10 Merk Ban Mobil Terbaik dan Awet

Posted on

Performa, kenyamanan, dan keselamatan berkendara adalah nomor satu yang harus diperhatikan. Tentunya salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan memilih ban mobil yang sesuai dengan karakter mobil dan kualitas ban yang mumpuni. Berikut ulasan mengenai tips dan rekomendasi merk ban mobil terbaik yang bisa Anda pilih.


Tips Memilih Merk Ban Mobil Terbaik

1. Memperhatikan Tipe Ban Mobil

Memperhatikan-Tipe-Ban-Mobil

Yaitu dengan cara melihat huruf paling depan dari kode ban yang tertera :

  • Kode huruf P artinya ban mobil dibuat untuk tipe mobil penumpang
  • Kode huruf LT artinya ban mobil dibuat untuk mobil jenis truk sedang
  • Kode huruf ST artinya ban mobil dibuat untuk mobil jenis truk trailer
  • Kode huruf T artinya ban mobil dibuat sebagai cadangan mobil
  • Kode huruf R artinya ban mobil dibuat untuk tipe radial

2. Memperhatikan Ukuran Ban Mobil

Memperhatikan-Lebar-Ban-Mobil

Jika Anda sudah mengetahui tipe ban mobil, maka hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah ukurannya. Cara mengetahui ukuran ban mobil yaitu Anda bisa melihatnya berupa angka yang berada di belakang huruf dari tipe ban tersebut.

Angka tersebut menunjukkan ukuran velg mobil dan pastikan Anda memilihnya dengan sesuai agar mobil nyaman ketika melintasi jalanan.


3. Memperhatikan Lebar Ban Mobil

Memperhatikan-Lebar-Ban-Mobil

Daya cengkeram dan akselerasi dipengaruhi pula oleh kelebaran ban yang dipilih. Daya cengkeram ban akan semakin kuat dengan semakin lebarnya ban yang dipilih.

Selain ketiga hal di atas, perhatikanlah juga hal-hal sebagai berikut dalam pemilihan mobil, yaitu :

  • Pola tapak
  • Ketebalan ban
  • Kode kecepatan pada ban mobil

Rekomendasi Merk Ban Mobil Terbaik

1. Archilles

Archilles

Ban mobil Archilles dikenal sebagai salah satu produsen ban mobil dengan berbagai macam inovasi yang dikeluarkan. Setiap mengeluarkan produk ban terbaru tentu selalu ada fitur inovatif yang ditonjolkan sehingga kualitas ban mobil satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Hal tersebut dibuktikan dengan penggunaan merk ban mobil ini oleh pembalap mobil kelas dunia yang tentu mempercayakan Archilles sebagai merk ban mobil pilihan. Archilles telah memiliki cabang di tanah air dan harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau, yaitu sekitar Rp 300.000 sampai dengan jutaan rupiah bergantung dari tujuan dan modelnya.


2. Bridgestone

Bridgestone

Bridgestone menjadi merk ban yang sangat populer karena konsisten memproduksi ban mobil dengan kualitas mumpuni. Produk ban dari Bridgestone dibuat menggunakan lembar-lembar cord berupa rangka atau frame ban sehingga menghasilkan ban berkualitas tinggi.

Kemampuan cengkeram medan jalan dengan penggunaan ban mobil ini cenderung sangat kuat di berbagai kondisi. Selain itu, lekukan dan struktur ban mobil terbaik ini dibuat dengan gaya yang begitu stylish namun tetap fungsional agar tidak terjadi masalah ban selip, berkendara pun menjadi lebih aman dan nyaman.

Harga ban mobil Bridgestone yaitu sekitar Rp 500.000 sampai dengan 1 jutaan dengan kualitas yang baik untuk kendaraan Anda.


3. GT Radial

GT-Radial

GT Radial seringkali menjadi sponsor event besar, misalnya balapan F1. Kualitas ban mobil pun tidak perlu diragukan lagi, mengingat kemampuannya dalam menjaga kestabilan saat berkendara di berbagai kondisi jalanan.

Penggunaan ban mobil GT Radial bisa membuat akselerasi berkendara menjadi lebih seimbang dan nyaman saat digunakan. Harga yang ditawarkan merk ban ini adalah mulai dari ratusan ribu sampai dengan 1 jutaan.


4. Falken

Falken

Mungkin merk Falken terdengar agak asing di bagi sebagian orang, namun nyatanya merk ini menjadi salah satu yang berkualitas baik untuk mengendarai mobil. Ban mobil Falken memang lebih memfokuskan produksi ban mobil untuk tujuan penggunaan harian (konsumsi jalan raya) dibandingkan dengan untuk penggunaan lintasan balapan.

Ban ini memiliki keunggulan pada bagian struktur ban yang dengan desain khusus yang cocok digunakan untuk berbagai medan jalan raya. Oleh karena itu, untuk tujuan penggunaan sehari-hari, merk ban ini tentunya dikenal memiliki pengalaman menghasilkan kualitas ban yang mumpuni. Sedangkan harga yang ditawarkan adalah mulai sekitar Rp 600 ribuan.


5. Hankook

Hankook

Hankook berada di posisi sebagai perusahaan ban terbesar di dunia ke tujuh. Perusahaan asal korea ini memiliki produk ban unggulan, yaitu Dynapro HT RH12 225/65 R17 yang dirancang khusus dengan material berkualitas tinggi.

Selain itu, disematkan pula empat alur melingkar pada ban yang berfungsi mencegah aquaplaning pada ban ketika melintas di jalan yang basah sehingga Anda bisa tetap berkendara dengan nyaman.


6. Toyo

Toyo

Perusahaan asal Jepang ini merupakan produsen manufaktur ban yang populer di dunia dalam mendistribusikan produk ban berkualitas tinggi ke berbagai negara di dunia. Produk yang diunggulkan adalah ban mobil Toyo Open Country MT 275/70 R18 yang sangat direkomendasikan sebagai pilihan terbaik.

Ban mobil ini memiliki desain tapak asimetris dan dipadukan dengan material dengan bahan-bahan berkualitas sehingga tercipta performa yang maksimal dalam berkendara. Stabil, aman, nyaman, serta kontrol responsif menjadi kesan-kesan utama penggunaan ban ini ketika melintasi jalanan kapanpun dan dalam berbagai kondisi.


7. Yokohama

Yokohama

Merk Yokohama sebelumnya telah mengeluarkan berbagai tipe ban mobil sehingga berpengalaman di bidangnya. Mulai dari ban mobil penumpang sampai dengan ban mobil balapan. Ban mobil ini telah membuktikan kualitasnya dengan bertindak sebagai sponsor dari berbagai ajang kejuaraan seperti F1.

Ban mobil ini pun dibanderol dengan harga yang cukup mahal karena markas besar yang jauh dari tanah air serta kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi.


8. Dunlop

Dunlop

Ban mobil Dunlop selalu ada dalam deretan ban terbaik. Karena kualitas ban mobil buatannya, jenis merk ban mobil ini memang sudah lama dipercaya menjadi pilihan banyak orang. Daya redam yang bisa dibilang sempurna serta compound yang lebih soft merupakan kelebihan-kelebihan utama yang dimiliki ban mobil Dunlop.

Kemampuan peredaman dari ban ini tentu berpengaruh terhadap kenyamanan ketika mengendarai mobil, daya cengkeramnya pun cukup baik.


9. Continental

Continental

Merk ban mobil ini bisa dibilang sudah cukup lama berada di pasaran tanah air. Ban mobil Continental telah membidik banyak pasar ban di Indonesia. Merk ban mobil ini bisa dikatakan premium karena harga yang tinggi. Selain itu, mayoritas dari ban mobil ini bertipe run flat-tyre yang menjadikannya ban premium.

Merk ban mobil yang asal Jerman ini sempat menjadi sponsor event besar seperti Euro 2012 dan Piala Dunia 2014 sehingga kualitas dan performanya tidak perlu diragukan lagi.


10. GoodYear

GoodYear

Merk ban mobil ini umumnya digunakan pada mobil jenis bus dan truk. Harga yang ditawarkan relatif lebih terjangkau serta kualitas yang baik. Merk ban mobil ini telah ada sejak tahun 1898 sehingga dipercaya berpengalaman dan melekat di hati konsumen.

Ban ini memiliki daya tahan yang cukup baik sehingga penggunaannya awet serta tidak mudah meletus melewati berbagai kondisi jalanan.


Kesimpulan

Setiap ban mobil tentunya memiliki keunggulan-keunggulan utama yang ditonjolkan, termasuk dari merk-merk mobil populer di atas. Ketika Anda hendak memilih merk ban mobil terbaik untuk mobil kesayangan agar tercipta kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, tentunya Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan