10 Merk Gelatin

Posted on

Gelatin adalah sebuah material yang didapat dari kolagen hidrolisis. Biasanya ada pada kandungan protein murni pada hewan. Ada banyak sekali merk gelatin yang beredar saat ini. Produk olahan satu ini memiliki peran besar dalam kehidupan terutama dari dunia kesehatan, pangan dan kecantikan.

Dalam dunia kesehatan, gelatin ini biasanya dicampur sebagai formula obat. Sedangkan dalam dunia kecantikan, gelatin sendiri merupakan salah satu bahan utama kosmetik yang anda gunakan setiap hari. Di dunia pangan, gelatin seringkali digunakan untuk membuat makanan terasa kenyal.

Tips Memilih Brand Gelatin yang Tepat

Tips-Memilih-Brand-Gelatin-yang-Tepat

Saat ini ada banyak sekali produk gelatin yang ditawarkan di pasaran. Agar mendapatkan produk terbaik, tentu saja anda harus memahami tips-tipsnya dengan baik. Pertama, anda harus memahami bahan baku dari gelatin itu sendiri terlebih dahulu.

Gelatin ini berasal dari hewan dari mulai sapi, babi, hingga ikan. Biasanya gelatin diekstrak dari tulang hewan tersebut dan dikristlisasi hingga menyerupai gula pasir. Bagi anda yang seorang muslim, pastikan untuk hanya membeli gelatin yang mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Disamping itu pilih juga produk gelatin yang terdaftar di Badan POM. Ini merupakan bukti valid kalau produk gelatin yang anda gunakan tidak berbahaya terhadap kesehatan dan bisa digunakan jangka panjang. Jangan asal dalam memilihnya.

5 Merk Gelatin Makanan Terpopuler di Indonesia

Dikutip dari banyak sumber, ada banyak brand gelatin yang beredar di pasar Indonesia dan sering digunakan oleh masyarakat. Tentu saja diantara merk-merk ini ada yang memiliki sertifikasi halal, ada juga yang tidak. Di list pertama ini kami akan menjelaskan mengenai rekomendasi merk gelatin makanan untuk anda

1. Gelita

Gelita

Produk pertama yang bisa anda pilih adalah Gelita. Gelita ini adalah brand gelatin yang berasal dari Australia. Karena menargetkan pasar Indonesia sebagai titik marketing, brand satu ini sudah memiliki sertifikasi halal dari Institusi Islam di Australia.

Hanya saja produk gelatin satu ini mengkhususkan diri untuk membuat gelatin makanan. Bukan untuk kosmetik ataupun kesehatan. Anda bisa menemukan produk Gelita ini dengan mudah di supermarket terdekat Indonesia.

2. Hakiki Gelatin

Hakiki-Gelatin

Rekomendasi brand gelatin selanjutnya adalah Hakiki Gelatin. Produk satu ini menawarkan gelatin bloom 150 yang didapat dari ekstrak hewani. Pengolahannya dilakukan dengan mesin-mesin berteknologi tinggi dan dijamin sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Meskipun produk buatan lokal, Hakiki Gelatin ini sudah menembus pasar internasional. Produk satu ini sudah terdaftar di Badan POM dan tersertifikasi halal oleh Majelis Ulama Indonesia. Produk Hakiki banyak digunakan untuk pembuatan kue, agar-agar dan lain-lain.

3. Knox Gelatin

Knox-Gelatin

Merk lain yang juga banyak beredar di pasar Indonesia adalah Knox Gelatin. Knox Gelatin ini adalah produk asal New York, Amerika Serikat. Gelatin satu ini dibuat dari kolagen hidrolisis dari tulang sumsum hewan mamalia.

Knox dinaungi oleh sebuah perusahaan besar asal Amerika Serikat TreeHouse. Produk gelatin satu ini sudah banyak beredar di pasar Indonesia hanya saja kami belum menemukan informasi valid apakah produk satu ini sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI atau tidak.

4. Muven Baking

Muven-Baking

Sama seperti Knox, Muven Baking adalah brand asal luar negeri yang juga memasarkan produknya di negeri ini. Dari beberapa sumber, sebenarnya produk utama dari Muven Baking ini adalah kue. Namun ternyata ada juga produk gelatin yang ditawarkan untuk kebutuhan produksi anda.

Produk gelatin dari Muven Baking bisa anda temukan dengan mudah di marketplace besar di dunia maya. Hanya saja kami belum menemukan informasi apakah produk ini sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI atau tidak.

5. Halal Gelatin

Halal-Gelatin

Rekomendasi selanjutnya adalah Halal Gelatin yang merupakan produk buatan negara tetangga Malaysia. Produk satu ini merupakan produk Gelatin populer yang sudah dipasarkan secara internasional. Banyak sertifikasi Halal yang sudah didapatkan baik dari Malaysia sendiri, MUI Indonesia, dan Thailand.

Halal Gelatin ini juga sangat terkenal di negara-negara Asia Selatan seperti Pakistan, Bangladesh, dan India. Menggunakan bahan baku utama tulang sapi dan pengolahan yang sesuai syariat, bisa dibilang ini merupakan brand gelatin terbaik bagi para muslim di seluruh dunia.

6. R&B

R&B

R&B Gelatin memang agak sulit untuk ditemukan di pasaran. Namun ini merupakan salah satu produk gelatin yang banyak digunakan di Indonesia. Hanya saja belum ada informasi valid apakah produk ini memiliki sertifikasi halal atau tidak.

Tidak ada informasi yang cukup terkait produk satu ini. Ada beberapa sumber yang mengatakan kalau R&B Gelatin adalah produk asli Indonesia, namun ada juga yang mengatakan ini sebagai produk buatan luar. Sebaiknya anda mencari validitasnya terlebih dahulu sebelum membeli.

7. Greatlake

Greatlake

Produk gelatin lain yang bisa anda temukan di pasar Indonesia adalah Great Lakes Beef Gelatin. Produk satu ini merupakan produk asli Amerika Serikat. Anda bisa  menemukannya dengan mudah di supermarket berstandar internasional atau di marketplace online.

Hanya saja produk satu ini tidak mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Mungkin ada kandungan atau cara pembuatan yang tidak sesuai syariat di dalamnya. Karenanya seorang muslim tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi gelatin ini.

Daftar Brand Gelatine Kosmetik Untuk Anda

Selain beberapa merk gelatin makanan yang bisa kami sampaikan di atas, ternyada ada juga beberapa jenis gelatin yang bisa anda gunakan sebagai bahan kosmetik di dunia kecantikan. Langsung saja, ini dia penjelasannya.

8. Distri

Distri

Brand gelatin kosmetik selanjutnya yang biasa dipasarkan di negeri ini adalah distri. Brand satu ini memang tidak begitu populer, namun ini merupakan brand lokal yang berasal dari Palembang. Namun info ini juga masih simpang siur karena tidak ada sumber yang valid.

Produk Distri Gelatin bisa anda temukan dengan mudah di marketplace. Ada beberapa pedagang yang memberikan penawaran produk satu ini dengan harga yang terjangkau. Namun belum ada informasi yang valid terkait sertifikasi produk gelatin ini dari Badan POM ataupun MUI.

9. Kalima

Kalima

Kalima adalah brand gelatin asli Indonesia. Produk satu ini sudah memiliki sertifikasi halal dari MUI dan sudah terjamin keamanannya karena diakui oleh BPOM sejak dulu. Produk Kalima ini biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan kue ataupun untuk kecantikan.

Produk Kalima ini bisa dengan mudah anda temukan di toko kue terdekat, supermarket, atau bahkan marketplace online. Dijual dengan beberapa varian packaging, produk Kalima ini cukup tinggi peminatnya di Indonesia. Terutama dari kalangan para pengusaha kue.

10. Sansa

Sansa

Produk gelatin lain yang tidak kalah direkomendasikan untuk anda adalah Sansa. Berbeda dengan produk gelatin sebelumnya, Sansa ini merupakan gelatin khusus kecantikan yang bisa digunakan sebagai masker untuk mengangkat komedo.

Brand satu ini bisa dengan mudah anda temukan di berbagai supermarket di Indonesia. Produk terlarisnya adalah produk sachet ukuran 100 gram sekali pakai. Bungkusnya berwarna cokelat tua dengan gambar gelatin halus di bagian depan.

Beberapa brand gelatin yang kami sebutkan di atas adalah merk yang banyak ditemukan di pasar Indonesia. Jadi tidak semua gelatin yang ada di pasaran disebutkan di atas. Pastikan untuk selalu teliti saat hendak memilih merk gelatin karena tidak semua gelatin memiliki sertifikasi Badan POM dan MUI.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan