TOP 5 Merk Obat Kutu Kucing Paling Ampuh

Posted on

Kutu merupakan salah satu hewan parasit yang kehadirannya sangat mengganggu manusia atau hewan. Kutu dapat menimbulkan rasa gatal, alergi, koreng, dan merontokkan bulu hewan inangnya. Karena bisa mengganggu pertumbuhan hewan inang seperti kucing atau anjing, kutu harus dibasmi. Ada beberapa merk obat kutu kucing dan anjing yang dapat Anda temui dengan mudah di pasaran.

Harga yang dipatok untuk obat kutu kucing juga bervariasi, namun tetap terjangkau. Simak ulasan berikut untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai tips menghilangkan kutu dan merk obat untuk membasmi kutu paling ampuh.


Tips Memilih Obat Kutu Kucing yang Tepat

Kucing merupakan salah satu hewan berbulu yang lucu dan menggemaskan. Tak mengherankan jika kucing dipilih dan dijadikan sebagai hewan peliharaan. Namun, Anda juga harus memerhatikan kesehatan dan kebersihannya agar terbebas dari penyakit kulit dan kutu yang mengganggu. Berikut ini beberapa tips memilih obat kutu untuk kucing yang tepat.

1. Pilih Obat Kutu Sesuai Berat Badan Kucing

Pilih-Obat-Kutu-Sesuai-Berat-Badan-Kucing

Hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli obat untuk membasmi kutu pada kucing kesayangan Anda yaitu mengetahui berat badan kucing terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan obat yang diberikan harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan bobot kucing agar manjur dan ampuh.


2. Kenali Sensitivitas Kulit Kucing

Kenali-Sensitivitas-Kulit-Kucing

Beberapa kucing memiliki kulit yang cenderung sensitif. Apabila kulit kucing Anda cenderung sensitif, sangat dianjurkan untuk menggunakan obat oral atau telan dibanding obat semprot atau oles untuk menghindari iritasi atau efek samping.


3. Cek Kandungan Bahan pada Obat

Cek-Kandungan-Bahan-pada-Obat

Sebelum Anda memberikan obat kutu untuk kucing, pastikan terlebih dahulu kandungan bahan pada obat. Hal ini untuk mengantisipasi efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian obat kutu. Jangan sembarangan memberikan obat kutu pada hewan yang alergi pada bahan kimia tertentu.


4. Rekomendasi Dokter Hewan

Rekomendasi-Dokter-Hewan

Untuk menghindari efek samping dan hal-hal yang membahayakan kesehatan kucing kesayangan Anda, sebaiknya gunakan obat yang direkomendasikan oleh dokter hewan yang terpercaya. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan agar dosisnya tepat dan hasilnya efektif.


5. Sesuaikan Budget yang Dimiliki

Sesuaikan-Budget-yang-Dimiliki

Harga yang dipatok untuk obat pembasmi kutu kucing cukup variatif, mulai dari harga yang murah hingga mahal. Anda bisa menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. Ada banyak obat kutu dengan harga yang terjangkau dan tidak akan menguras kantong Anda, namun hasilnya tetap maksimal dan ampuh membasmi kutu.


Rekomendasi Merk Obat Kutu Kucing Ampuh dan Terjangkau

Harga yang dipatok untuk obat kutu kucing cukup variatif, mulai dari yang murah hingga mahal tergantung merk, kandungan bahan, dan keefektifannya dalam membasmi kutu. Berikut ini 5 merk obat kutu kucing yang recommended dan dijamin ampuh membasmi kutu.


1. Frontline Flea and Tick Spray

Frontline-Flea-and-Tick-Spray

Salah satu merk obat untuk mengatasi dan membasmi kutu kucing yang recommended yaitu Frontline Flea and Tick Spray. Obat kutu jenis semprot ini dipercaya ampuh membasmi kutu. Cara penggunaannya juga sangat mudah dan praktis. Obat anti kutu ini aman digunakan pada anak kucing yang baru lahir.

Untuk hasilnya bisa disesuaikan dengan jangka waktu pemakaian. Untuk pemakaian obat setiap 3 minggu sekali, paralysis tick akan musnah. Untuk pemakaian obat setiap 4 sampai 8 minggu sekali, maka kutu dewasa yang akan musnah. Harga yang dipatok untuk obat kutu ini sedikit lebih mahal dibanding merk lainnya yaitu kisaran 200 ribuan.


2. Detick

Detick

Detick diklaim sebagai salah satu obat pembasmi kutu kucing terbaik dan terbukti ampuh. Kandungan Fipronyl sangat ampuh membasmi tungau dan kutu kucing dengan hasil yang terbilang cepat. Untuk penggunaannya harus sesuai dengan berat badan kucing. Jika berat badan kucing adalah 5 kilogram, maka dosis yang dianjurkan yaitu 0,5 ml.

Pemberian obat kutu ini dilakukan setelah kucing dimandikan agar hasilnya efektif dan maksimal. Harga yang dibanderol untuk merk obat ini sangat terjangkau yaitu kisaran harga 25 ribu hingga 40 ribu saja. Obat kutu Detick juga hadir dalam pilihan dosis ukuran 1 ml dan 2 ml dan bisa Anda temui dengan mudah di toko hewan.


3. Bayer Advocate

Bayer-Advocate

Obat kutu ampuh lainnya untuk kucing yaitu Bayer Advocate. Tidak hanya ampuh membasmi kutu saja, obat ini juga ampuh membasmi cacing cambuk, cacing jantung, cacing gelang, cacing kait, scabies, angiostronglyus, demode, dan berbagai parasit lainnya yang hidup di kulit kucing kesayangan Anda.

Obat ini tersedia dalam beberapa varian yang bisa disesuaikan dengan bobot kucing. Obat ini juga bersifat waterproof atau tahan air, sehingga Anda tidak perlu repot menjauhkan kucing dari air setelah pemberian obat. Harga yang dibanderol juga relatif terjangkau yaitu kisaran 90 ribuan hingga 150 ribuan saja.


4. Doris

Doris

Tidak hanya obat semprot saja, Anda juga bisa menggunakan bedak untuk membasmi kutu kucing. Salah satu obat berbentuk bedak yang ampuh mengatasi masalah kutu yaitu Doris. Manfaat dari obat ini akan maksimal apabila Anda menggunakannya secara rutin paling tidak 1 kali dalam seminggu. Karena bentuknya berupa bedak, cara penggunaannya cukup ditaburkan pada tubuh kucing.

Agar hasilnya optimal, diamkan selama 15 menit kemudian mandikan kucing menggunakan sampo anti kutu khusus kucing. Usahakan jangan sampai terjilat oleh kucing Anda karena obat ini termasuk obat keras dan hanya dianjurkan untuk pemakaian luar saja. Harga yang dibanderol untuk bedak Doris juga sangat terjangkau yaitu kisaran 20 ribuan hingga 35 ribuan saja.


5. Revolution Selamectin for Cats

Revolution-Selamectin-for-Cats

Merk obat kutu kucing terbaik dan ampuh lainnya yaitu Revolution Selamectin. Obat ini diklaim bisa membasmi dan membunuh kutu, mulai dari telur, larva, hingga kutu dewasa. Tidak hanya untuk membasmi kutu kucing saja, obat ini juga ampuh mengatasi dan membasmi cacing hati, cacing gelang, cacing tambang, dan ear mites.

Cara kerja obat ini sangat efektif karena meresap langsung ke dalam lapisan kulit dan aliran darah kucing. Sebelum memberikan obat ini, pastikan untuk mengetahui dosis yang dianjurkan terlebih dahulu. Obat ini juga cocok digunakan untuk kucing yang bobotnya di atas 2,5 kilogram dengan umur lebih dari 8 minggu.

Obat ini juga aman digunakan untuk kucing yang hamil atau menyusui. Namun, hindari memberikan obat kutu ini saat kucing sedang sakit atau dalam masa pemulihan. Harga yang dibanderol untuk obat ini terbilang cukup mahal yaitu kisaran 100 ribu hingga 170 ribu.


Kesimpulan

Sebagai hewan peliharaan yang sering dipegang dan dielus, kesehatan dan kebersihan kulit kucing harus selalu dijaga dan dirawat dengan baik agar terhindar dari penyakit atau hewan parasit lainnya. Rekomendasi merk obat kutu kucing dan tips memilih obat kutu yang tepat di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk mengatasi dan membasmi kutu pada kucing.
Selain memberikan obat kutu, Anda juga bisa menggunakan sampo anti kutu khusus kucing. Jangan biarkan hewan parasit ini mengganggu kenyamanan dan kesehatan kucing kesayangan Anda.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan