10 Facial Foam Terbaik untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

Posted on

Sabun cuci muka dengan kandungan bahan kimia tinggi, menggunakan scrub, hingga banyak detergen bisa menyebabkan iritasi. Apalagi bagi para pemilik kulit sensitif. Jika Anda termasuk pemilik kulit sensitif, ada baiknya Anda mencari facial foam terbaik yang sesuai.

Mengapa harus foam? Karena teksturnya yang halus bisa membantu kulit sensitif Anda aman dari iritasi dan dehidrasi. Facial foam mengandung busa yang bisa mengangkat kotoran dan bakteri di wajah. Saat ini ada banyak merk facial foam di pasaran dengan berbagai rentang harga.

Tips Memilih Facial Foam untuk Kulit Sensitif

Tips-Memilih-Facial-Foam-untuk-Kulit-Sensitif-scaled

Pemilik kulit sensitif ditandai dengan wajah yang mudah merah, mengelupas, kering, dan kadang sampai terasa pedih. Jika menggunakan skincare yang salah, bisa jadi kulit sensitif ini akan semakin memburuk. Karena itu, pilihlah facial foam khusus untuk kulit sensitif dengan kriteria:

  1. Pilihlah facial foam dengan tekstur yang lembut. Hindari menggunakan facial foam plus scrub atau mengelupas wajah dengan scrubbing.
  2. Jangan menggunakan facial foam yang mengandung alkohol, parfum, atau paraben.
  3. Perhatikan komposisi facial foam. Jangan membeli produk dengan jumlah ingredient lebih dari 10 jenis. Semakin minimalis komposisinya, maka makin aman untuk kulit sensitif.
  4. Belilah facial foam khusus untuk kulit sensitif. Jangan membeli produk untuk kulit berminyak karena justru akan membuat kulit semakin kering dan iritasi.
  5. Jangan membeli facial foam dengan exfoliant agent seperti AHA dan BHA.
  6. Lebih baik membeli facial foam dengan bahan alami atau menggunakan label herbal.
  7. Pilihlah facial foam dengan pH netral atau mendekati netral.

Rekomendasi Facial Foam Terbaik untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

1. Bioderma Sensibio Gel Moussant

Bioderma-Sensibio-Gel-Moussant

Para pemilik kulit kering dan sensitif, Anda bisa menggunakan facial foam dari Bioderma ini. Kandungan utamanya adalah Gliseril Oleat yang secara alami bisa meniru struktur kulit manusia. Bioderma mengandung komposisi yang minimalis tanpa exfoliant ataupun zat asam.

Bioderma dijual dengan harga sekitar Rp 187.000,00 untuk kemasan 200 ml. Facial foam ini punya tekstur busa yang lembut, tapi bisa mengangkat kotoran di wajah dengan maksimal. Anda bisa membelinya secara online atau di supermarket besar.

2. Kiehl’s Calendula Deep Cleansing Foaming

Kiehls-Calendula-Deep-Cleansing-Foaming

Kiehl’s memproduksi sabun muka yang cocok untuk pemilik kulit sensitif dengan bahan utamanya bunga calendula. Minyak calendula bisa melembabkan wajah, mencegah kerutan dan penuaan dini, dan menjaga minyak alami pada kulit.

Calendula juga bisa membuat kulit sensitif tenang, mengatasi kemerahan, dan kulit yang mengelupas. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp 190.000,00 di marketplace terkenal. Anda juga bisa membelinya di toko online Kiehl’s Indonesia.

3. Innisfree – The Minimum Facial Cleanser

Innisfree-–-The-Minimum-Facial-Cleanser

Seperti namanya, bahan yang digunakan dalam Innisfree ini sangat sederhana. Tapi kandungan minimalis ini tetap ampuh untuk membersihkan kotoran dan kuman dari wajah sensitif. Produk ini juga bisa menghidrasi, menyamakan warna kulit yang belang, dan melembutkan.

Innisfree jadi salah satu merk facial foam terbaik yang tak mengandung bahan pengawet, parfum, dan zat kimia yang bisa merusak lapisan alami kulit. Hanya dengan Rp 275.000,00 saja Anda bisa mendapatkan produk unggulan untuk kulit sensitif ini.

4. The body Shop – Tea Tree Cleaning Foam

The-body-Shop-–-Tea-Tree-Cleaning-Foam

Tekstur The Body Shop Cleaning Foam ini cukup lembut dengan busa melimpah. Tapi busa ini tidak membuat kulit kering. Produk dari The Body Shop ini bisa digunakan untuk pemilik kulit sensitif plus sedang menghadapi masalah jerawat.

Pasalnya kandungan tea tree oilnya bisa membuat wajah jadi lebih bersih, mengangkat sebum di pori-pori, dan melindungi wajah dari kuman jerawat. Harganya hanya Rp 170.000,00 saja di marketplace terkenal.

5. Neutrogena Oil Free – Acne Wash

Neutrogena-Oil-Free-–-Acne-Wash

Bagi Anda yang sedang berjuang dengan kulit sensitif dan jerawat membandel, Anda bisa menggunakan produk facial foam dari Neutrogena. Produk ini menggunakan teknologi Microclear yang bisa membuat partikel nano untuk membersihkan pori-pori kulit terdalam.

Neutrogena bisa menjaga kelembaban dan minyak alami di wajah. Kandungannya juga bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Anda bisa mendapatkan produk ini seharga Rp 159.000,00 di marketplace dan juga Guardian.

6. Ives Shooting Camomile

Ives-Shooting-Camomile

Produk St. Ives ini mengandung minyak bunga chamomile yang ternyata ampuh untuk menjaga kelembaban kulit. Ekstrak bunga ini juga bisa membantu mengembalikan kelembaban kulit kering, mengelupas, dan kemerahan.

St. Ives dengan bahan alami bahkan ampuh untuk membersihkan pori-pori terdalam dan menyamakan tone kulit. St. Ives bisa didapatkan dengan harga Rp 102.000,00 di marketplace terkenal.

7. Acnes Foaming Wash

Acnes-Foaming-Wash

Jika Anda sedang mencari facial foam untuk kulit sensitif dengan harga murah, cobalah produk Acnes Foaming Wash. Produk ini diformulasikan untuk wajah yang sensitif, kering, dan kemerahan. Facial foam ini bahkan sudah bersertifikat hipoalergenik dan dermatology tested.

Bahkan produk ini juga mengandung zat anti jerawat dan juga vitamin C. Jadi Anda bisa merasakan banyak manfaat mulai dari melembabkan, menghilangkan jerawat, dan mencerahkan. Produk Acnes ini dibanderol dengan harga Rp 28.000,00 saja.

8. Dove Beauty Moisture – Facial Foam

Dove-Beauty-Moisture-–-Facial-Foam

Kandungan utama yang bisa menjaga kelembaban dan minyak alami wajah dari Dove adalah Serum Nutrium Moisture Beauty. Bahan aktif ini bisa membersihkan wajah dari kotoran, debu, polusi, dan bakteri jerawat.

Kandungan zat aktif dengan pH netral ini bisa dijadikan andalan untuk facial foam harian Anda. Dove facial foam ini cukup murah. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 20.000,00 saja. Produk ini sangat mudah ditemukan, bahkan di minimarket terdekat.

9. Neogen Dermalogy – Green Tea Foam

Neogen-Dermalogy-–-Green-Tea-Foam

Green tea dipercaya bisa membantu kulit tetap sehat dari bakteri penyebab jerawat. Neogen ini mengandung 100% ekstrak green tea. Kandungannya cukup aman tanpa bahan kimia yang membuat kulit kering dan mengelupas. Bahkan Neogen mengklaim semua bahannya alami.

Tapi harga Neogen Green Tea Facial Foam ini sedikit mahal. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 230.000,00. Anda pun harus membelinya lewat marketplace, karena masih jarang drugstore offline yang menjual produk ini.

10. The Face Shop – Rice Water Foam

The-Face-Shop-–-Rice-Water-Foam

Produk asli dari Korea Selatan, The Face Shop ini mengandung bahan utama ekstrak beras alami. Beras ini diambil airnya yang kaya multivitamin A, B, dan E. ekstrak beras dalam produk ini juga kaya kandungan ceramide yang dipercaya bisa menjaga kelembaban alami wajah.

Produk The Face Shop ini berbentuk krim yang lembut. Begitu digosokkan pada tangan yang basah, krimnya akan berubah menjadi foam yang bisa mengangkat kotoran dari pori-pori wajah. The Face Shop banyak dijual di marketplace dengan harga Rp 94.000,00 saja.

Memilih facial foam terbaik untuk kulit sensitif memanglah harus teliti. Jika Anda gegabah, maka kulit bisa mengalami alergi, iritasi, hingga sensasi rasa perih terbakar. Pemilik kulit sensitif harus selalu memperhatikan tekstur dan juga komposisi facial foamnya.

 

Lihat Juga :

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan