10 Merk Lem Besi Paling Kuat, Awet dan Tentunya Terbaik

Posted on

Untuk merekatkan benda sejenis besi, tentu Anda butuh lem khusus besi atau logam. Ada banyak sekali merk lem besi terbaik yang bisa menjadi pilihan. Tentunya Anda harus pertimbangkan nilai fungsi dari lem tersebut, karena lem besi berbeda dengan lem tembak biasa atau lem kayu.

Jika salah memilih, besi tidak akan bisa merekat dengan baik. Bahkan bisa saja menyebabkan bahaya, jika besi tersebut terlepas tanpa perekat yang kuat. Karenanya, Anda perlu tahu bagaimana cara memilih lem besi terbaik yang dijamin kuat dan tahan lama.

Cara Mudah Pilih Lem Besi yang Kuat

Anda yang tidak biasa bekerja dalam bidang konstruksi, mungkin akan sulit mengenali lem besi yang berkualitas. Ada beberapa poin penting terkait cara memilih lem besi yang baik. Di bawah ini bisa simak dan catat dengan baik beberapa cara atau tipsnya:

1. Kenali Material yang akan Diaplikasikan dengan Lem dan Jenis Lemnya

Kenali-Material-yang-akan-Diaplikasikan-dengan-Lem-dan-Jenis-Lemnya

Pastikan Anda membeli lem khusus untuk digunakan pada material besi. Kenali juga material yang akan rekatkan tersebut. Jika bahan yang akan direkatkan tidak sesuai dengan jenis bahan lem, maka tentu akan sia-sia.

2. Pilih Epoxy Resin

Pilih-Epoxy-Resin

Epoxy resin adalah jenis lem besi yang memiliki ketahanan terhadap panas dan lembab dengan sangat baik. Bahkan dalam suhu 70 hingga 80 derajat celcius pun lem ini bisa bekerja secara optimal pada besi atau logam yang direkatkan. Kuat dan tahannya lem adalah poin pentingnya.

3. Lem Elastis

Lem-Elastis

Selain lem epoxy resin, Anda bisa memilih lem yang sifatnya elastis. Lem jenis ini bisa Anda gunakan untuk merekatkan dua bahan yang berbeda sifat. Lem elastis akan lebih aman digunakan karena bisa mengikuti perubahan kondisi benda berdasarkan sifatnya.

4. Resistan pada Guncangan

Resistan-pada-Guncangan

Saat terjadi guncangan, rekatan benda yang menggunakan lem kemungkinan akan mudah lepas. Namun dengan pemilihan lem yang resistan terhadap guncangan, maka besi akan tetap merekat tanpa takut terkelupas begitu saja.

Merk Lem Besi Terbaik untuk Anda

Seperti dijelaskan sekilas sebelumnya, lem besi memiliki beberapa pilihan merk dan kualitas yang berbeda-beda. Setelah mengetahui tips memilihnya, Anda juga perlu tahu beberapa pilihan merk lem besi terbaik yang bisa jadi pertimbangan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Araldite (Lem Epoxy)

Araldite-Lem-Epoxy

Lem besi dari Araldite ini merupakan jenis lem epoxy dengan kualitas yang bagus. Lem ini tidak hanya bisa diaplikasikan pada kegiatan konstruksi rumah tangga, namun juga pada bidang industri yang lebih besar.

Untuk menggunakannya, Anda perlu mencampur 2 bahan resin dan pengeras, lantas mengaduknya dan mendiamkannya dulu selama 90 menit. Dalam kurun waktu 6 jam, Anda bisa merekatkan bahan-bahan target.

Jangan langsung menggunakan benda yang sudah direkatkan, ya. Setidaknya, tunggulah hingga 12 jam. Hal ini ditujukan agar bisa dipastikan benda-benda target telah merekat dengan sempurna.

2. Belzona 1111 Super Metal

Belzona-1111-Super-Metal

Lem ini dilengkapi dengan base dan pelarut. Bahan yang terkandung pada lem ini, dipercaya memiliki ketahanan yang baik pada erosi korosi. Tidak hanya besi, lem dari brand Belzona juga bisa difungsikan untuk merekatkan benda berbahan kayu, kaca, baja, dan aluminium.

Sebelum mengaplikasikannya, bahan base dan pelarut harus dipastikan tercampur dengan baik. Hasil kualitas lem Belzona, terbilang sangat baik.

3. Alteco Epo Putty

Alteco-Epo-Putty

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan brand yang satu ini. Kali ini Alteco hadir dengan jenis lem besi yang memiliki dua bagian, yakni resin dan penguat. Dengan dua bagian ini, lem Alteco Epo Putty bisa memberikan kekuatan yang bagus pada rekatan dan sangat tahan panas.

Lem ini bisa diaplikasikan pada bahan logam, besi, plastik, kayu, hingga beton. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil rekat sempurna adalah 2,5 jam. Dengan begitu, dalam kurun waktu tersebut jangan menggunakan langsung beda target.

4. Devcon Home 2 Ton Epoxy

Devcon-Home-2-Ton-Epoxy

Tidak kalah dari brand sebelumnya, Devcon hadir dengan kekuatan rekat yang super dan tahan terhadap resiko penyusutan. Selain itu, bahan lemnya juga sangat tahan terhadap zat kimia cair, seperti bensin atau minyak. Bahannya juga tahan pada reaksi air.

Kekuatan rekat yang dimiliki lem besi dari Devcon ini mencapai 2500 PSI. Sedangkan proses kerja perekatnya, membutuhkan waktu hingga 30 menit. Dengan kekuatan ini, lem Devcon bisa diaplikasikan pada benda berukuran besar.

5. Speedo

Speedo

Kualitas lem besi dari Speedo ini sudah dibekali dengan kualitas terjamin yang sudah berlisensi USA. Selain bisa digunakan merekatkan besi, lem ini juga cocok untuk digunakan pada benda keramik dan porselen. Lem bisa mengering dalam kurun waktu 5 menit saja.

Meskipun begitu, perekatan sempurna bisa membutuhkan waktu hingga 12 jam. Kualitas lem Speedo ini memang bisa dikatakan sangat baik, namun Anda tidak perlu khawatir karena harganya tetap terjangkau.

6. Handsome Lem Korea

Handsome-Lem-Korea

Seperti namanya, lem besi yang satu ini berasal dari Negara Korea. Kemasannya cukup mini dan praktis dibawa ke manapun Anda pergi. Tekstur lemnya cair dan cukup kuat untuk merekatkan bahan-bahan, seperti besi, mika, plastik, hingga kayu.

Kekuatan rekatnya yang bagus, membuat Anda tidak perlu boros saat memakainya. Anda cukup meneteskan satu tetes saja untuk merekatkan satu bagian benda dengan benda lain.

7. Avian Lem Epoxy

Avian-Lem-Epoxy

Jika kebanyakan lem memiliki aroma yang sangat menusuk, maka berbeda halnya dengan lem dari brand Avian ini. Hal ini karena bahan di dalamnya tidak memiliki kandungan thinner. Lem epoxy ini memiliki sifat tahan terhadap udara dan air laut yang mengandung garam.

Mulai dari furniture kayu, besi, kaca, hingga bahan berbahan plastik pun bisa Anda rekatkan dengan lem jenis ini.

8. Epikol

Epikol

Bagi Anda yang ingin memperbaiki knalpot motor menggunakan lem, maka produk dari Epikol ini sangat cocok digunakan. Anda tidak perlu repot-repot lagi ke bengkel untuk merekatkan perkakas motor seperti knalpot.

Bahan di dalamnya mengandung resin dan pengeras yang kualitasnya sudah terjamin bagus. Namun perlu diperhatikan, sebelum mengaplikasikan lem pada benda sebaiknya ditunggu hingga 5 menit. Hal ini dilakukan agar bahan resin dan pengeras bisa tercampur dengan sempurna.

9. Loctite 401

Loctite-401

Lem yang merupakan produksi dari Loctite ini, termasuk dalam kategori lem multifungsi atau fleksibel. Penggunaannya tidak hanya untuk besi/ logam. Anda pun bisa menggunakannya untuk bahan kain, kertas, kayu, plastik, dan bahan berpori lainnya.

Teksturnya bening dengan kemasan kecil. Kekuatan rekatnya cukup bagus untuk digunakan pada perbaikan benda-benda rumah tangga. Sangat praktis dan instan digunakan, tanpa harus menunggu percampuran bahan dalam beberapa menit.

10. Dextone Epoxy Adhesives

Dextone-Epoxy-Adhesives

Hampir sama dengan jenis lem sebelumnya, Dextone Epoxy Adhesives ini juga dirancang sebagai lem yang multifungsi. Bahan lemnya memiliki ketahanan yang cukup bagus pada suhu yang tinggi sekalipun.

Jenis benda yang bisa direkatkan dengan lem ini adalah seperti keramik, porselen, besi, tembaga, kuningan, hingga perunggu.

Beragam merk lem besi terbaik tersebut, bisa menjadi acuan atau referensi untuk Anda. Sesuaikan setiap kriteria lem dengan kebutuhan Anda, sehingga lem bisa bekerja secara optimal. Jadi, sudahkah Anda menentukan pilihan dari sepuluh merk yang disebutkan di atas?

 

Lihat Juga :

  1. 10 Merk Lem Tembak Terbaik yang Bagus dan Tahan Lama
  2. 10 Merk Hair Dryer yang Bagus dan Awet
  3. 10 Merk Sound System Indoor & Outdoor Terbaik 2021
  4. 10 Merk Amplifier Mini, Walet, untuk Karaoke Terbaik
  5. 5 Merk Mesin Cuci 1 Tabung Terbaik dan Hemat Listrik
  6. 5 Merk Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik dan Hemat Listrik
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan