5 Merk Audio Mobil Terbaik yang Bagus dan Berkualitas

Posted on

Bagi Anda yang sering bepergian jarak jauh, kenyamanan dan keamanan mobil menjadi faktor penting dan menjadi perhatian khusus. Beberapa orang bahkan rela menghabiskan banyak biaya untuk memodifikasi fitur interior mobil untuk menunjang kenyamanan saat berkendara. Salah satu fitur tersebut yaitu sound system atau audio mobil.

Kehadiran audio mobil akan membuat suasana di dalam mobil menjadi lebih hidup dan mampu mengusir rasa kantuk saat berkendara. Meskipun ada audio bawaan dari mobil, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa rekomendasi merk audio mobil terbaik dengan kualitas suara yang bagus dan nyaman didengar. Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih jelas mengenai audio mobil.


Tips Memilih Audio Mobil yang Bagus dan Berkualitas

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli audio mobil, Anda sebaiknya memerhatikan beberapa hal mulai dari kualitas produk, ruang mobil, dan harga produk. Berikut ini tips memilih audio mobil yang wajib Anda terapkan.


1. Cek Fitur Audio

Cek-Fitur-Audio

Sebelum Anda membeli audio, pilihlah audio mobil yang menawarkan beragam fitur. Anda bisa memilih audio yang memiliki fitur pengaturan suara, treble, fade, balance, fungsi bas, automatic level control, dan beberapa fitur pendukung lainnya seperti DVD, MP3, dan USB. Jangan lupa pula untuk memeriksa bagian head unit, karena perannya yang sangat penting dalam mengendalikan suara.

Pilihlah head unit yang sudah dilengkapi dengan rear, front, dan sub yang ada di belakang tape yang berguna saat Anda menggunakan amplifier agar kualitas suara yang dihasilkan lebih baik dan jernih. Fitur lainnya yang tidak kalah penting yaitu speaker control, control HPF/LPF, equalizer, dan processor digital time alightment.


2. Lakukan Pengujian Suara

Lakukan-Pengujian-Suara

Setelah Anda melakukan pengecekan fitur, Anda bisa melakukan pengujian suara. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui kualitas suara audio mobil yang ingin Anda beli. Untuk hasil suara yang benar yaitu suara vokal berada tepat di tengah saat didengarkan dan suara instrument musik terdengar seperti mendekati suara asli.

Anda bisa mencoba memutar instrument musik dengan mengatur balancenya terlebih dahulu, lalu dengarkan. Apabila kabel speaker dalam posisi terbalik, maka suara dengan nada yang rendah akan terdengar kurang dinamis.


3. Cek Instalasi

Cek-Instalasi

Salah satu faktor terpenting dalam memilih audio yaitu instalasi. Peran instalasi sangat penting untuk memperoleh suara yang berkualitas dan mengatasi gangguan suara yang terjadi saat audio mobil digunakan. Gunakan dudukan dengan bahan karet untuk memasang speaker agar aman saat digunakan.


4. Pilih Audio dengan Merk Terkenal

Pilih-Audio-dengan-Merk-Terkenal

Memilih audio mobil yang sudah terkenal bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang masih pemula. Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan, karena biasanya audio dengan merk terkenal memiliki kualitas yang bagus dan terjamin. Selain itu, audio mobil keluaran merk terkenal biasanya sudah dilengkapi dengan fitur lengkap dan mumpuni.


Rekomendasi Merk Audio Mobil Terbaik Kualitas Bagus

Tidak hanya mengejar suara yang menggelegar saja, audio mobil juga harus menghasilkan suara yang nyaman didengar. Berikut ini merk audio mobil yang recommended dan terjamin kualitasnya.


1. Harman Kardon Onyx 4

Harman-Kardon-Onyx-4

Salah satu merk audio mobil yang recommended dan best seller yaitu Harman Kardon Onyx 4. Kualitas audio mobil ini sudah tidak diragukan lagi. Audio mobil merk ini memiliki desain yang unik dan klasik dengan pilihan warna hitam dan putih. Bahan yang digunakan yaitu perpaduan antara plastik, metal, dan karet berkualitas premium.

Audio mobil ini cocok digunakan untuk mempermanis tampilan interior mobil Anda dengan cara ditanam maupun diletakkan di luar begitu saja. Tidak hanya digunakan untuk audio mobil saja, merk Harman Kardon ini juga bisa digunakan sebagai audio rumah dengan suara bas dan treble yang selaras dan jernih, serta dentuman suara yang nyaman didengar.

Harga yang dibanderol untuk audio mobil merk ini memang terbilang mahal yaitu kisaran 2 jutaan hingga puluhan juta. Namun, harga yang dipatok untuk audio merk Harman ini sebanding dengan kualitas dan fitur yang ditawarkan. Wireless speaker audio mobil merk ini juga bisa disambungkan dengan perangkat lain dan diklaim sebagai produk audio yang awet dan tahan lama.


2. Alpine 3 Way Rogers

Alpine-3-Way-Rogers

Alpine 3 Way Rogers merupakan audio mobil rakitan pabrik Jepang dengan satu set audio lengkap yang cocok digunakan untuk pelengkap mobil Anda. Satu set terdiri dari 8 buah speaker dengan 2 buah speaker midbass, 2 buah speaker midrange, 2 buah tweeter dome, dan 2 buah 3 way passive yang berguna sebagai kendali utama dalam power audio atau network crossover.

Anda juga bisa custom audio sesuai dengan ukuran mobil Anda. Harga yang dipatok untuk audio mobil merk ini juga relatif terjangkau yaitu hanya kisaran 1,5 jutaan rupiah. Materi yang digunakan untuk audio mobil ini yaitu perpaduan kayu, karet, dan grill metal dengan power maksimal hingga 40 watt dan frekuensi 60-20 kHz.


3. Kicker CVR-12

Kicker-CVR-12

Merk audio mobil terbaik yang satu ini memiliki banyak jenis dan sudah dikenal sejak tahun 1980. Merk ini juga sangat best seller karena memiliki kualitas yang terjamin dengan harga yang relatif murah. Audio merk ini juga cocok digunakan untuk mobil pribadi dengan ukuran kecil atau mini bus dengan bentuk kotak yang klasik berwarna hitam.

Kualitas suara yang dihasilkan sangat bagus, jernih, dan nyaman didengar karena sudah dilengkapi dengan pengaturan volume yang mumpuni. Penggunaan dayanya juga terbilang hemat yaitu minimal 50 watt dan maksimal 400 watt dengan frekuensi suara 25-500 Hz.


4. Bose DS16F

Bose-DS16F

Audio mobil merk Bose DS16F ini cocok digunakan untuk mini bus karena ukurannya yang relatif besar dibanding audio mobil merk lain. Suara yang dihasilkan lebih bertenaga dan treble yang lebih nyaring, namun tetap nyaman dan aman untuk pendengaran bayi. Speaker Bose dengan jenis coaxial ini juga cocok digunakan untuk mobil dengan pintu kecil dan tidak membutuhkan peredam dan power supply.

Karena ukurannya yang cukup besar, audio merk ini membuat ruang pada mobil menjadi terlihat penuh. Harga yang dibanderol untuk audio mobil merk ini sedikit lebih mahal yaitu kisaran 2 jutaan dan bisa dibeli satuan.


5. Pioneer TS-F1643

Pioneer-TS-F1643

Audio mobil merk Pioneer tentu sudah tidak asing di telinga Anda. Produk ini sangat best seller karena kualitasnya yang sudah tidak diragukan dan dikenal sebagai produk perangkat audio berkualitas tinggi. Tidak hanya digunakan sebagai pelengkap interior mobil, audio ini juga menjadi pilihan subwoofer terbaik yang cocok untuk digunakan sebagai pelengkap rumah Anda.

Harga yang ditawarkan untuk audio mobil merk ini juga variatif tergantung varian dan ragamnya. Anda juga bisa membelinya dalam bentuk satuan atau custom desain sesuai keinginan. Untuk instalasinya juga sangat mudah dengan kualitas suara yang cukup baik.


Kesimpulan

Karena perannya yang cukup penting untuk membantu mengusir rasa bosan dan kantuk, serta menunjang kenyamanan saat berkendara, tips memilih audio mobil yang tepat pada ulasan ini wajib Anda terapkan. Lima merk audio mobil terbaik di atas juga bisa dijadikan sebagai referensi dan bahan pertimbangan sebelum membeli audio mobil yang berkualitas sesuai budget yang Anda miliki.

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan