10 Merk Baking Soda

Posted on

Pernahkah Anda membuat kue? Jika pernah, tentu Anda tidak akan melupakan bahan pengembang kue yang satu ini. Ya, baking soda. Baking soda menjadi salah satu bahan pembuat kue yang digunakan, agar kue dapat mengembang dengan sempurna.

Ternyata, memilih baking soda juga tidak bisa sembarangan. Banyak sekali baking soda yang beredar di pasaran. Lalu, bagaimanakah cara memilih baking soda untuk hasil kue yang baik? Ikuti cara memilih merk baking soda berikut agar Anda tidak merasa kecewa nantinya:

Tips Memilih Merk Baking Soda

Jika Anda akan membeli baking soda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Tujuannya jelas, agar hasil akhir pembuatan kue ini tidak mengecewakan. Lalu, bagaimana ya tips memilih produk baking soda yang benar?

1. Pilih Bentuk Kemasan yang Mudah Disimpan

Pilih-Bentuk-Kemasan-yang-Mudah-Disimpan

Ada tiga macam bentuk kemasan produk baking soda. Salah satunya yakni bentuk pouch. Kemasan pouch dinilai lebih praktis dan mudah dibuka. Biasanya, bentuk ini juga sudah dilengkapi dengan seal atau tutup putar yang bisa dibuka-tutup sewaktu-waktu.

Berbeda dengan kemasan lainnya, kelebihan kemasan pouch ini sangat fleksibel. Artinya, bentuk pouch bisa menyesuaikan space di ruang lemari Anda. Namun jika Anda sudah terlanjur membeli kemasan kotak, sebaiknya pindahkan ke wadah lain yang sekiranya lebih aman.

Selain pouch, ada juga kemasan lain yang juga cukup bagus, yaitu botol. Kemasan ini memiliki kelebihan utama yakni tahan air. Hal ini tentu bisa melindungi baking soda agar tidak gampang terkontaminasi atau terkena air yang tak sengaja masuk dalam kemasan.

2. Periksa Tanggal Kadaluarsa dan Sertifikasi

Periksa-Tanggal-Kadaluarsa-dan-Sertifikasi

Memeriksa tanggal kadaluarsa penting dilakukan jika akan membeli sebuah produk, termasuk baking soda. Anda bisa cek tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan. Jika sudah pasti aman dan masa kadaluarsanya masih lama, selanjutnya cek jenis kemasan yang digunakan.

Pastikan terdapat cap “food grade” pada kemasan produk baking soda yang akan Anda beli. Food grade berarti digunakan sebagai bahan makanan. Mengapa pengecekan ini penting? Ya, hal ini dikarenakan banyak baking soda yang dimanfaatkan untuk penggunaan lain.

3. Pilih Ukuran Sesuai Tujuan Penggunaan

Pilih-Ukuran-Sesuai-Tujuan-Penggunaan

Agar penggunaan baking soda “tepat sasaran”, Anda bisa memilih baking soda sesuai kebutuhan. Jika Anda memerlukannya untuk kebutuhan sehari-hari, pilihlah ukuran yang besar. Namun, jika Anda hanya menggunakannya untuk sekali waktu, cukup gunakan ukuran yang kecil.

Baking soda tidak hanya dipakai untuk bahan makanan, tetapi juga digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari lainnya. Misalnya seperti, membersihkan alat dapur, mencuci buah, serta kebutuhan lainnya.

10 Rekomendasi Merk Baking Soda Terbaik

Meski ada banyak merk untuk produk baking soda, namun Anda tetap perlu selektif dalam memilihnya. Berikut adalah 10 rekomendasi produk baking soda yang bisa Anda beli untuk kebutuhan “baking” di dapur Anda:

1. Church & Dwight – ARM & HAMMER Baking Soda Shaker

Church-Dwight-–-ARM-HAMMER-Baking-Soda-Shaker

Produk baking soda dengan kemasan botol ini dapat Anda beli dengan harga sekitar Rp 60.000. Penggunaannya cukup mudah, cukup dengan cara digoyangkan atau shake, maka butiran produk pun akan keluar dan siap dicampur dengan adonan.

Produk ini dilengkapi dengan resealable lid, sehingga membuat kemasan botol bersifat kedap air. Dengan begitu, baking soda akan lebih awet dan aman meski disimpan dalam waktu yang cukup lama.

2. Church & Dwight – ARM & HAMMER Baking Soda Resealable Bag

Church-Dwight-–-ARM-HAMMER-Baking-Soda-Resealable-Bag

Di Amerika produk ARM & HAMMER ini diakui sebagai baking soda dengan kualitas nomor satu. Kemasannya cukup besar dengan berat isi 260 gram. Kemasannya juga dilengkapi dengan resealable bag, sehingga bisa membuat produk tidak cepat habis.

Bentuk kemasan pouch anti air yang dilengkapi dengan penutupnya ini menjamin kualitas produk di dalamnya. Cukup dengan harga Rp 115.000, baking soda satu ini bisa digunakan untuk memasak, menetralkan bau, maupun membersihkan alat dapur.

3. Church & Dwight – ARM & HAMMER Baking Soda Box

Church-Dwight-–-ARM-HAMMER-Baking-Soda-Box

Baking soda satu ini memiliki kemasan kotak, cukup praktis dan mudah disimpan di lemari Anda. Selain sebagai pengembang makanan, baking soda ini juga bisa dipakai untuk membersihkan alat dapur maupun menetralkan bau menyengat atau tidak sedap.

Selain itu, terdapat resep untuk membuat cookies chocochips pada kemasan sebagai bonus yang bisa Anda praktekkan di dapur Anda. Bobot produk di dalamnya seberat 454 gram,  harganya pun cukup murah. Produk ini bisa Anda beli dengan harga Rp 30.000 saja.

4. AGC – Asahi Sodium Bicarbonat

AGC-–-Asahi-Sodium-Bicarbonat

Asahi Sodium Bicarbonat ini merupakan produk baking soda dengan kemasan karung. Ukurannya cukup besar dan berat, yakni 25 kg. Baking soda ini dijual seharga Rp 350.000. Cocok dipilih untuk menghemat budget operasional jika Anda membuka usaha kuliner.

5. Orlife Intisari Utama

Orlife-Intisari-Utama

Bagi Anda yang suka martabak, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan produk baking soda satu ini. Cukup dengan harga yang murah yakni Rp 6.000, martabak racikan Anda bisa mengembang sempurna dengan baking soda kemasan botol yang sangat praktis ini.

6. Bob’s Red Mill

Bobs-Red-Mill

Produk baking soda dengan berat 454 gram ini dijual seharga Rp 72.600. Baking soda kemasan pouch ini memiliki banyak manfaat. Selain untuk makanan, bisa juga digunakan untuk membersihkan peralatan dapur.

Produk ini diklaim sangat aman karena sudah bersertifikasi. Anda dapat memanfaatkan takaran 1 gram atau seperempat sendok teh untuk menggunakan baking soda Bob’s Red Mill ini.

7. Cendrawasih – Asahi Soda Kue

Cendrawasih-–-Asahi-Soda-Kue

Produk baking soda lokal ini biasanya dikemas ulang (repack), namun tetap mengedepankan kualitas yang sama seperti kemasan besarnya (utuh). Hal ini dilakukan dengan tujuan agar dapat dijual dalam bentuk kemasan 1 kg, tentu saja dengan harga yang lebih ekonomis.

Produk kemasan utuh seberat 1.000 gram seharga Rp 18.000 ini aman karena sudah bersertifikasi BPOM dan LPPOM MUI. Baking soda ini dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti memasak hingga perawatan alat dapur.

8. Tawon Mas – Nonik Soda Kue

Tawon-Mas-–-Nanik-Soda-Kue

Bagi Anda yang masih coba belajar membuat kue, baking soda dengan harga murah meriah yakni Rp 1.500 ini cocok digunakan untuk berkreasi di dapur Anda. Produk kemasan sachet isi 40 gram ini sudah bersertifikasi BPOM sehingga aman digunakan.

9. Pakmaya Soda Kue

Pakmaya-Soda-Kue

Baking soda dengan kemasan bentuk sachet ini merupakan produk impor. Bentuk kemasannya cukup praktis dengan berat isi 5 gram. Takaran yang pas membuat baking soda ini cocok digunakan untuk satu kali pemakaian saja.

10. Gunacipta Multirasa – Koepoe Koepoe Soda Kue

Gunacipta-Multirasa-–-Koepoe-Koepoe-Soda-Kue

Merek lokal yang satu ini dikenal sejak tahun 1942 dan selalu eksis di kalangan ibu rumah tangga hingga sekarang. Merk baking soda Koepoe Koepoe dengan kemasan pouch 1 kg ini patut menjadi pilihan baking soda untuk bahan kue Anda.

Anda dapat membeli produk ini dengan harga Rp 39.000. Berbagai varian produk baking soda ini biasa dipakai ibu rumah tangga sebagai bahan kue hingga membersihkan peralatan berbahan aluminium, stainless, besi, dan lain-lain.

Sudah menentukan pilihan merk baking soda? Apapun pilihan Anda, satu hal yang paling penting adalah soal kualitas dan keamanan produk. Terlebih jika akan digunakan untuk membuat kue atau makanan lainnya. Maka, Anda harus lebih teliti dan selektif sebelum membelinya.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan