4 Merk Aki Kering Motor yang Bagus dan Tahan Lama

Posted on

Di dunia yang semakin maju seperti sekarang ini tercipta sebuah sistem di dalam masyarakat. Hal ini mengharuskan orang-orang untuk bepergian ke lokasi yang cukup jauh jika ditempuh dengan cara berjalan kaki atau kendaraan tradisional. Itulah yang menjadi alasan munculnya kendaraan-kendaraan modern yang memiliki kecepatan yang tentunya lebih cepat.

Untuk kendaraan bermotor, ada salah satu komponen yang perlu diperhatikan yaitu bagian aki. Berikut ini rekomendasi merk aki kering motor terbaik dan tips untuk memilih aki kering untuk motor yang tepat.


Tips Untuk Memilih Merk Aki Kering Motor

1. Perhatikan Dimensi Aki

Perhatikan-Dimensi-Aki

Setiap motor memiliki ukuran tempat aki yang berbeda-beda, sehingga Anda harus memilih ukuran aki dengan dimensi sesuai ukuran tempat aki yang ada di motor Anda.


2. Sesuaikan Spesifikasi Aki yang Akan Anda Gunakan

Sesuaikan-Spesifikasi-Aki-yang-Akan-Anda-Gunakan

Setiap orang pasti menggunakan jenis motor yang berbeda-beda. Dengan perbedaan jenis motor ini, tentunya akan memiliki kapasitas aki yang berbeda pula. Untuk itu, sesuaikan kapasitas aki dengan kebutuhan motor Anda dengan memerhatikan beberapa hal berikut ini.


  • Perhatikan nilai CCA (Cold Cranking Amperes)

Setiap jenis aki memiliki nilai CCA yang berbeda-beda. CCA merupakan nilai daya awal yang berfungsi menyalakan mesin motor. Semakin tinggi CCA, maka semakin besar kemampuan aki dalam mengeluarkan daya untuk menyalakan mesin. Karena setiap jenis motor membutuhkan nilai CCA yang berbeda-beda, Anda harus memilih aki sesuai dengan kebutuhan motor.


  • Perhatikan Ah (Ampere Hour)

Setiap aki memiliki kapasitas yang berbeda-beda dalam menyimpan energi listrik. Untuk aki dengan kapasitas 5 Ah biasanya digunakan untuk jenis motor bebek, sedangkan aki dengan kapasitas lebih besar seperti 10  Ah biasanya digunakan untuk jenis motor sport.


3. Sesuaikan Dengan Budget Anda

Sesuaikan-Dengan-Budget-Anda

Banyak macam jenis aki yang beredar di pasaran yang tentunya memiliki harga yang berbeda-beda pula. Namun tak bisa dipungkiri, harga yang semakin tinggi tentunya akan sebanding dengan kualitasnya. Jika ingin aki dengan kualitas bagus, maka siapkan budget yang lebih banyak.


Rekomendasi Macam-macam Merk Aki Kering Motor Terbaik

1. Bosch

Bosch

Aki yang satu ini merupakan aki motor yang cukup best seller dan tentu sudah berlisensi SNI. Umumnya, aki Bosch digunakan pada jenis motor matic karena teknologi yang terdapat pada aki ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan motor matic. Pada bagian tampilannya, Bosch menggunakan material plastik ABS (plastik keras) dengan body berwarna biru.

Bosch juga telah menghadirkan teknologi baru pada produknya yakni AGM (Absorbent Glass Mat). Teknologi tersebut memungkinkan penggunanya untuk tetap bisa menghidupkan mesin motor meski dalam keadaan dingin. Manfaat lain dari teknologi ini ialah aki menjadi lebih tahan lama dan berumur panjang, sehingga membuat penggunanya lebih hemat biaya.

Aki yang satu ini juga memiliki sifat Maintenance Free (MF), sehingga tidak memerlukan perawatan. Hal ini tentunya cocok bagi Anda yang memiliki kesibukan padat atau sekadar menginginkan produk praktis tanpa banyak perawatan. Bosch juga sudah beralih dari air accu menjadi elektrolit yang dipadatkan menjadi bentuk gel.

Fungsinya adalah mencegah aki bocor ketika terjadi guncangan. Selain itu, dengan menggunakan bahan gel tentunya akan membuat perawatan aki lebih mudah dan lebih tahan lama.


2. GS Astra

GS-Astra

Merk aki kering motor selanjutnya ialah GS Astra. Kredibilitas merk yang satu ini sudah tidak bisa diragukan lagi. Kualitasnya juga sangat mumpuni. Aki ini mampu bertahan di berbagai cuaca seperti musim penghujan dan musim panas, sehingga cocok digunakan pada wilayah yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia.

GS Astra kini juga telah memproduksi varian aki yang diperuntukkan untuk jenis kendaraan yang berbeda-beda, terutama pada bagian ccnya. GS Astra telah menyediakan aki dengan berbagai kapasitas yang bisa digunakan pada jenis motor matic dari cc rendah hingga cc tinggi. Pengguna juga akan dimanjakan dengan kemudahan dalam merawatnya.

Aki ini juga sudah dilengkapi dengan body berbahan anti korosi. Dengan daya start yang tinggi, para penggunanya dimanjakan dengan kemudahan menyalakan mesin motor, meski dalam keadaan mesin dingin atau sudah lama tidak dinyalakan. Hal ini akan membuat motor tetap aman, meskipun sudah tidak digunakan dalam jangka panjang.

Penggunaannya juga cukup lama karena telah dilengkapi dengan kemampuan menyerap energi yang lebih tinggi. Aktivitas yang biasa dilakukan oleh para pengguna aki konvensional yaitu mengisi air aki meski sudah tidak diperlukan, namun untuk aki merk ini Anda akan lebih dimudahkan dalam perawatannya.


3. Motobatt

Motobatt

Aki yang satu ini termasuk yang paling banyak diminati. Namun, terkadang harga aki ini melambung karena adanya kelangkaan atau kehabisan stok produk ini. Pada bagian fisiknya, aki ini memiliki rangka yang cukup kuat, sehingga membuatnya aman dan tahan terhadap guncangan. Pengguna aki ini bisa berkendara dengan leluasa di medan seperti apapun.

Untuk teknologinya, Motobatt tidak lagi menggunakan air accu atau accu zur. Motobatt telah menerapkan gel sebagai ganti dari air accu, sehingga lebih tahan lama dari waktu penggantian yang semestinya. Kemampuan gel untuk menghantarkan listrik juga membuat komponen-komponen yang terdapat pada aki ini dapat bekerja secara lebih maksimal.

Penggunaannya pun bisa disesuaikan dengan berbagai macam jenis motor, mulai dari motor matic, motor bebek, hingga motor drag race sekalipun. Untuk bobot akinya sendiri terbilang ringan, sehingga cocok digunakan pada motor ber cc kecil. Untuk kapasitas amperenya, aki ini tersedia dalam varian mulai dari 5A hingga 33A.


4. Yuasa

Yuasa

Rekomendasi selanjutnya ialah aki motor Yuasa. Aki ini merupakan produk pabrikan Jepang yang cukup best seller di Indonesia. Banyak yang mengatakan bahwa kualitas aki yang satu ini bisa dibilang mapu mengimbangi aki GS Astra. Saat ini, telah banyak produk Yuasa yang dipasarkan di Indonesia, terutama aki untuk jenis motor Matic.

Dari segi harga, Yuasa termasuk merk aki kering dengan harga terjangkau. Aki merk ini tersedia dalam beberapa varian dengan kisaran harga mulai dari Rp185.000,00 hingga Rp450.000,00. Namun tidak seperti produk sebelumnya, Yuasa tidak menggunakan teknologi gel sebagai pengganti air accu, sehingga mengharuskan penggunanya untuk memeriksa air accu.

Dari segi penggunaan, Yuasa cocok digunakan oleh motor yang beroperasi di iklim tropis, sehingga kualitas performanya tidak akan menurun, baik saat musim panas atau hujan. Separator yang digunakan Yuasa menggunakan struktur sel, sehingga tetap aman terhadap guncangan. Dengan bahan baku dari serbuk timah, aki ini mampu menghantarkan energi listrik lebih baik.

Aki adalah komponen penting yang tidak bisa dipisahkan dari kendaraan bermotor. Dengan berbagai teknologi yang disesuaikan dengan motor-motor yang beredar di pasaran, khususnya di pasar Indonesia, merk aki kering motor di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda. Kualitas dan kemudahan dalam merawat aki di atas juga akan memanjakan Anda saat berkendara menggunakan motor.


Baca Juga : 8 Merk Helm Terkenal Dan Berkualitas

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan