10 Merk Softlens yang Bagus dan Aman untuk Mata

Posted on

Kebutuhan memakai lensa kontak atau yang lebih akrab disebut dengan softlens memang sudah masuk ke dalam kebutuhan sekunder dan bahkan primer bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan. Selain mampu membantu memperjelas penglihatan, softlens juga banyak yang dipasarkan dengan tujuan estetika.

Merk softlens dari Korea adalah yang paling banyak diincar dalam beberapa waktu belakangan ini. Hal ini dikarenakan softlens ini memiliki diameter yang lebar sehingga bisa membuat mata terlihat lebih indah. Warna yang ditawarkan pun beragam sehingga mata bisa terlihat seperti boneka.



Tips Memilih Merk Softlens Yang Bagus

1. Sesuaikan Diameter

Sesuaikan-Diameter

Ada dua macam softlens berdasarkan dari diameternya, ada yang berukuran normal dan besar. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk ukuran normal, tentu lebih nyaman dipakai karena lebih pas, namun tentu tidak dapat nilai lebih dalam hal estetika.

Berbeda dengan softlens berdiameter besar, dengan memakainya mata Anda bisa terlihat seperti mata boneka yang besar dan cantik, Namun karena diameternya yang lebih besar, softlens menjadi lebih mudah bergeser dan menjadi tidak nyaman.


2. Perhatikan Kadar Air

Perhatikan-Kadar-Air

Lebih banyak kadar air yang digunakan dalam pembuatan softlens, maka kenyamanannya akan lebih terasa. Hal ini dikarenakan mata jadi lebih terhidrasi dengan baik dan lebih segar. Anda juga tidak perlu terlalu sering meneteskan cairan untuk softlens karena bola mata masih nyaman.

Jika Anda membutuhkan pemakaian softlens dalam waktu yang lama, maka lebih baik Anda memilih softlens dengan kandungan air yang tinggi. Namun jika hanya untuk waktu yang singkat, softlens biasa yang beredar di pasaran pun masih nyaman dipakai.


3. Pertimbangkan Masa Pakai

Pertimbangkan-Masa-Pakai

Rata-rata masa kadaluarsa softlens dari sejak dibuka dari bungkusnya adalah sekitar 6 bulan. Apabila dipakai lebih dari itu maka bisa menimbulkan gangguan, baik itu rasa tidak nyaman maupun iritasi. Namun, ada juga softlens yang memiliki masa pakai hanya satu hari atau sekali pakai saja. Harga untuk softlens jenis ini juga lebih mahal.

Guna menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda selalu memperhatikan masa pakai. Selain itu, walau masa pakai masih lama, tetapi softlens sudah membuat mata tidak nyaman, maka lebih baik sudahi saja pemakaian softlens tersebut.


Rekomendasi Merk Softlens

1. Acuvue OASYS 2-week with Hydraclear Plus

Acuvue-OASYS-2-week-with-Hydraclear-Plus

Softlens ini termasuk dalam salah satu merk yang paling banyak diincar. Para pemakai softlens ini memberikan ulasan yang sebagian besar mengatakan bahwa tingkat kenyamanan pemakaian softlens ini lebih dari rata-rata.

Hal ini tentu tidak lepas dari teknologi Hydraclear yang diterapkan dalam pembuatan softlens ini. Selain membuat mata nyaman, teknologi ini juga bisa emmbuat mata senantiasa lembab dan tidak mudah kering.


2. FreshKon Everyday+ HA

FreshKon-Everyday-HA

Agar bola mata terasa nyaman ketika menggunakan softlens, maka kondisi softlens bukan hanya harus melembabkan tetapi juga memiliki perlindungan dari sinar ultraviolet. Kelebihan tersebut ada di dalam softlens produk dari FreshKon ini.

Kandungan Hyaluronic Acid serta kadar air sebanyak 58% sangat cocok bagi Anda yang bermata minus dan membutuhkan pemakaian lensa dalam waktu lama. Desain dari softlens ini juga sangat menawan sehingga dapat menjadi nilai tambah untuk kecantikan Anda.


3. FreshLook Colorblends

FreshLook-Colorblends

Kelebihan dari softlens keluaran FreshLook ini terletak pada keindahan warna yang dihadirkan dalam bentuk 3 in 1. Dengan warna yang indah tersebut, mata Anda akan terlihat lebih hidup dan tajam namun tetap terkesan alami.

Warna-warna cantik yang ditawarkan contohnya adalah coklat, hazel, grey dan semua warna turunan mereka. Jadi Anda tidak perlu bingung memadukan warna baju dengan lensa kontak Anda karena terdapat varian warna yang sangat beragam.


4. X2 Upgrade

X2-Upgrade

Jika Anda membutuhkan lensa kontak dengan masa pakai yang lama namun memiliki warna yang menawan, maka X2 Upgrade adalah pilihan yang tepat. Selain dapat dipakai selama 6 bulan, warna softlens juga tetap terjaga karena adanya sistem multi-layer polymerization.

Selain itu, warna dari softlens ini tidak akan membuat mata Anda terlihat aneh, karena memang didesain khusus untuk wanita Indonesia. X2 menggunakan metode sistem sandwich guna menghasilkan warna natural namun menawan dengan kandungan air sebanyak 42%.


5. Bausch + Lomb Ultra Contact Lenses

Bausch-Lomb-Ultra-Contact-Lenses

Saran pemakaian lensa kontak yang baik adalah tidak boleh lebih dari 12 jam, namun ternyata ada produk yang dapat mematahkan aturan tersebut. Produk itu adalah Bausch + Lomb Ultra Contact Lenses. Anda masih bisa nyaman memakai produk ini selama 16 jam karena teknologi moistureseal yang mengunci kelembaban.

Dengan memakai lensa ini maka mata Anda tidak cepat kering dan nyaman walau dengan waktu yang cukup lama. Bahkan kemungkinan untuk terjadinya iritasi juga lebih kecil.


6. Alcon Air Optix Aqua

Alcon-Air-Optix-Aqua-scaled

Bahan pembuatan softlens ini adalah hydrogel silikon yang membuat mata nyaman karena tekstur softlens yang lembut dan lembab. Selain itu sirkulasi udara pada bola mata juga dapat terjadi dengan baik.

Bahan penyusun lainnya adalah co-polymer 845 serta disempurnakan dengan teknologi smartshield sehingga lensa tidak mudah sobek maupun dimasuki benda asing. Lensa ini juga tahan lama serta hadir dengan warna yang menawan.


7. SoftVueII Toric

SoftVueII-Toric

Bagi Anda yang memiliki mata silindris, SoftVuell Toric merupakan pilihan tepat, sebab softlens ini memang dirancang khusus bagi para pengguna lensa silindris. Walaupun hanya tahan selama 30 hari, namun kadar air yang terkandung di dalamnya terbilang tinggi yaitu 55%.

Tekstur yang lembut juga membuat softlens ini nyaman digunakan untuk aktivitas berhari-hari dan juga karena dilengkapi dengan perlindungan dari sinar ultraviolet.


8. CooperVision Clariti 1 Day

CooperVision-Clariti-1-Day

Selain kadar air yang tinggi, softlens ini juga mengandung kadar oksigen yang tinggi pula. Tekstur yang breathable ini membuat mata nyaman dan tidak mudah letih. Perlindungan terhadap sinar ultraviolet juga terdapat dalam lensa kontak yang disposable ini. Diameter softlens ini juga besar sehingga dapat membuat mata terlihat lebih hidup.


9. ILLUSTRO Comfort

ILLUSTRO-Comfort

Memiliki mata dengan minus tinggi sudah bukan menjadi persoalan di zaman yang serba canggih ini. Anda tidak perlu lagi menggunakan kacamata yang tebal karena sudah ada softlens dari ILLUSTRO Comfort ini. Hal ini dikarenakan penggunaan teknologi Aspheric dalam pembuatannya.

Kelebihan lain dari softlens ini adalah karena adanya Handling Tint dan juga UV Blocking yang membuat mata Anda senantiasa nyaman. Ditambah lagi dengan kadar air sebesar 55%, membuat banyak orang merekomendasikan merk ini.


10. Newlook Charm

Newlook-Charm

Siapa tidak kenal dengan merk softlens dari Korea ini. Kualitas dari lensa kontak yang memiliki banyak warna dengan diameter yang besar ini sudah teruji. Mata Anda akan terlihat indah dan alami.

Softlens ini juga dirancang guna melembabkan mata Anda selama pemakaian, sehingga Anda tidak perlu repot menggunakan kacamata lagi

Di zaman yang serba praktis ini, nampaknya keberadaan kacamata akan mulai bergeser dengan pemakaian dan pemilihan merk softlens yang berkualitas. Hal ini tentu wajar saja, mengingat ketika memakai kacamata gerak menjadi terhambat, berbeda seperti ketika menggunakan softlens.