10 Merk Senar Gitar Terbaik

Posted on

Main gitar bukan sekedar menempatkan jari pada senar-senar sesuai kunci, tapi juga harus bisa mengeluarkan alunan irama yang indah. Makanya perlu memilih merk senar gitar yang bagus, berkualitas tahan lama, dan tidak membuat ujung jari terluka.

Saat ini semakin banyak senar gitar yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pemain gitar, baik yang amatir hingga profesional. Buat yang penasaran apa saja merknya. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Tips Memilih Merk Senar Gitar Terbaik

Gitar memiliki banyak jenis, ada gitar akustik, kopong, dan gitar listrik. Walaupun fungsinya sama yaitu menghasilkan melodi yang indah mengiringi sebuah lagu, tapi Anda tetap harus memilih dengan cara yang tepat. Bagaimana caranya?

1. Bahan Senar

Bahan-Senar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah, memastikan apa bahan pembuatan dari senar tersebut. Bahan akan sangat mempengaruhi timbe dan warna suara melodi yang dihasilkan.

Untuk bahan standar ada baiknya memilih phosphor bronze, cocok untuk main sendiri pada gitar kopong atau gitar listrik saat bermain band. Kemudian ada juga bahan coated string, dengan ketahanan lebih lama dan tergolong anti putus untuk pemakaian kuat.

2. Berapa Tebalnya

Berapa-Tebalnya

Ketebalan senar juga perlu jadi perhitungan saat memilih. Ada ketebalan extra light atau paling tipis, cocok untuk digunakan pada gitar anak-anak atau Anda yang baru mulai bermain gitar supaya jari tidak mudah mengelupas.

Ada lagi ketebalan kategori light yang cocok untuk jenis gitar apapun, karena suara yang dihasilkan sangat stabil. Kemudian ada ketebalan medium dan terakhir hard yang merupakan ketebalan maksimal senar gitar.

3. Ukuran Tepat

Ukuran-Tepat

Beberapa tingkatan ukuran senar bisa dipilih, mulai dari ukuran 0,8 milimeter yang merupakan ukuran paling kecil, 0,9. Ukuran ini merupakan kategori standar dan paling banyak digunakan.

Ada juga ukuran 0,1 milimeter ke atas, jika Anda sudah mahir main gitar dan ingin hasil suara yang menggelegar.

4. Lapisan Anti Karat

Lapisan-Anti-Karat

Jangan lupa untuk memastikan juga lapisan senar tersebut, pastikan memilih lapisan anti karat dan lembut. Agar mudah digunakan dan tidak menimbulkan bercak merah akibat karat pada tangan.

10 Merk Senar Gitar Terbaik Saat Ini

Dari sekian banyak merk senar gitar yang dijual di pasaran, sepuluh diantaranya mendapatkan review paling bagus dibandingkan yang lain. Anda bisa memilih salah satunya untuk dipasang pada gitar kesayangan.

1. D’Addario EZ910 85/15 American Bronze

D-Addario-EZ910-85-15-American-Bronze

Senar keluaran merk D’Addario, memiliki ketebalan bright yang bisa memberikan suara yang stabil dan seimbang. Bahan utamanya adalah phosphor bronze yang tergolong lembut dan nyaman saat dipetik.

Cocok untuk Anda yang mau bermain gitar solo dan akustik, ukuran 80/20 yang ditawarkan juga menjadi salah satu alasan Anda perlu memilikinya. Apalagi untuk Anda yang ingin mencoba bermain teknik gitar arpeggio,teknik dengan kekuatan suara ekstra dan cocok untuk dipadukan dengan suara musik lainnya.

2. Pyramid Medium Tension

Pyramid-Medium-Tension

Sejak dulu merk ini banyak digunakan oleh pemilik gitar kopong, yang ingin memainkan gitar untuk kebutuhan sendiri. Senar ini tetap mampu menghasilkan suara yang jernih walaupun harganya relatif murah.

Sangat cocok untuk pemain gitar pemula, juga untuk Anda yang sekedar ingin latihan bermain gitar sebab teksturnya cukup lembut dan tidak akan membuat ujung jari menjadi tebal. Soal ketahanannya juga cukup mumpuni untuk memainkan berbagai genre musik.

3. Elixir Acoustic Anti Rust Nanoweb

Elixir-Acoustic-Anti-Rust-Nanoweb

Merupakan merk senar yang masuk kategori terbaik saat ini, karena proses pembuatannya mengikuti standar senar nasional maupun internasional. Tahan lebih lama, dengan lapisan anti karat yang tak diragukan lagi.

bahan coated string yang melapisi senar membuat teksturnya sangat lembut, baik untuk permainan akustik hingga suara keras untuk genre musik metal sekalipun. Tapi, soal harga memang relatif mahal jika dibandingkan merk lain.

4. Martin & co

Martin-and-Co

Buat Anda yang ingin membawakan melodi untuk lagi genre jazz, folk, hingga rhythm rock sangat cocok memilih senar ini. Kekuatan suara yang dihasilkan sangat bagus dan stabil, hanya saja untuk pemula akan sedikit keteteran sebab harus menekan jari lebih kuat untuk menghasilkan suara indah.

Mengusung teknologi cleartone proprietary, membuat pengguna tak perlu khawatir untuk memetik gitar dengan keras. Semua lapisannya tidak akan mudah mengelupas, walaupun sudah lama digunakan.

5. Ernie Ball

Ernie-Ball

Elemen kuningan sebagai lapisan luarnya, menjadi alasan hasil suara menggema dan indah yang dihasilkan. Selain itu senar ini juga sangat kuat dan tidak akan mudah longgar, setelah Anda mengatur ketepatan nada pada setiap senarnya.

Soal harga, juga tergolong ramah di kantong tapi tetap dengan kualitas terbaiknya. Ditambah lagi ketahanannya sangat maksimal, sehingga Anda tak perlu tiap sebentar mengganti senar akibat putus atau mengelupas.

6. Gibson

Gibson

Senar yang satu ini memiliki ukuran variatif yang bisa dipilih sesuai keinginan Anda. Suara yang dihasilkan juga sangat bagus terutama untuk nada tinggi dan bright. Cocok untuk pemula untuk belajar mahir main gitar, hingga para profesional yang ingin menciptakan lagu-lagu baru.

Bahan utama dari senar ini adalah fosfor yang dipadu dengan perunggu, jadi tidak akan mudah berkarat walaupun sudah lama Anda pasang. Tahan terhadap cuaca lembab dan pastinya memiliki harga yang cukup murah.

7. Light Gauge

Light-Gauge

Merupakan senar standar yang biasanya langsung terpasang ada gitar akustik baru. Nada seimbang, dihasilkan dari penggunaan senar karena kemampuan normal tension yang dimilikinya.

Anda bisa memainkan gitar akustik, untuk berbagai genre musik maupun teknik permainan gitar apapun. Mulai dari teknik standar hingga teknik dengan tingkat kesulitan tinggi.

8. Earthwood Light Ernie Ball

Earthwood-Light-Ernie-Ball

Dengan senar yang relatif tipis, bahkan Anda bisa pilih custom light yang sangat nyaman digunakan bagi pemula yang belum terbiasa bermain gitar. Harganya juga tidak terlalu mahal, sehingga cocok untuk kantong anak muda yang suga main gitar saat nongkrong.

Untuk mendapatkan senar ini juga sangat gampang, hampir semua toko perlengkapan musik menyediakannya dengan ukuran dan ketebalan terbaik.

9. La Bella

La-Bella

Keawetan senar yang satu ini sangat teruji, sebab proses pembuatannya saja menggunakan teknik ionic vaporyang tidak melalui proses celup maupun semprot. Jadi, kalau selama ini Anda bermasalah dengan senar yang mudah mengelupas maka ganti saja dengan senar ini.

Cocok untuk latihan gitar maupun untuk digunakan pada gitar akustik, saat tampil solo di pertunjukan musik.

10. Orphee

Orphee

Terakhir yang juga bisa Anda pilih adalah senar buatan Italia ini. Timbre yang dihasilkan sangat kuat, cocok untuk memainkan musik upbeat atau lagi riang yang butuh alunan gitar dengan suara segar dan tajam.

Tapi, untuk menggunakannya saat mencoba lagu ballad juga tidak masalah. Senar akan semakin keluar kemampuannya melantunkan melodi-melodi terbaik, untuk didengar sendiri atau orang banyak.

Setelah mengetahui cara memilih merk senar gitar yang terbaik, Anda pastinya sudah bisa mendapatkan senar mumpuni untuk dipasangkan pada gitar. Dengan karakteristik senar yang tepat sesuai kebutuhan, Anda akan mendapatkan suara jernih, tajam, dan tentunya senar yang tahan lama.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan