6 Merk Genset Terbaik yang Tidak Berisik dan Awet

Posted on

Hampir seluruh peralatan rumah tangga dan kantor membutuhkan tenaga listrik dalam pengoperasiannya. Lalu bagaimana ketika mati lampu, apa yang bisa dilakukan? Mesin genset adalah salah satu solusinya.

Memilih merk mesin genset pun harus diperhatikan, jangan sampai genset yang dibeli berkualitas rendah dan mengganggu sekitar karena berisik. Oleh karena itu, yuk simak ulasan tips dan rekomendasi merk genset terbaik berikut ini.


Tips Memilih Merk Genset Terbaik

  • Sesuaikan dengan daya listrik yang Anda gunakan
  • Menghitung kebutuhan daya listrik
  • Memilih bahan bakar yang sesuai
  • Pilih tipe genset sesuai kebutuhan
  • Ketersediaan spare part yang mudah didapat

6 Rekomendasi Merk Genset Terbaik dan Tahan Lama

1. Yanmar

Yanmar

Merk ini telah hadir sejak tahun 1912 dan menjadi salah satu produsen genset terbaik. Genset diesel menjadi salah satu produk genset unggulan dari merk Yanmar. Jenis genset tersebut telah diperkenalkan sejak tahun 1933.

Keunggulan produk genset Yanmar :

  • Ramah Lingkungan

Merk genset asal Jepang ini memang dirancang secara khusus sehingga tidak berefek pencemaran lingkungan ketika digunakan. Anda pun tidak akan merasa terganggu sewaktu menggunakannya karena tingkat kebisingan suara yang dihasilkan pun rendah.

  • Tenaga Mesin yang Tangguh

Merk genset Yanmar dikenal dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut karena produk genset yang dibuat memiliki tenaga mesin yang kuat.

  • Harga Suku Cadang Terjangkau

Suku cadang dari genset Yanmar tergolong mudah ditemukan sehingga Anda tidak akan kebingungan ketika genset mengalami kerusakan.

  • Mudah Dirawat

Biaya perawatan genset Yanmar tidak akan menguras kantong, hal tersebut karena perawatan mesin yang cenderung mudah dan tidak ribet.


2. Perkins

perkins

Sudah lebih dari 80 tahun Perkins telah dipercaya menjadi salah satu pelopor industri genset dengan kualitas yang tidak perlu diragukan. Perusahaan yang berbasis di Peterborough, Inggris ini konsisten memproduksi dan menciptakan berbagai produk genset untuk kebutuhan masyarakat.

Perusahaan ini memiliki motto untuk selalu mengutamakan kualitas mesin sehingga menghasilkan tenaga yang kuat dan tangguh. Genset Perkins memang sudah berpengalaman cukup lama di bidangnya serta didukung oleh tenaga kerja ahli yang membuatnya dipercaya banyak konsumen.

Keunggulan genset Perkins antara lain :


  • Berkualitas Tinggi

Hal tersebut sebanding dengan pengalaman perusahaan ini dalam menyediakan alternatif tenaga listrik, tak heran merk ini telah dipercaya berbagai pelaku industri.


  • Irit Konsumsi Bahan Bakar

Genset Perkins dibuat dengan teknologi mumpuni yang membuatnya menjadi efisien dalam menggunakan bahan bakar.


  • Daya Tahan Mesin Genset Sangat Baik

Tentunya nilai lebih ini diinginkan banyak orang, Perkins menjadi salah satu genset yang paling tahan lama.


  • Menyediakan Banyak Variasi Mesin Genset

Banyak industri memerlukan genset dengan spesifikasi yang berbeda-beda, genset Perkins menyediakan berbagai tipe untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Kualitas mesin dan keawetannya menjadikan genset dari merk Perkins pantas dinobatkan sebagai salah satu produsen genset populer di dunia.


3. Volvo

Volvo

Merk genset Volvo telah tersebar ke seluruh dunia dan merupakan produsen mesin pembangkit listrik terkemuka. Volvo menyediakan sistem daya listrik lengkap untuk berbagai industri sehingga dipercaya menyediakan berbagai peralatan pembangkit listrik berupa mesin diesel dan bensin. Output yang dihasilkan pun memiliki daya 12 sampai 900 hp.

Keunggulan merk genset volvo antara lain :


  • Efisiensi waktu

Produsen genset ini memfokuskan agar bisnis Anda terpenuhi target operasionalnya dengan baik. Oleh karena itu, Volvo dapat Anda andalkan untuk optimalisasi waktu kerja sehingga dapat diandalkan.


  • Hemat Biaya

Genset Volvo dapat menghemat pengeluaran Anda karena kualitas genset yang membuatnya tahan lama dan hemat bahan bakar, pengeluaran pun menjadi lebih bijak.


  • Fleksibel

Genset Volvo dikenal mudah dipasang dan diservis, tentunya itu semua karena Volvo dibuat agar sesuai dengan beragam pengaturan pembangkit listrik yang ada.


4. Lovol

Lovol

Perusahaan ini pernah melakukan kerja sama pengembangan produk genset dengan Perkins, itulah yang menyebabkan Lovol memiliki sebutan sebagai Perkins China. Setelah melakukan kerja sama di bidang genset, Lovol kemudian melakukan adaptasi teknologi yang kemudian berhasil menciptakan produk genset sendiri.

Produk genset tersebut diberi nama Tianjin Lovol Engine yang sebenarnya memiliki beberapa kemiripan dengan genset Perkins.

Keunggulan genset merk Lovol antara lain :


  • Cara Pakai yang Fleksibel

Genset ini cenderung mudah dioperasikan sehingga akan menghemat waktu Anda. Karena kemudahannya tersebut, genset ini sering direkomendasikan untuk digunakan untuk berbagai kegiatan operasional dalam industri.


  • Tidak Menimbulkan Noise yang Menganggu

Tentu saja keunggulan ini pun penting untuk diperhatikan. Genset Lovol tipe khusus yang dipakai di dalam ruangan tidak menimbulkan noise yang menganggu.


  • Menggunakan Teknologi Injeksi Pump

Teknologi inilah yang menjadi salah satu penyebab kemudahan dalam pengoperasian genset Lovol.


5. Cummins

Cummins

Perusahaan ini dikenal sebagai pelopor di bidang pembuatan alat pembangkit listrik di dunia. Produk kelistrikan Cummins memiliki keunggulan utama dalam hal kecepatan operasional. Selain itu, merk ini menyediakan peralatan pembangkit listrik yang lengkap misalnya switchgear, genset standby, dan lain-lain.

Produk genset Cummins menyediakan genset berbahan bakar alternatif yang bisa digunakan di berbagai keadaan terutama keadaan siaga di perumahan, industri kelautan, pertambangan, komersial, kereta api, pusat data, telekomunikasi, pertahanan, dan industri lainnya. Genset Cummins sendiri dibagi menjadi dua tipe yang masing-masing memiliki keunggulan.


  • Genset Cummins Standby

Genset jenis ini dikenal sebagai andalan keluarga Anda untuk mendapatkan daya listrik selama pemadaman. Cummins memiliki berbagai pilihan genset standby yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan dengan kualitas dan daya tahan yang tidak perlu diragukan lagi.


  • Genset Cummins Portabel

Genset tipe ini memungkinkan Anda menggunakannya di berbagai tempat. Selain itu, genset ini memiliki teknologi inverter portabel canggih sehingga menghasilkan kinerja yang efisien dan berdaya tahan tinggi.


6. Foton

Foton

Foton menjadi salah satu merk internasional yang populer dengan produk genset berkualitas. Kehandalan genset Foton berasal dari kinerja mesin Isuzu yang dikembangkan bersama perusahaan AVL Austria.

Genset ini memiliki kekuatan 15-40 kW sehingga ideal digunakan sebagai daya cadangan listrik yang handal, terpadu, dan memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi. Karena kualitasnya, produk Foton saat ini telah digunakan di berbagai bidang misalnya pertambangan, kendaraan, militer, sipil, dan sebagainya.

Keunggulan genset merk Foton :


  • Mesin Bekerja dengan Optimal

Mesin genset yang bekerja dengan optimal tentunya dapat menghasilkan tenaga listrik yang kuat.


  • Tidak Menimbulkan Kebisingan yang Mengganggu

Ini adalah salah satu kelebihan genset Foton, tentunya Anda tidak akan menginginkan suara genset yamg suaranya terlalu keras sehingga keberadaannya cukup menganggu.


  • Tahan Lama

Keawetan tersebut berasal dari material yang dipilih begitu berkualitas sehingga genset menjadi tahan lama. Apalagi jika Anda melakukan perawatan genset secara berkala, tentunya genset akan bertambah awet.


Kesimpulan

Keberadaan genset tentunya sangat penting bagi banyak kalangan. Bagi pelaku industri, tentunya adanya genset sangat membantu dalam operasional perusahaan. Di tempat yang belum terjangkau listrik dengan baik pun penggunaan genset cukup penting, Anda pun harus memilih genset dengan tepat agar kebutuhan akan listrik terpenuhi dengan baik.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan