4 Merk Aki Kering Mobil yang Bagus dan Tahan Lama

Posted on

Saat ini, dunia tumbuh dan membentuk sebuah sistem dalam masyarakat yang menuntut kita untuk bisa berpindah-pindah ke suatu tempat dengan cepat. Seiring berkembangnya zaman, terciptalah kendaraan-kendaraan modern yang memungkinkan Anda untuk bisa bermobilitas dengan cepat dan efisien.

Bagi Anda yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi, namun ingin menghindari paparan debu, panas, atau hujan, mobil pasti menjadi pilihan Anda. Salah satu komponen yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mobil ialah aki. Merk aki kering mobil terbaik bisa Anda simak di bawah ini, namun sebelumnya akan kami berikan tips-tips untuk memilih aki mobil.


Tips Memilih Merk Aki Kering Mobil Terbaik

1. Sesuaikan Spesifikasi Aki Dengan Kebutuhan Mobil Anda

Sesuaikan-Spesifikasi-Aki-Dengan-Kebutuhan-Mobil-Anda

Aki memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan setiap jenis mobil membutuhkan aki dengan kapasitas berbeda pula. Belum lagi jika mobil Anda telah dimodifikasi sedemikian rupa seperti perubahan pada bagian lighting mobil menjadi lebih terang atau sound systemnya. Hal tersebut dapat mengubah kebutuhan listrik pada mobil Anda.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan jenis kendaraan roda empat yang Anda miliki. Baik mobil, pickup, maupun truk, membutuhkan kapasitas aki yang berbeda pula. Untuk memastikannya, konsultasikan aki terbaik yang akan Anda gunakan terlebih dahulu dengan bengkel pilihan Anda.


2. Hindari Menggunakan Aki Bekas

Hindari-Menggunakan-Aki-Bekas

Banyak orang yang memilih untuk menggunakan aki bekas karena harganya yang lebih terjangkau. Padahal kenyataannya, menggunakan aki bekas hanya akan memperburuk keadaan mobil Anda. Suatu saat Anda akan merogoh kocek lebih dalam akibat kerusakan yang ditimbulkan karena menggunakan aki bekas.


3. Pilihlah Toko Yang Tepat dan Terpercaya

Pilihlah-Toko-Yang-Tepat-dan-Terpercaya

Salah satu hal terpenting dalam memilih aki adalah pemilihan toko yang tepat. Banyak toko yang melakukan kecurangan dengan mengemas aki rekondisi agar terlihat seperti baru. Oleh karena itu, pilihlah toko yang memiliki reputasi yang baik. Salah satu yang bisa menjadi bahan penilaian Anda adalah melihat apakah toko tersebut menyediakan garansi atau tidak.


4. Sesuaikan Budget Anda

Sesuaikan-Budget-Anda

Banyak terdapat merk aki kering untuk mobil yang bisa Anda pilih, yang tentunya memiliki kualitas dan harga yang berbeda-beda. Anda bisa menyesuaikan budget yang Anda miliki dengan jenis aki yang akan digunakan.


5. Sesuaikan Dimensi Aki

Sesuaikan-Dimensi-Aki

Setiap kendaraan memiliki space atau ruang aki yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apakah aki yang akan Anda gunakan memiliki ukuran yang sesuai dengan ukuran ruang aki pada kendaraan.


4 Rekomendasi Merk Aki Kering Mobil Terbaik

1. GS Astra

GS-Astra

Di urutan pertama, produk aki yang sudah tidak diragukan lagi di dunia otomotif, yaitu GS Astra. Aki yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di Indonesia, karena sudah dilengkapi dengan komponen yang memungkinkan kendaraanbisa memiliki performa yang baik dan bisa bertahan di berbagai cuaca di wilayah iklim tropis Indonesia.

Dengan performa yang tangguh, GS Astra juga menyediakan berbagai macam tipe aki yang bisa Anda pilih, mulai dari tipe aki kering/maintenance free, VRLA, hybrid, hingga aki dengan kualitas premium. Dengan berbagai pilihan yang ada, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Namun, jika Anda menginginkan yang praktis dalam perawatannya, aki maintenance free bisa menjadi pilihan tepat.

Dengan daya start yang tinggi, memungkinkan penggunanya untuk tetap bisa menyalakan mesin mobil dengan mudah, meskipun dalam keadaan mesin yang dingin atau mobil sudah lama tidak dinyalakan. Merk aki kering mobil yang satu ini juga memiliki desain yang tangguh. Harga yang dipatok untuk aki merk GS Astra ini yaitu kisaran harga 600 ribuan hingga 1 jutaan.


2. GForce

GForce

Aki GForce merupakan aki yang cukup terkenal dan populer. Aki ini biasanya digunakan untuk kendaraan yang mengangkut muatan berat, seperti mobil pickup, truk, atau bus. Dengan muatan yang lebih berat, kendaraan pastinya akan membutuhkan sistem pengapian yang maksimal. Kebutuhan ini tentunya bisa diakomodir oleh kapasitas GForce yang mumpuni.

Dari segi material, aki ini terbuat dari material lead alloy yang memungkinkan aki bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama. GForce juga menyediakan aki dengan berbagai jenis, yakni aki kering dan aki basah. Untuk Anda yang menginginkan perawatan yang minim dan praktis, aki kering bisa menjadi pilihan Anda karena sifatnya bebas perawatan.

Pada bagian platenya, GForce menggunakan bahan material timah murni yang didesain khusus demi memaksimalkan performa dan efisiensi kendaraan. Untuk dapat menggunakan aki yang satu ini, Anda perlu menyiapkan budget dengan kisaran 400 ribuan sampai 1 jutaan.


3. Yuasa

Yuasa

Untuk merk yang satu ini, sudah tidak perlu diragukan lagi karena memiliki performa dan kualitas yang terjamin. Material pada aki Yuasa menggunakan bahan baku berkualitas. Dengan proses perakitan yang terbilang sistematis dan teliti, Yuasa menjadi salah satu merk aki mobil terbaik yang pantas untuk Anda pertimbangkan.

Pengguna Yuasa akan dimanjakan dengan sistem kelistrikan yang baik pada setiap kendaraan. Aki yang satu ini juga memiliki beberapa tipe yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yakni tipe Maintenance Free (MF) dan New Pafecta. Ada pula tipe DIN yang kapasitasnya sesuai dengan kendaraan-kendaraan produksi Eropa.

Kualitas yang terbilang presisi dari segi sambungan antar plat-plat akinya membuat aki merk ini memiliki keunggulan tersendiri. Tanpa harus mengisi daya tambahan, Anda bisa memasang aki ini langsung ke mobil Anda. Untuk bisa menggunakan aki merk Yuasa, Anda perlu menyiapkan budget dengan kisaran 500 ribu hingga 800 ribuan.


4. Power Plus

Power-Plus

Rekomendasi merk aki kering untuk mobil yang terakhir, yaitu Power Plus. Dengan menggunakan teknologi Absorbed Glass Matt (AGM) pada separatornya dan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi, aki ini memungkinkan penggunanya untuk tetap bisa menyalakan kendaraan dalam keadaan mesin dingin atau sudah lama tidak dinyalakan.

AGM merupakan separator yang memiliki rupa lembaran kaca berserat yang berfungsi menyerap air elektrolit pada aki secara menyeluruh, sehingga performanya semakin maksimal. Power Plus umumnya digunakan pada mobil berjenis truk yang notabene membutuhkan sistem pengapian yang bagus. Aki ini juga sudah beredar luas di pasaran, sehingga mudah ditemukan.

Dengan difasilitasi garansi selama 6 bulan, Power Plus memiliki kapasitas kelistrikan yang mumpuni yakni 12 Volt dengan Ampere Hour (AH) sebesar 50 Ah yang membuat laju kendaraan menjadi lebih efisien. Untuk menggunakan aki Power Plus, Anda perlu menyiapkan kocek sebesar 400 ribu sampai 700 ribuan.

Kendaraan merupakan fasilitas yang cukup penting untuk kehidupan kita sehari-hari. Apapun kendaraan Anda, baik mobil, truk besar, pick up, maupun bus, pasti memiliki satu kebutuhan terpenting yaitu pada bagian komponen akinya. Merk aki kering mobil di atas adalah rekomendasi terbaik yang bisa Anda coba. Dengan aki yang terbaik, pastinya aktivitas Anda dalam bermobilitas menjadi lebih efisien.


Baca Juga : 4 Merk Aki Kering Motor yang Bagus dan Tahan Lama

Mungkin Dibawah Ini Yang Kamu Butuhkan