11 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Posted on

Pemilik kulit berminyak biasanya cenderung punya masalah dengan jerawat dan komedo. Selain itu, kelebihan minyak di wajah juga membuatnya terlihat kusam. Anda pun harus ekstra hati-hati dalam memilih facial wash. Pastikan hanya menggunakan facial wash terbaik khusus untuk kulit berminyak.

Kandungan anti acne dan oil control menjadi syarat utama untuk memilih facial wash. Selain itu, pemilik kulit berminyak juga tak boleh kehilangan kelembaban alami wajahnya. Karena semakin kering wajah, justru minyak yang diproduksi semakin banyak.

Cara Memilih Facial Wash Terbaik untuk Wajah Berminyak

Cara-Memilih-Facial-Wash-Terbaik-untuk-Wajah-Berminyak

  1. Pilihlah facial wash dengan tekstur yang lembut atau gel. Jangan menggunakan facial wash yang punya tekstur scrub karena bisa membuat jerawat meradang dan pori-pori kulit semakin besar.
  2. Jangan gunakan facial wash dengan banyak busa karena berarti banyak mengandung detergen. Kandungan ini bisa membuat kulit jadi kering dan iritasi.
  3. Jika wajah Anda berminyak dan berjerawat, maka pilihlah facial wash dengan komposisi khusus untuk mengatasi jerawat. Misalnya tea tree oil, salicylic acid, green tea, aloe vera, atau centella.
  4. Jangan gunakan produk dengan kandungan alkohol karena akan merusak minyak alami wajah.

Rekomendasi Facial Wash Terbaik untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

1. Acnes Creamy Wash

Acnes-Creamy-Wash

Brand Acnes memang diciptakan khusus untuk mengatasi problem masalah jerawat. Brand ini bisa digunakan untuk kalangan remaja hingga dewasa. Kandungan utamanya adalah salicylic acid yang ampuh mengatasi jerawat dan komedo.

Salicylic acid juga berfungsi untuk menangkal bakteri penyebab jerawat dan mampu mengontrol produksi minyak wajah. Acnes menjadi salah satunya facial wash untuk kulit berminyak yang paling terjangkau. Harganya hanya Rp 21.000,00 untuk kemasan 100 gram.

2. Himalaya Purifying Neem Face Wash

Himalaya-Purifying-Neem-Face-Wash

Salah satu facial wash dengan harga Rp 25.000,00 ini bisa ditemukan di minimarket hingga online shop. Himalaya mengandung bahan herbal yang dipercaya ampuh untuk mengatasi jerawat meradang hingga komedo. Busanya hanya sedikit, jadi tak akan membuat wajah iritasi.

Kandungan utama facial wash Himalaya ini adalah daun Neem dan juga curcumin. Paduan dua bahan alami ini bisa membantu mengontrol minyak di wajah dan juga melawan bakteri penyebab jerawat.

3. Garnier Pure Active Acne & Oil Cleaning Foam

Garnier-Pure-Active-Acne-Oil-Cleaning-Foam

Salah satu merk facial wash terbaik untuk kulit kombinasi berminyak dan berjerawat dating dari Garnier. Produk dengan harga tak lebih dari Rp 25.000,00 ini mengandung banyak bahan aktif untuk melawan jerawat. Facial wash ini punya tekstur foam yang aman untuk jerawat meradang.

Tapi salah satu kelemahan dari Garnier ini adalah sensasi kulit wajah yang “kaku” dan sedikit tertarik setelah menggunakannya. Biasanya sensasi ini akan menghilang setelah Anda menyegarkan wajah dengan toner untuk kulit berminyak.

4. Biore Baking Soda Acne Scrub

Biore-Baking-Soda-Acne-Scrub

Biore mengeluarkan inovasi baru untuk wajah berminyak dan berkomedo. Seri Biore ini menggunakan scrub yang berasal dari baking soda. Paduan bahan anti jerawat dan baking soda dipercaya bisa mengangkat sel kulit mati dan kotoran di wajah.

Harganya lumayan mahal yaitu Rp 168.000,00 untuk kemasan 127 gram. Tapi sayangnya facial wash ini tak boleh digunakan pada wajah dengan tipe jerawat meradang. Karena scrubnya bisa membuat kulit semakin iritasi dan jerawat bisa pecah.

5. Citra Green Tea Facial Wash

Citra-Green-Tea-Facial-Wash

Produk ini mengandung bahan utama green tea yang dipercaya bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Green tea juga mampu mengatasi masalah produksi sebum berlebih di kulit wajah Anda. Facial wash ini cukup ringan dan tidak menyebabkan sensasi wajah kaku setelah dipakai.

Harganya juga cukup ramah di kantong. Untuk kemasan 100 gram Citra Green Tea ini dibanderol Rp 20.000,00 saja. Anda bisa membeli produk ini di minimarket, supermarket, hingga situs jual beli online.

6. Sariayu Acne Facial Foam

Sariayu-Acne-Facial-Foam

Sariayu menghadirkan facial wash khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Produk ini sangat populer karena harganya terjangkau dan kandungan bahannya cukup efektif untuk jerawat. Salah satu bahan unggulannya adalah daun pegagan atau centella asiatica.

Kemudian ada kandungan anti jerawat lain yaitu sulfur/belerang dan salicylic acid. Tekstur facial washnya cukup lembut tanpa scrub. Jadi produk ini bisa digunakan pada jerawat meradang. Harganya hanya Rp 15.000,00 dengan ukuran 75 gram.

7. JF Sulfur Anti Acne Facial Wash

JF-Sulfur-Anti-Acne-Facial-Wash

Kalau dulu JF Sulfur hanya mengeluarkan sabun batang khusus untuk problem jerawat, kini Anda bisa mendapatkan versi facial washnya. Kandungan utama dari JF Sulfur masih berupa belerang yang dipercaya mampu mengatasi masalah jerawat meradang dan komedo.

Harganya cukup murah, hanya sekitar Rp 25.000,00 saja. Anda bisa mendapatkan produk ini di minimarket ataupun apotek besar sekelas Kimia Farma. Tapi sayangnya kandungan belerang yang tinggi membuat aroma facial wash ini cukup menyengat dan meninggalkan kesan “kaku”.

8. The Body Shop Tea Tree Wash Scrub Mask

The-Body-Shop-Tea-Tree-Wash-Scrub-Mask

Untuk Anda yang berjuang dengan pori-pori besar dan komedo bandel, gunakan saja facial wash dari The Body Shop. Kandungan utamanya adalah tea tree oil yang menjadi salah satu andalan untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Kandungan scrub lembutnya bisa membantu mengatasi masalah sel kulit mati yang menumpuk, komedo, dan juga pori-pori yang tersumbat. Harganya sekitar Rp 80.000,00 untuk kemasan ukuran 60 ml.

9. Hada Labo Tamagohada Face Wash

Hada-Labo-Tamagohada-Face-Wash

Hada Labo yang berasal dari brand besar Rohto memiliki produk unggulan untuk mengatasi masalah minyak berlebih dan jerawat di wajah. Produk ini mengandung exfoliant agent yang berfungsi sebagai scrub lembut. Scrub ini bisa mengangkat kulit mati dan juga timbunan sebum.

Hada Labo bisa dibeli dengan harga Rp 40.000,00 saja. Selain mengandung scrub, produk ini juga diperkaya dengan AHA dan BHA yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Hada Labo ini bisa juga digunakan sebagai makeup remover layaknya milk cleanser.

10. COSRX Salicylic Acid Cleanser

COSRX-Salicylic-Acid-Cleanser

Salah satu produk asal Korea Selatan yang sangat populer di Indonesia adalah COSRX. Produk ini mengandung bahan aktif salicylic acid yang bisa melawan bakteri penyebab jerawat, menghilangkan sel kulit mati, dan juga mencerahkan wajah.

Produk COSRX ini dibanderol dengan harga Rp 102.000,00 untuk kemasan super besar 150 ml. Ada juga kemasan trial jika Anda ingin mencobanya lebih dulu. Tapi pastikan Anda membeli produk impor ini hanya dari online store yang terpercaya.

11. Wardah Acne Cleansing Gel

Wardah-Acne-Cleansing-Gel

Brand lokal dan halal dari Wardah juga memiliki facial wash khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Acne cleansing dari Wardah ini memiliki tekstur gel yang cocok untuk kulit berminyak. Kandungan salicylic acid dan beberapa bahan aktif lainnya bisa mencegah jerawat.

Produk ini tidak menggunakan scrub, jadi aman digunakan untuk wajah dengan jerawat meradang. Anda bisa membeli Wardah cleansing gel ini dengan harga Rp 23.000,00 saja. Produk ini bisa ditemukan dengan mudah di minimarket hingga online shop.

Pastikan Anda mendapatkan facial wash terbaik untuk kulit berminyak dan berjerawat sesuai kebutuhan. Jangan lupa, periksa juga bagaimana tekstur facial wash sebelum membelinya. Pilih tekstur yang lembut dan tak membuat kondisi jerawat semakin memburuk.

 

Lihat Juga :

  1. 10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat
  2.  10 Merk Skincare Korea Terbaik, Murah, & Halal (Glowing)
  3.  10 Merk Skincare Terbaik untuk Semua Jenis Kulit (Aman!)
  4.  10 Cream Penghilang Flek Hitam Di Usia 40an Terbaik
Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan