10 Merk Gitar Akustik dan Listrik Terbaik dan Bagus di Dunia

Posted on

Gitar adalah jenis alat musik modern yang dimainkan dengan cara dipetik langsung menggunakan jari atau plektrum. Faktor-faktor yang mempengaruhi suara gitar adalah teknik bermain dan kualitas dari setiap merk gitar.

Oleh karena itu, Anda harus jeli saat membelinya. Beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda menemukan gitar idaman. Dengan demikian, bisa dipastikan gitar yang dibeli benar-benar berkualitas sehingga menghasilkan suara bagus.

Tips Membeli Gitar Akustik ataupun Listrik

1. Melakukan Riset

Melakukan-Riset

Anda dapat mencari berbagai informasi tentang gitar di internet. Alternatifnya bisa bertanya dengan orang yang telah berpengalaman bermain dan paham tentang bagian-bagian gitar. Hasil riset bisa dijadikan bahan pertimbangan menentukan gitar seperti apa yang akan dipilih.

2. Menentukan Harga

Menentukan-Harga

Setelah Anda mengantongi berbagai rekomendasi gitar, Anda survei harganya. Hal ini tidak boleh dilewatkan agar Anda bisa mendapatkan gitar dengan harga terjangkau, namun tetap berkualitas.

3. Memilih Bahan

Memilih-Bahan

Anda dianjurkan memilih bahan yang sama antara body dan neck. Ada banyak jenis kayu yang biasa dipakai antara lain rosewood, mahogany, spruce, dan masih banyak lainnya.

Masing-masing kayu memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, Anda lihat secara detail warna, serat dan  jenis bahannya.

4. Memilih Senar

Memilih-Senar

Pilih senar dengan ukuran yang sesuai sehingga jari nyaman saat dimainkan. Selain itu, perhatikan juga bahan senarnya, sebaiknya yang coated atau ada lapisannya.

5. Menentukan Bentuk

Menentukan-Bentuk

Body gitar bermacam-macam, sebaiknya disesuaikan dengan ukuran tubuh. Jika tubuh kecil, ukuran gitar juga kecil agar mempermudah mencari posisi yang nyaman ketika bermain.

6. Mengetes Suara

Mengetes-Suara

Cara mengetesnya dengan memetik semua senar, kemudian Anda sesuaikan nadanya menggunakan turner. Cara lainnya adalah memanfaatkan aplikasi di smartphone sehingga tidak memerlukan turner.

7. Mengecek Kesempurnaan Fisik

Mengecek-Kesempurnaan-Fisik

Anda periksa kondisi fisiknya secara teliti dan pastikan tidak ditemukan bagian yang lecet, cacat, atau rusak. Neck gitar harus mempunyai threshold yang batang besi di dalamnya masih lurus agar tidak mudah melengkung.

Rekomendasi Merk Gitar Terbaik

1. Yamaha

Yamaha

Yamaha adalah salah satu brand gitar ternama yang mempunyai performa bagus. Pasalnya, kualitas produknya tinggi dengan desain mewah. Apalagi Suara yang dihasilkan nyaring dan merdu.

Gitar lebih tahan terhadap berbagai guncangan maupun ketika tanpa sengaja jatuh. Hal ini dikarenakan gitar dibuat menggunakan case sangat keras. Bahan bagian lehernya dari kayu mahogani sehingga lebih kuat.

Gitar elektrik maupun akustik keluaran Yamaha sangat bagus dijadikan sebagai alat berlatih bagi pemain pemula. Hal ini dikarenakan cara mengoperasikannya sangat mudah dan terjamin kenyamanan saat dipakai.

Senar pada gitar akustik Yamaha dapat dengan mudah diganti dan diatur sendiri oleh penggunanya.  Kelebihan lainnya adalah harganya bersahabat.

2. Fender

Fender

Bagi gitaris pemula disarankan untuk mulai belajar menggunakan gitar Fender. Pasalnya jenisnya banyak, misalnya Fender akustik, original, telecaster, dan lain sebagainya.

Teknik untuk memainkannya mudah, cocok dipakai untuk belajar berbagai aliran seperti  pop, rock, jazz, metal, country, dan fingerstyling.

3. Cort

Cort

Bentuk dari body dan leher yang standar dengan ukuran yang nyaman membuat gitar bermerk Cort ini cocok digunakan dalam berbagai jenis konser.

Penampilannya sangat menarik, ditambah adanya desain hardware menggunakan rosewood standar. Gitar lebih berfokus pada fungsi sehingga kurang mengutamakan nilai estetikanya. Terbukti dengan pemilihan warna gelap di bagian tunnel.

Semua bagian gitar berbahan kayu mahogani. Contohnya pada gitar akustik bermerk Cort dalam pengerjaan finishing diberi sentuhan open pori. Alhasil, gitar terlihat halus dan rapi sehingga meningkatkan resonansi dan bobotnya juga berkurang.

4. Taylor

Taylor

Taylor adalah merk yang cukup populer di kalangan para gitaris. Apalagi kualitas perusahaan yang memproduksinya sudah diakui hingga kancah internasional dan terkenal mahir membuat berbagai produk gitar elektrik.

Selain itu, juga dihasilkan gitar akustik yang kualitasnya juga prima. Postur gitarnya selalu menonjolkan kenyamanan. Salah satunya tampak pada seri Taylor T5 original dan MJ01. Warna dari hardshell case natural sehingga tampak bagus.

Meskipun bentuknya simpel, namun tetap tampak elegan. Hal ini bisa Anda lihat baik pada jenis gitar elektrik maupun akustiknya. Body keduanya disusun dari kayu berkualitas, yaitu mahogani. Produk-produk dari Taylor juga cocok dipakai oleh gitaris wanita.

5. Gibson

Gibson

Merek gitar ini memberi perhatian lebih pada penampilannya sehingga memiliki nilai estetika yang sangat tinggi. Gibson banyak memproduksi gitar elektrik yang sangat cantik. Namanya yang telah melegendaris mampu menjamin setiap produknya berkualitas tinggi.

Pasalnya, brand yang berasal dari Amerika ini, telah memiliki banyak pengalaman hampir satu abad berkecimpung memproduksi instrumen musik termasuk gitar.

Selain itu, selama ini para penggemar gitar akustik banyak yang memburunya. Hal ini tentu cukup membuktikan bahwa produknya memang unggul.

6. Allegro

Allegro

Gitar telah tersebar luas di Indonesia sehingga mudah untuk mencarinya. Selain berkualitas juga mampu bersaing dengan produk lain di kelasnya. Tidak sedikit musisi yang memakainya untuk menampilkan band maupun karya musik yang dimiliki. Terlebih harga tergolong murah.

Proses pembuatannya menggunakan teknik modern yang telah dirancang menghasilkan alat-alat musik berkualitas terbaik. Jenis dari Allegro antara lain gitar Allegro akustik, semi elektrik, original, tipe fcs, dan tipe fm.

7. Ibanez

Ibanez

Variasi tipe Ibanez sangatlah banyak, begitu juga dengan harganya sehingga Anda dapat memilih berdasarkan budget. Tipe yang menduduki urutan terbaik pertama adalah Ibanez LGB30.

Gitar sepanjang 58 inci ini pada bagian fretboard berupa eboni 20 fret dan terdapat 6 buah string. Gitar hasil produksi Jepang ini memiliki nada-nada yang bagus, sangat khas, dan nyaring.

Semua itu terwujud karena gitar terbuat dari material terbaik dan dikerjakan menggunakan teknologi khas Jepang. Jika Anda adalah pecinta musik yang cukup keras, maka membeli gitar Ibanez adalah pilihan yang tepat.

8. Jackson

Jackson

Gitar yang dibuat Jackson ini digemari para musisi legendaris di dunia seperti contohnya John Mayer dan Jeff Beck. Gitar mempunyai keunikan yang khas dan tidak dijumpai pada merek lain, yaitu desainnya elegan dengan body ramping.

9. Cowboy

Cowboy

Cowboy adalah brand gitar akustik keluaran dari negara Amerika yang menunjukkan kemampuannya dalam bersaing dengan brand ternama lainnya.

Salah satu keistimewaan brand tersebut adalah gitar dilengkapi teknologi senar yang bersifat anti karat. Tidak heran gitaris-gitaris di Indonesia banyak yang menggandrunginya.

10. Schecter

Schecter

Ada lagi merk sebuah gitar terkenal asal Amerika bernama Schecter. Para profesional telah mempercayakan merek ini untuk berbagai kebutuhan.

Pasalnya, gitar Schecter menawarkan hasil suara yang jernih, sehingga sangat membantu para musisi untuk memperlihatkan karya-karya terbaiknya.

Variasi dari Schecter ada gitar akustik dan juga elektrik. Gitar ini memiliki kualitas yang sudah dijamin bagus, namun di pasaran kurang populer karena desainnya yang kurang begitu menarik dan monoton.

Kesepuluh merk gitar tersebut bisa Anda jadikan referensi ketika membeli di toko alat musik. Dengan demikian, Anda tidak akan kebingungan memilih. Anda pertimbangkan kelebihan masing-masing gitar dan sesuaikan dengan kebutuhan.

 

Lihat Juga :

  1. 10 Merk Kail Pancing Terbaik, Jitu, Kuat dan Tajam
  2. 10 Merk Senar Pancing Terbaik, Murah, Kuat & Anti Kriting
  3. 10 Merk dan Harga Joran Pancing Terbaik Dengan Harga Murah
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan