7 Merk Kamera Fotografi Terbaik dan Berkualitas

Posted on

Merk kamera fotografi begitu banyak di pasaran, Anda pun harus jeli ketik memilih salah satunya karena memang masing-masing kamera memiliki keunggulan. Agar tidak bingung, simak tips dan rekomendasi merk kamera fotografi berikut ini.


Tips Memilih Merk Kamera Fotografi

Simaklah tips sebelum membeli kamera di bawah ini. Jika ini adalah pembelian pertama bagi Anda, tentunya tidak ingin menyesal bukan?

1. Perhatikan harga dan budget

Perhatikan-harga-dan-budget

Jika budget Anda tidak terbatas, tentunya harga kamera berapapun tidak menjadi masalah. Namun jika kamera yang Anda inginkan sudah diluar batas budget yang disiapkan, alangkah baiknya menabung terlebih dahulu.


2. Kualitas gambar yang dihasilkan

Kualitas-gambar-yang-dihasilkan

Anda harus memperhatikan spesifikasi kamera sehingga Anda jadi tahu kualitas gambar yang dihasilkan kamera fotografi yang ditaksir.


3. Perhatikan konektivitas kamera

Perhatikan-konektivitas-kamera

Jika Anda ingin menikmati kemudahan membagikan gambar yang dipotret, maka pilihlah kamera yang telah dilengkapi jaringan wireless seperti Wifi dan NFC.


7 Rekomendasi Merk Kamera Fotografi Terbaik dan Awet

Sebelum membeli kamera fotografi, ada baiknya Anda mengetahui merk apa saja yang telah mumpuni menghasilkan produk kamera terbaik.

1. Canon

Canon

Merk Canon telah hadir sejak 1937 dan tetap menjadi yang legendaris serta memimpin pasar global kamera digital di dunia. Bahkan Canon mungkin menjadi merk yang pertama kali dipikirkan ketika orang berbicara tentang camcorder dan DSLR.

Merk ini sebelumnya bergabung dengan Nikon, namun seiring berkembangnya teknologi, kini Canon telah sanggup menghasilkan lensa dan kaca optiknya sendiri dengan kualitas yang baik. Merk produk digital kamera Canon pada dasarnya terdiri dari :

  • Canon Power Shot
  • Power Shot G
  • Digital IXUS
  • EOS dan
  • Lensa EF series

Misalnya adalah merk Canon EOS 760D yang memungkinkan Anda memotret dengan kualitas gambar menakjubkan serta fitur-fitur menarik seperti kontrol eksternal, layar LCD, serta layar touch screen penghubung.


2. Nikon

Nikon

Nikon menjadi perusahaan kamera peringkat kedua setelah Canon dan merupakan anak perusahaan Mitsubishi. Nikon telah menjadi produsen produk kamera terbesar kedua di dunia semenjak didirikan pada 1917 oleh Nippon Kogaku Kogyo Kabushikigaisha.

Di kalangan pencinta fotografi, salah satu seri Nikon paling populer adalah seri D5 yang dikenal awet dan memiliki fitur yang mumpuni.  Kamera seri ini memiliki sistem AF 173-Point yang merupakan salah satu sistem autofocus terbaik serta kualitas gambar yang dihasilkan pun beresolusi tinggi.

Keunggulan kamera merk nikon adalah :

  • Kamera kuat karena body yang solid
  • Pengaturan menu yang lebih lengkap
  • Menghasilkan kualitas foto yang sangat tajam di luar ruang

Selain itu, model Nikon D500 juga mengalami penambahan fitur dimana sensor full frame saat ini telah diganti menjadi chip 20.9 MP APS-C yang mumpuni untuk mengambil potret objek dengan sudut 10 fps yang fleksibel.


3. Sony

Sony

Sony didirikan pada 1964 dan telah menjadi salah satu merk terkenal dalam industri elektronik, tak terkecuali produk kameranya yang populer. Merk ini menjadi yang terkenal ketiga di dunia setelah Canon dan Nikon dengan gambar kualitas tinggi yang dihasilkan.

Banyak tipe kamera Sony yang cocok digunakan berbagai kalangan, baik oleh fotografer profesional maupun amatir atau pemula. Produk kamera Sony yang populer diantaranya adalah tipe Alpha SLT-A57 SLR Hitam, The RX100, NEX-F3, dan Cyber-shot.

Keunggulan kamera merk Sony adalah :

  • Fitur autofocus yang memukau
  • Pembaruan kualitas rekaman video yang lebih tinggi
  • Terdapat viewfinder yang bisa dikoneksikan dengan aplikasi
  • Memiliki desain bodi yang kuat

Seri A7 pun mendapat penambahan fitur, yaitu ditambahkannya alat penghubung yang bisa menampilkan perubahan pada kamera mirrorless serta resolusi yang semakin tinggi untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan detail menakjubkan.

Sedangkan model Sony A7R II semakin menarik dengan sensor 42.4 MP serta bentuk viewfinder yang beresolusi tinggi. Selain itu, tipe kamera ini dilengkapi pula sistem stabilisasi gambar dalam berbagai situasi.


4. Fujifilm

Fujifilm

Fujifilm menjadi salah satu merk kamera yang dipercaya banyak kalangan dan telah berkembang pesat ketika awal kemunculannya di Jepang. Merk ini tumbuh bersama merk Kodak, namun Fujifilm berhasil berintegrasi dengan kemajuan teknologi kamera sehingga berkembang dengan sangat baik.

Fujifilm berhasil berinovasi dengan sangat baik dan berani menantang setiap ide kreatif fotografi dengan berbagai model kamera dan fitur yang ditawarkan. Merk ini telah mendapatkan berbagai penghargaan di seluruh dunia atas produk kamera yang dikeluarkan, bahkan menjadi salah satu yang mendapatkan penjualan terlaris untuk produk SLR.

Keunggulan merk kamera Fujifilm adalah :

  • Memiliki kemampuan mendeteksi pemandangan dengan mode terbaru
  • Kemampuan pengambilan gambar dengan baik meskipun minim cahaya
  • Terdapat variasi filter untuk tampilan foto yang lebih menakjubkan

Model top kamera fotografi yang menjadi andalan salah satunya adalah tipe X-Pro1 dan X-E1.


5. Panasonic

Panasonic

Merk Panasonic sudah tidak asing lagi dalam menghasilkan produk-produk elektronik berkualitas, bahkan telah menempati 10 besar brand elektronik dunia. Produk yang dihasilkan begitu kuat dan berkualitas tinggi.

Salah satu produk kamera populer dari Panasonic adalah Panasonic TZ70 yang cocok digunakan fotografer profesional maupun bagi pemula serta memiliki keunggulan sebagai berikut :

  • Konsep “travel compact camera”, yaitu kamera yang cocok dibawa kemana-mana. Kamera ini dilengkapi lensa zoom yang kuat dan responsif, kemampuan zoom mencapai 20 sampai 30 kali.
  • Memungkinkan Anda menghasilkan gambar berformat RAW serta pengaturan cahaya secara manual untuk menghasilkan gambar berkualitas.

TZ70 juga dilengkapi viewfinder versi lebih baru seperti yang terdapat pada seri TZ80 dan TZ100 dimana keduanya telah menggemparkan pasar kamera fotografi.


6. Samsung

Samsung

Samsung pada umumnya terkenal dengan produk smartphone yang dihasilkan. Merk ini semakin populer seiring dirilisnya smartphone seri Galaxy yang kini semakin berkembang dan diminati masyarakat.

Meskipun kalah bersaing dengan brand kamera fotografi seperti Canon, Nikon, Sony, dan Sony,  produk kamera Samsung memang tetap mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat. Salah satu kamera yang dikeluarkan Samsung adalah tipe NX1000 Kit.

Keunggulan kamera merk ini adalah :

  • Desain premium yang mewah
  • Memiliki tampilan fashionable
  • Cocok untuk yang menyukai selfie karena umumnya terdapat fitur art of self potraits
  • Kemudahan membagikan hasil foto
  • Mendukung perekaman video Full HD

7. Olympus

Olympus

Olympus merupakan salah satu merk eletronik dari Jepang yang menghasilkan banyak produk berkualitas. Hingga pada akhirnya merk ini mengeluarkan produk kameranya. Di tanah air sendiri, merk ini belum begitu populer. Namun, di benua Eropa merk ini telah menjadi salah satu pilihan utama ketika hendak membeli kamera dan memiliki kelebihan tersendiri.

Keunggulan kamera Olympus adalah :

  • Memiliki sensor yang tajam
  • Beragamnya pilihan lensa
  • Kemampuan image stabilization yang tinggi

Merk kamera Olympus dikenal dengan desainnya yang kuat dan kualitas gambar yang dihasilkan juga menakjubkan misalnya dari seri Olympus OM-D E-M10 Mark III Kit. Oleh karena itulah Olympus pantas masuk dalam perhitungan daftar kamera terbaik di dunia fotografi.


Kesimpulan

Setiap merk kamera tentu memiliki keunggulannya masing-masing, Anda harus mempertimbangkannya dengan jeli sebelum membeli. Ketujuh merk kamera fotografi di atas bisa Anda pilih.

Namun, tentu saja harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan serta perhatikan fitur-fitur yang disediakan baik berupa sensor, prosessor, sensitivitas, harga, dan faktor lainnya yang harus dipertimbangkan sebelum membeli.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan