TOP 7 Merk Earphone yang Bagus dan Berkualitas

Posted on

Mendengarkan musik menjadi solusi terbaik untuk menghilang penat atau sekadar mengisi waktu luang. Salah satu perangkat yang dibutuhkan agar aktivitas mendengarkan musik menjadi lebih nyaman yaitu earphone. Ada banyak merk earphone yang bagus dan berkualitas yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran.

Harga yang dipatok untuk earphone juga cukup variatif, mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu, tergantung kualitas dan fitur yang ditawarkan. Untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai merk earphone kualitas bagus dan tips memilih earphone yang tepat, simak ulasan berikut ini.


Tips Memilih Earphone Bagus dan Berkualitas

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli earphone merk tertentu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tips memilih earphone yang berkualitas bagus dan nyaman digunakan yaitu sebagai berikut ini.


1. Cek Kemampuan Driver dalam Menghasilkan Suara Bas

Cek-Kemampuan-Driver-dalam-Menghasilkan-Suara-Bas

Besarnya efek suara bas yang terdengar ditentukan oleh driver yang terdapat pada earphone. Driver sendiri merupakan komponen pada earphone yang terdiri dari koil suara, magnet, dan sebuah diafragma yang menghasilkan suara. Driver pada earphone berkaitan dengan rentang frekuensi dan pita frekuensi reproduksi Hz-kHz yang biasa ditulis sebagai notasi kinerja earphone.

Earphone yang suara basnya kurang menonjol biasanya disebabkan frekuensinya yang tidak terlalu rendah. Para produsen earphone mengadopsi fitur dan cara kerja efek bas ini dari home speaker yang kemudian dikembangkan menjadi fitur yang terdapat pada earphone.


2. Pilih Produk Tipe Kanal Insulasi Suara yang Baik

Pilih-Produk-Tipe-Kanal-Insulasi-Suara-yang-Baik

Tipe kanal merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan dalam menentukan earphone dengan kualitas suara bas yang baik. Biasanya earphone tipe ini memiliki ear plug berukuran kecil yang bisa dimasukkan ke dalam telinga, sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih jelas karena berjarak dekat dengan gendang telinga.

Karet silikon pada ear plug akan meningkatkan kinerja earphone dan menahan suara agar tidak bocor keluar. Anda juga bisa menyesuaikan ukuran karet silikon dengan ukuran lubang telinga. Hal ini akan membuat insulasi suara menjadi lebih baik, sehingga Anda bisa menikmati musik dengan suara maksimal tanpa gangguan meski di tempat yang ramai sekalipun.


3. Pilih Tipe Driver yang Diinginkan

Pilih-Tipe-Driver-yang-Diinginkan

Ada dua tipe driver berdasarkan karakteristiknya yang bisa Anda pilih, yaitu tipe dynamic dan tipe balanced armature (BA). Untuk tipe dynamic, minim distorsi dan kualitas suara bas yang dihasilkan sangat baik. Untuk tipe balanced armature, reproduksi nada mid-high yang dihasilkan sangat bagus, namun memiliki kemungkinan besar untuk mengalami distorsi.


Rekomendasi Merk Earphone yang Bagus Kualitas Terbaik

Ada 7 merk earphone yang berkualitas dengan fitur beragam, namun harganya tetap ramah di kantong. Berikut ini rekomendasi merk earphone terbaik dan bagus untuk Anda.


1. Knowledge Zenith Earphone KZ-ED9

Knowledge-Zenith-Earphone-KZ-ED9

Earphone merk Knowledge merupakan pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari earphone dengan balance suara yang nyaman didengar pada genre musik apapun. Earphone dengan tipe driver dynamic ini sudah dilengkapi dengan innovative T-shaped driver, sehingga kualitas suara melodi yang dihasilkan sangat baik dan lebih lembut.

Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda sudah bisa merasakan lagu heavy drum atau lagu pop dengan sensasi seru dan mengasyikkan. Earphone ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pole audio, sehingga suara yang dihasilkan dapat dikategorikan dalam kualitas high-end.


2. Remax RM-580

Remax-RM-580

Merk Remax RM-580 merupakan earphone yang cocok digunakan oleh pencinta olahraga. Karena sudah dilengkapi dengan over ear, earphone ini menjadi tidak mudah lepas, sehingga nyaman digunakan untuk aktivitas olahraga, seperti jogging, bersepeda, gym, dan gerakan-gerakan intens lainnya.

Earphone ini dilengkapi dengan dual driver dynamic ini mampu menghasilkan suara bas dengan komposisi yang pas. Selain itu, earphone ini juga dilengkapi fitur in line control dengan tombol pengatur volume dan mikrofon yang fungsional.


3. Pioneer SE-C3T

Pioneer-SE-C3T

Salah satu merk earphone yang bagus dengan harga terjangkau adalah earphone merk Pioneer. Earphone merk ini sudah dilengkapi dengan dengan housing aluminium yang berguna untuk mengurangi getaran dan kualitas suara yang dihasilkan semakin compact. Earphone dengan tipe driver dynamic ini dirancang khusus untuk memberikan kualitas suara vokal yang menawan.

Mid-range dan suara bas yang dihasilkan earphone merk Pioneer juga sangat enak didengar. Bagi Anda yang memiliki budget minim, namun menginginkan earphone dengan vokal kualitas tinggi, earphone ini sangat cocok untuk Anda.


4. JBL In-Ear Headphone

JBL-In-Ear-Headphone

Salah satu brand earphone yang populer dan sudah tidak asing lagi di telinga Anda adalah JBL. Earphone merk JBL ini sudah dilengkapi dengan fitur pure bass yang mampu menghasilkan suara bas yang berkualitas, mendalam, dan kuat.

Earphone ini juga sudah dilengkapi dengan mikrofon yang memudahkan Anda menjawab panggilan masuk dan berfungsi sebagai one-touch button untuk mengganti lagu atau menjeda lagu (pause). Bagi Anda yang menginginkan earphone dengan bass punchy yang seru saat digunakan, earphone JBL merupakan pilihan yang tepat.

5. Armaggeddon Mark 5


Armaggeddon-Mark-5

Earphone Armaggeddon Mark 5 didesain dengan kabel yang pipih dan rata, sehingga mudah diuraikan. Earphone ini sangat cocok untuk Anda yang suka bermain game karena mampu menghasilkan efek suara unik dan variatif, sehingga permainan game menjadi lebih seru dan mengasyikkan. Anda juga bisa menikmati musik di dalam pesawat terbang karena sudah dilengkapi fitur airline adaptor.


6. Sony In-Earphone MDR-XB50AP Extra Bass

Sony-In-Earphone-MDR-XB50AP-Extra-Bass

Teknologi X-Bass pada earphone keluaran brand Sony ini mampu menghasilkan suara bas yang deep dan menghentak. Dengan memadukan komponen berupa magnet neodymium membuat suara basnya menjadi semakin dominan dan bertenaga. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi party dengan alunan musik yang seru, earphone ini sangat cocok dan recommended untuk Anda.

Tidak hanya mendukung untuk merk Sony saja, earphone ini kompatibel dan bisa digunakan untuk berbagai macam merk smartphone. Nada mid-high yang dihasilkan earphone Sony ini juga sensasional, sehingga Anda bisa merasakan sensasi ala clubbing yang seru dan mengasyikkan.


7. Philips In-Ear Headphone SHE8500/10

Philips-In-Ear-Headphone-SHE8500-10

Earphone Philips ini cocok untuk Anda yang sedang mencari earphone dengan peredaman suara yang berkualitas mumpuni. Karena sudah dilengkapi dengan tiga ukuran ear plug yang bisa Anda sesuaikan dengan ukuran lubang telinga, earphone ini menjadi semakin nyaman untuk digunakan dalam durasi waktu yang lama dan suara yang dihasilkan juga akan terinsulasi dengan baik.

Karena ukuran ear plug yang sesuai dengan lubang telinga, kemungkinan suara bocor keluar sangat kecil. Dengan menggunakan magnet neodimium, suara yang dihasilkan oleh earphone Philips memiliki suara bas yang berkualitas baik dan suara jernih minim distorsi. Harga yang dibanderol untuk earphone Philips juga cukup terjangkau.


Kesimpulan

Rekomendasi merk earphone yang bagus dan berkualitas dengan berbagai fitur yang ditawarkan di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi sebelum membelinya. Harga yang dibanderol juga variatif, sehingga bisa Anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Kehadiran earphone akan membuat aktivitas mendengarkan musik menjadi lebih seru, asyik, dan menyenangkan.