10 Merk Bubur Bayi Instan yang Bagus dan Bergizi

Posted on

Ketika usia bayi sudah 6 bulan maka dibutuhkan makanan tambahan pendamping asi atau MPASI. Apabila hanya mengkonsumsi ASI maka tidak akan terpenuhi kebutuhan nutrisinya dan bisa menyebabkan pertumbuhan menjadi lambat. Ada banyak sekali merk bubur bayi instan yang dijual di pasaran dengan berbagai kandungan nutrisi didalamnya.


Adanya bubur bayi instan tentunya memudahkan Anda dalam mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Jadi Anda tidak harus membuat makanan pendamping ASI setiap hari. Namun sebelum membelinya, ada banyak pertimbangan dalam memilih bubur bayi agar dapat memberikan manfaat untuk pertumbuhan si kecil.



Tips Memilih Merk Bubur Bayi Instan yang Bergizi

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membeli bubur bayi instan untuk si kecil, mulai dari bentuk, rasa, tekstur dan juga keamanannya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tips memilih bubur bayi instan yang tepat dibawah ini:


1. Pilih Bubur Bayi Berdasarkan Bentuk dan Kemasannya

Produk bubur bayi instan terdiri dari berbagai bentuk dan kemasan, seperti bentuk bubuk, jar bahkan ada jenis kemasan pouch. Masing-masing kemasan tentunya memiliki keunggulan dan cara penyajiannya pun berbeda.


• Bubur bayi kemasan jar

Bubur-bayi-kemasan-jar

Bubur kemasan jar sangat cocok digunakan ketika bepergian. Biasanya produk bubur bayi ini untuk sekali pakai, sehingga akan menjadikan lebih praktis karena Anda tidak perlu repot membawa bekal makanan bayi dan peralatannya.


• Bubur bayi kemasan bubuk

Bubur-bayi-kemasan-bubuk-scaled

Bubur bayi kemasan bubuk, cara membuatnya cukup dengan menambahkan air hangat saja, kemudian diaduk dan siap untuk diberikan si kecil. Bubur bentuk bubuk kurang fleksibel jika dibawa bepergian karena harus membawa air panas dan peralatan makan. Sebagai pelengkapnya, Anda bisa menambahkan beberapa lauk yang mengandung protein atau sayuran.


• Bubur bayi kemasan pouch

Bubur-bayi-kemasan-pouch

Bubur kemasan pouch sudah siap saji dan bisa langsung diberikan untuk menu si kecil. Produk ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki jadwal sangat sibuk. Cara penyajiannya, tuangkan pada mangkuk dan sudah bisa untuk menyuapi bayi. Bubur bayi tipe ini lebih praktis jika dibawa bepergian.


2. Pilih Bubur Bayi dengan Bentuk Nasi Maupun Varian Rasa

Pilih-bubur-bayi-dengan-bentuk-nasi-maupun-varian-rasa

Ketika Anda ingin mengenalkan makanan pada pada bayi, sebaiknya kenalkan menu makanan dalam bentuk nasi terlebih dahulu tanpa mencampurkan rasa yang lain. Tujuannya agar si kecil tidak memilih-milih jenis makanan. Seiring dengan bertambahnya usia, maka Anda bisa menambahkan varian rasa atau menambahkan topping di atas bubur.


3. Pilih Tekstur Bubur yang Lembut

Pilih-tekstur-bubur-yang-lembut

Di awal-awal mengenalkan makanan pendamping asi, sebaiknya Anda mengenalkan bubur dengan tekstur yang lembut. Seiring dengan bertambahnya usia, Anda bisa memadatkan bubur agar lebih bertekstur.


4. Pilihlah Produk Bubur Bayi Lokal

Pilihlah-produk-bubur-bayi-lokal

Saat ini ada banyak sekali jenis bubur bayi instan yang dijual dipasaran baik produk lokal maupun import. Sebaiknya Anda memilih produk lokal yang sudah terdaftar di BPOM dan MUI sehingga aman untuk dikonsumsi


10 Merk Bubur Bayi Instan yang Sangat Direkomendasikan

Ada 10 jenis bubur bayi instan terbaik yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin memberikan makanan pendamping dengan nutrisi terbaik untuk buah hati.


1. Milna Nature Delight Apple & Peach

Milna-Nature-Delight-Apple-Peach

Bubur milna dikemas menggunakan kemasan pouch untuk sekali pakai. Produk ini cukup praktis jika dimasukkan tas ketika dibawa bepergian. Cara penyajiannya sangat mudah, tinggal tuang ke mangkok dan siap untuk diberikan si kecil.


Bubur ini kaya dengan kandungan seratnya sehingga sangat cocok untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil. Kandungan applenya berfungsi untuk meningkatkan kesehatan mata, kulit dan melancarkan pencernaan bayi.


2. Nestle Cerelac Bubur Bayi Beras Merah

Nestle-Cerelac-Bubur-Bayi-Beras-Merah

Jika Anda pernah mencoba berbagai bubur bayi dengan komposisi beras merah, product Nestle Cerelac merupakan pilihan yang paling tepat. Kandungan nutrisinya sangat lengkap dan cocok digunakan sebagai makanan pendamping ASI.


Selain kandungan karbohidrat juga dilengkapi dengan vitamin, mineral, zat besi, prebiotik hingga DHA yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi usia 6-12 bulan.


3. Promina Bubur Tim Salmon Norwegia

Promina-Bubur-Tim-Salmon-Norwegia

Bubur Promina terbuat dari bahan-bahan alami dengan kualitas tinggi yang sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan bayi usia 8-12 bulan. Kandungan prebiotic FOS pada bubur Promina sangat baik untuk sistem pencernaan bayi. Kandungan omega 3 & 6 berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak.Tekstur buburnya lembut menjadikan bubur ini sangat disukai oleh bayi.


4. Heinz Baby Beef & Sweet Potato Mash

Heinz-Baby-Beef-Sweet-Potato-Mash

Produk Heinz Baby & Sweet Potato Mash ini sangat cocok untuk bayi usia 6 bulan keatas, karena terbuat dari bahan-bahan alami dan aman untuk pertumbuhan bayi. Perpaduan antara daging sapi dan ubi menjadi sumber nutrisi yang sangat bagus. Kandungan kalsium dan zat besinya berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan kognitif si bayi.


5. Sun Baby Milk Cereal Ubi Ungu

Sun-Baby-Milk-Cereal-Ubi-Ungu

Meskipun bubur Bayi keluaran SUN ini harganya terjangkau. Namun kandungan gizinya tidak dapat diragukan lagi. Ubi ungu mengandung vitamin A, C, E dan juga kaya akan beta karoten yang baik untuk kesehatan dan membantu pertumbuhan bayi secara maksimal. Tekstur buburnya yang lembut sangat baik untuk sistem pencernaan.


6. Nayz El happy Tummy

Nayz-El-happy-Tummy

Terkadang bayi mengalami masalah pencernaan tidak lancar sehingga menyebabkan sembelit. Produk bubur bayi Nayz El happy Tummy ini sangat cocok sebagai pilihan alternatif bagi pencernaan si kecil yang belum berkembang sempurna.


7. Bionic Farm Tepung Beras Merah Organik

Bionic-Farm-Tepung-Beras-Merah-Organik

Merk bubur bayi instan Bionic Farm Tepung Beras Merah Organik terbuat dari bahan utama tepung beras merah yang berasal dari Bionic, dimana produk bubur ini organic dan bebas gluten. Terbuat dari beras merah murni yang dipadukan dengan zat aditif lain. Sangat cocok digunakan sebagai bahan pendamping ASI untuk usia 6 bulan ke atas.


8. Bitzy Organic Baby Puree

Bitzy-Organic-Baby-Puree

Bubur bayi instan ini terbuat dari bahan-bahan organik yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan bayi. Tersedia 5 varian rasa dengan kemasan jar yang cukup praktis menjadikan bayi tidak mudah bosan menikmati rasa dari bubur instan ini.


Karena terbuat dari bahan sayuran dan buah-buahan alami, maka si kecil akan mendapatkan berbagai manfaat dari kandungan nutrisi dan juga seratnya.


9. Gasol Organik Tepung Jagung

Gasol-Organik-Tepung-Jagung

Jagung tidak hanya mengandung karbohidrat, namun memiliki kandungan fosfor yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan sistem saraf dan otak. Kandungan nutrisi pada jagung berfungsi untuk membangun tulang dan otot bayi menjadi lebih kuat. Bahan utama yang digunakan yaitu jagung organik.


Sebagai pelengkap saat penyajian, Anda bisa menambahkan susu, yogurt tawar, buah atau sayuran untuk menambah nutrisi dan varian rasa. Bubur kemasan ini cocok untuk bayi usia 6-9 bulan.


10. Yummy Bites Cereal Cheese Vegetable with Pasta

Yummy-Bites-Cereal-Cheese-Vegetable-with-Pasta

Jika Anda ingin mencoba memberikan bubur bayi dengan cita rasa pasta, maka produk bubur bayi ini sebagai solusinya. Bubur instan dengan kandungan bahan pasta yang kaya gizi dan dilengkapi dengan keju, cita rasa yang gurih sangat cocok untuk lidah si kecil.


Selain bahan pasta dan keju, juga dilengkapi dengan nutrisi lain seperti wortel, tomat dan tepung jagung. Kandungan gizi yang cukup banyak sangat baik untuk menjaga kesehatan si kecil dalam masa pertumbuhan.


Kesimpulan

Ketika memutuskan memberi makanan pendamping ASI, tentunya Anda ingin membuat menu sendiri yang sehat. Namun, sebagian ibu memiliki aktivitas yang padat dan tidak memiliki banyak waktu untuk memasak menu si kecil setiap hari. Jika hal itu terjadi, maka bubur bayi instan bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif.


Dengan mengetahui beberapa tips memilih bubur instan pendamping ASI yang tepat, maka Anda bisa memberikan nutrisi terbaik. 10 merk bubur bayi instan di atas bisa dijadikan referensi untuk makanan pendamping ASI buah hati Anda.