3 Merk Obat Batuk Pilek Terbaik yang Bagus dan Aman

Posted on

Saat perubahan cuaca, biasanya daya tahan tubuh Anda akan menurun dan mudah terkena penyakit. Penyakit yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah batuk pilek. Agar terhindar dari penyakit tersebut, Anda membutuhkan merk obat batuk pilek yang bagus serta aman.

Jangan sampai Anda sembarangan memilih obat untuk batuk pilek. Anda harus menyesuaikan dengan usia dan gejalanya. Jika batuk pilek tidak kunjung sembuh segera konsultasikan dengan dokter karena dapat menyebabkan efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh.


Tips Memilih Merk Obat Batuk Pilek yang Aman

Umumnya, penyakit batuk disertai dengan pilek yang dapat menyebabkan gejala demam. Anda bisa memilih obat sesuai gejala yang dirasakan. Berikut ini adalah tips memilih obat batuk dan pilek yang aman:


1. Kandungan Antialergi

Kandungan-Antialergi

Sebagian orang ada yang tidak cocok dengan beberapa jenis obat. Sebab, terdapat berbagai kandungan obat batuk dan pilek yang menimbulkan alergi. Sebelum memilih obat untuk batuk pilek, Anda harus mengecek kandungannya terlebih dahulu. Pastikan obat tersebut termasuk ke dalam jenis antialergi.


2. Ketahui Efek Sampingnya

Ketahui-Efek-Sampingnya

Setiap jenis obat, tentunya memiliki efek samping yang berbeda. Salah satu efek samping yang biasa dirasakan adalah rasa kantuk. Jika Anda sering beraktivitas, maka sebaiknya jangan mengonsumsi obat batuk dan pilek dengan efek samping tersebut.


3. Hindari Kandungan Antihistamine

Hindari-Kandungan-Antihistamine

Saat ini, sudah banyak obat batuk pilek yang memiliki kandungan Antihistamine. Kandungan tersebut ampuh untuk mengatasi batuk dan pilek. Sebenarnya, Antihistamine bisa menyebabkan rasa kantuk berlebih, sehingga cukup mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.


4. Memilih Obat yang Bersifat Sustained Release

Memilih-Obat-yang-Bersifat-Sustained-Release

Obat batuk dan pilek biasanya dikonsumsi sebanyak tiga kali sehari. Namun, masih ada orang yang mengonsumsinya di siang hari. Jika Anda sibuk bekerja, maka pilihlah obat yang sifatnya sustained release. Obat tersebut memiliki dosis yang rendah dan hanya perlu dikonsumsi sebanyak dua kali sehari.


5. Gunakan Obat dalam Bentuk Sirup

Gunakan-Obat-dalam-Bentuk-Sirup

Seperti yang diketahui, obat batuk dan pilek hadir dalam berbagai bentuk, seperti kapsul, tablet hingga sirup. Agar hasilnya lebih efektif, Anda dapat menggunakan obat batuk dan pilek berbentuk sirup. Hal itu dikarenakan cara kerjanya lebih cepat dibanding bentuk lainnya.


6. Perhatikan Kandungan Obat

Perhatikan-Kandungan-Obat

Anda juga harus mengetahui berbagai kandungan yang cocok untuk mengatasi batuk pilek. Berikut adalah kandungan obat batuk pilek yang harus Anda ketahui:


a. Paracetamol

Kandungan ini dapat mengatasi batuk dan pilek. Obat pereda nyeri dan demam ini dijual bebas di pasaran, Anda dapat membelinya tanpa resep dokter. Kemudian, Paracetamol cocok untuk semua kalangan, terutama orang dewasa.


b. Ibuprofen

Ibuprofen juga cukup ampuh untuk meredakan demam dan nyeri yang diakibatkan oleh batuk pilek. Obat dengan kandungan ini juga dijual bebas di pasaran, Anda bisa membelinya tanpa resep dokter.


c. Antihistamine

Antihistamine merupakan kandungan obat yang ampuh mengatasi batuk pilek karena disebabkan alergi. Kandungan ini berfungsi untuk mencegah bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.


d. Dekongestan

Dekongestan dapat mengurangi pembengkakan pada bagian saluran hidung dan produksi lendir. Jika hidung Anda tersumbat, maka dapat memilih obat dengan kandungan ini.


e. Ekspektoran

Ekspektoran bekerja untuk mencairkan lendir di dalam tenggorokan dan dahak yang menempel di paru-paru. Kandungan ini cocok bagi Anda yang mengalami batuk berdahak. Kemudian, Anda dapat mengonsumsi Ekspektoran sebelum atau sesudah makan.


Rekomendasi 3 Merk Obat Batuk Pilek Terbaik

Meskipun terlihat agak sepele, namun batuk pilek harus ditangani dengan cara yang tepat. Saat ini, Anda dapat menemukan obat batuk dan pilek dengan mudah di toko obat atau apotek. Berikut ini adalah rekomendasi obat untuk batuk pilek terbaik:


1. OBH Combi Batuk Plus Flu

OBH-Combi-Batuk-Plus-Flu

OBH Combi Batuk Plus Flu cukup ampuh dalam mengatasi batuk dan pilek. Jika hidung Anda tersumbat, maka juga bisa mengonsumsi obat ini. OBH Combi Batuk Plus Flu hadir dalam tiga varian rasa, yakni jahe, mint, dan madu.

Selain itu, obat batuk dan pilek ini hadir dalam dua ukuran kemasan, yaitu 60 ml dan 100 ml. Anak berusia di atas 12 tahun juga bisa mengonsumsi obat ini. Salah satu kelemahan pada obat ini dapat menyebabkan rasa kantuk.

Keunggulan

  • Hadir dalam tiga varian rasa berbeda.
  • Mudah ditemukan dan didapatkan di toko obat atau apotek.
  • Terdapat dua ukuran kemasan yang bisa dipilih.

Kelemahan

  • Menyebabkan rasa kantuk setelah dikonsumsi.

OBH Combi Batuk Plus Flu dijual dengan harga berkisar antara Rp13.000,- (ukuran 60 ml rasa jahe), Rp17.000,- (ukuran 100 ml rasa jahe), dan Rp15.000,- s.d. Rp18.000,- (ukuran 60 ml rasa mint) di toko obat atau apotek.


2.  Bodrex Flu & Batuk

Bodrex-Flu-Batuk

Obat batuk dan pilek ini memiliki dua jenis yakni untuk batuk berdahak dan batuk kering. Selain itu, Bodrex Flu & Batuk juga hadir dalam bentuk kaplet dan sirup. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mencari obat pilek dan batuk berdahak atau kering.

Khusus jenis batuk kering, obat ini memiliki kandungan Dextrometorphan, Paracetamol, dan Phenylephrine. Sementara untuk batuk berdahak, terdapat kandungan Bromhexine, Glyceryl Gualacolate, Paracetamol, dan Phenylephrine.

Keunggulan

  • Terdapat dua jenis yang bisa Anda pilih sesuai gejala batuk yang dirasakan.
  • Mudah ditemukan di pasaran dan bisa dikonsumsi oleh anak berusia di atas 6 tahun.

Kelemahan

  • Dapat menimbulkan efek samping, seperti bibir kering, gangguan pencernaan, kantuk, dan pusing.

Bodrex Batuk & Flu dijual dengan harga berkisar antara Rp2.000,- s.d. Rp2.500,- (satu strip isi 4 kaplet) dan Rp9.500,- s.d. Rp11.000,- (ukuran 60 ml untuk sirup).


3. Procold Flu dan Batuk

Procold-Flu-dan-Batuk

Sebenarnya, flu, dan pilek adalah penyakit yang berbeda. Namun, masih banyak orang yang menganggap bahwa keduanya sama saja. Saat mengalami batuk dan pilek, maka orang-orang mengonsumsi obat batuk dan flu.

Procold Flu dan Batuk merupakan salah satu merk obat yang cukup ampuh mengatasi batuk dan pilek. Obat yang satu ini tidak dapat mengatasi flu dan batuk berdahak, tetapi memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan gejala flu, pilek, hingga batuk kering.

Beberapa kandungan yang dimiliki oleh Procold Flu dan Batuk adalah Dextrometorphan, Paracetamol, dan Pseudoephedrin.

Keunggulan

  • Dapat menyembuhkan gejala flu, pilek, hingga batuk tidak berdahak.
  • Mudah ditemukan dan bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter.
  • Aman digunakan oleh anak berusia 6 tahun ke atas.

Kelemahan

  • Tidak dapat menyembuhkan batuk berdahak.
  • Tidak dapat dikonsumsi oleh anak yang berusia di bawah 6 tahun.
  • Menyebabkan rasa kantuk dan tidak disarankan untuk ibu menyusui.

Procold Flu dan Batuk dijual dengan harga berkisar antara Rp3.500,- hingga Rp4.000,- untuk satu strip isi 6 kaplet. Anda bisa membelinya di berbagai toko obat dan apotek mana saja.

Setelah mengetahui beberapa merk obat batuk pilek di atas, Anda bisa memilih sesuai dengan gejalanya. Pastikan juga Anda telah mengetahui efek sampingnya agar tidak mengganggu aktivitas.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan