10 Merk Ban Motor Terbaik dan Awet

Posted on

Ban motor menjadi salah satu komponen pada kendaraan yang berperan penting dalam keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Oleh karena itu, pemilihan ban motor harus memperhatikan beberapa hal dan fitur serta daya tahan ban tersebut. Berikut ulasan mengenai tips dan rekomendasi merk ban motor terbaik yang bisa Anda pilih.


Tips Memilih Merk Ban Motor Terbaik

1. Memilih Ban dengan Permukaan Telapak Menengah

Memilih-Ban-dengan-Permukaan-Telapak-Menengah

Pilihlah ban motor dengan permukaan telapak sedang, karena ban motor dengan tipe seperti ini memberikan manuver lincah bagi motor serta tidak terlalu menyedot energi mesin berlebihan.


2. Memilih Ukiran Ban yang Tepat

Memilih-Ukiran-Ban-yang-Tepat

Hal tersebut berkaitan dengan kinerja ban saat melewati beragam kondisi jalanan. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan ban dengan ukiran searah, yaitu menyamping dari depan ke belakang sekitar 45 derajat.


3. Memilih Ban Sesuai dengan Ukuran Velg Motor

Memilih-Ban-Sesuai-dengan-Ukuran-Velg-Motor

Sebaiknya menggunakan ban yang sesuai dengan ukuran velg motor Anda, namun bisa juga jika ingin menggunakan ukuran yang lebih besar dari yang standar. Toleransi perubahan ukuran ban dan velg yang besar masih diberikan oleh produsen sepeda motor pada umumnya, namun sebaiknya tidak lebih dari dua inci.


4. Reputasi Merk Ban yang Dipilih

Reputasi-Merk-Ban-yang-Dipilih

Pilihlah dengan jeli produsen ban motor yang Anda pilih. Sebaiknya memilih merk ban motor dengan reputasi dan kualitas teruji baik nasional maupun internasional.


Daftar Merk Ban Motor Terbaik

1. Battlax (Bridgestone)

Battlax-Bridgestone

Ban motor ini merupakan keluaran dari produsen kenamaan, Bridgestone. Bagi kalangan pencinta otomotif di tanah air bahkan orang awam sekalipun, nampaknya nama merk Bridgestone ini begitu populer. Produk keluaran Bridgestone memang terkenal berkualitas tinggi dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia, salah satunya adalah Battlax.

Dibuat dengan teknologi canggih dan proses yang penuh ketelilitan, maka dihasilkanlah ban motor berkualitas terbaik. Harga yang dibanderol merk ban ini terbilang tinggi, yaitu Rp 625.000 sampai jutaan rupiah, namun meskipun cukup menguras kantong, nyatanya kualitas yang dimiliki pun tidak main-mainĀ  untuk kenyamanan berkendara Anda.

Keunggulan lain dari ban keluaran bridgestone adalah :

  • Teknologi nano pro tech yang mampu menghemat bahan bakar dengan menurunkan energi ketika ban berputar
  • Memberikan kestabilan yang mumpuni ketika melewati tikungan
  • Memberikan kinerja pengereman yang baik

2. IRC

IRC

Masyarakat terutama pencinta otomotif menjadikan ban motor IRC salah satu yang sangat digandrungi tidak hanya dari segi kualitas, namun harga yang ditawarkan pun cenderung standar sehingga masih tetap terjangkau.

Ban IRC menawarkan fitur-fitur yang cukup menarik demi kenyamanan dan keselamatan Anda dalam berkendara, yaitu umumnya sudah dilengkapi dengan low rolling restantance, advence heat resistance compound, dan non-aromatic oil.

Advence heat resistance compoud menjadi salah satu yang diandalkan karena bisa membuat suhu di dalam ban menjadi cenderung stabil saat kendaraan Anda melaju di berbagai kondisi jalanan.

Keunggulan lain dari ban IRC adalah :

  • Banyak diminati karena keawetannya
  • Cocok untuk pemakaian harian untuk melintasi jalanan kering maupun basah

3. Michelin

Michelin

Merk ban ini dikenal dengan ciri khas material pembuatannya yang menggunakan karet sintetis bersertifikasi sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Michelin sudah menjadi bagian dari komponen kendaraan bermotor sejak 1907 sehingga sangat berpengalaman soal ban motor berkualitas terbaik di dunia.

Kelebihan merk ban motor Michelin yaitu kualitasnya yang sangat baik sehingga banyak disukai pengendara karena ketika menggunakan ban ini di berbagai kondisi jalanan tetap nyaman, bahkan di permukaan jalanan yang tidak rata. Ban ini cenderung awet karena tidak mudah rata atau gundul permukaannya.

Ban ini dijual mulai dari Rp 246.000 sampai dengan 2 jutaan. Harga yang Anda keluarkan akan sebanding dengan kualitas yang didapatkan, karena berkendara pun menjadi lebih aman dan nyaman.

Keunggulan lain dari merk ban ini adalah :

  • Memberikan kestabilan laju di jalanan
  • Memiliki daya tahan melawan kondisi alam atau jalanan

4. Dunlop

Dunlop

Dunlop merupakan perusahaan ban terbesar di dunia dan terkenal dengan produknya yang berkualitas tinggi. Ban motor Dunlop memiliki kemampuan mengalihkan air sehingga saat kendaraan melintasi jalanan berair, kendaraan Anda tidak akan terasa kicin.

Dengan kemampuan tersebut, tentunya lebih menjamin keselamatan Anda dalam berkendara. Harga yang ditawarkan adalah mulai dari Rp 157.000 sampai dengan Rp 1.620.000.


5. Maxxis

Maxxis

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa Maxxis merupakan merk ban lokal, padahal produk ban ini dikeluarkan oleh Cheng-Shin Rubber yang merupakan salah satu perusahaan ban terbesar di dunia.

Oleh karena itu, Maxxis merupakan ban dengan merk internasional dan kualitas produk yang dihasilkan pun tidak diragukan lagi kualitasnya.


6. Pirelli

Pirelli

Ban Pirelli memiliki gaya premium mewah khas Italia, dan merupakan merk ban yang menunjukkan posisi dominan. Pirelli umumnya dapat digunakan pada motor balap, misalnya Superbike dan MotoGP sehingga kualitasnya tentu berkelas.

Harga yang ditawarkan adalah berkisar Rp 250.000 sampai dengan Rp 2.340.000, tentu dengan harga demikian sebanding dengan kualitas ban yang tidak main-main.


7. Corsa

Corsa

Corsa merupakan ban merk lokal tanah air, namun karena kualitasnya yang baik ban ini mendapat pengakuan juga dari negara-negara lain. Salah satu produk ban yang direkomendasikan dari merk Corsa adalah Corsa S22 dengan ring 16 untuk kenyamanan berkendara Anda.

Ban moto ini cocok diguanakan dalam motor bebek maupun motor matic serta memiliki gaya ban dengan cakram dan handling yang keren untuk berkendara dengan aman. Harga yang ditawarkan merk ban ini mulai dari Rp 170.000 sampai dengan Rp 200.000.


8. Mizzle

Mizzle

Ban dari merk Mizzle dikenal karena merupakan ban yang ramah lingkungan bahkan diklaim sebagai perusahaan yang menerapkan konsep go green terhadap produknya. Produk lokal ini bisa mengurangi jejak karbon yang ditinggkan saat berkendara melintasi berbagai macam jalanan.

Menariknya, ban Mizzle memiliki pola ban yang unik dengan pola daun dan didesain sedemikian rupa untuk keamanan saat berkendara.


9. FDR

FDR

FDR menjadi salah satu ban berkualitas lokal dan memiliki peforma yang mumpuni untuk kendaraan Anda. Ban FDR memberikan fitur dual compound technology dengan jaminan mutu yang baik sehingga dapat menjamin keselamatan pengendara ketika melintasi jalanan.

Ban ini juga memadukan daya cengkeram dan kestabilan ban yang mumpuni. Selain itu, ban ini juga memiliki desain dengan motif yang tidak simetris sehingga memiliki kemampuan untuk membelah air dengan sempurna ketika melintasi jalanan berair yang seringkali membuat licin. Harga yang ditawarkan adalah mulai dari Rp 107.000 sampai dengan Rp 524.000.


10. Aspira

Aspira

Merk ban motor ini sudah cukup lama eksis, yaitu sejak 1973. Ban motor Aspira memfokuskan desain ban motor yang memberikan keamanan dan ketahanan di segala kondisi jalanan baik yang rata maupun rusak. Anda bisa mendapatkan ban ini mulai dari harga Rp 107.000 sampai Rp. 524.000.


Kesimpulan

Memilih ban motor pada dasarnya bergantung pada kebutuhan kendaraan Anda agar tetap aman dan nyaman saat melaju di jalanan. Selain itu, pemilihan ban motor juga perlu memperhatikan velg motor yang dimiliki. Anda bisa memilih salah satu merk ban motor terbaik di atas sebagai pilihan yang tepat untuk keamanan berkendara.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan