10 Merk Kamera Gopro Terbaik yang Bagus dan Berkualitas

Posted on

Gopro merupakan salah satu kamera yang sangat tekenal di Indonesia. Kamera ini terutama seri HERO dianggap sebagai merk kamera Gopro terbaik, karena harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang lumayan. Sebagai merk yang paling banyak merilis action camera, Gopro seolah menjadi kamera utama jika ingin mengambil gambar untuk kegiatan-kegiatan yang ekstrem di luar ruangan.


Tips Memilih Merk Kamera Gopro Terbaik

Jika Anda tertarik untuk membeli action camera, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.  Terdapat berbagai merk action camera yang beredar di pasaran dan semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mempermudah Anda dalam memilih berikut beberapa tips untuk memilih merk kamera Gopro terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


1. Kenali kelebihan dan kekurangan masing-masing kamera

Kenali-kelebihan-dan-kekurangan-masing-masing-kamera

Action camera seperti Gopro merupakan kamera kecil dan ringan namun memiliki resolusi yang tinggi sehingga banyak digunakan untuk mengambil gambar di luar ruang (outdoor). Kamera ini memiliki pelindung berupa casing yang sangat kuat dan tahan air, sehingga dapat digunakan di tempat yang tidak bisa dijangkau kamera biasa.

Action camera dari beberapa merek tentu memiliki perbedaan dengan Gopro, sehingga ada baiknya Anda mengetahui lebih dulu kelebihan dan kekurangannya sebelum membelinya. Perbedaan biasanya terletak pada hasil gambar yang diperoleh, harga, serta fitur-fiturnya.


2. Kenali daya tahan kamera

Kenali-daya-tahan-kamera

Walaupun cocok untuk meliput di tempat-tempat ekstrem, tiap action camera memiliki daya tahan yang berbeda-beda. Kenali daya tahan kamera yang akan Anda beli, sehingga kamera tidak mudah rusak. Perhatikan instruksi penggunaan dengan baik sehingga kamera akan bertahan lama.


3. Perhatikan baterainya

Perhatikan-baterainya

Baterai merupakan hal yang sangat penting bagi action camera. Agar lebih maksimal, sebaiknya Anda memilih kamera dengan baterai yang besar agar proses pengambilan gambar dapat bertahan lebih lama. Salah satu contohnya adalah kamera Gopro HERO4 yang memiliki baterai dengan kapasitas 1160 mAH, dengan kapasitas sebesar itu kamera ini dapat merekam gambar selama 1 jam jika wifi tidak diaktifkan.


4. Perhatikan kualitas video

Perhatikan-kualitas-video

Action camera saat ini sudah bisa merekam gambar dengan resolusi hingga 4K (3840 x 2160). Sedangkan untuk resolusi standar (720p-1080p), Anda bisa mendapatkan frame yang tinggi. Hal ini pastinya akan sangat membantu dalam menciptakan video slow motion.


5. Fitur pendukung kamera

Fitur-pendukung-kamera

Fitur pendukung merupakan hal terakhir yang perlu Anda perhatikan saat membeli Gopro. Fitur yang paling banyak ditemui pada action camera biasanya adalah fitur wifi. Dengan fitur ini, Anda bisa dengan mudah mengambil gambar melalui perangkat lain yang dimiliki. Selain wifi, fitur tambahan lain yang cukup berguna diantaranya adalah burst, time lapse, support micro SD, dan sebagainya.


6. Sesuaikan dengan anggaran

Sesuaikan-dengan-anggaran-scaled

Harga action camera terutama Gopro memang tidak murah. Jika Anda memiliki anggaran yang cukup, ada baiknya Anda memilih Gopro seri terbaru untuk mendapatkan kualitas terbaik. Namun, jika memiliki anggaran terbatas, Anda bisa memilih Gopro seri lama yang lebih murah. Walaupun seri lama, tapi kualitasnya masih cukup bagus jika digunakan diluar ruangan.

Tips memilih merk kamera Gopro terbaik diatas dapat Anda gunakan baik untuk membeli Gopro baru maupun Gopro bekas. Asalkan masih berfungsi dengan baik tidak ada salahnya membeli kamera Gopro bekas yang memiliki fitur memadai. Namun, perlu diingat untuk selalu berhati-hati jika membeli peralatan elektronik dan kamera. Pastikan Anda membeli di tempat resmi agar terhindar dari penipuan.


Rekomendasi Merk Kamera Gopro Terbaik

Jika berniat membeli kamera Gopro, ada baiknya Anda tahu dulu kamera seperti ayang Anda butuhkan. Masing-masing kamera Gopro memiliki kualitas yang berbeda-beda. Pada umumnya, seri terbaru adalah produk yang paling bagus dibanding seri-seri sebelumnya. Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi merk kamera Gopro terbaik untuk Anda.


1. Gopro HERO

Gopro-HERO

Pagi pemula, kamera ini lebih disarankan karena kamera ini memiliki kualitas yang cukup bagus serta harga yang terjangkau. Gopro HERO sendiri terdiri dari 2 versi yaitu HERO LCD edition dan HERO. Keduanya sama-sama memiliki kemampuam merekam gambar full HD 1080p dengan mode rekam 25,30,5 dan 60 fps. Perbedaan hanya terletak pada ketiadaan LCD pada HERO+.

Kamera Gopro ini juga menawarkan keunggulan lain, yaitu auto low light mode dan mode superview yang sangat berguna untuk merekam gambar pada saat kondisi sedang minim cahaya. Gopro tipe ini mampu merekam gambar dengan kualitas 12 MP, sehingga cukup bagus untuk membuat video. Di pasaran, kamera ini dibanderol dengan harga bervariasi mulai 4-10 juta rupiah tergantung serinya.


2. Gopro HERO+ wifi

Gopro-HERO-wifi

Jika Anda berniat menjajal kemampuan kamera Gopro, maka sebaiknya membeli kamera jenis ini. Action camera satu ini benar-benar standar, simple, dan kuat. Walaupun tanpa LCD, namun kualitas gambar yang dihasilkan tetap bagus. Gopro Gopro HERO+ wifi dapat merekam gambar atau video dengan kualitas full HD mencapai 1080p serta dengan setting fps sekitar 25-60 fps.

Selain itu, Gopro HERO+ wifi juga menawarkan kualitas pemotretan berkualitas, yaitu dengan ukuran gambar mencapai 8 MP disertai dengan DLSR (burst mode hingga 30fps). Baterainya yang cukup awet. Untuk masalah harga, kamera ini dibanderol dengan harga dibawah 1 juta rupiah untuk yang bekas.


3. Gopro HEROLCD

Gopro-HEROLCD

Kamera satu ini sudah memiliki layar sentuh LCD, sehingga akan memudahkan Anda dalam melihat objek yang akan diambil gambarnya. Mirip dengan saudaranya, kamera ini memiliki kualitas pemotretan dengan ukuran gambar hingga 8 MP serta memiliki lensa ultra wide angle.

Hasil rekaman cukup berkualitas karena sudah full HD 1080p dan memiliki setting fps antara 25-60 fps. Kamera ini dilengkapi pula dengan konektivitas wifi serta Bluetooth. Masalah harga, di berbagai platform online kamera ini dibanderol dengan harga sekitar 5 juta rupiah untuk kamera yang masih baru. Sementara itu, untuk harga Gopro HEROLCD bekas dibanderol mulai dari 2,5 juta rupiah.


4. Gopro HERO 4 Silver

Gopro-HERO-4-Silver

Kamera yang satu ini merupakan seri Gopro yang paling popular. Action camera satu ini memiliki layar sentuh yang memudahkan penggunanya mengambil gambar. Kamera ini memiliki kualitas gambar yang sangat bagus dan jernih (4K). Sementara itu, sebagai still camera, kamera satu ini memiliki kualitas 12 MP dengan lensa wide angle ultra lebar yang akan memaksimalkan pengambilan gambar.

Sementara itu, untuk masalah ketahanan kamera ini mampu bertahan dalam air hingga kedalaman 10 meter. Untuk konektivitas, kamera ini memiliki fitur wifi, sehingga memudahkan Anda mengambil gambar dari perangkat lain. Untuk harga, kamera ini dibanderol dengan harga sekitar 2,5 juta rupiah (baru) dan 1,5 juta rupiah untuk yang bekas.


5. Gopro HERO 4 Black

Gopro-HERO-4-Black

Fitur yang dimiliki kamera ini sama persis dengan fitur Gopro HERO4 Silver, namun minus layar sentuh. Sama seperti seri silver, kamera ini memiliki kualitas gambar yang sangat bagus dan jernih (4K). Untuk merekam versi HD 1080, bisa menggunakan setting fps mulai dari 20-60 fps untuk hasil yang maksimal.

Dari sisi ketangguhan, kamera ini mampu bertahan hingga kedalaman 40 meter dan memiliki kualitas gambar 12 MP. Untuk mendapatkannya, Anda harus mengeluarkan uang sebesar 2,5 juta rupiah dalam kondisi baru dan 1,5 juta rupiah untuk kondisi bekas.


6. Gopro HERO4 Session

Gopro-HERO4-Session

Gopro HERO4 Session merupakan merk kamera Gopro terbaik dari segi ukuran. Kamera ini merupakan action camera yang paling mungil di antara seri kamera Gopro lainnya. Ukurannya 50% lebih kecil dibandingkan dengan kamera Gopro normal, sehingga sangat ringan dan mudah dibawa, bahkan hingga 10 meter dibawah air.

Untuk merekam gambar, produk ini mampu merekam dengan kualitas super HD 1440p pada 30 fps dan kualitas HD 1080 pada 60 fps. Sebagai still camera dengan sensor 8 MP, kamera ini mampu menampilkan gambar yang bagus. Untuk mendapatkannya, Anda harus mengeluarkan uang sekitar 3 juta rupiah untuk yang baru dan 2,6 juta rupiah untuk jika membeli dalam kondisi bekas.


7. Gopro HERO 5 Black

Gopro-HERO-5-Black

Jika Anda sedang mencari produk flagship, maka kamera ini merupakan pilihan yang tepat. Sebagai salah satu produk unggulan Gopro, kamera ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang mantap, seperti layar sentuh 2 inchi, mic, speaker, dan wifi.

Dari segi kemampuan merekam gambar, produk ini mampu merekam gambar kualitas 4K dengan kecepatan 30 fps. Untuk still camera, produk ini mampu memotret dengan kualitas 12 MP. Dari segi ketahanan, kamera ini dapat bertahan di air hingga kedalaman 10 meter. Produk ini dibanderol mulai dari  5 juta rupiah dan 3,5 juta rupiah untuk kamera yang bekas.


8. Gopro HERO 5 session

Gopro-HERO-5-session

Walaupun ringan, namun kinerja kamera ini tetap powerful dan bisa merekam video 4K, 2.7K, 1440p, dan 1080p dengan fitur video mode correct distortion sebagai penghilang distorsi. Sebagai still camera, produk ini dapat mengambil gambar dengan kapasitas 10 MP. Untuk memilikinya, Anda hanya perlu mengeluarkan budget sekitar 5 juta rupiah. Jika ingin beli bekas, hanya perlu sekitar 3 juta rupiah saja.


9. Gopro HERO 6 Black

Gopro-HERO-6-Black

Sebagai produk unggulan Gopro, kamera ini memang sangat powerful. Untuk merekam gambar, produk ini mampu merekam gambar 4K dengan kecepatan 6 fps sedangkan untuk kualitas 2,7K dan 1080p bisa mencapai 120 fps dan 249 fps. Sedangkan sebagai still camera, kualitasnya mencapai 12 MP.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti touch screen, voice control dan wifi. Produk ini juga cukup kuat sehingga mampu bertahan di kedalaman 10 meter. Untuk mendapatkan kamera ini, Anda harus menyiapkan budget sekitar 8 juta rupiah untuk membeli yang baru dan sekitar 6,5 -7 juta rupiah untuk membeli yang bekas.


10. Gopro Fussion

Gopro-Fussion

Produk ini merupakan kamera tunggal yang mampu merekam gambar serta audio hingga 360° secara spherical. Namun, dari segi ukuran kamera ini cenderung memiliki ukuran yang lebih besar dari kamera Gopro lainnya namun cocok dipasangkan dengan aksesori lainnya Gopro.

Produk ini dilengkapi dengan sepasang lensa berbentuk setengah bola dengan resolusi sebesar 5,2K 60 fps pada bagian depan serta 3K 60 fps pada bagian belakang. Dengan resolusi sebesar 4K, pengguna bisa memperoleh gambar beresolusi tinggi yang tidak pecah meski melakukan crop pada gambar secara digital.

Selain itu, Gopro menyematkan fitur Mobile Over Capture yang memungkinkan pengguna bisa melakukan crop video HD 360° berkualitas 5,2K dengan mudah lewat smartphone saja. Bukan hanya itu, produk ini pun dilengkapi dengan baterai yang dapat bertahan sampai 75 menit.

Menariknya lagi, kamera ini juga mampu bertahan hingga kedalaman 5 meter. Untuk harganya, produk ini dibanderol dengan harga sekitar 10 juta rupiah.

Kesepuluh merk kamera Gopro terbaik di atas merupakan sedikit dari kamera yang cocok digunakan untuk kegiatan outdoor. Terdapat berbagai merk lain yang memiliki fitur sama dengan Gopro, namun dengan harga yang berbeda. Jika Anda berencana membeli salah satu dari kamera di atas, sebaiknya Anda membeli di tempat resmi agar karena lebih mudah dipercaya.


Baca Juga : TOP 5 Merk Tongsis Tripod Terbaik yang Bagus dan Berkualitas

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan