8 Merk Kompresor Angin yang Bagus dan Awet

Posted on

Buat Anda yang ingin membuka usaha cuci mobil atau bengkel, salah satu alat penting yang wajib ada yaitu kompresor angin. Karena kebanyakan aktivitas Anda, akan berhubungan dengan alat yang berfungsi untuk memaksimalkan tekanan udara. Tapi untuk mendapatkan merk kompresor angin Anda butuh waktu sebentar untuk memilih dan mencari rekomendasi yang tepat.

Berikut ini ada sejumlah produk kompresor angin yang terbilang mumpuni, dan pastinya bisa jadi acuan saat akan membeli nanti. Apa saja nama produknya? Yuk simak informasi lengkapnya kalau tidak ingin menyesal!


Tips Memilih Merk Kompresor Angin

Sebelum mengetahui rekomendasi produk terbaiknya, Anda juga perlu tahu bagaimana cara memilih produk kompresor angin. Mulai dari spesifikasi hingga harga, adalah hal yang wajib diperhitungkan. Jangan sampai Anda dibuat kecewa dengan produk yang ternyata tak sesuai dengan apa yang Anda inginkan.


1. Harga

Harga

Tentukan berapa anggaran yang disiapkan untuk membeli kompresor angin, jangan sampai over budget apalagi bagi Anda yang baru mau merintis usaha. Biasanya kisaran harga kompresor ini adalah dari seratur ribuan hingga jutaan rupiah tergantung kapasitas dan fungsi yang dimilikinya.


2. Bergaransi

Bergaransi

Pastikan bahwa produk tersebut memiliki garansi mesin yang cukup lama, sehingga Anda bisa menggunakannya dengan tenang. Jadi ketika ada masalah bisa berkonsultasi langsung dengan penjual, dan punya kesempatan mengganti mesin jika memang ada kerusakan. Sebab tidak semua merk kompresor angin menyediakan garansi tersebut.


3. Spesifikasi Tepat

Spesifikasi-Tepat

Menentukan spesifikasi sangat penting, karena kompresor angin memiliki banyak jenis, spesifikai dan perlengkapan pendukung. Kalau hanya digunakan untuk kebutuhan perbengkelan, cukup spesifikasi standar dengan kekuatan pompa udara biasa.

Tapi kalau untuk kebutuhan lebih banyak seperti pencucian mobil yang butuh kompresor untuk pengangkatan hidrolik, pilih dengan kekuatan lebih. Sebab tekanan udara yang dibutuhkan lebih besar.


Rekomendasi Merk Kompresor Angin Yang Bagus

Delapan produk kompresor angin ini bisa jadi bahan referensi Anda saat menentukan produk yang dibutuhkan. Mulai dari tipe mini hingga kapasitas super maksimal. Ini dia daftarnya untuk Anda!


1. Kenmaster 150 PSI Mini Portable

Kenmaster-150-PSI-Mini-Portable

Produk yang satu ini sangat ringan dan praktis dibawa kemana saja. Biasanya dijadikan barang penting bagi pemilik mobil yang suka melakukan perjalanan jauh, jadi ketika ban kempes bisa menggunakannya tanpa harus bingung mencari tempat tambal ban.

Angin yang dihasilkan kompresor ini mencapai 100 PSI, mirip dengan pompa ban manual atai otomatis. Proses penggunaannya juga cukup mudah dan tangguh karena dibuat dari bahan-bahan berkualitas. Harganya berkisar Rp.150 ribuan saja.


2.  Kenmaster XH-106

Kenmaster-XH-106

Produk senior dari 150 PSI di atas ini juga tergolong portable walaupun casingnya lebih berat. Dengan tekanan maksimal 300 PSI, produk ini mampu menjadi solusi kebutuhan akan tekanan udara di saat darurat. Apalagi dilengkapi dengan kabel penghubung 2,7 meter dan kabel tekanan 21 sentimeter, tentu cukup untuk digunakan pada kendaraan saat mengalami masalah ban.

Harganya yang sangat murah yaitu hanya seratus ribu ini menjadikannya banyak dipilih, tapi Anda harus memperhatikan durasi pemakaian, sebab di atas 30 menit pemakaian akan menyebabkannya panas.


3. Lakoni Imola 75 3/4

Lakoni-Imola-75-3-4

Beda lagi dengan produk dari merk kompresor angin Lakoni yang punya kapasitas tangki 10 liter, dengan kebutuhan listrik 500 watt. Kecepatan mesin saat digunakan cukup mumpuni yaitu mencapai 2800 rpm dengan dinamo ¾ HP.

Kelebihan berikutnya adalah produk unggulan Lakoni ini memiliki garansi resmi dari produsen selama satu tahun. Jadi kalau Anda mengalami masalah saat menggunakan produk ini bisa melakukan penggantian produk sesuai kerusahan yang masuk dalam kriteria garansi. Untuk satu unit produk ini dibanderol dengan harga berkisar Rp. 850 ribuan.


4. Multipro ¾ HP DCC-075/10 HS

Multipro-HP-DCC-075-10-HS

Tekanan yang dihasilkan oleh produk ini mencapai delapan bar, cocok untuk penggunaan di dunia perbengkelan dan cuci mobil skala kecil. Kompresor ini butuh daya 500 watt untuk penggunaannya, dengan hasil daya 3.4 HP. Tenaga penggerak dari dinamo ini adalah direct coupling dari listrik, jadi saat menggunakannya Anda harus memastikan listrik menyala.

Kecepatan mesin yang mencapai 2850 rpm menjadikannya banyak dipakai, apalagi bobotnya tidak terlalu berat yaitu hanya 22 kg saja. dengan harga Rp. 900 ribuan juga jadi alasan bengkel banyak menggunakan sebagai alat penunjang aktivitas perbengkelan.


5. Swan ¼ HP Honda 5.5 HP

Swan-¨-HP-Honda-5-5-HP Kelebihan dari produk ini adalah mesin yang digunakan sudah teruji yaitu merk Honda. Sehingga mampu memaksimalkan kinerja kompresor jauh lebih bagus ketimbang produk sejenis lainnya. kecepatan putarannya yang mencapai 3600 rpm juga jadi salah satu kelebihan, makanya sering dipakai untuk melengkapi aktivitas di pencucian mobi dan motor skala besar.

Dengan bahan bakar bensin yang  mudah didapat, dan tangki penyimpanan yang mencapai 36 liter bertekanan 7 bar semakin menjadikannya kompresor tangguh. Wajar saja jika harganya berkisar Rp. 3,3 juta karena tergolong sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki.


6. Swan ¼ HP Greenpower 2.4 HP

Swan-¨-HP-Greenpower-24-HP

Selain produk menggunakan mesin Honda, merk kompresor angin Swan juga punya produk berbahan gas atau LPG. Jadi Anda tak perlu susah membeli bensin untuk memenuhi kebutuhan bahan bakarnya. Dengan mesin greenpower yang berkecepatan 3600 rpm kompresor ini dikenal tanggung dengan sistem penggunaan semi otomatisnya.

Ditambah lagi kapasitas tangki untuk menyimpan udara mencapai 36 liter dengan tekanan udara maksimal 100 PSI. Anda juga akan dipuaskan dengan debit isi udaranya yang mencapai 45 liter/m. Untuk memilikinya Anda perlu mempersiapkan dana sekitar Rp. 3,5 juta ke atas di luar bahan bakar gas.


7. Shark ¼ HP SE162S

Shark-¨-HP-SE162S

Lain lagi dengan produk keluaran Shark yang punya kecepatan hingga 3500 rpm ini, mesin semi otomatisnya memungkinkan Anda menggunakan udara tanpa membuat mesin mati. Mesin yang dimilikinya memiliki daya 0,75 HP yang cukup untuk digunakan pada berbagai aktivitas yang membutuhkan tekanan udara maksimal.

Menyigi kapasitas udaranya adalah 98 liter/m dengan kapasitas tangki udaranya 65 liter. Jadi Anda yang butuh kompresor untuk mengisi angin ban motor, mobil hingga mengangkat hidrolik bisa dengan menggunakan kompresor hebat ini. Untuk harga berkisar Rp. 3,7 juta ke atas.


8. Swan ½ HO-Firman 5,5 HP

Swan-´-HO-Firman-55-HP

Dilengkapi dua silinder yang mampu menghasilkan kekuatan ½ HP menjadikan produk ini digemari konsumen. Walau tangki penyimpanan udara relatif kecil yaitu hanya 58 liter namun bisa menghasilkan tekanan hingga 115 PSI.

Soal mesin masih berjenis semi otomatis, sehingga memudahkan pemilik untuk menggunakan tanpa harus menghidup dan mematikan mesin. Kecepatan mesin yang mencapai 3600 rpm juga jadi nilai plus produk seharga Rp. 3,9 jutaan ini.

Apakah Anda sudah paham tentang produk dari merk kompresor angin di atas? Jika sudah maka akan memudahkan untuk menentukan mana yang akan jadi alat penunjang aktivitas, baik di perbengkelan dan sejenis. Ingat! semua keputusan di tangan Anda, pilih dengan seksama untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.