10 Merk Solder Listrik Terbaik

Posted on

Berhubungan dengan alat elektronik tentu membutuhkan solder agar dapat merakit atau membongkarnya. Solder dapat berfungsi sebagai alat untuk menyatukan maupun melepaskan antar komponen elektronik. Oleh karena itu diperlukan merk solder terbaik agar menghasilkan karya terbaik pula.

Berbagai jenis solder memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian. Mulai dari solder dengan harga murah hingga paling mahal tersedia, tergantung kebutuhan pekerjaan elektronik Anda.

Tips Memilih Solder

Solder terbaik sangat penting digunakan untuk menghasilkan pekerjaan elektronik yang bagus pula. Elektronik adalah barang mahal, sehingga perlu dilakukan beberapa Langkah untuk memilih jenis solder terbaik. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Pilih solder sesuai pekerjaan

Pilih-solder-sesuai-pekerjaan

Setiap solder pasti memiliki fungsi untuk menghantarkan panas sehingga alat elektronik mudah dibentuk sesuai keinginan. Anda bisa menyesuaikan ukuran dan panas suhu agar lebih mudah diaplikasikan.

2. Pilih merk ternama dan berkualitas

Pilih-merk-ternama-dan-berkualitas

Biasanya merk berkualitas dapat membantu pekerjaan lebih mudah dan memperoleh hasil maksimal. Dalam industri elektronika, kemampuan dan penggunaan merk bagus dapat meningkatkan kinerja.

3. Fitur pergantian suhu

Fitur-pergantian-suhu

Sebelum membeli solder yang tepat, pastikan untuk memilih solder dengan fasilitas pendukung seperti pergantian suhu. Sehingga Anda tidak perlu bingung mengubah suhu karena dapat diatur sesuai keinginan.

4. Tip solder yang dapat diubah dan mengkilat

Tip-solder-yang-dapat-diubah-dan-mengkilat

Pilih solder yang mengkilat jika tip solder dipanaskan. Hal ini dapat memudahkan pekerjaan elektronik serta dapat berfungsi maksimal ketika digunakan. Jika membeli produk solder, pastikan untuk memperhatikan kilat dalam tip solder tersebut ya!

Rekomendasi Merk Solder Terbaik

Setiap merk pasti memiliki spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda. Dengan beberapa produk solder di bawah ini, Anda bisa memberikan pertimbangan tipe solder apa yang dibutuhkan saat ini. Ingin tahu ulasan lengkapnya? Simak di bawah ini yuk!

1. New Pallas Soldering Iron

New-Pallas-Soldering-Iron

Tergolong dalam jenis produk yang memiliki kualitas bagus dengan harga terjangkau menjadikannya nomor 1 dalam daftar rekomendasi ini. Hanya dengan harga Rp 20.000 Anda sudah bisa memperoleh solder penghantar panas dengan baik yang tahan dengan suhu tinggi.

Produk dengan ukuran 20×1,5 cm ini berbahan dasar plastik yang nyaman dan dirancang dengan gagang solder terbaik. Daya listrik 40 watt yang dihasilkan oleh produk ini sangat ideal untuk meleburkan timah.

2. Tekiro Soldering Set

Tekiro-Soldering-Set

Bagi Anda yang memiliki klien banyak, pasti membutuhkan produk ini untuk pekerjaan elektronik karena mampu menjalankan tugas berat. Memiliki produk ergonomis dengan lapisan karet, menjadikan solder ini memiliki daya tahan lama karena memiliki tabung stainless steel long nose.

Produk ini berukuran 20 cm dengan diameter kepala sebesar 6 mm sehingga nyaman digenggam dan digunakan. Daya listrik solder ini mencapai 60 watt, sangat ideal untuk melelehkan timah untuk pekerjaan paling berat sekalipun.

3. Taffware

Taffware

Tergolong jenis solder yang lengkap, Taffware memiliki berbagai perlengkapan seperti sponge, stand holder, dan beberapa jenis mata tip yang bisa digunakan. Tidak hanya itu, produk ini juga memiliki fitur pengaturan suhu yang dapat dipilih mulai 200 sampai 450 derajat celcius.

Elemen Taffware juga tergolong lengkap, Anda bisa memiliki heating di bagian ujung tip yang membuatnya lebih cepat panas. Tingkat panas yang tinggi dapat mempercepat pekerjaan namun Anda harus berhati-hati agar tidak terluka ya!

4. Kenmaster

Kenmaster

Produk ini sangat unik karena berbentuk seperti pistol sehingga nyaman untuk digunakan. Jika biasanya solder berbentuk seperti ballpoint panjang, produk ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki produk lain.

Nyaman digenggam menjadikan produk ini ramai digunakan di kalangan pekerja elektronik. Hanya dengan harga kisaran 100.000, Anda sudah bisa melakukan bongkar pasang pada berbagai komponen penting.

5. BHID Belle

BHID-Belle

Produk ini memiliki fungsi yang dapat mengubah temperature sesuai keinginan. Dengan tingkat suhu panas sebesar 200 hingga 450 derajat selsius menjadikan merk ini memiliki sirkuit thermostat khusus untuk mengontrol suhu yang digunakan.

Produk ini juga dilengkapi dengan pemanas keramik yang awet dan berkualitas tinggi. Sangat ideal untuk memperbaiki barang elektronik seperti laptop, komputer, radio, dan lain sebagainya. Merk ini dibanderol dengan harga standar, yaitu Rp. 160.000 saja.

6. Tweezer ZD 409

Tweezer-ZD-409

Memiliki bentuk yang menyerupai capitan menjadikan merk solder ini memiliki karakteristik yang khas. Soler bermata dua ini dirancang untuk integrated circuit atau komponen surface mount device LED. Dimana di dalamnya terdapat akurasi penyolderan yang baik karena berbentuk capit.

Solder ini juga memiliki beban ringan sehingga nyaman ketika digunakan. Dengan daya pemanas sebesar 48 watt, penjadikan solder ini optimal dan lebih cepat panas dengan tegangan operasi sebesar 230 VAC.

7. T12 DC 12-24V/75W

T12-DC-12-24V-75W

Bagi Anda yang ingin memiliki solder dengan ukuran mini namun tetap ergonomis dapat memilih jenis ini. Besi pemanas listrik berukuran kecil ini sangat nyaman digunakan. Produk ini memiliki tingkat efisiensi pemanasan tinggi yang hanya membutuhkan 7 detik dalam pencapaiannya.

Produk ini memiliki panas sebesar 200 hingga 400 derajat selsius. Cara berhubungan produk ini menggunakan universal port dengan adapter yang dapat dihubungkan dimana saja. Hanya dengan harga Rp 175.000 Anda sudah bisa mendapatkannya untuk mempermudah pekerjaan, lho!

8. Nankai

Nankai

Jika membutuhkan spesifikasi solder yang besar, Anda bisa memilih Nankai untuk mempermudah pekerjaan Anda. Dnegan daya hingga 500 watt menjadikan solder ini lebih khusus mengerjakan berbagai pekerjaan berat yang membutuhkan waktu lama.

Solder ini dirancang menggunakan kayu yang berbobot ringan, sehingga nyaman digenggam dan digunakan dalam jangka waktu lama. Dibuat menggunakan elemen heating, produk ini lebih cepat panas dan dapat digunakan dalam waktu singkat.

9. Visero

Visero

Solder ini sangat cocok digunakan untuk menyolder perangkat elektronik kelas menengah. Dengan dimensi 26x7x2 cm menjadikannya lebih nyaman digenggam dan dibawa kemanapun. Ukurannya yang kecil menghasilkan daya listrik yang hemat, yaitu 40 watt saja.

Meski begitu, solder ini juga mampu melelehkan timah dan plastik dengan baik dengan spesifikasi yang dimiliki. Dengan bodi plastik, solder ini kuat panas dan mampu melakukan pekerjaan standar dalam dunia elektronik.

10. Tora Electric

Tora-Electric

Jenis solder terakhir ini lebih cepat panas dan sangat cocok untuk pekerjaan elektronik yang berat. Bagian gagang solder ini dilapisi dengan kayu, sehingga nyaman dan aman ketika digunakan. Gagang kayu ini akan mempermudah Anda sehingga tidak kepanasan saat bekerja.

Produk ini sangat ringan dan tahan panas, juga dilengkapi dengan kabel sepanjang 1 meter. Dengan harga Rp. 222.000 menjadikan produk ini sangat rekomended untuk digunakan sebagai alat untuk bongkar pasang elektronik.

Merk solder memang terdiri dari berbagai macam, namun spesifikasi dan kelebihan lebih banyak yang dimiliki pada produk tertentu sebagai pilihan.  Merk dengan kualitas bagus akan memberi hasil yang maksimal. Pastikan untuk membeli jenis solder terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan ya!

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan