Merk Laptop Harga Di Bawah 3 Jutaan Spek Tinggi

Posted on

Mendambakan laptop spek tinggi dengan harga yang tidak terlampau mahal tidak harus dengan membeli laptop bekas. Terdapat banyak merk laptop di bawah 3 jutaan dengan kondisi baru yang dilengkapi komponen memadai untuk menunjang pekerjaan sehari-hari, menonton, atau bermain game. Anda hanya perlu cermat memilih mana spesifikasi yang sesuai dengan fokus penggunaan.


Tips Memilih Merk Laptop di Bawah 3 Jutaan

1. Pertimbangkan sistem operasi yang ingin digunakan.


Beberapa jenis laptop ada yang sudah dibekali dengan OS tertentu sehingga Anda hanya tinggal pakai. Namun, ada juga yang masih kosongan sehingga Anda harus membeli lisensi dari suatu OS kemudian menginstalnya sendiri. Pilihan OS antara lain Windows 10, Chrome OS, dan Linux.


2. Pilihlah desain laptop yang diinginkan.

Sebagai contoh, apabila ingin desain modern dan multifungsi maka laptop 2-in-1 adalah yang terbaik. Alasannya, Anda bisa menjadikannya sebagai laptop normal atau melepas layar untuk menjadikannya sebagai tablet. Namun kekurangannya ada pada daya baterai yang cenderung singkat. Tidak cocok bagi yang suka bermain game.


3. Perhatikan kondisi keyboard dan touchpad.

Walaupun terlihat sepele, namun mengecek apakah tiap tombol pada keyboard berfungsi atau tidak adalah hal wajib saat membeli laptop. Pasalnya, keyboard yang bermasalah akan memperlambat kerja Anda. Sedangkan hal yang harus diperhatikan untuk touchpad antara lain ketahanan, keakuratan pointer, dan tingkat sensitivitas.


4. Pastikan memilih ukuran layar laptop yang sesuai dengan tujuan penggunaan.

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, tentu membutuhkan laptop yang portabilitasnya juga tinggi. Maka lebih baik memilih ukuran layar yang praktis yakni 11 hingga 12 inci. Sedangkan bagi Anda yang berprofesi sebagai editor atau gamer profesional, maka lebih cocok layar 17 hingga 18 inci.


4 Rekomendasi Merk Laptop di Bawah 3 Jutaan untuk Komputasi Sehari-hari

1. Lenovo IdeaPad 330

Lenovo-IdeaPad-330

Tidak main-main, Lenovo membenamkan prosesor AMD A4-9125 generasi ketujuh yang rentang kecepatannya 2,3 GHz hingga 2,6 GHz. Selain itu, RAM sebesar 4 GB masih bisa diupgrade menjadi 8 GB. Dengan tenaga semacam ini, Lenovo IdeaPad 330 menjanjikan performa yang optimal untuk menunjang multitasking mulai dari membuka aplikasi, editing, dan browsing.

Dari sektor penyimpanan, tersedia 2 TB SATA HDD hingga 256 GB yang mampu menampung ribuan file, foto, dan video. Kualitas grafis yang dimiliki cukup tajam untuk ukuran layar 14 inci berkat penggunaan AMD Radeon R3. Dengan baterai 2-cell 30 WHr, Lenovo 330 mampu bertahan hingga 6 jam. Anda juga bisa memanfaatkan Rapid Charge yang mengisi penuh hanya 15 menit.


2. Asus E203NAH-FD11T

Asus-E203NAH-FD11T

Merk laptop di bawah 3 jutaan yang diproduksi oleh Asus ini cocok bagi Anda yang membutuhkan laptop dengan baterai super. Alasannya, baterai milik E203NAH-FD11T dapat bertahan hingga 10 jam hanya sekali charging. Selain itu, laptop yang memiliki desain ramping ini sudah dibekali dengan Windows 10 yang memiliki fitur unggulan berupa virtual desktop.

Prosesor yang digunakan adalah Intel Celeron N3350 dengan kecepatan 2,4 GHz dan besaran RAM DDR3 2 GB. Kualitas prosesor tersebut sudah cukup mumpuni untuk komputasi harian dan penggunaan multimedia ringan. Beralih ke penyimpanan, HDD sebesar 500 GB sudah disematkan untuk menampung ribuan file. Resolusi layar berukuran 11,6 inci tersebut adalah 1366 x 768 piksel.


3. Zyrex Sky 232 Xtreme

Zyrex-Sky-232-Xtreme

Tidak kalah dengan buatan luar, Indonesia juga memiliki merk laptop desain premium buatan produsen lokal yang diberi nama Zyrex Sky 232 Xtreme. Salah satu keunggulannya adalah teknologi infinity display yang membuat tampilan berukuran layar 14 inci ini lebih luas karena bezelnya tipis. Resolusi yang ditawarkan tentu saja Full HD apalagi sudah tersemat DirectX12.

Jenis prosesor yang digunakan adalah Intel Celeron N3350 Appollo Lake dengan dukungan eMMC sebesar 32 GB dan RAM 3 GB. Slot SSD M.2. juga disematkan apabila Anda ingin mengupgrade penyimpanan. Berkat penggunaan prosesor tersebut, Anda bisa melakukan pekerjaan sehari-hari seharian penuh tanpa mengalami lag dan suhu laptop yang memanas.


4. Asus VivoBook E203

Asus-VivoBook-E203

Satu lagi jenis everyday laptop yang dikeluarkan oleh Asus yaitu seri VivoBook E203. Laptop ini hadir dengan pilihan tiga warna cerah, dimensi dan berat yang memiliki portabilitas tinggi. Sumber tenaganya berasal dari prosesor Intel Celeron N4000 dan RAM 4 GB yang mendukung multitasking tanpa masalah. Sektor penyimpanannya menggunakan HDD SATA sebesar 500 GB.

Beralih ke layar, ukurannya sekitar 11,6 inci dengan resolusi 1366 x 768 sehingga menawarkan gambar HD yang lebih tajam dan jernih. Selain itu, berkat adanya fitur Asus Splendid dan True2Life, Anda bisa mengatur kontras, warna, dan kecerahan. Lebih kerennya lagi, daya tahan baterai 3 cell 42 Whrs yang dibenamkan mampu bertahan hingga 10 jam hanya sekali pengisian.


3 Rekomendasi Merk Laptop di Bawah 3 Jutaan untuk Gaming Ringan

1. Acer Z1402

Acer-Z1402

Bagi yang sedang mencari laptop gaming 3 jutaan, Acer Z1402 bisa dipertimbangkan. Jenis prosesor yang digunakan adalah Intel Core i3-5005U yang mampu menunjang performa game berkapasitas kecil dan jenis browser game. Apabila ingin memainkan game dengan spek yang tinggi, maka disarankan untuk menggunakan pengaturan yang paling rendah agar tidak lag.

Dengan layar yang berukuran 14 inci dan dukungan kartu grafis VGA Intel HD 3000, pengalaman ngegame akan lebih puas. Hanya saja, tidak direkomendasikan untuk memainkan game 3D apalagi yang terbaru karena kartu grafisnya belum mampu menampilkan piksel 3D secara optimal. Standar game yang bisa dimainkan seperti Starcraft II, HAWX, World of Warcraft, dan BioShock 2.


2. Asus X441BA

Asus-X441BA

Merk laptop di bawah 3 jutaan selanjutnya yang nyaman untuk ngegame adalah Asus X441BA. Prosesor AMD A4-9125 berkecepatan hingga 2,6 GHz yang sudah terintegrasi apik dengan Radeon R3 Graphics akan menunjang aktifitas gaming Anda dengan baik. Bahkan tingkat performanya diklaim lebih tinggi 30% dibanding seri R2.

Namun, game yang bisa dimainkan terbatas hanya yang mainstream saja seperti PES, Asphlat 9, dan Counter-Strike: Global Offensive (CS-GO). Anda tidak perlu khawatir laptop akan ngelag karena sudah dibekali dengan RAM sebesar 4 GB, dan penyimpanan jenis 1TB HDD. Selain untuk ngegame, Asus X441BA juga bagus untuk melakukan pekerjaan kantor atau tugas kuliah.


3. Lenovo Thinkpad T420

Lenovo-Thinkpad-T420

Laptop ini memang tergolong seri lama, namun performanya masih bisa diandalkan baik untuk menunjang pekerjaan harian maupun bermain game. Jenis prosesor yang disematkan adalah Core i5-2520M dengan kecepatan 2,5 GHz. Spesifikasi penunjang berupa RAM sebesar 4 GB dan penyimpanan HDD 320 GB, membuat laptop Lenovo lancar tanpa lemot.

Selain itu, kartu grafis Intel HD 3000 pada layar 14 inci akan menampilkan visual game lebih mantap dan cukup tajam. Lenovo Thinkpad T420 sangat bagus untuk memainkan game yang ringan dan mainstream. Namun, beberapa game modern juga bisa dicoba seperti Battlefield 3, Call of Duty, dan The Elder Scrolls V. Hanya saja, konsekuensinya adalah sedikit laggy.

Merk laptop di bawah 3 jutaan memiliki spesifikasi masing- masing sehingga klaim yang muncul pun berbeda-beda. Anda harus mencermati ‘isi’ dari laptop yang akan dibeli untuk mengetahui apakah pas dengan yang dibutuhkan. Apabila ingin fokus pada fungsi komputasi, maka bisa tekankan pada prosesor dan OS sedangkan kebutuhan game fokuskan pada prosesor dan kartu grafis.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan