10 Merk Mayonaise Terbaik yang Paling Enak

Posted on

Merkbagus.id –  Mayonaise merupakan salah satu jenis saus yang terbuat dari telur mentah dan umumnya digunakan sebagai bahan pelengkap makanan. Rasanya yang manis dan lembut membuat saus satu ini populer sebagai dressing salad atau bahkan cocolan beraneka makanan. Sayangnya, karena terbuat dari telur mentah kita harus berhati-hati dalam membeli mayonaise yang akan digunakan, sebaiknya pilih hanya merk mayonaise terbaik.

Ini karena mayonaise terbaik sudah terbukti kualitasnya dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Untuk mendapatkan mayonaise terbaik kita tidak bisa asal memberi mayonaise. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kita tahu bahwa mayonaise yang akan dibeli merupakan yang terbaik.

Tips Bagaimana Memilih Mayonaise yang Baik

Tips di bawah ini akan membahas bagaimana memilih mayonaise terbaik yang tidak berbahaya dan pastinya enak. Beberapa hal memang perlu diperhatikan secara jeli, akan tetapi semua itu akan setimpal dengan rasa dan kualitas mayonaise yang kita konsumsi. Untuk selengkapnya, silakan melihat tips bagaimana memilih mayonaise yang baik di bawah ini ya :

1. Komponen di Dalam Mayonaise

Melihat komponen di dalam mayonaise merupakan cara pertama yang harus dilakukan. Daftar komponen lengkapnya bisa ditemui pada bagian belakang kemasan. Tidak semua produsen menuliskan rincian daftar bahannya dalam bahasa Indonesia memang, namun tidak begitu sulit mengetahuinya.

Bagian pengawet makanan apa yang digunakan harus jeli dilihat karena sudah pasti semua kemasan mayonaise pasti mengandung bahan pengawet. Hal ini untuk menanggulangi mayonaise yang cepat basi dan akhirnya ditumbuhi jamur dan berbahaya untuk dikonsumsi.

Pastikan pengawet yang digunakan bukanlah pengawet yang kurang baik seperti sulfur dioksida atau kalium nitrit. Kedua bahan pengawet makanan itu memang diizinkan namun tergolong kurang aman, masih ada pengawet makanan lain yang lebih aman. Untuk daftar selengkapnya, bisa melihatnya sendiri di website BPOM Indonesia.

2. Kandungan Lemak yang Ada

Tidak jarang orang menggunakan mayonaise untuk dressing salad yang tujuannya untuk mensukseskan program diet. Sayangnya, kebanyakan mayonaise mengandung lemak yang tinggi sehingga kurang pas jika digunakan untuk berdiet. Bagian kandungan lemak ini kurang banyak diperhatikan, dan biasanya tidak dilihat sama sekali.

Jadi jika memilih menggunakan mayonaise sebagai salah satu senjata untuk menurunkan berat badan, sebaiknya periksa kandungan lemaknya ya. Bila perlu membandingkan lebih dari satu merk juga tidak masalah agar mendapatkan mayonaise enak dengan kandungan lemak paling sedikit.

3. Daya Tahan Mayonnaise

Untuk aspek satu ini, umumnya daya tahan mayonaise menyesuaikan apa yang tertulis pada bagian luar yaitu masa kadaluarsa. Tetapi, perlu diingat bahwa mayonaise merupakan saus yang mudah basi sehingga setelah dibuka tanggal kadaluarsa yang berada di luar sudah tidak berfungsi. Usahakan tidak membeli mayonaise dalam ukuran yang besar, sehingga mayonaise bisa cepat habis dan terjaga kualitasnya.

4. Kemasan Mayonnaise

Kemasan mayonaise akan membantu umur atau daya tahan mayonaise setelah dibuka. Wadah yang memiliki tutup rapat akan lebih mudah untuk menyimpan mayonaise dari pada yang hanya kemasan refil. Ini karena kemasan akan menjaga mayonaise dari berbagai hal yang membuatnya cepat basi seperti udara yang berdebu.

5. Menyesuaikan Mayonaise dengan Kebutuhan

Di atas sedikit disinggung bahwa rasa mayonaise kebanyakan manis dan lembut, akan tetapi sekarang sudah ada berbagai macam rasa. Ada mayonaise yang manis, gurih dan bahkan pedas, sehingga penggunaanya akan lebih enak jika sesuai kebutuhan.

6. Penyimpanan Mayonnaise

Ketika akan membeli mayonaise, sebaiknya perhatikan bagaimana penjual menyimpannya. Ini karena mayonaise yang disimpan di tempat panas atau terkena sinar matahari langsung menurun kualitasnya dan bisa mempengaruhi rasa. Jadi pastikan hanya membeli mayonaise yang disimpan dengan benar di lingkungan yang sejuk dan tidak terkena matahari secara langsung.

Dari tips di atas, pastinya sekarang bisa menentukan mana mayonaise terbaik yang bukan hanya enak namun juga aman untuk dikonsumsi. Apabila membutuhkan rekomendasi merk terbaik, tidak perlu khawatir karena tips kali ini sudah dilengkapi dengan rekomendasi mayonaise terbaik yang enak dan aman dikonsumsi.

10 Rekomendasi Merk Mayonaise Terbaik yang Aman dan Paling Enak Dikonsumsi

Beberapa merk mayonaise yang ada di bawah ini mungkin akan terdengar asing, namun ini bukan masalah besar. Semua mayonaise yang ada pada daftar sudah terdaftar resmi oleh BPOM dan melewati serangkaian tes sehingga bukan hanya enak namun aman dikonsumsi. Berikut daftar lengkap rekomendasi brand mayonaise bagi para pecinta mayonaise.

1. Hellmann’s Real Mayonnaise

Hellmann’s Real Mayonnaise merupakan salah satu merk mayonaise untuk diet yang paling sesuai. Hal ini karena selain kandungan telur, minyak dan cuka yang pas, Hellmann’s Real Mayonnaise  juga mengandung banyak manfaat lain.

Mayonaise satu ini memiliki kandungan omega 3 cukup besar dan juga lemak jenuh yang baik bagi kesehatan. Sehingga tidak ada salahnya jika yang ingin menurunkan berat badan memilih brand mayonaise satu ini.

Kelebihan Harga Hellmann’s Real Mayonnaise

  • Kemasannya hadir dengan porsi yang cukup besar
  • Harga bersahabat
  • Hadir dengan berbagai ukuran
  • Penyimpanannya mudah
  • Dilengkapi tutup putar yang mudah dibuka

Kekurangan Harga Hellmann’s Real Mayonnaise

  • Cukup sulit didapatkan di toko-toko sekitar
  • Kebanyakan masih dijual online

Harga Hellmann’s Real Mayonnaise 887 mL dan 280 mL

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 29.000280 mL
TokopediaRp 31.000280 mL
LazadaRp 32.000280 mL
BukalapakRp 103.000887 mL
Shopee IndonesiaRp 105.000887 mL

2. MamaSuka Cheesy Mayonnaise

Bagi para pecinta keju, MamaSuka Cheesy Mayonnaise bisa menjadi mayonaise tervaroit. Pasalnya olahan telur mentah satu ini memiliki rasa keju yang kuat sehingga enak digunakan untuk tambahan berbagai makanan.

Bagi yang mencari-cari merk mayonaise yang enak untuk burger, MamaSuka Cheesy Mayonnaise juga bisa menjadi pilihan tepat. Rasa kejunya yang khas, akan menambah citarasa burger yang dibuat dan membuat semakin ketagihan.

Kelebihan MamaSuka Cheesy Mayonnaise

  • Wadahnya yang ramping enak dipegang dan pas ditangan
  • Kemasannya cerah dan menonjolkan rasa kejunya
  • Tutup botolnya flip sehingga mudah dibuka
  • Rasa kejunya sangat kuat
  • Cocok sebagai pelengkap burger
  • Mudah didapatkan

Kekurangan MamaSuka Cheesy Mayonnaise

  • Harganya cukup mahal
  • Tidak tersedia kemasan isi ulang yang besar

Harga MamaSuka Cheesy Mayonnaise

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 29.000
TokopediaRp 29.000
LazadaRp 30.000
BukalapakRp 30.000
Shopee IndonesiaRp 29.000

3. Papaya Kaihatsu Mayonnaise

Merk satu ini memang masih cukup asing dan belum se-terkenal yang lainnya. Namun, masalah rasa Papaya Kaihatsu Mayonnaise serta kualitas produk mayonaise ini tidak perlu diragukan.

Mereka yang kurang bisa memakan makanan dengan rasa asam, pasti sangat cocok dengan Papaya Kaihatsu. Selain itu, proses pembuatan mayonaise lebih sehat dan hanya menggunakan bahan-bahan alami saja.

Kelebihan Harga Papaya Kaihatsu

  • Bahan-bahan yang digunakan alami
  • Mayonaise yang sehat
  • Rasa mayonaise tidak terlalu kuat
  • Rasanya tidak asam
  • Cocok bagi yang tidak bisa mengkonsumsi makanan asam

Kekurangan Harga Papaya Kaihatsu

  • Harganya cukup mahal
  • Porsinya kecil dan kurang besar

Harga Papaya Kaihatsu

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 32.800
TokopediaRp 34.500
LazadaRp –
BukalapakRp 34.500
Shopee IndonesiaRp –

4. Mayumi Mayonnaise Pedas

Untuk yang menyukai pedas, bisa memilih Mayumi Mayonnaise Pedas sebagai pelengkap makanan atau dressing saladnya. Kemasan yang berbentuk tube juga membuat mayonaise ini mudah disimpan dan tidak cepat basi.

Bagi yang ingin menjajal bagaimana pedasnya Mayumi Mayonnaise Pedas bisa memilih kemasan sachet yang kecil. Antara kemasan kecil dan besar keduanya memiliki rasa pedas dan kualitas yang sama mantapnya.

Kelebihan Mayumi Mayonnaise Pedas

  • Rasa pedasnya tidak membuat sakit di lidah
  • Tidak terlalu pedas
  • Lebih lembut dari rasa pedas wasabi
  • Hadir dengan kemasan yang mudah dibuka tutup
  • Harga cukup terjangkau
  • Mudah didapatkan

Kekurangan Mayumi Mayonnaise Pedas

  • Tidak tersedia kemasan isi ulang yang lebih besar
  • Hanya bisa digunakan beberapa kali saja karena kemasan terlalu kecil

Harga Mayumi Mayonnaise Pedas

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 19.500
TokopediaRp 19.500
LazadaRp 20.400
BukalapakRp 19.500
Shopee IndonesiaRp 19.500

5. Thousand Island MC Lewis

Thousand Island MC Lewis adalah merk thousand island yang enak dan pas untuk berdiet. Saus thousand island ini sebenarnya sama saja dengan mayonaise namun sudah diproses lebih jauh.

Saus ini dikhususkan sebagai dressing salad dan bukannya pelengkap hot dog, burger maupun makanan cepat saji lain. Bagi yang menginginkan rasa pedas, Thousand Island MC Lewis juga menyediakan rasa pedas selain dari rasa manis yang lembut.

Kelebihan Thousand Island MC Lewis

  • Ukurannya cukup besar
  • Harganya termasuk murah
  • Rasanya enak dan tidak terlalu kuat
  • Cocok untuk diet
  • Tersedia dalam berbagai rasa

Kekurangan Thousand Island MC Lewis

  • Khusus untuk salad dressing
  • Sulit ditemui

Harga Thousand Island MC Lewis

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 34.000
TokopediaRp 28.400
LazadaRp 34.000
BukalapakRp 30.000
Shopee IndonesiaRp 61.000

6. Maestro Blue Cheese Mayonnaise

Brand mayonaise satu ini merupakan jenis mayonaise untuk salad buah maupun sayur yang enak. Pasalnya rasa kejunya tidak terlalu kuat, pas dan tidak menutup rasa asli dari buah dan sayur yang dicampurkan.

Kemasannya yang memiliki tutup pada bagian atas juga membuat mayonaise satu ini mudah disimpan dan bisa berumur lebih panjang. Dari segi harga juga tidak terlalu mahal dan sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Kelebihan Maestro Blue Cheese Mayonnaise

  • Botolnya unik dan menarik
  • Tutupnya kencang dan mudah disimpan
  • Rasa kejunya tidak terlalu kuat dan lembut
  • Mudah didapatkan
  • Harga bersahabat

Kekurangan Maestro Blue Cheese Mayonnaise

  • Tidak cocok bagi mereka yang tidak suka keju
  • Rasa keju akan terasa samar jika terlalu banyak campuran buah atau sayur

Harga Maestro Blue Cheese Mayonnaise

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 18.180Diskon 15%
TokopediaRp 24.000
LazadaRp 28.000
BukalapakRp 29.900
Shopee IndonesiaRp 27.500

7. Prochiz Mayonnaise

Prochiz Mayonnaise merupakan mayonaise yang enak untuk salad buah berkat rasa manis yang lembut. Rasa mayonaise ini akan meningkatkan rasa dari salad buah namun tidak membuatnya terlalu manis.

Jika melihat harga yang ditawarkan dengan banyaknya porsi dalam satu kemasan, bisa dibilang harganya sangat murah. Kualitas mayonaise satu ini juga tidak perlu diragukan karena Prochiz merupakan produsen terpercaya yang memiliki berbagai produk olahan susu.

Kelebihan Prochiz Mayonnaise

  • Harga bersahabat
  • Kemasan besar
  • Berasal dari produsen keju terkemuka
  • Khusus salad Dressing
  • Rasanya manis dan lembut

Kekurangan Prochiz Mayonnaise

  • Sulit disimpan karena bukan berbentuk tube
  • Tidak tersedia kemasan botol ukuran besar

Harga Prochiz Mayonnaise

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 31.000
TokopediaRp 28.500
LazadaRp 32.340
BukalapakRp 33.500
Shopee IndonesiaRp 55.000

8. Kewpie Original Mayonnaise

Lagi-lagi brand mayonaise satu ini nampaknya masih belum terlalu dikenal dan cukup asing. Tapi, tenang rasa dan kualitasnya tidak asing karena merek satu ini merupakan langganan berbagai restoran.

Kemasannya yang terdiri dari tube dan refil serta harga dan porsinya yang banyak membuat merk satu ini populer. Kalau soal rasa, tentunya sudah tidak perlu ditanyakan lagi, oiya merk satu ini juga tersedia dalam versi gurih dan pedas juga loh.

Kelebihan Kewpie Original Mayonnaise

  • Tersedia versi rasa lain
  • Ukurannya besar
  • Terdiri kemasan refil dan tube
  • Mudah disimpan
  • Kemasannya mudah digunakan

Kekurangan Kewpie Original Mayonnaise

  • Sulit ditemukan
  • Hanya ada di supermarket besar saja

Harga Kewpie Original Mayonnaise

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 75.000
TokopediaRp 62.000
LazadaRp 72.000
BukalapakRp 65.000
Shopee IndonesiaRp 68.000

9. Maestro Mayonnaise

Kebanyakan penikmat salad, menyukai dressing yang dibuat menggunakan Maestro mayonaise yang terkenal sebagai merk mayonaise salad buah dan sayur. Rasanya yang lembut serta teksturnya yang lebih padat membuat Maestro Mayonnaise sangat  populer.

Bagi yang ingin menambahkan berbagai bahan lain kedalam Maestro Mayonnaise, juga tidak masalah. Mayonaise satu ini bahan cocok ditambahkan dengan bubuk kari yang cukup kuat loh.

Kelebihan Maestro Mayonnaise

  • Tutup jar yang mudah dibuka
  • Wadah terbuat dari kaca
  • Mudah disimpan
  • Rasa manis tidak menutupi sayur atau buah
  • Salad dressing yang enak

Kekurangan Maestro Mayonnaise

  • Ukurannya kecil
  • Masih cukup sulit didapatkan

Harga Maestro Mayonnaise

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 33.000
TokopediaRp 32.500
LazadaRp 100.0003 Liter
BukalapakRp 32.500
Shopee IndonesiaRp 35.000

10. Mayo Saus Mayo Manis

Mayo Saus Mayo Manis sangat cocok sebagai cocolan beraneka makanan ringan yang disukai. Misalnya saja untuk cocolan nugget bahkan kentang goreng yang umumnya berminyak.

Rasa manisnya cukup kuat sehingga jika disandingkan dengan makanan berminyak, Mayo Saus Mayo Manis bisa menutupi rasa minyak itu. Dari segi harga juga termasuk terjangkau karena tersedia dalam ukuran besar yang lebih hemat di kantong.

Kelebihan Mayo Saus Mayo Manis

  • Hadir dengan kemasan yang besar
  • Terdapat berbagai ukuran
  • Harganya sangat bersahabat
  • Mudah didapatkan
  • Tersedia pilihan rasa yang lain

Kekurangan Mayo Saus Mayo Manis

  • Sulit disimpan
  • Tidak ada kemasan tube atau botol yang besar

Harga Mayo Saus Mayo Manis

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 33.000
TokopediaRp 35.000
LazadaRp 40.000
BukalapakRp 22.000Diskon 35%
Shopee IndonesiaRp 65.000

Rekomendasi Merk Mayonaise Terbaik

Untuk memilih mana mayonaise terbaik, pastinya tips di atas harus diaplikasikan terlebih dahulu agar tidak salah memilih. Dari berbagai hal harus diperhatikan supaya mayonaise bukan hanya sebagai pelengkap tapi yang menambah rasa dari masakan yang akan dikonsumsi.

Jika mempertimbangkan dari segi harga kemudian kemasan dan bagaimana kemudahan untuk menyimpannya, merk terbaik adalah Maestro Mayonnaise. Merk satu ini hadir dengan botol kaca yang ramah lingkungan serta bisa ditutup dengan kencang.

Bahannya juga bukan plastik sehingga daya tahan mayonaise yang berada didalamnya setelah dibuka bisa sedikit lebih lama. Rasa mayonaise yang tidak terlalu kuat namun cukup, tidak akan menutupi rasa buah atau sayur yang dijadikan sebagai salad.

Kesimpulan

Menentukan mayonaise mana yang sebaiknya dipilih ternyata tidak bisa hanya memepertimbangkan dari segi rasa saja. Berbagai hal perlu diperhatikan supaya mayonaise yang kita pilih nanti sesuai dengan masakan dan membuatnya lebih istimewa.

Baca juga: 8 Merk Mentega yang Bagus untuk Kue Kering

Dalam memilih merk mayonaise terbaik, memperhatikan cara penyimpanan mayonaise juga sangat penting agar mayonaise tidak cepat basi. Sehingga nantinya mayonaise bisa tetap enak, terjaga kualitasnya dan membuat makanan menjadi istimewa.

Dari semua informasi di atas, sudah cukup rinci bukan? bukan hanya mengenai rekomendasi merk mayonaise apa saja yang bagus namun ada tipsnya pula. Dengan begini tidak akan sulit untuk memilih mana mayonaise terbaik, oiya jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya jika merasa informasinya bermanfaat.