10 Merk Kecap Asin Terbaik

Posted on

Anda mau membuat menu masakan khas Jepang atau China? Selain bumbu khusus impor yang wajib ada, kecap asin terbaik juga harus masuk daftar belanjaan. Untuk banyak masakan, kecap asin mampu menjadi pengganti garam dan penambah cita rasa.

Bagi orang Indonesia, mungkin kecap asin kurang familiar karena kebanyakan lebih memilih garam untuk dijadikan pemberi rasa asin. Tapi, sepertinya mulai sekarang perlu stok kecap ini di rumah jika ingin memberi nuansa beda pada hasil karya kuliner Anda. Berikut ini daftarnya.

Apa Tips Memilih Kecap Asin Terbaik?

Sebelum membeli kecap asin, ada hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Supaya nantinya produk yang dibeli benar-benar sesuai harapan, kemudian menu yang dihasilkan dari tambahan kecap tersebut disukai siapapun yang mengkonsumsinya.

1. Apa Jenisnya

Apa-Jenisnya

Anda perlu tahu apa saja jenis dari kecap asin yang ada di pasaran. Ada kecap asin biasa yang sering dipakai untuk membuat tumisan atau sambal goreng hingga mie ayam. Lalu ada juga jenis asin Jepang dan Korea dengan aroma dan rasa yang khas, dari negara tersebut.

2. Warna

Warna

Untuk penggunaan sebagai pengganti garam, tak masalah untuk memilih warna kecap yang coklat muda supaya tidak merusak warna asli masakan Anda. Tapi, kalau mau memberikan kesan nyoklat seperti pada mie basah tinggal pilih yang berwarna coklat pekat.

3. Tekstur

Tekstur

Kecap asin punya beberapa pilohan tekstur, ada yang cair seperti air biasa dengan warna coklat terang hingga tekstur kental dan halus. Anda perlu memperhatikan tekstur, sesuai dengan makanan apa yang akan dibuat menggunakan tambahan kecap asin ini.

4. Rendah Sodium

Rendah-Sodium-scaled

Buat Anda yang sedang diet tapi ingin makan dengan tambahan kecap asin, pilihlah kecap yang kandungan sodiumnya rendah. Sehingga proses diet tidak terganggu dan hasrat makan tetap bisa lanjut.

Ini Dia Daftar 10 Kecap Asin Terbaik Tahun 2021

Setelah tahu tips memilih kecap asin terbaik di atas, saatnya untuk melihat daftar kecap yang saat ini paling banyak dipakai di Indonesia. Bukan saja karena merk, tapi tentu kualitas produk dan kepuasan saat mengkonsumsinya.

1. Kikkoman

Kikkoman

Merupakan kecap impor yang berasal dari Jepang, biasa juga disebut dengan Shoyu. Cocok untuk Anda yang mau masak makanan berbahan seafood, bisa meminimalisir bau amis dan rasanya benar-benar Jepang banget.

Anda yang mau makan sushi atau memadukan kecap ini dengan washabi saat makan ramen, tidak akan salah pilih. Perpaduan aroma, rasa, dan tekstur kecap yang paripurna akan membuat hidangan jadi lebih nikmat.

Tanpa kandungan gluten juga jadi alasan, mengapa Anda bisa memilihnya untuk disantap setiap hari. Sehatnya maksimal dan rasanya juga pas di lidah.

2. Guangdong PRB

Guangdong-PRB

Beda lagi dengan kecap asal negeri China ini, sangat tepat dipakai ketika Anda ingin merasakan sensasi makan masakan China yang terkenal gurih. Bahan utamanya adalah, biji buah kedelai yang sudah melalui proses fermentasi 100 hari, langsung di bawah matahari.

Kelebihan lainnya yaitu, aroma jamur yang sangat identik sehingga rasa masakan menjadi lebih kaya. Dipastikan juga semua bahan pembuatannya adalah organik, jadi aman untuk penggunaan sehari-hari.

3. Lee Kum Kee

Lee-Kum-Kee

Kalau Anda mau makanan dengan aroma kedelai asli China plus warna yang coklat merona, bisa memilih tambahan kecap asin ini pada masakan. Kecap yang konon katanya sudah ada sejak lebih dua abad lalu ini, masih eksis bahkan jadi andalan chef kelas dunia.

Kemasannya juga sangat praktis untuk dipegang dan dibuka saat dibutuhkan, sehingga tidak akan menyulitkan Anda saat memasak. Satu lagi yang penting yaitu, komposisinya tergolong aman untuk kesehatan karena memadikan air, kedelai, biji gandum, garam dan lainnya.

4. Healthy Boy Brand

Healthy-Boy-Brand

Masih kecap impor, merk yang satu ini berasal dari Thailand dengan mengusung proses pengolahan hingga pengemasan dengan mutu maksimal. Katanya, kedelai dan gandum yang dipakai adalah yang terbaik dari negara tersebut.

Wajar jika rasanya memang tergolong enak dan tidak membuat cepat bosan. Higienitasnya juga sangat terjaga, bisa dilihat dari packing yang rapi dan bisa disimpan dalam waktu lama. Biasanya, kecap ini dipakai untuk tambahan pada makanan olahan seafood dan makanan berkuah.

5. Vigur Organik

Vigur-Organik

Kecap asin ini, merupakan kecap organik yang dibuat menggunakan bahan organik tanpa zat kimia. Diklaim tanpa MSG dan juga pengawet, jadi aman untuk dikonsumi oleh anak-anak sampai orang tua.

Beda yang sedikit mencolok adalah, aromanya yang khas karena terdapat tambahan sereh sebagai penguat rasa. Teksturnya juga pas dan cocok untuk dijadikan tambahan pada masakan berkuah, tumis, atau goreng.

6. Maggi

Maggi

Maggi sudah dikenal sebagai produse berbagai bumbu masakan, salah satunya adalah kecap asin yang pembuatannya memakai sari dari kedelai berkualitas. Rasa asinnya pas, dan aromanya wangi.

Sangat cocok untuk dijadikan seasoning berbagai jenis masakan, baik itu masakan nusantara, Jepang, China hingga Eropa.

7. Indofood

Indofood

Untuk penggunaan sehari-hari sebagai pengganti garam, Anda bisa menggunakan kecap asin dari Indofoodini. Rasanya sangat enak dan sesuai dengan lidah orang Indonesia, dengan berbagai ukuran kemasan dan harga yang nyaman di kantong.

Bahan alami khas Indonesia yang dipakai, juga jadi jaminan bahwa kecap ini punya kualitas maksimal. Apalagi, diproduksi oleh brand yang sudah dikenal menghasilkan berbagai bumbu masakan hingga makanan cepat saji.

8. Cap Bulan

Cap-Bulan

Adalah kecap asin asli Indonesia, yang dibuat pakai kedelai fermentasi sehingga menghasilkan kecap asin yang rendah lemak dan sehat. Bagi pecinta mie ayam, pastinya sangat kenal dengan rasanya sebab menjadi senjata andalam mas-mas penjual mie ayam.

Bukan saja karena aroma dan teksturnya, tapi rasanya juga mampu memaksimalkan perpaduan rempah dan bumbu lain pada mie ayam.

9. Nutrifood

Nutrifood.

Cocok untuk Anda yang sedang diet ketat dan hanya mengkonsumsi makanan rendah lemah dan rendah kolesterol. Bahan alami di dalamnya juga menjadi alasan mengapa dikategorikan sehat, salah satunya adalah penggunaan garam yang cenderung rendah jika dibanding kecan asin lainnya.

Kecap asin Nutrifood dengan nama Tropicana Slim pengganti kecap asin ini, juga bisa dijadikan pengganti garam bagi para penderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

10. ABC

ABC

Merupakan kecap paling familiar, di kalangan penikmat dan pembuat masakan di Indonesia. Harga murah tapi kualitas tidak murahan, merupkan alasan banyak orang menggunakannya bahkan mungkin Anda juga salah satu yang menggunakannya.

Kecap ini juga dibuat dari perasan pertama biji kedelai, jadi aroma kedelai aslinya masih terasa. Kemudian dipadu dengan bahan alami lain sehingga memberikan aroma dan rasa yang khas. Kemasannya juga sangat praktis untuk digunakan dan dibawa kemana saja.

 

Selamat memilih kecap asin terbaik versi Anda, dari daftar di atas. Beberapa diantaranya pasti sudah familiar di telinga Anda, tapi tak ada salahnya mencoba yang lebih berkarakter dan mampu memenuhi hasrat makan masakan asin dari berbagai negara.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan