7 Merk Besi Beton Terbaik Standar SNI

Posted on

Besi beton adalah salah satu material penting dalam pembuatan sebuah bangunan. Kehadiran material satu ini memang tidak bisa dilewatkan karena bisa membuat bangunan menjadi lebih kokoh. Memang ada cukup banyak merk besi beton yang bisa dijadikan pilihan.

Namun demikian, jangan asal dalam memilihnya ya. Pastikan memilih yang terbaik dan sesuai untuk spesifikasi bangunan yang akan dibuat. Oleh sebab itu, sebelum membeli besi beton, pastikan Anda memahami sejumlah tips di bawah ini terlebih dahulu.

Tips Memilih Besi Beton

1. Pahami Karakteristik Jenis Besi Beton

Pahami-Karakteristik-Jenis-Besi-Beton

Besi beton ada dua macam yaitu, polos dan ulir. Besi beton yang polos lebih mudah dibentuk sedangkan besi beton ulir sebaliknya. Terlepas dari kedua jenis tersebut, besi beton yang bagus itu adalah yang kekerasannya baik dan kekerasan ini bisa Anda ketahui melalui alat hardness tester.

2. Cek Kondisi Besi Beton

Cek-Kondisi-Besi-Beton

Mengecek kondisi besi beton adalah hal yang wajib dilakukan untuk memastikan apakah besi beton itu layak digunakan atau tidak. Hindari memilih besi beton yang sudah berkarat karena ini akan membuat bangunan tidak awet bahkan berpotensi buruk bagi kesehatan.

3. Pilih yang Ukurannya Sesuai

Pilih-yang-Ukurannya-Sesuai

Wajib bagi Anda memilih besi beton yang ukurannya sesuai dengan berat beban yang akan ditopang. Tujuannya adalah agar bangunan lebih tahan lama dan kuat.

Ukuran standar besi beton ialah 12 meter. Sementara diameternya beragam mulai dari 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm, 13 mm, 22 mm hingga 25 mm bahkan ada juga yang mencapai 50 mm. Setidaknya juga ada toleransi sekitar 0,2 mm dengan angka real.

Merk Besi Beton yang Bagus

Selain perlu memilih besi beton sesuai dengan tips di atas, pastikan Anda juga memilih yang merknya sudah terkenal. Karena memang hanya merk yang demikianlah yang menghadirkan besi beton kualitas terbaik. Beberapa contoh merk besi beton yang bagus kualitasnya ialah sebagai berikut.

1. Besi Beton HIJ

Besi-Beton-HIJ

HIJ menyediakan besi beton baik yang polos maupun yang ulir dengan standard SNI. Produk dari Hanil Jaya Steel ini memang tidak melakukan ekspor karena memang semua produknya hanya dijual di dalam negeri.

Namun ini tidak berarti bahwa produknya tidak berkualitas. Karena sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, besi beton HIJ sudah memenuhi standar SNI. Ditambah lagi pabriknya juga mempunyai beberapa sarana pendukung untuk menjamin kualitas besi beton yang diciptakan.

2. Besi Beton Perwira

Besi-Beton-Perwira

Besi beton dari merk Perwira cocok untuk diterapkan pada berbagai konstruksi bangunan seperti jalan tol, jembatan, bangunan umum maupun bangunan yang lainnya. Besi beton dengan merk ini mempunyai toleransi sekitar 0,2 cm.

Besi beton Perwira juga termasuk dalam jajaran besi beton yang memenuhi standar SNI. Jadi soal kualitas sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Kabar bagusnya lagi, besi beton satu ini bisa didapat dengan harga yang ekonomis.

3. Besi Beton DP (Delco Prima)

Besi-Beton-DP-Delco-Prima

Hadir dengan harga yang kompetitif, besi beton dengan merk DP juga sanggup membuat bangunan lebih kokoh. Produk ini adalah produk unggulan yang juga ramah lingkungan.

Nilai toleransi besi beton Delco Prima sama seperti nilai toleransi besi beton kebanyakan, yakni 0,2 mm. Mengenai produknya juga ada yang ulir dan ada pula yang polos. Baik yang ulir maupun yang polos, Delco Prima selalu mengedepankan kualitas dan memberikan produk yang terbaik untuk konsumen.

4. Besi Beton MS (Master Steel)

Besi-Beton-MS-Master-Steel

Master Steel juga termasuk besi beton dengan toleransi 0,2 mm. Produsen besi yang didirikan tahun 1972 ini telah mendapatkan sertifikasi ISO dengan kapasitas produksi yang besar. Produk-produk yang telah dihasilkannya pun sudah digunakan secara luas dalam berbagai proyek konstruksi.

Bahkan, produk buatan Master Steel kualitasnya sudah diakui oleh pasar internasional, yang diantaranya ialah The Housing Development Board of Singapore (Singapura) dan The Civil Engineering Department of Geotechnical Enginering Office (Hongkong).

5. Besi Beton IS (Interworld Steel)

Besi-Beton-IS-Interworld-Steel

Kebutuhan akan besi beton dalam berbagai ukuran bisa diatasi salah satunya dengan merk Interworld Steel. Besi beton dari Interworld Steel ini juga sudah terpercaya kualitasnya karena dibuat oleh perusahaan yang berpengalaman sekaligus didukung oleh tim ahli konstruksi.

Dengan kapasitas produksi yang besar, Anda tentu tidak akan kesulitan menemukan produk satu ini. Mengenai toleransi, besi beton dari Interworld Steel sama seperti besi beton kebanyakan yaitu 0,2 mm.

6. Besi Beton CS (Cakratunggal Steel)

Besi-Beton-CS-Cakratunggal-Steel

Cakratunggal Steel juga menghadirkan pilihan besi beton ulir dan besi beton polos untuk kebutuhan konstruksi bangunan. Besi beton dari Cakratunggal Steel menawarkan pilihan yang cukup beragam. Walaupun demikian, produk-produk tersebut adalah produk yang berkualitas.

Selain itu, berbagai produk juga konsisten dalam keseragaman toleransi dan juga dimensinya. Keunggulan besi beton Cakratunggal Steel lainnya ialah daya tahannya bagus, stabilitasnya bagus dan mudah diterapkan dalam berbagai konstruksi.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, maka tidak heran bila Cakratunggal Steel ideal bahkan untuk struktur bangunan dengan beban yang berat sekalipun. Contohnya seperti jembatan, bendungan, flyover serta struktur kritis yang lainnya.

7. Besi Beton KS (Krakatau Steel)

Besi-Beton-KS-Krakatau-Steel

Krakatau Steel adalah salah satu brand yang berhasil mendapatkan banyak prestasi. Prestasi ini menunjukkan bahwa Krakatau Steel sangat berkomitmen menghadirkan produk yang sesuai dengan standar kualitas yang bagus.

Sebagai produsen besi beton yang besar, mendapatkan besi beton dengan merk Krakatau Steel tentu bukanlah hal yang sulit, baik itu jenis yang polos maupun ulir. Akan tetapi, dibandingkan dengan merk yang lainnya, besi beton Krakatau Steel ini mempunyai nilai toleransi yang paling kecil, yakni 0,1 mm.

Toleransi ini adalah toleransi yang paling rendah dibandingkan dengan merk lainnya. Jadi wajar bila kemudian Krakatau Steel lantas mendapat banyak sertifikat. Di dalam produk besi beton Krakatau Steel juga terdapat vanadium yang membuatnya jadi lebih kuat terhadap efek dinamis seperti gempa.

Namun hati-hati dengan produk Krakatau Steel palsu ya. Perhatikan betul besi beton sebelum Anda membelinya karena yang asli biasanya mudah dikenali dari cetakan SNI yang rapi dan tanpa cacat di permukaan produk.

Berbagai merk besi beton di atas sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Artinya, besi beton dari merk-merk tersebut aman digunakan. Umumnya, merk ini akan tercantum di permukaan besinya sehingga Anda bisa mengetahuinya dengan mudah.

 

Lihat Juga :

  1. 6 Merk Gypsum Terbaik (Lokal dan Impor) di Indonesia

  2. 6 Merk Plafon PVC Terbaik

  3. 10 Merk Bata Ringan Kualitas Paling Bagus dan Terbaik (Murah)

  4. 10 Merk Plamir Tembok Terbaik

  5. 5 Merk Granit Terbaik yang Bagus dan Berkualitas

  6. 7 Merk Baja Ringan Standar SNI Terbaik

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan