3 Merk Shockbreaker Motor Terbaik yang Bagus dan Nyaman

Posted on

Pada zaman modern seperti sekarang ini, terbentuklah sebuah sistem masyarakat yang mengharuskan orang-orang untuk berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan cepat. Entah itu untuk berangkat kerja, kuliah, ke sekolah, ataupun menjemput anak. Itulah sebabnya, tercipta teknologi kendaraan yang semakin modern.

Kini telah banyak pabrik-pabrik otomotif yang memproduksi kendaraan, khususnya motor yang memungkinkan penggunanya menempuh perjalanan jauh dengan cepat. Salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor yaitu shockbreaker. Berikut ini merupakan tips-tips merawat shockbreaker dan rekomendasi merk shockbreaker terbaik.


Tips Merawat Shockbreaker Motor Anda

Sebelum masuk ke poin tentang rekomendasi merk shockbreaker untuk motor yang memiliki kualitas terbaik, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat shockbreaker motor kesayangan Anda agar performanya tetap maksimal.


1. Hindari Membawa Beban yang Terlalu Berat

Hindari-Membawa-Beban-yang-Terlalu-Berat

Selain untuk mengantarkan Anda ke tempat lain dengan cepat, tak dipungkiri motor juga bisa berfungsi untuk mengantarkan barang-barang tertentu. Terlebih dengan telah tersedianya ojek online berbasis aplikasi yang menyediakan fitur go send. Dengan fenomena tersebut, mengantarkan sebuah barang menggunakan motor sudah menjadi hal yang lazim terjadi.

Namun yang perlu Anda ingat, masing-masing motor memiliki batas beban muatan yang berbeda-beda. Jika motor membawa muatan lebih dari kapasitas yang seharusnya, hal tersebut pastinya akan berdampak buruk pada kesehatan motor dan komponen-komponen motor tertentu seperti shockbreaker.

Maka dari itu, hindarilah membawa beban berlebihan pada motor Anda. Selain bermanfaat untuk menjaga kualitas shockbreaker Anda, hal tersebut juga demi keselamatan Anda dalam berkendara.


2. Kurangi Kecepatan Ketika Melalui Jalan Rusak

Kurangi-Kecepatan-Ketika-Melalui-Jalan-Rusak-scaled

Seberapa panjangnya umur shockbreaker Anda sebetulnya juga dipengaruhi oleh kecenderungan pemakaian. Jika Anda termasuk orang yang sering menghantam polisi tidur tanpa mengurangi kecepatan motor, shockbreaker Anda pastinya akan cepat rusak.

Terlebih jika Anda terbiasa memacu motor Anda dengan kecepatan yang tinggi di jalan rusak. Shockbreaker Anda yang notabenenya berfungsi untuk meredam hentakan akan mengalami banyak hentakan secara sekaligus dalam waktu singkat tanpa jeda yang akan membuat umur shockbreaker Anda menjadi lebih pendek dan cepat rusak.


3. Bersihkan Shockbreaker Motor Anda Secara Berkala

Bersihkan-Shockbreaker-Motor-Anda-Secara-Berkala

Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa satu-satunya cara merawat komponen-komponen pada motor Anda adalah dengan melakukan service. Sebetulnya membersihkan komponen pada motor Anda juga merupakan salah satu cara merawat motor yang wajib Anda lakukan.

Jika Anda menggunakan motor Anda untuk keperluan sehari-hari, pasti akan membuat motor menjadi lebih cepat kotor. Salah satu bagian motor yang akan cepat kotor yaitu shockbreakernya, karena komponen yang satu ini terletak di posisi yang rawan dan mudah terkena debu atau lumpur.

Apbila noda yang menempel pada shockbreaker didiamkan terlalu lama tanpa dibersihkan, maka akan menyebabkan keausan pada bagian seal dan pistonnya. Komponen besi pada bagian piston juga pasti akan mudah mengalami korosi atau karat. Dengan begitu, membersihkan shockbreaker secara berkala merupakan salah satu hal yang penting dilakukan.


4. Hindari Penggunaan Anting Peninggi Pada Shockbreaker

Hindari-Penggunaan-Anting-Peninggi-Pada-Shockbreaker

Banyak dari pengguna kendaraan bermotor menyematkan aksesoris tambahan pada bagian komponen motor seperti shockbreaker. Penggunaan anting peninggi ditujukan agar buritan menjadi lebih tinggi. Namun sebenarnya hal ini memiliki dampak yang buruk pada shockbreaker, bengkel-bengkel resmi pun sebenarnya tidak menganjurkan penggunaan anting peninggi ini.

Menurut pengakuan teknisi bengkel, banyak shockbreaker pelanggannya yang menjadi bengkok akibat dari pengguna anting peninggi. Banyak yang menggunakan cara ini dengan tujuan meninggikan bagian belakang motor tanpa budget yang besar. Padahal sebetulnya banyak tersedia shockbreaker yang dijual di pasaran yang bisa membuat bagian belakang motor lebih tinggi.

Maka dari itu, penggunaan anting peninggi untuk shockbreaker sebaiknya dihindari. Cara terbaik danĀ  tetap aman untuk meninggikan bagian belakang motor adalah dengan mengganti bagian shockbreaker.


5. Ganti Oli Shockbreaker Secara Berkala

Ganti-Oli-Shockbreaker-Secara-Berkala

Anda sebagai pengguna kendaraan motor, pasti pernah merasa bahwa kenyamanan shockbreaker Anda sudah tidak senyaman ketika motor Anda masih baru. Hal itu sebetulnya bisa jadi karena oli pada bagian shockbreaker sudah terlalu lama tidak dilakukan penggantian.

Oli pada shockbreaker tentunya menjadi unsur yang cukup penting. Karena shockbreaker sebagai komponen yang berfungsi untuk meredam hentakan, maka membutuhkan pelumas untuk mengembalikan posisi piston ke keadaan semula.


3 Rekomendasi Merk Shockbreaker Terbaik

1. Shockbreaker Daytona

Shockbreaker-Daytona-scaled

Untuk Anda yang mencintai dunia otomotif, pasti sudah tidak asing lagi dengan merk yang satu ini, yakni Daytona. Berkat kualitasnya, brand ini memang sudah terbilang cukup terkenal di dunia otomotif. Daytona juga tidak hanya menyediakan shockbreaker pada daftar produknya, terdapat pula komponen-komponen kendaraan lain yang tersedia bagi para pecinta otomotif.

Untuk shockbreaker Daytona, pada bagian desainnya menampilkan kesan yang sederhana namun tetap menunjukan kesan yang elegan dan berkelas. Terlepas dari adanya yang menggunakan Daytona hanya untuk penggunaan motor sehari-hari, sebetulnya shockbreaker yang satu ini lebih banyak digunakan oleh mereka yang menggunakan motornya demi kepentingan balapan.

Dengan menggunakan material yang terbaik, merk shockbreaker terbaik yang satu ini sebagian besar digunakan pada motor balap dan motor sport. Daytona juga tentunya menyediakan berbagai model untuk produk shockbreakernya. Anda bisa menggunakan shockbreaker ini dengan menyiapkan budget kurang lebih sekitar 700 ribu hingga 3 jutaan.


2. Shockbreaker YSS

Shockbreaker-YSS

Merk shockbreaker terbaik selanjutnya ialah YSS. Produk yang satu ini banyak dipilih oleh pecinta otomotif dengan alasan harga yang terjangkau namun berkualitas. Shockbreaker YSS pada umumnya digunakan untuk keperluan jenis motor matic. Shock tabung YSS sudah sangat teruji kualitasnya dan mampu bertahan hingga bertahun-tahun.

YSS menyediakan berbagai opsi warna yang bisa Anda pilih sesuai selera dan warna motor Anda. Walaupun kebanyakan digunakan pada motor matic, YSS sebetulnya juga menyediakan shockbreaker untuk semua jenis motor kecuali jenis motor balap. Untuk bisa membawa pulang shockbreaker ini, Anda setidaknya perlu menyiapkan budget sebesar 300 ribu sampai 1 jutaan.


3. Shockbreaker KYB

Shockbreaker-KYB

KYB adalah salah satu perusahaan yang sudah berkiprah lama di dunia otomotif. Bukan hanya untuk motor, KYB menyediakan pula shockbreaker untuk mobil. Dengan kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi, KYB menyediakan shockbreaker untuk semua jenis motor. Untuk harganya juga cukup bervariasi, tergantung dari jenis shockbreaker yang Anda inginkan.

Salah satu kelebihan dari merk ini adalah mudah ditemukan di berbagai toko penjual spare part. Namun kekurangannya adalah belum terdapat banyak jenis shockbreaker yang diperuntukkan untuk digunakan pada motor balap. Jika Anda ingin menggunakan shockbreaker YBS, setidaknya Anda harus menyiapkan budget sebesar 300 ribuan.

Motor merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari. Selain karena harganya yang relatif terjangkau, motor juga banyak digunakan untuk menghindari macet. Untuk menambah kenyamanan Anda dalam berkendara, Anda bisa memilih komponen yang tepat untuk motor Anda. Rekomendasi merk shockbreaker terbaik di atas mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi Anda.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan