10 Kompor Portable Terbaik

Posted on

Bagi Anda yang suka dengan kegiatan di luar rumah seperti camping, maka tak ada salahnya untuk memiliki kompor portable terbaiksecara pribadi. Saat ini, Anda akan lebih mudah untuk menemukan merk ternama dari kompor portable yang beredar di pasaran.

Cara Memilih Kompor Portable Terbaik

1. Efisiensi Bahan Bakar

Efisiensi-Bahan-Bakar

Kompor portable memang kerap digunakan di dalam maupun di luar ruangan. Maka dari itu, perhatikan bagaimana efisiensi bahan bakar yang dihasilkan. Beberapa merk memang ada yang sudah menjamin tingkat efisiensi dalam penggunaan bahan bakar.

2. Adanya Fasilitas Pelindung Angin

Adanya-Fasilitas-Pelindung-Angin

Jika Anda ingin membeli kompor portable yang digunakan di luar ruangan, maka adanya fasilitas pelindung angin adalah hal yang harus Anda perhatikan.

3. Mudah Dibawa

Mudah-Dibawa

Memiliki badan yang tergolong simpel dan bobot yang ringan merupakan pilihan terbaik dari kompor yang akan Anda beli. Sebab, kedua hal tersebut bisa mempermudah proses pembawaan dan estimasi luas tempat yang dibutuhkan.

4. Bahan Dasar Pembuatan

Bahan-Dasar-Pembuatan

Cek bahan dasar yang digunakan untuk membuat kompor portable ini. Lebih baik pilih kompor yang terbuat dari besi, aluminium, ataupun stainless.

5. Adanya Fasilitas Keamanan

Adanya-Fasilitas-Keamanan

Fasilitas jaminan keamanan yang diberikan oleh kompor merupakan salah satu hal terpenting. Beberapa kompor sudah dibekali kelengkapan fasilitas keamanan tersebut, seperti pemantik otomatis dan lulus standar SNI.

Rekomendasi Kompor Portable Terbaik

Walaupun sudah banyak merk ternama yang beredar di pasaran, tidak semua kompor portable memiliki kualitas yang baik. Agar Anda memiliki gambaran ketika akan melakukan pembelian kompor portable, berikut ini adalah 10 rekomendasi kompor portable terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan:

1. Nikita Portable Gas Stove

Nikita-Portable-Gas-Stove

Nikita memang menjadi salah satu produsen kompor portable yang bisa Anda jadikan pilihan. Kompor ini memiliki 1 buah tungku. Tungku tersebut dapat berfungsi 2 in 1. Selain itu, kompor portable merk Nikita juga disuplai dengan dua jenis bahan bakar gas yang berbeda.

Kompor ini juga dilengkapi konektor nozzle stove yang berguna untuk instalasi tabung gas LPG. Dengan demikian, kompor portable ini cocok sekali Anda gunakan untuk kegiatan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Adanya pelindung angin membuat kompor ini sangat berguna jika digunakan di luar ruangan. Nyala api yang keluar dari tungku kompor ini terbilang cukup halus dan bersih. Hal ini dikarenakan adanya fasilitas pemantik elektronik.

Selain itu, adanya fasilitas soup holder sangat berguna untuk membantu menghindari tumpahan yang mungkin terjadi ketika proses memasak. Kedua bahan bakar gas tersebut adalah gas kaleng butane dan gas LPG ukuran 3–12 kg.

2. Miyako Portable Gas Stove

Miyako-Portable-Gas-Stove

Selanjutnya, Miyako tipe Kg-101C merupakan salah satu kompor portable dengan kualitas bagus. Kompor ini memang memiliki kemampuan penghematan bahan bakar hingga 0,15 kg/jam. Jika ditotal, efisiensi yang tercipta adalah sekitar 64,9%.

Memiliki bentuk yang simpel dan bobot yang cukup ringan membuat kompor portable jenis ini bisa mempermudah Anda saat membawanya. Terlebih lagi, kompor produksi Miyako dengan tipe Kg-101C ini sudah memenuhi standar SNI.

Oleh karena itu, permasalahan keamanan dari kompor ini tak perlu diragukan kembali. Jenis tabung gas yang digunakan oleh kompor ini terdiri dari dua macam, yaitu gas kaleng ukuran 220 gr atau tabung gas 3–12 kg.

3. Winn Portable Stove

Winn-Portable-Stove

Winn portable stove tipe W-1B adalah salah satu kompor yang banyak digunakan masyarakat saat ini. Kompor ini terbuat dari plat besi dengan lapisan enamel, dimana lapisan tersebut sangat berguna membantu pencegahan terjadinya risiko karat.

Kompor portable jenis ini juga dilengkapi dengan tungku yang berbahan dasar kuningan. Dengan adanya bahan tersebut, tungku menjadi lebih tahan lama. Adanya pemantik piezo electrik dan sistem pemadaman secara otomatis membuat kompor ini memiliki tingkat keamanan terbaik.

Kompor portable dengan merk Winn ini dapat menggunakan dua jenis tabung gas yang berbeda, yaitu tabung gas kaleng kecil dengan tabung gas LPG dengan ukuran 3–12 kg.

4. Cosmos Gas Travel 2 in 1

Cosmos-Gas-Travel-2-in-1

Memiliki bentuk yang simpel dan bobot yang terbilang ringan membuat kompor portable merk Cosmos ini mudah untuk dibawa ke mana pun. Tak hanya itu saja, kompor portable jenis ini juga sudah dilengkapi dengan pemantik yang sangat responsif.

Memiliki bahan dasar dari stainless membuat kompor ini dapat dengan mudah untuk dibersihkan dari kotoran yang menempel. Anda tidak perlu khawatir jika ingin memasak dalam porsi besar, sebab kompor ini sudah dilengkapi dengan tungku yang berukuran cukup besar.

5. Sayota NAC 155

Sayota-NAC-155

Bukan hanya mampu memproduksi barang elektronik saja. Kali ini, Sayota sudah mulai memproduksi kompor portable dengan tipe NAC 155. Kompor ini didesain dengan bentuk yang terlihat kecil.

Namun, kompor portable jenis ini juga memiliki tungku dengan ukuran yang cukup besar. Jadi, Anda bisa menyesuaikan ukuran panci yang akan digunakan. Adanya pemantik otomatis membuat kompor ini memiliki tingkat keamanan yang cukup baik.

Keuntungan yang ditawarkan oleh kompor portable tipe ini adalah adanya sistem hemat energi dalam penggunaan gas. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengurangi pembelian tabung gas.

6. Progas Portable Gas Stove

Progas-Portable-Gas-Stove

Lulus pengujian standar SNI membuat kompor portable Progas ini memiliki keamanan yang cukup mumpuni. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat badan dari kompor ini adalah teflon.

Tentunya, bahan tersebut berguna sebagai anti lengket berbagai kotoran yang mungkin saja berceceran ketika Anda memasak. Selain itu, kompor ini sudah dilengkapi dengan LPG connector. Konektor tersebut dapat digunakan untuk tabung gas LPG dengan ukuran 3–12 kg.

7. Quantum QGC-101R

Quantum-QGC-101R

Rekomendasi selanjutnya adalah Quantum QGC-101R. Selain terbuat dari bahan teflon pada bagian badannya, kompor portable jenis ini juga dilengkapi dengan burner yang terbuat dari besi anti karat.

Tak hanya itu saja, kompor jenis ini juga memiliki pemantik elektrik yang mempermudah Anda ketika menyalakan api. Bahkan, kompor ini juga diklaim mampu menghemat energi bahan bakar.

8. Oxone 2 in 1 LPG & Gas Butane

Oxone-2-in-1-LPG-Gas-Butane

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia camping, pastinya tidak asing dengan kompor Oxone 2 in 1 LPG & Gas Butane. Kompor portable jenis ini memang banyak digunakan oleh para penjelajah alam.

Terbuat dari bahan stainless steel membuat kompor ini tidak mudah terkena karat. Bahkan, kompor portable jenis ini juga dilapisi dengan cat pelindung anti gores. Tak hanya itu saja, adanya pemantik otomatis dan pelindung angin membuat kompor portable ini menjadi terlihat lebih sempurna.

9. Kenmaster KM-180B

Kenmaster-KM-180B

Memiliki bobot yang tergolong ringan membuat kompor merk Kenmaster dengan tipe KM-180B mudah dibawa oleh pemiliknya di segala kondisi. Fasilitas nozzle khusus juga membuat kompor ini bisa digunakan untuk gas LPG ukuran 3–12 kg.

Kompor portable jenis ini tergolong awet karena terbuat dari bahan dasar aluminium. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika akan membawanya di area outdoor. Selain itu, kompor ini juga sudah dilengkapi dengan tungku berukuran besar.

10. Rinnai RI-150CC

Rinnai-RI-150CC

Rekomendasi kompor portable dengan kualitas terbaik yang terakhir adalah Rinnai RI-150CC. Merk ini memang sudah sangat banyak digunakan oleh masyarakat luas. Bagian atas dari kompor portable ini memang terbuat dari bahan anti lengket.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membersihkan noda yang menempel pada permukaan kompor. Adanya fitur lock dan unlock membuat kompor portable jenis ini memiliki tingkat keamanan yang cukup baik.

Tak ada salahnya jika Anda memperhatikan beberapa cara dan mempertimbangkan rekomendasi di atas ketika akan membeli kompor portable. Merk apapun itu, sebaiknya Anda memperhatikan keterangan dalam kompor tersebut dengan cermat

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan