10 Merk Kail Pancing Terbaik, Jitu, Kuat dan Tajam

Posted on

Kegiatan memancing pasti tidak bisa dipisahkan dari alat pancingnya, misalnya seperti kail pancing. Kualitas kail pancing pun bahkan dapat dikatakan akan mempengaruhi keberhasilan selama proses memancing. Dengan begitu, Anda membutuhkan rekomendasi merk kail pancing agar tidak salah pilih.

Panduan Memilih Kail PancingĀ  Sesuai Cara Makan Ikan

1. Menghisap

Menghisap

Ikan yang memakan umpannya menggunakan cara menghisap pada umumnya memiliki karakteristik gigi tajam. Hal itu karena bertujuan untuk memotong umpan ketika sudah ada di dalam mulut. Adapun jenis ikan tipe ini di antaranya seperti gong belah, kerapu, serta ikan sejenis lainnya.

Dengan demikian, Anda disarankan untuk menggunakan kail yang memiliki mata panjang dan tangkal. Jangan sampai salah memilih tipe kail pancing lainnya, agar tetap tidak kesulitan dalam memancing ikan dengan cara makan menghisap.

2. Menyambar

Menyambar

Anda direkomendasikan memakai kail pancing jenis big game hook atau tuna hook untuk jenis ikan dengan tipe makan menyambar. Hal itu karena jenis kail tersebut memiliki bentuk mata kail yang menegak lurus hingga ke pangkalnya.

Anda dapat memilih tipe tersebut alasannya karena jika ikan menyambar umpan, mata kailnya akan tetap mengait ikan. Apalagi keunggulan jenis kail pancing ini yaitu tidak berubah menjadi lurus saat terkena hentakan dari ikan, serta memiliki daya tahan yang kuat.

Perlu diketahui bahwa pada saat ikan menyambar umpan, kekuataan hentakannya kira-kira sekitar 10 kali dari berat badan ikan itu. Misalnya jika berat badan ikan 11 kg, maka hentakannya sekitar 110 kg. Maka dapat dilihat, bahwa pemilihan kail pancing yang kuat sangat penting dalam hal ini.

3. Memagut

Memagut

Memagut merupakan cara makan yang seringkali dilakukan oleh ikan duri, gelama, serta berbagai anak ikan berukuran kecil lainnya. Ikan akan memakan umpan yang diberikan tanpa gerakan banyak melakukan gerakan, terutama pada saat umpan dalam kondisi bergerak atau diam.

Anda disarankan memilih kail pancing yang mencuat atau lurus ke depan, karena itu adalah pilihan terbaik untuk ikan dengan cara makan memagut. Selain jenis kail pancing, Anda sebaiknya juga memilih ukuran kail tidak terlalu besar.

4. Ragut

Ragut

Ikan pada umumnya akan diam pada saat memakan umpan yang Anda berikan pada ikan yang mengambil umpan dengan cara ragut. Hal ini terjadi jika Anda memancing menggunakan teknik drift atau teknik dasar bottom fishing.

Anda disarankan untuk memilih mata kail jenis circle hook atau kail pancing dengan bagian matanya membengkok. Circle hook sendiri merupakan kail khusus untuk mengait, pada saat ikan memakan umpan saat di dalam mulutnya.

Adapun keuntungan pemakaian kail tipe tersebut yaitu kail tidak akan melukai ikan saat terkena jeratan kail, dikarenakan pada umumnya hanya bagian bibirnya saja yang terkait dengan kail pancing. Padahal itu akan menyebabkan ikan mengalami cedera ketika Anda melepasnya.

10 Rekomendasi Merk Kail Pancing yang Kuat

1. Loomis

Loomis

Anda akan memiliki pengalaman memancing yang menakjubkan ketika menggunakan Loomis. Pasalnya, merk kail ini mempunyai kualitas material paling baik. Keistimewaan tersebut ternyata selaras dengan slogan yang dimiliki, yaitu pro cut.

Dengan begitu, masalah ketajaman pada bagian mata pancingnya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, Anda juga akan merasa efektif untuk menjerat ikan dan mendapatkan hasil yang lebih banyak daripada sebelumnya.

2. Maguro

Maguro

Maguro merupakan merk kail pancing terbaik yang lain, bahkan Anda bisa menemukannya dengan mudah. Apalagi harga Maguro sangat beragam, sehingga Anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan harga terjangkau. Adapun harga merk kail Maguro mulai dari Rp 5000 hingga Rp 111.000.

Para pemancing biasanya menggunakan Maguro untuk menangkap ikan kecil, misalnya seperti ikan sarden dan ikan makarel. Walaupun ukuran kailnya tergolong kecil, tapi dapat dipakai berkali-kali serta memiliki cukup kekuatan untuk menarik sejumlah ikan.

3. Owner Akita Kitsune

Owner-Akita-Kitsune-scaled

Owner Akita Kitsune adalah merk kail terbaik lainnya yang mengedepankan harga terjangkau. Meskipun begitu, Anda tidak perlu meragukan lagi kualitasnya. Produk ini asli buatan Jepang dengan berbagai ukuran yang beragam.

Anda dapat memilikinya mulai dari yang berukuran kecil sampai besar, sehingga bisa dipilih berdasarkan kebutuhan memancing. Anda akan memiliki Owner Akita Kitsune dengan merogoh kocek mulai dari harga Rp 22.000,00.

4. Gran Zeek ABL

Gran-Zeek-ABL

Merk kail pancing ini tidak kalah dengan yang lainnya, karena Gran Zeek ABL adalah salah satu brand yang budgetless atau harga hemat, namun super tangguh pada ketahanannya. Ketajaman pada sisi kail pun akan membuat kail kuat untuk menangkap hasil tangkapan Anda.

Anda cukup merogoh kocek mulai dari Rp 30.000,00 hingga Rp 72.000,00 untuk dapat memiliki kail pancing bermerk Gran Zeek ABL ini.

5. Hemus

Hemus

Negara Jepang juga memiliki kail pancing lainnya selain merk Owner Akita Kitsune, yaitu Hemus. Kail tersebut diklaim bahwa diproduksi secara handmade atau buatan tangan. Kail ini pun memiliki ketajaman yang luar biasa.

Bahkan produsen mengklaim lebih tajam 10x lipat dibanding merk lainnya. Selain itu, kail ini memiliki 3 mata pisau, sehingga cocok untuk dijadikan pilihan sebagai alat pancing terbaik. Anda bisa menggunakan alat ini dengan mengeluarkan biaya mulai dari Rp 11.000,00 hingga Rp 125.000,00.

6. Yamato Izumejina

Yamato-Ijumezina

Jika Anda belum menemukan kail pancing yang sesuai keinginan, cobalah untuk menjadikan Yamato Izumenji sebagai pilihan terbaik. Kail satu ini cocok untuk Anda jika memiliki kecenderungan menangkap ikan berukuran kecil. Adapun harga dari merk ini yaitu mulai Rp 17.000 s.d. Rp 135.000.

7. Zoc Major Craft Assist Hook

Zoc-Major-Craft-Assist-Hook

Merk kail pancing dari Zoc Major Craft Assist Hook ini merupakan kail terbaik karena dukungan kelengkapan dari solid ring dan utilitas assist hook. Apalagi kail Zoc tersebut memiliki keunggulan berupa produk-produk dari material pilihan dan tahan terhadap karatan.

Adapun harga di pasaran untuk memperoleh kail merk ini yaitu dibanderol mulai dari harga Rp 90.000 hingga Rp 195.000.

8. Gamakatsu

Gamakatsu

Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia pemancingan pasti sudah tidak asing lagi dengan merk Gamakatsu. Mereka dikenal masyarakat sebagai produsen kail pancing berkualitas, karena memakai bahan-bahan kelas atas.

Dengan demikian, dapat menghasilkan pengalaman memancing yang lebih memuaskan bagi para pemancing mania. Harganya pun sangat bervariasi, mulai dari Rp 11.000,- hingga Rp 2.400.000,-.

9. Decoy

Decoy

Produk Decoy menyempurnakan produk-produknya dengan aneka bahan metal yang berkualitas. Kail satu ini mempunyai bahan yang ketahanannya tangguh. Apalagi Anda bisa mendapatkannya dengan harga ekonomis, tapi sangat berkualitas.

Hal itu bisa Anda jadikan sebagai alat pelengkap untuk menunjang hobi memancing. Anda dapat membeli kail merk Decoy dengan rentang harga mulai dari Rp 9.100 hingga Rp 451.000.

10. Daichi

Daichi

Daichi bisa Anda jadikan sebagai merk kail pancing andalan melengkapi peralatan memancing. Kail Daichi pada umumnya menambahkan berbagai bahan berkualitas dalam komposisinya. Sehingga kail terjamin kualitasnya. Anda dapat memakai kail ini dengan membayar Rp 8.500 hingga Rp 616.000.

Anda bisa membuat hobi memancing lebih menyenangkan dengan memilih salah satu rekomendasi merk kail pancing yang sudah disebutkan di atas. Anda tidak perlu merasa khawatir atau takut kail membuat cedera atau bengkok, karena sudah dipastikan kualitasnya.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan