10 Merk Lip Balm yang Bagus dan Aman untuk Bibir

Posted on

Dehidrasi hingga terlalu sering memakai lipstik dipercaya bisa membuat bibir menghitam. Apalagi jika Anda menggunakan jenis lipstik matte yang bertekstur kering. Salah satu cara untuk mengembalikan warna alami dan kelembaban bibir adalah menggunakan merk lip balm yang bagus.

Tapi bagaimana cara memilihnya? Pertama, kenali dulu apa masalah pada bibir Anda. Karena berbeda masalahnya, Anda harus menggunakan lip balm dengan kandungan yang berbeda pula. Setelah itu, barulah Anda memilih merk mana yang kira-kira cocok dan sesuai budget.

Tips Memilih Lip Balm yang Bagus untuk Bibir

Tips-Memilih-Lip-Balm-yang-Bagus-untuk-Bibir

Jika lipstik digunakan untuk mempercantik bibir, lip balm justru punya fungsi esensial untuk menjaga kesehatan bibir Anda. Tapi Anda tak bisa sembarangan memilih lip balm. Anda harus mencari merk lip balm yang punya kriteria:

  • Belilah lip balm yang mengandung SPF. Ternyata sinar UV A dan B yang membuat bibir menjadi kering dan hitam. Proteksi kulit dari radikal bebas sebaiknya juga dilakukan pada bagian bibir.
  • Pilihlah lip balm dengan kandungan ceramides, jika Anda memiliki kulit yang super kering.
  • Pilih lip balm dengan kandungan kimia zinc oxide. Kandungan inilah yang ternyata bisa melindungi bibir dari sinar matahari.
  • Untuk fungsi melembabkan bibir secara maksimal, pastikan lip balm mengandung zat emolien. Zat ini ada pada beeswax, petroleum jelly, olive oil, almond oil, atau cocoa butter.
  • Hindari menggunakan lip balm dengan parfum, perasa tambahan, ataupun zat pewarna.
  • Jangan gunakan lip balm dengan kandungan bahan fenol atau peppermint. Sensasi sejuknya justru bisa menimbulkan rasa terbakar dan kering.

Rekomendasi Merk Lip Balm Terbaik

1. Viva Chic On – Lip Moisture Balm (Rp 15.000)

Viva-Chic-On-–-Lip-Moisture-Balm-Rp-15.000

Brand lokal ini punya produk lip balm yang cukup ramah kantong. Produk ini menggunakan ingredient berupa shea butter, jojoba oil, aloe vera, dan vitamin E. Ada 4 varian yaitu stroberi, orange, aloe vera, dan juga choco dreamer.

Jika Anda memiliki masalah bibir kering dan pecah-pecah, Viva menyarankan menggunakan varian aloe. Sedangkan varian lainnya memiliki aroma buah-buahan yang unik. Tapi sayangnya produk ini belum dilengkapi dengan SPF untuk perlindungan dari sinar matahari.

2. Wardah – Lip Balm (Rp 18.000,00)

Wardah-Lip-Balm-Rp-18.00000

Kemasannya lucu karena berbentuk jar kecil yang travel friendly. Lip balm dari merk lokal ternama ini menggunakan formula triple moisture care dengan ingredient seperti minyak esensial dan vitamin E. Lip balm Wardah bahkan sudah mengandung UV protection.

Varian lip balm ini ada beberapa jenis. Ada rasa stroberi, orange, dan juga vanilla. Ketika dipakai, lip balm Wardah ini akan meninggalkan kesan glossy dan warna shimmering. Tapi kemasan jarnya kurang banyak disukai karena dinilai tidak higienis.

3. Nivea – Original Care (Rp 19.000,00)

Nivea-Original-Care-Rp-19.00000

Lip balm dari Nivea ini mengandung essential oil berupa minyak jojoba dan juga shea butter. Dua kandungan ini terbukti ampuh mengobati bibir pecah-pecah dan kering. Lip balm Nivea bisa memberikan kelembaban dan perlindungan pada bibir Anda hingga 12 jam lamanya.

Lip balm dari Nivea hadir dengan beberapa varian warna. Ada versi original hingga beberapa rasa dan aroma buah. Anda bisa membeli lip balm ini via marketplace atau minimarket terdekat.

4. Vaseline – Lip Therapy Mini (Rp 26.000,00)

Vaseline-Lip-Therapy-Mini-Rp-26.00000

Kandungan utama dari lip balm Vaseline adalah petroleum jelly. Salah satu bahan emolien ini terbukti bisa menjaga bibir dari kondisi cuaca kering ekstrim. Bukan hanya itu, lip balm Vaseline ini sebenarnya bisa digunakan juga di bagian tubuh lain yang membutuhkan.

5. Maybelline Baby Lips

Maybelline-Baby-Lips

Brand besar Maybelline menghadirkan color lip balm yang banyak digunakan oleh remaja. Kandungan lip balm ini cukup lengkap mulai dari vitamin E hingga jojoba oil. Formulanya bisa menjaga kelembaban bibir sampai 12 jam.

Ada 4 varian warna yang ditawarkan. Mulai dari pink, cherry kiss, coral, dan berry crush. Lip balm dari Maybelline ini punya kandungan SPF yang sangat tinggi mencapai angka 20. Tapi sayangnya lip balm ini kurang bisa mengobati bibir pecah-pecah secara efektif.

6. Palmer’s Cocoa Butter Formula (Rp 39.000,00)

Palmers-Cocoa-Butter-Formula-Rp-39.00000

Brand impor ini menggunakan cocoa butter sebagai bahan utama lip balmnya. Kandungan ini juga diperkaya dengan vitamin E dan SPF 15. Lip balm ini bisa membantu mengatasi bibir kering, pecah-pecah, dan menjaga kelembaban alaminya.

Karena berasal dari cocoa butter, maka sudah pasti varian dari lip balm ini tak jauh dari rasa cokelat. Ada varian dark choco, dark choco mint, dan juga original. Banyak pengguna lip balm ini yang mengaku lebih rileks saat menggunakan lip balm dengan sensasi aroma cokelat.

7. Blistex – Medicated Lip Balm (Rp 39.000,00)

Blistex-–-Medicated-Lip-Balm-Rp-39.00000

Lip balm satu ini diciptakan khusus untuk pengobatan bibir kering dan pecah-pecah. Formula advanced moisture pada lip balm ini bisa cepat meresap dan menjaga kelembaban dalam jangka waktu lama.

Lip balm Blistex juga bisa Anda gunakan saat bibir iritasi. Contohnya ketika bibir mengalami gagal, tidak nyaman, melepuh, atau sensasi terbakar. Lip balm Blistex juga bisa melindungi bibir dari UV A dan B dengan kandungan SPF 15.

8. Evolution of Smooth – Organic (Rp 59.000,00)

Evolution-of-Smooth-–-Organic-Rp-59.00000

Anda ingin menggunakan lip balm favorit selebriti dunia? Gunakan saja merk EOS dengan varian Organic Lip Balm. Merk lip balm ini sangat unik karena bentuk kemasannya seperti telur mini dengan berbagai warna.

Lip balm EOS ini dibuat dari bahan-bahan organik yang aman dan tidak menimbulkan iritasi. Anda bisa pilih varian rasa summer fruit, mango, pomegranate raspberry, sweet mint, dan masih banyak lagi. Jika Anda kurang suka dengan desain kemasan telur, pilih saja versi lip balm EOS stick.

9. Burt’s Bees (Rp 60.000,00)

Burts-Bees-Rp-60.00000

Lip balm ini diformulasikan dengan beeswax asli. Selain itu, formula ini diperkaya dengan vitamin E. Kombinasi ingredient ini bisa membantu bibir tetap lembab dan sehat. Produk ini dikemas dalam bentuk stik dengan warna kuning yang cukup higienis.

Lip balm ini jadi semakin menarik karena menggunakan aroma peppermint oil. Ketika dioleskan, Anda akan merasa segar dan sejuk. Tapi hati-hati bagi para pemilik kulit sensitif. Kandungan peppermint ini justru bisa membuat sensasi bibir seperti terbakar.

10. Clinique Chubby Stick – Lip Colour Balm (Rp 90.000,00)

Clinique-Chubby-Stick-Lip-Colour-Balm-Rp-90.00000

Bagi Anda yang ingin memakai lip balm sekaligus lip tint dalam satu produk, gunakan saja merk Clinique ini. apalagi dengan desainnya yang berbentuk krayon. Cukup simple dan elegan saat dibawa bepergian.

Lip balm Clinique mengandung vitamin E, ekstrak buah mangga, dan juga shea butter. Kandungan ini bisa melembabkan bibir seharian sekaligus memberikan warna intens. Ada 16 shade warna yang ditawarkan Clinique lip balm ini.

Merk lip balm memang cukup banyak di pasaran. Tapi Anda harus melihat dulu komposisinya. Carilah lip balm yang bukan hanya berfungsi untuk melembabkan sementara. Tapi carilah produk yang bisa mengembalikan kesehatan alami bibir Anda.

 

Lihat Juga :

  1. 10 Merk Eye Cream Terbaik untuk Mata Panda dan Kerutan
  2.  10 Merk Lip Cream Terbaik, Bagus, dan 100% Tahan Lama
  3.  10 Merk Kosmetik Korea Terbaik yang Bagus dan Halal
  4. 12 Merk Toner yang Bagus Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat
  5. 10 Merk Clay Mask Terbaik untuk Menutrisi dan Memutihkan Kulit
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan