8 Merk Helm Terkenal Dan Berkualitas

Posted on

Merkbagus.id –  Bingung mau memilih helm mana yang paling cocok dan sesuai untuk berkendara? Tidak perlu bingung sebenarnya, asalnya tahu berkendara seperti apa yang dimaksud, memilih helm bukanlah perkara yang sulit. Ada banyak merk helm terkenal dan berkualitas yang bisa dipilih.

Apabila sudah tahu helm digunakan untuk berkendara biasa, touring, atau bahkan kegiatan ekstrim seperti motorcross tinggal sesuaikan saja jenis dan merk helmnya. Sebagai acuan, di bawah ini sudah ada info lengkap mengenai jenis-jenis helm untuk mempermudah menentukan yang mana yang terbaik.

Jenis Helm yang Cocok Untuk Berkendara

Sebenarnya selain helm full face atau half face yang sering kita lihat, masih banyak jenis helm lainnya. Masing-masing helm memiliki spesifikasi masing-masing yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan berkendara. Apa saja jenis-jenis helm tersebut, silakan disimak sendiri ya :

1. Half

Seperti namanya, jenis helm half hanya separuh saja. Tidak ada kaca pengaman, helm tidak sampai samping kanan dan kiri kepala. Bisa dibilang, jenis helm ini tidak aman dan mungkin hanya untuk gaya-gayaan saja.

2. Open Face

Tipe helm ini sepertinya sering kita jumpai pada helm anak-anak. Pada bagian depan sama sekali tidak ada kaca pelindung, namun helm penuh pada bagian kanan dan kirinya. Helm open face juga umumnya tidak ada pengait pada bagian bawah sehingga rentan lepas.

3. Adventure Touring

Helm jenis adventure touring merupakan penggabungan antara helm motocross dengan helm full face. Perbedaan keduanya, ada pada bagian depan ada filter udara, yang bisa dilepas dan dipasang. Lalu pada helm ini tidak ada tempat khusus untuk menempatkan kacamata tambahan seperti pada helm motocross.

4. Modular

Helm modular sekilas mirip dengan helm biasa, hanya saja pada bagian kaca utama dan kacamata dalam berbeda berbeda. Bagian ini bisa digerakkan ke atas dan bawah, sehingga helm bisa digunakan dengan cara berbeda. Bagian dalam juga diberi kaca tambahan flip down gelap yang bisa digunakan saat kaca utama dinaikkan.

5. Motocross

Jenis helm motocross didesain khusus untuk menangani medan yang berat sehingga pada bagian samping kanan dan kiri ada pengait untuk kacamata tambahan. Pandangan yang ditawarkan oleh helm motocross juga lebih lebar agar bisa memantau situasi sekitar lebih leluasa.

6. Sport

Helm jenis sport yang biasanya digunakan oleh para pengendara motor sport karena helmnya yang lebih ringan. Meskipun ringan, tetapi helm yang menutupi seluruh bagian wajah ini sangat aman, anti slip, dan juga kuat.

7. Scooter

Beberapa tahun belakangan ini helm scooter menjadi favorit, mungkin sebagian lebih mengenalnya dengan helm retro atau dengan merek tertentu. Dibandingkan jenis helm half face, yang ini terlihat lebih sederhana, walaupun tetap ada built in visor pada bagian depan.

8. Half Face

Berbeda dengan helm sport yang full face, helm half face tidak ada bagian bawahnya. Helm half face juga bagian kanan dan kirinya lebih sedikit dan berhenti di depan telinga, tidak seperti modular yang sampai menutup pipi.

9. Full Face

Bagi yang berkendara jarak jauh, helm full face akan lebih cocok dan aman ketika digunakan. Bagian wajah akan tertutup semua sehingga terhindar dari debu dan kotoran yang mungkin datang. Helm jenis ini juga sangat aman, karena seluruh bagian wajah terlindungi.

Itulah 8 jenis helm yang ada, masing-masing memang memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda tergantung akan digunakan untuk apa bukan? Selanjutnya, di bawah ini akan ada rekomendasi merk helm yang bisa dipilih.

8 Rekomendasi Merk Helm Terkenal, Bagus, dan Berkualitas

Rekomendasi merk helm di bawah ini mungkin sudah tidak asing karena semuanya populer. Pada merk-merk yang direkomendasikan juga tidak semuanya helm yang digunakan untuk berkendara sehari-hari, ada beberapa jenis helm yang berbeda. Silakan disimak langsung saja rekomendasinya ya :

1. INK Stillo Solid Helm Half Face

Merk-INK

Helm INK Stillo Solid Helm Half Face terbuat dari material thermoplastic composite berkualitas dan tahan banting. Bagian depan diberi double visor, plus sistem ventilasi yang membuat helm tidak panas karena aliran udara lancar.

Bagi yang sering khawatir helm mudah hilang, INK memberikan micromatic safety buckle yang bisa mencegah helm dicuri. Selain itu bagi yang beraktifitas padat merk helm lokal ini sangat mudah dibersihkan karena bisa dilepas sehingga bisa menghemat waktu dan helm tetap bersih.

Kelebihan INK Stillo Solid Helm Half Face

  • Terbuat dari bahan thermoplastic composite
  • Ada sistem ventilasi pada bagian atas
  • Memiliki double visor
  • Terstandarisasi DOT dan SNI 1811-2007
  • Bagian dalam helm mudah dilepas dan dibersihkan

Kekurangan INK Stillo Solid Helm Half Face

  • Termasuk seri helm half face yang cukup mahal
  • Tidak ada penutup tambahan pada bagian depan

Harga INK Stillo Solid Helm Half Face

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 536.750
TokopediaRp 525.000
LazadaRp 570.000
BukalapakRp 515.000
Shopee IndonesiaRp 525.000

2. GM Fighter Helm Motor Half Face

GM-Fighter

GM Fighter Helm Motor Half Face hadir dengan desain keren dan futuristik yang selain bisa melindungi kepala, bisa juga menambah penampilan saat berkendara. Helm yang dibanderol dengan harga di bawah 300ribuan ini, hadir dengan fitur canggih triple ventilation layer.

Kaca pelindung bagian depannya juga sudah diberi anti gores, sehingga kaca tidak akan menjadi buram atau mudah rusak. Bantalan bagian dalam sangat mudah dibersihkan sehingga helm tetap bersih dan tidak membuat kepala gatal.

Kelebihan GM Fighter Helm Motor Half Face

  • Sudah berlisensi SNI dan DOT
  • Helm mudah dibersihkan
  • Harga terjangkau
  • Desain modern dan keren
  • Dilengkapi dengan micromatic buckle

Kekurangan GM Fighter Helm Motor Half Face

  • Tidak tersedia dalam banyak warna
  • Belum disertai dengan tas helm

Harga GM Fighter Helm Motor Half Face

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 282.000
TokopediaRp 262.000
LazadaRp 282.000
BukalapakRp 272.000
Shopee IndonesiaRp 282.000

3. Arai RX7X TT IOM 2019 SNI Helm Full Face

 

Arai-RX7X-TT-IOM

Arai RX7X TT IOM 2019 SNI Helm Full Face memang termasuk merk helm mahal yang harganya sudah masuk 7 digit, dan tidak semua tempat menyediakannya. Akan tetapi, harga yang ditawarkan ini sesuai dengan kualitas maksimal yang diberikan produsen yang sudah terkenal di kelas dunia ini.

Seri Arai RX7X TT IOM 2019 SNI Helm Full Face sudah menggunakan X-tra quick release system sehingga helm tidak akan panas saat digunakan. Teknologi ini juga masih didukung IVS yang berupa cekungan saluran udara yang membuat helm semakin sejuk dan nyaman.

Kelebihan Arai RX7X TT IOM 2019 SNI Helm Full Face

  • Tingkat aerodinamis sangat tinggi
  • Anti gores pada visor menggunakan teknologi GT 2
  • Kaca visor anti embun
  • Visor bisa diganti dengan mudah dan cepat
  • Lapisan bagian dalam menggunakan sanitised dry comfort fabric yang selalu kering dan tidak lembab

Kekurangan Arai RX7X TT IOM 2019 SNI Helm Full Face

  • Harganya mahal
  • Tidak tersedia di semua tempat

Harga Arai RX7X TT IOM 2019 SNI Helm Full Face

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 10.500.000
TokopediaRp 10.500.000
LazadaRp 10.570.000
BukalapakRp 10.585.000
Shopee IndonesiaRp 10.475.000

4. KYT Galaxy Slide Solid Helm Half Face

KYT-Galaxy-Slide-Solid

Bagi yang ingin memiliki helm buatan Indonesia yang terkenal dan berkualitas, KYT Galaxy Slide Solid Helm Half Face adalah jawaban yang tepat. Helm produksi lokal ini dibanderol dengan harga yang sangat bersahabat dan dengan kualitas yang sangat baik.

Helm sudah dilengkapi dengan anti maling serta double visor berkualitas yang mudah digunakan. Helm juga sudah terstandarisasi oleh SNI dan DOT, jadi pasti aman digunakan dan membuat kegiatan berkendara menjadi lebih tenang.

Kelebihan KYT Galaxy Slide Solid Helm Half Face

  • Harga yang ditawarkan bersahabat
  • Double visor mudah digerakkan
  • Sudah terstandarisasi SNI dan DOT
  • Memiliki fitur anti maling
  • Terdapat lubang ventilasi pada bagian belakang dan samping

Kekurangan KYT Galaxy Slide Solid Helm Half Face

  • Visor bagian luar kacanya masih bening
  • Tidak tersedia warna lainnya

Harga KYT Galaxy Slide Solid Helm Half Face

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 385.000
TokopediaRp 385.000
LazadaRp 370.000
BukalapakRp 385.000
Shopee IndonesiaRp 375.000

5. Fox V1 Matte Helm Motocross – Stone 21828-224

Fox-V1-Matte-Helm-Motocross

Fox V1 Matte Helm Motocross – Stone 21828-224 merupakan helm yang didesain khusus untuk penyuka kegiatan ekstrim motocross. Helm ini dilengkapi juga dengan magnetic visor release system.

Untuk masalah sirkulasi udara, pada bagian atas dan belakang terdapat katup aliran udara yang membuat helm full face ini tidak panas. Lalu untuk bagian depan juga ada filter udara, filter ini akan sangat membantu apalagi sebagian besar kegiatan motocross ada di alam terbuka.

Kelebihan Fox V1 Matte Helm Motocross – Stone 21828-224

  • Desain keren dan stylish
  • Terdapat 2 buah katup aliran udara
  • Memiliki filter udara
  • Menggunakan teknologi magnetic visor release system
  • Untuk ukuran helm motocross termasuk terjangkau

Kekurangan Fox V1 Matte Helm Motocross – Stone 21828-224

  • Tidak diberi cadangan visor
  • Kacamata atau google tambahan belum termasuk

Harga Fox V1 Matte Helm Motocross – Stone 21828-224

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 2.990.000
TokopediaRp 2.690.000
LazadaRp 2.800.000
BukalapakRp 2.900.000
Shopee IndonesiaRp 2.990.000

6. NHK GP 1000 Solid Helm Full Face

NHK-GP-1000-Solid

NHK GP 1000 Solid Helm Full Face merupakan salah satu merk helm full face yang bagus, berkualitas dan juga dipasarkan dengan harga yang sangat bersahabat. Desain sporty yang keren juga menambah rasa percaya diri saat berkendara.

Helm ini sudah dilengkapi dengan ventilator layer yang membuat helm tetap adem dan sejuk. Kaca visor juga sudah dilengkapi dengan anti gores, sehingga helm tidak akan lecet atau buram karena goresan.

Kelebihan NHK GP 1000 Solid Helm Full Face

  • Dilengkapi dengan ventilator layer
  • Mudah dicuci
  • Sudah bersertifikat SNI dan DOT
  • Harganya cukup terjangkau
  • Visor dilengkapi dengan anti gores

Kekurangan NHK GP 1000 Solid Helm Full Face

  • Visor cukup sulit untuk diganti
  • Warna visor luar hanya tersedia warna bening

Harga NHK GP 1000 Solid Helm Full Face

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 460.000
TokopediaRp 440.000
LazadaRp 460.000
BukalapakRp 445.000
Shopee IndonesiaRp 445.000

7. FLY Racing 73-701 Trekker Helm Full Face

FLY-Racing-73-701-Trekker

FLY Racing 73-701 Trekker Helm Full Face juga merupakan salah satu helm untuk motocross yang terkenal dan berkualitas tinggi dan sudah pasti bagus. Desainnya trendy, dan lebih minimalis, tetapi tetap dilengkapi fitur yang keren dan lengkap.

Bahan helm terbuat dari polymer shell yang kuat namun tetap ringan, sementara lapisan dalamnya sangat lembut dan nyaman. Helm ini sudah dilengkapi dengan visor dan kacamata google dalam setiap paketnya.

Kelebihan FLY Racing 73-701 Trekker Helm Full Face

  • Sudah dilengkapi dengan google
  • Bahan terbuat dari polymer shell
  • Helm lebih ringan dan kuat
  • Lapisan dalam sangat empuk dan lembut
  • Terdapat 2 bagian ventilasi

Kekurangan FLY Racing 73-701 Trekker Helm Full Face

  • Cukup sulit dibersihkan
  • Kaca visor sulit untuk diganti

Harga FLY Racing 73-701 Trekker Helm Full Face

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 1.150.000
TokopediaRp 1.140.000
LazadaRp 1.150.000
BukalapakRp 1.120.000
Shopee IndonesiaRp 1.120.000

8. Cargloss YR HC Gothic Helm Half Face

Cargloss-YR-HC-Gothic

Tipe helm scooter satu ini bisa dibilang sedang booming dan banyak yang menyukainya. Gayanya yang retro membuat tampilan lebih unik dan keren saat dibawa berkendara.

Meskipun tidak memiliki ventilasi pada bagian depan maupun belakang, tetapi bantalan busa dengan sistem knockdown bisa menutupi kekurangan ini. Material helm juga cukup kuat karena terbuat dari ABS thermoplastic.

Kelebihan Cargloss YR HC Gothic Helm Half Face

  • Desain retro sporty
  • Harga bersahabat
  • Dilengkapi dengan visor
  • Bantalan busa menggunakan sistem knockdown
  • Material terbuat dari ABS thermoplastic

Kekurangan Cargloss YR HC Gothic Helm Half Face

  • Tidak ada lubang ventilasi
  • Belum double visor

Harga Cargloss YR HC Gothic Helm Half Face

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 216.000
TokopediaRp 216.000
LazadaRp 216.000
BukalapakRp 216.000
Shopee IndonesiaRp 216.000

Rekomendasi Merk Helm Terbaik

Pada rekombinasi 8 merk helm di atas semuanya merupakan merk terkenal, bagus dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Lalu merk di atas juga terdiri dari beberapa jenis helm yang berbeda, sehingga yang mana terbaik pertama pasti bergantung dengan kebutuhan helm.

Akan tetapi, kalau lebih kepada penggunaan sehari-hari rasanya NHK GP 1000 Solid Helm Full Face adalah yang terbaik. Helm satu ini merupakan helm full face yang sudah bersertifikat SNI dan dilengkapi ventilasi serta anti gores. Helm juga ringan, mudah dibersihkan dan nyaman saat digunakan.

Bagi yang memiliki dana terbatas, NHK GP 1000 Solid Helm Full Face sudah bisa memenuhi ekspektasi. Harganya masih di bawah 500-an, dari merk ternama, awet, bagus dan kualitasnya terjamin.

Baca juga: 5 Merk Semir Ban Motor Non Silikon Yang Bagus dan Awet

Kesimpulan

Kesimpulannya semakin kompleks fungsi helm, semakin mahal pula harga helm. Semakin terkenal sebuah merek juga membuat harga helm naik, hal ini tentunya karena jaminan mutu dan kualitas yang diberikan ya.

Dari semua merk helm terkenal, berkualitas dan bagus di atas semuanya sudah yang terbaik. Sehingga tinggal pilih saja dari rekomendasi di atas, mana yag menjadi helm pilihan dan dibutuhkan untuk menemami berkendara.

Semoga informasi ini bermanfaat dan benar-benar membantu menemukan helm yang sesuai ya.