5 Merk SSD Tercepat Performa Terbaik dan Awet

Posted on

Di zaman yang serba canggih saat ini, banyak komponen teknologi yang menunjang penyimpanan data dari komputer atau perangkat elektronik lainnya. Solid State Drive (SSD) menjadi salah satu pilihan, karena dinilai lebih baik dari berbagai sisi ketimbang Hard Disk Drive (HDD). Alhasil menjamurlah merk SSD tercepat yang mengklaim produk merekalah yang terhebat.

Tapi Anda jangan termakan omongan iklan, karena kualitas SSD tidak hanya karena merk tapi juga kinerjanya. Nah berikut ini akan dijelaskan apa saja sih merk terbaik produk tersebut, yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Tapi sebelumnya, intip dulu sejumlah tips memilih SSD berkualitas dengan performa maksimal dan tahan lama berikut.


Tips Memilih Merk SSD Terbaik

Ketika Anda merasa butuh SSD, maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dulu sebelum menentukan pilihan. Karena akan menentukan apakah SSD itu bisa digunakan pada perangkat yang Anda miliki atau tidak.


1. Ukuran SSD

Ukuran-SSD

Ada beberapa ukuran SSD diantaranya 2,5 inci dan 3,5 inci, dengan tebal antara 7 milimeter hingga 12 milimeter. Anda harus memastikan ukurannya dengan cara mengecek bracket SSD yang tersedia pada perangkat komputer atau laptop Anda. biasanya untuk laptop standar umuran 2,5 inci adalah yang terbaik dengan ketebalan maksimal 9,5 milimeter.


2. Performa SSD

Performa-SSD

Sebagai solusi penyimpanan data yang lebih baik, SSD pada umumnya memiliki performa maksimal walaupun harganya murah. Kecepatan standar yang sebaiknya dipilih adalah 300-400 MB/detik, jadi Anda bisa memastikanny sebelum membeli, termasuk kesesuaian chip pengatur lalu lintas data yang digunakan.


3. Pakai Interface Terminal IDE atau SATA?

Pakai-Interface-Terminal-IDE-atau-SATA

Ada dua jenis terminal yang digunakan untuk menyambungkan SSD pada perangkat komputer atau laptop Anda. Old version nya dinamakan Integrated Development Environment (IDE), dan Serial Advanced Technology Attachment). Pastikan kompatibilitas terminalnya sesuai dengan konektor perangkat Anda.


4. Kapasitas Menyimpan

Kapasitas-Menyimpan

Jangan tergiur dengan kapasitas penyimpanan besar, sebab harganya tentu akan semakin mahal. Sebaiknya pilih kapasitas SSD yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika hanya untuk kebutuhan penyimpanan foto, dan memakai internet 256 GB sudah jadi pilihan terbaik.

Tapi kalau untuk Anda para gamers memang sebaiknya memilih kapasitas 512 GB agar saat bermain tidak terkendala. Sedangkan untuk Anda yang merupakan creator aplikasi atau pengguna jenis high end user ada baiknya memilih SSD berkapasitas maksimal 1 TB.


5. Penyimpanan Data

Penyimpanan-Data

Untuk Anda uang ingin menyimpan banyak data dalam satu lokasi penyimpanan SSD bisa memilih Multilevel Cell. Sedangkan untuk Anda yang ingin kerapian data tersusun pada satu lokasi tersendiri pilih saja single level cell.


5 Rekomendasi Merk SSD Yang Bisa Anda Pilih

Lima merk SSD tercepat berikut ini menjadi rekomendasi dari banyak orang yang ingin memanfaatkan kecanggihan media penyimpanan SSD. Anda tentu bisa memperkirakan mana merk dan produk yang paling cocok.


1. Samsung SSD 850 Pro atau 860 EVO

Samsung-SSD-850-Pro-atau-860-EVO

Sebagai merk ternama di bidang produk teknologi, Samsung juga punya produk SSD yang dinilai sangat mumpuni. SSD 850 dinilai sebagaiyang tercepat saat ini karena bisa melayani 100 TB writer. Dengan teknologi 3D NAND, proses penyimpanan jadi lebih cepat tanpa kendala, sehingga mempermudah kerja terutama bagi Anda sumber daya industri kreatif kekinian.

Sedangkan 860 EVO dipilih karena kemampuannya untuk menyimpan data penting yang sifatnya rahasia. Sebab dilengkapi AES 256 bit yang cocok dengan fitur IEEE 1667 dan TCG Opal, untuk kebutuhan penyimpanan data perusahaan. Bagi gamers, SSD ini juga sangat disarankan karena sudah bisa dipakai untuk PS4.

Soal harga untuk SSD 850 berkisar Rp. 3 jutaan, sedangkan untuk 860 EVO dibanderol pada harga Rp. 1,2 jutaan ke atas.


2. Sandisk Extreme Pro

Sandisk-Extreme-Pro

Merupakan produk unggulan Sandisk untuk para gamers, karena dapat membantu performa permainan bahkan untuk jenis game tiga dimensi resolusi tinggi. Kemampuan read and write speed nya juga sangat membantu Anda dalam proses menyimpan data, ditambah pula kehematannya dalam soal konsumsi daya sehingga dinilai ekonomis.

Sebagai tambahan, casing SSD ini terbuat dari aluminium sehingga tidak rentan rusak akibat getaran atau benturan. Tapi memang untuk harga tergolong mahal yaitu berkisar Rp. 3,4 juta ke atas dengan kapasitas 480 GB.

Selain produk andalan Sandisk yang satu ini, ada beberapa produk SSD lain keluaran merk yang sama, diantaranya SSD Plus yang berkapasitas 120 GB namun cukup mumpuni dalam hal mempercepat proses booting dan membuka program, harganya sangat murah hanya berkisar Rp. 300 ribuan saja.


3. Crucial MX300

Crucial-MX300

Kalau anggaran Anda terbatas tapi tetap ingin memiliki produk dari merk SSD tercepat yang sudah terjamin kualitasnya, maka MX300 dari Crucial adalah salah satu jawabannya. Produk ini memiliki kelebihan dalam hal kecepatan proses booting hingga penggunaan berbagai software pada perangkat, kemudian tergolong hemat listrik jika dibandingkan produk sejenis lainnya.

Memiliki garansi kerusakan barang hingga 45 hari, adalah salah satu kelebihan lain dari produk ini yang tidak dimiliki SSD merk lain. Makanya banyak konsumen yang memilihnya, karena merasa percaya dan terjamin saat awal pemakaian.

Tapi sebaiknya digunakan hanya untuk kebutuhan penyimpanan standar saja, seperti menyimpan data, foto dan berselancar di dunia maya. Sebab untuk menjalankan game ukuran besar dan editing foto atau video tidak maksimal. Soal harga berkisar pada angka Rp. 2,2 jutaan ke atas.


4. Adata XPG SD700X

Adata-XPG-SD700X

Kalau Anda banyak beraktivitas mobile dan butuh SSD jenis eksternal, Adata menyediakan produk ini. Karena diklain bisa tahan air hingga dalam 1,5 meter selama kurang lebih satu jam. Tak hanya itu, proses loading permainan di PS4 akan jadi lebih cepa kalau menggunakan SSD ini dibanding HDD bawaan PS4.

SSD yang satu ini juga sudah punya sertifikat IP168 untuk SSD gaming. Kecepatan penyimpanannya juga 440 mbps/detik dan sudah sesuai dengan standar SSD terbaik. Soal harga Anda perlu merogoh kocek sekitar R. 1,4 jutaan.

Kelebihan yang juga membuat konsumen banyak kepincut dengan produk ini adalah casingnya yang keren dan kekinian serta ringan. Sehingga mudah untuk dibawa kemana saja, dan membuat percaya diri menggunakan SSD semakin tinggi.


5. Intel SSD 530

Intel-SSD-530

Tak ada yang akan menolak kalau disuguhi produk dari Intel yang memang sudah ternama soal pembuatan prosesor. Produk ini membidik target Anda para profesional yang menggunakan perangkat komputer, untuk pekerjaan multitasking. Karena sangat baik dalam hal penyimpanan banyak data di waktu bersamaan.

Untuk para gamers juga banyak disarankan, sebab buffering dan uploading tergolong cepat. Hanya saja memori penyimpanannya tergolong kecil, yaitu 240 GB. Ditambah pula soal harga yang relatif mahal jika dibandingkan merk lain, yaitu berkisar Rp. 5,7 juta ke atas.

Dengan mengetahui merk SSD tercepat terbaik saat ini, Anda akan lebih mudah memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Sebab masing-masing produk ini memiliki kelebihannya masing-masing, tinggal Anda menyesuaikan kelebihan mana yang sangat ingin dimanfaatkan, apakah soal kecepatan, performa, atau harga yang ramah dikantong.