3 Merk Obat Penguat Kandungan yang Bagus Sesuai Resep Dokter

Posted on

Masalah keguguran pada wanita hamil di trimester pertama memang sering terjadi, karena kondisi sel telur yang sudah dibuahi belum menempel secara maksimal pada dinding rahim. Untuk mencegah masalah keguguran, biasanya seorang dokter akan memberikan resep obat penguat kandungan yang bisa dikonsumsi wanita hamil untuk menguatkan kandungannya di trimester pertama.

Meskipun ada banyak merk obat penguat kandungan, namun Anda tidak boleh sembarangan mengkonsumsinya tanpa anjuran dokter. Pada dasarnya, obat penguat kandungan merupakan hormon progesteron yang telah diolah menjadi salah satu obat sintetis dan bisa dikonsumsi secara aman dengan dosis yang tepat.


Tips Menggunakan Obat Penguat Kandungan yang Tepat

1. Membuat Jadwal Minum Obat yang Sama

Membuat-jadwal-minum-obat-yang-sama

Untuk memudahkan Anda dalam mengkonsumsi obat penguat kandungan, sebaiknya diterapkan jadwal yang sama untuk setiap harinya. Dengan mengkonsumsi rutin pada waktu yang sama, maka akan membantu memaksimalkan manfaat dari obat tersebut.


2. Disimpan di Tempat yang Aman

Disimpan-ditempat-yang-aman

Agar tidak merusak atau mengurangi manfaat dari obat penguat kandungan, maka harus disimpan di tempat dengan suhu ruangan yang baik. Jenis obat ini tidak boleh terkena paparan sinar matahari langsung atau disimpan di tempat yang lembab. Sebaiknya jangan menyimpan obat ini di kamar mandi atau justru menyimpannya di dalam lemari pendingin atau freezer.


3. Jauhkan dari Jangkauan Anak-Anak atau Hewan Peliharaan

Jauhkan-dari-jangkauan-anak-anak-atau-hewan-peliharaan

Untuk menghindari risiko keracunan, obat penguat kandungan harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.


4. Jika Lupa Mengonsumsi Satu Dosis

Jika-lupa-mengkonsumsi-satu-dosis

Jika Anda lupa mengonsumsi satu dosis obat penguat kandungan, maka sesegera mungkin untuk meminumnya jika sudah mengingatnya. Akan tetapi, jika Anda ingat ketika sudah mendekati jadwal minum obat pada dosis berikutnya maka abaikan saja. Anda cukup mengkonsumsi dosis yang berikutnya dan menerapkan jadwal konsumsi obat pada jadwal semula.

Perlu Anda ketahui, bahwa Anda dilarang menggandakan dosis konsumsi karena sangat berbahaya dan justru bisa menimbulkan risiko yang tidak diinginkan. Karena obat penguat kandungan tergolong dalam obat keras yang tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsinya.


5. Jangan Mengonsumsi Obat Penguat Kandungan Melebihi Batas yang Sudah Ditentukan

Jangan-mengkonsumsi-obat-penguat-kandungan-melebihi-batas-yang-sudah-ditentukan

Obat penguat kandungan harus dikonsumsi berdasarkan resep dokter. Jika obat yang diresepkan dokter telah habis, maka Anda bisa kembali konsultasi ke dokter. Anda tidak dianjurkan untuk membeli dan mengkonsumsinya sendiri tanpa anjuran dokter, karena dapat menyebabkan overdosis atau bisa menyebabkan hal buruk lainnya.


6. Perhatikan Masa Kedaluwarsa

Perhatikan-masa-kadaluarsa

Sebelum mengkonsumsi obat penguat kandungan, sebaiknya periksa terlebih dahulu tanggal kedaluwarsanya. Jika tidak, maka akan sangat membahayakan calon janin yang berada di dalam rahim.

Bila obat ini sudah habis masa berlakunya, maka harus dibuang pada tempatnya. Anda juga bisa konsultasi kepada apoteker mengenai cara membuang obat ini dengan aman. Anda tidak dianjurkan membuang jenis obat ini ke dalam lubang toilet atau saluran pembuangan air.


Rekomendasi Merk Obat Penguat Kandungan (Anjuran Dokter)

1. Duphaston

Duphaston

Duphaston yaitu obat penguat kandungan yang terdiri dari bahan aktif dydrogesterone dan merupakan hormon sintetis yang hampir sama dengan hormon progesteron. Hormon progesteron merupakan hormon seks yang ada pada wanita dan terbentuk secara alami di dalam tubuh.

Selain untuk memperkuat kandungan pada masa trimester. Obat ini juga mampu mengatasi masalah menstruasi karena disebabkan kurangnya kebutuhan progesterone yang dihasilkan tubuh. Kurangnya kebutuhan hormon progesterone, maka bisa menyebabkan berbagai macam gangguan pada masa kehamilan.

Jadi penggunaan hormon dydrogesterone tambahan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat Duphaston yang berfungsi untuk  mengatur pertumbuhan janin di dalam rahim secara sehat. Obat ini  mampu meminimalkan pertumbuhan yang berlebihan pada bagian lapisan dinding rahim.

Dengan mempertahankan bagian lapisan rahim, maka dydrogesterone dapat membantu mencegah terjadinya keguguran berulang pada wanita hamil. Dalam masalah ini, maka pencegahannya harus dilakukan dengan sesegera mungkin.

Meskipun begitu, cara mengkonsumsi merk obat penguat kandungan Duphaston harus disertai dengan resep dan dosis yang dianjurkan dokter. Hal itu untuk mencegah terjadinya efek samping yang ditimbulkan.


2. Premaston

Premaston

Terjadinya keguguran bisa disebabkan karena kekurangan hormon plasenta di dalam kandungan, maka pada wanita yang memiliki indikasi tersebut dianjurkan mengkonsumsi obat Premaston.   Biasanya obat penguat kandungan ini dikonsumsi untuk mencegah terjadinya keguguran atau sebagai terapi yang disebabkan karena pernah mengalami keguguran secara berulang.

Kandungan allylestrenol yang terdapat pada obat Premaston mampu bekerja secara maksimal dengan cara berikatan dengan hormon estrogen dan progesteron dalam saluran reproduksi, hipofisis, hipotalamus dan juga kelenjar vagina.

Cara kerjanya bisa dicermati pada kandungan formula bahan aktif yang berupa allylestrenol. Senyawa yang terkandung dalam obat Premaston berbentuk steroid yang manfaatnya tidak jauh beda dari progesterone dan progestin. Obat ini akan memperlambat sistem pelepasan hormon GNRH dan memperlambat terjadinya peningkatan pada hormon Luteinizing.

Embrio yang sudah tertanam di dalam rahim akan diperkuat dengan hormon progesteron secara maksimal. Bahkan hormon progesteron juga berfungsi untuk menstimulasi produksi ASI di dalam jaringan alveolar. Premaston akan diberikan pada wanita hamil pada trimester pertama yang terdapat indikasi ancaman keguguran karena kekurangan hormon plasenta di dalam kandungan.

Biasanya obat Premaston diresepkan dokter untuk wanita hamil yang sebelumnya memiliki riwayat sering mengalami keguguran. Selain itu, obat ini juga dapat mengatasi masalah ancaman kelahiran bayi prematur.


3. Utrogestan

Utrogestan

Utrogestan yaitu obat yang biasa diberikan dokter untuk wanita hamil untuk memperkuat kondisi kandungan maupun diberikan pada wanita yang sedang menjalankan program hamil. Kandungan hormon progesteron yang terdapat pada obat Utrogestan sangat bagus untuk menguatkan sel telur yang sudah dibuahi agar dapat menempel kuat pada dinding rahim.

Selain itu, Utrogestan juga biasa dikonsumsi wanita sebagai obat penyubur kandungan terbaik yang sedang menerapkan program bayi tabung. Meskipun begitu, penggunaannya tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan resep dokter, karena obat ini tergolong keras.

Tidak hanya untuk merangsang terhadap pelepasan sel telur yang sudah matang, namun juga mampu menebalkan bagian dinding rahim dan memelihara sel telur yang sudah dibuahi. Obat Utrogestan biasanya diberikan pada wanita yang memiliki masalah kesuburan, gangguan menstruasi, menopause dan sebagai penguat kandungan.

Jika pada masa program kehamilan, dan di dalam tubuh Anda tidak mampu menghasilkan hormon yang cukup maka dokter akan menganjurkan mengkonsumsi obat Utrogestan dengan dosis yang tepat. Obat ini boleh dikonsumsi hanya dengan resep dokter, jika Anda ingin mengkonsumsinya maka harus konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Baca Juga : 5 Merk Teh Hijau yang Bagus Tanpa Kafein


Kesimpulan

Ada beberapa merk obat penguat kandungan untuk wanita hamil, namun harus tetap disesuaikan dengan resep dokter. Obat penguat kandungan harus dikonsumsi dengan dosis yang tepat agar memberikan hasil maksimal. Selain mengkonsumsi obat penguat kandungan, wanita hamil dianjurkan mengkonsumsi makanan bergizi dan menerapkan pola hidup sehat.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan