda dari serangga atau nyamuk.

10. Geertop

Geertop

Merk Geertop ini merilis tenda yang dapat Anda gunakan saat camping di berbagai cuaca dan juga musim yaitu Top Road 2 Plus. Tenda ini didesain dengan menggunakan flysheet, Anda dapat menghindari serangga-serangga yang mendatangi tenda Anda.

Variasi lainnya dari Geertop yaitu Top Road terbuat dari bahan campuran antara nylon dan polyester yang dapat membuat Anda nyaman. Selain itu, frame berbahan aluminium akan membuat tenda ini menjadi sangat ringan saat Anda bawa mendaki atau juga berjalan.

Dengan 10 rekomendasi merk tenda camping terbaik yang sudah kami sampaikan, Anda dapat mempertimbangkan tenda camping yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa akan tips memilih tenda camping yang sudah kami sampaikan sebelumnya, ya!

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan