8 Merk Air Cooler Hemat Listrik yang Bagus dan Awet

Posted on

Merkbagus.id – Air Cooler dan air conditioner adalah dua hal yang berbeda, meskipun sedikit mirip tetapi sangat bertolak belakang. Jika air conditioner untuk mendinginkan ruangan, maka air cooler fungsinya untuk menyejukan ruangan dengan fungsi mirip kipas namun diberi tangki air. Air cooler ini lebih murah, mudah perawatannya, bisa dipindah-pindah dan merk air cooler yang bagus otomatis merk air cooler hemat listrik juga.

Tidak seperti AC yang mengkonsumsi banyak daya, air cooler jauh lebih hemat sehingga untuk rumah yang dayanya kecil, air cooler lebih pas. Akan tetapi, karena fungsinya menyejukan dengan dibantu air air cooler bisa membuat ruangan lembab. Untuk itu, sebelum membeli air cooler pastikan perhatikan tips di bawah ini supaya bukan saja air cooler bagus yang didapat tapi air cooler tidak membawa dampak negatif.

Tips Membeli Air Cooler yang Bagus dan Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelumnya

Seperti yang sudah dibahas tadi, air cooler bekerja dengan menyedot hawa panas yang kemudian dilewatkan tangki air dan udara yang lebih dingin dikeluarkan. Hal ini bisa menyebabkan ruangan terlalu lembab dan beberapa efek negatif lain. Selain itu ada banyak juga merk air cooler bertebaran sehingga memilihnya bukanlah hal yang mudah, pada tips di bawah ini, akan menjawab semua masalah di atas.

1. Ukur Luas Ruangan

Sebelum memilih air cooler, ukur betul-betul luas ruangan supaya air cooler tidak terlalu besar. Jika air cooler yang dibeli terlalu besar bisa membuat ruangan menjadi lembab dan potensi munculnya jamur cukup besar. Dengan mengetahui luas ruangan yang akan diberi air cooler nantinya saat membeli air cooler bisa mempertimbangkan hal ini.

2. Pastikan Sirkulasi Udara Lancar

Air cooler bekerja dengan menyedot hawa panas, jadi jika tidak ada pergantian udara maka tidak ada lagi hawa panas yang di sedot sehingga ruangan terlalu lembab. Ruangan yang terlalu lembab ini nantinya tidak akan terasa dingin lagi karena kelembaban yang ada.

Jadi pastikan ruangan yang akan ditaruh air cooler memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan sirkulasi udara yang baik, air cooler yang bagus juga menjadi lebih awet karena kerjanya menjadi tidak terlalu berat. Apabila terpaksa sirkulasi udara memang kurang lancar, sebaiknya tidak menyalakan air cooler lebih dari 4 jam selama terus-menerus.

3. Pilih Ukuran Air Cooler

Setelah mengetahui dua poin utama sebelum memilih air cooler, sekarang saatnya memilih ukuran air cooler. Ukuran air cooler yang ada berbeda, untuk memilih yang tepat bisa memperhatikan ukuran luas ruangan. Akan tetapi, karena air cooler portable dan bisa dipindah-pindah, tidak masalah jika dalam membelinya mempertimbangkan semua ruangan.

Pada saat menaruhnya nanti, selama sirkulasi udara lancar tinggal disesuaikan waktunya saja. Misalnya untuk ruangan yang kecil, jangan menyalakannya lebih dari 2 jam. Sedangkan untuk ruangan yang sesuai, bisa terus dinyalakan selama membutuhkan.

4. Perhatikan Kapasitas Tangki Air dan Es

Kapasitas tangki air dan es pada setiap air cooler biasanya berbeda, belum tentu yang tangki airnya besar mampu menampung es banyak. Sehingga hal ini perlu benar-benar diperhatikan ya, jangan sampai jika membutuhkan tempat es yang besar ternyata air cooler tidak mampu.

Untuk hal ini, selain melihat keterangan dalam kemasan sebaiknya langsung tanyakan pada penjualnya. Terkadang ada hal yang tidak dimuat di dalam kemasan seperti trik tertentu.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan masalah tangki penyimpanan adalah apa saja jenis air yang bisa dimasukan ke dalamnya. Umumnya hanya air biasa saja tanpa penambahan pewangi atau apapun karena bisa menyumbat filter. Tetapi, tidak menutup kemungkinan ada air cooler yang mampu diberi pewangi atau sejenisnya.

5. Pilih yang Indikator Airnya Jelas

Indikator air untuk alat penyejuk ini sangat penting karena jika saat air cooler dinyalakan dan tangki dalam keadaan kosong, selesai sudah. Pompa yang bertugas mengalirkan air tidak akan bisa dipergunakan lagi dan kecil kemungkinan bisa diservis.

Harga pompa ini walaupun tergantung setiap merk tapi tentunya tidaklah murah. Jadi memilih air cooler yang memiliki indikator air jelas dan bila mungkin memiliki tanda peringatan sangat penting. Saat pompa air ini tidak bisa digunakan maka alat penyejuk udara ini tidak ada bedanya sama sekali dengan kipas angin biasa.

6. Pilih yang Dilengkapi Remote

Sebelumnya, remote ini bukan berfungsi untuk mengatur suhu seperti yang ada pada AC ya. Hal ini karena air cooler belum bisa diatur suhunya, jika ingin lebih dingin maka secara manual tambahkan es.

Remote yang ada berfungsi untuk mengatur apakah fungsi penyejuk akan dihidupkan atau tidak. Selain itu bisa juga untuk tingkat kecepatan kipas. Apabila ada lebih dari satu jenis kipas, remote juga bisa untuk menentukan mana kipas yang akan dinyalakan, dengan begini jadi lebih praktis.

7. Daya yang Dibutuhkan

Sebenarnya daya yang dibutuhkan tidaklah sebesar AC, tapi bagi yang daya listrik di rumahnya kecil atau ingin lebih berhemat, yang satu ini jangan dilupakan. Informasi jelas mengenai daya biasanya sudah ada lengkap pada dus kemasan atau kartu manual penggunaan.

8. Belilah Merk yang Mudah Diklaim Garansi

Air cooler memang perawatannya mudah, hanya perlu menguras tangki air paling tidak 2 kali sebulan dan membersihkan filter. Akan tetapi, tetap saja kemungkinan seperti filter rusak dan pompa tidak bekerja walaupun tidak lupa menaruh air bisa terjadi.

Memilih merk yang mudah diklaim garansinya akan sangat membantu dalam hal ini. Pastikan juga bahwa garansi yang diberikan paling tidak selama satu tahun penuh dan tertulis garansi resmi. Jika garansi distributor maka tergantung distributor yang menyalurkan, biasanya klaim sulit dan waktu garansi juga lebih pendek.

9. Belilah Hanya dari Penjual Terpercaya

Penjual terpercaya biasanya bisa membantu klaim garansi dan juga memastikan produk yang dijualnya berfungsi dengan baik. Belum lagi untuk penjual yang besar, mereka tidak segan-segan untuk memberikan garansi toko selama 3-5 hari semenjak pemakaian.

Untuk penjual online, pilihlah juga yang memiliki garansi toko, biasanya tertulis garansi pengembalian produk. Waktu garansi pengembalian beragam, umumnya saat ini berlaku garansi pengembalian selama 15 hari.

10. Pertimbangkan Harga Produk

Mempertimbangkan harga produk sebelum membeli sesuatu sebaiknya selalu dilakukan agar pembelian yang dilakukan sepadan. Tentunya hal ini tergantung penilaian masing-masing individu dan budget yang sudah disiapkan.

Semua tips yang diperlukan untuk membeli air cooler yang bagus, apa yang perlu dipertimbangkan dulu sudah dibahas semuanya. Sekarang supaya lebih lengkap dan bermanfaat, informasi kali ini akan dilengkapi dengan rekomendasi merk air cooler yang bukan hanya bagus dan awet tetapi hemat listrik.

8 Rekomendasi Merk Air Cooler Hemat Listrik yang Awet dan Pasti Bagus

Untuk mengetahui merk apa saja yang masuk kedalam rekomendasi di bawah ini, langsung di simak saja ya? Semua rekomendasinya sudah pasti hemat listrik, awet saat digunakan dan merk air cooler yang bagus.

1. Sekai AC 0251

Merk air cooler terbaik 2019 ini sudah dilengkapi dengan remote dan hanya menghabiskan daya 65 watt saja, jadi sudah pasti hemat listrik. Selain itu pompa air dilengkapi dengan teknologi air safety switch yang otomatis mati ketika air habis.

Pada bagian tangki penyimpanan air, filter dapat menyaring debu sehingga udara yang keluar bersih dan air cooler menjadi lebih awet karena tidak macet. Untuk kipas, ada 3 kecepatan kipas yang disediakan dengan swing lebar sehingga lebih sejuk.

Kelebihan Sekai AC 0251

  • Kekuatan hembusan udara lebih dari 450 M3/H
  • Hanya menghabiskan air 0,3 Liter per jamnya
  • Dilengkapi dengan remot kontrol yang responsif
  • Garansi resmi 1 tahun
  • Terdapat roda di bagian kaki untuk mempermudah memindahkannya
  • Harganya bersahabat

Kekurangan Sekai AC 0251

  • Kapasitas tangki air hanya 4.5 Liter
  • Kotak es kurang besar

Harga Sekai AC 0251

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 826.588Diskon 7%
TokopediaRp 898.000
Shopee IndonesiaRp 826.500Diskon 7%
BukalapakRp 808.500
LazadaRp835.000

2. Sanken Sac-38

Produk satu ini termasuk air cooler terbaik dengan harga yang bersahabat, bayangkan saja dilengkapi dengan ion air tetapi masih dibawah 1 juta. Ion air ini membuat udara yang keluar aman dan bersih dari kuman sehingga para orang tua tidak perlu mengkhawatirkan bahaya air cooler untuk bayi.

Daya yang dibutuhkan juga hanya 69 watt, belum lagi kapasitas tangki air mencapai 6 liter. Kelebihan lain dari Sanken Sac-38 adalah filternya sudah dilengkapi dengan air bakteri yang membuat udara selalu bersih.

Kelebihan Sanken Sac-38

  • Tangki air yang besar hingga 6 liter
  • Daya yang dibutuhkan hanya 69 watt
  • Tempat penyimpanan es ada 4 kotak
  • Harganya terjangkau
  • Garansi resmi Sanken 1 tahun
  • Memiliki wide angle swing dengan 3 tingkat kecepatan
  • Indikator air jelas terlihat
  • Memiliki roda di bagian bawah
  • Memiliki pengaturan waktu
  • Dilengkapi remot

Kekurangan Sanken Sac-38

  • Kurang cocok untuk ruangan yang kecil
  • Termasuk merk yang cukup populer sehingga saat langka harga bisa naik

Harga Sanken Sac-38

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 865.000
TokopediaRp 895.000
Shopee IndonesiaRp 895.000
BukalapakRp 889.000
LazadaRp 835.000

3. Kangaroo KG50F09

Kangaroo KG50F09 merupakan air cooler multifungsi yang bukan hanya sebagai kipas namun humidifier juga. Sebagai salah satu air cooler terbaik 2018, produk satu ini dilengkapi dengan pengaturan otomatis normal, natural dan tidur. Sehingga kesejukannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan saat tidur suhu udaranya bisa pas.

Bagian pompa sudah menerapkan teknologi humidifying dan pada filter sudah dilengkapi ionizer, jadi bukan hanya awet tapi jadi lebih sehat. Lalu masalah daya, alat penyejuk satu ini hanya membutuhkan daya 65 watt saja, sangat hemat listrik bukan?

Kelebihan Kangaroo KG50F09

  • Kapasitas tangki air mencapai 8 Liter
  • Terdapat mode normal, natural dan tidur
  • Hemat Listrik
  • Dilengkapi ionizer
  • Dilengkapi remot kontrol

Kekurangan Kangaroo KG50F09

  • Indikator air kurang jelas
  • Harga sedikit lebih mahal

Harga Kangaroo KG50F09

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 1.250.000
TokopediaRp 889.000Diskon 35%
Shopee IndonesiaRp 1.130.000
BukalapakRp 889.000Diskon 35%
LazadaRp 800.000Diskon 46%

4. Sanyo REF-B130

Air cooler satu ini sedikit lebih ramping daripada yang lain sehingga cocok bagi ruangan yang lebih kecil. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar tapi sudah dilengkapi dengan sleep mode dan ionizer.

Untuk kecepatan juga dilengkapi dengan 3 tingkatan sehingga mudah disesuaikan. Mode ini bisa di set secara manual atau menggunakan remot kontrol yang tersedia.

Kelebihan Sanyo REF-B130

  • Bentuknya lebih ramping sehingga cocok untuk ruangan yang kecil
  • Terdapat sleep mode
  • Sudah dilengkapi dengan ionizer
  • Memiliki 3 tingkatan kecepatan kipas
  • Bisa diatur secara manual dan otomatis
  • Garansi resmi selama 1 tahun

Kekurangan Sanyo REF-B130

  • Tidak terdapat roda pada bagian bawah
  • Harga cukup mahal

Sanyo REF-B130

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 1.015.000
TokopediaRp 1.000.800
Shopee IndonesiaRp 1.250.000
BukalapakRp 1.550.000
LazadaRp 949.000Diskon 30%

5. Sharp PJ-A26MY-B

Sharp PJ-A26MY-B bisa dibilang merk air cooler sharp terbaik  dengan review yang memuaskan dari para penggunanya. Merk satu ini benar-benar favorit karena bukan saja terbukti hemat dan awet tapi memiliki banyak kelebihan dan harganya terjangkau.

Kapasitas tangki air lumayan besar yaitu 6 liter, dengan penambahan es, air cooler ini bahkan mampu membuat suhu berada pada kisaran 3-5 derajat Celcius. Auto swing lovers yang terpasang membuat udara menyebar secara horizontal sehingga mampu menyejukan seluruh ruangan.

Kelebihan Sharp PJ-A26MY-B

  • Bagian bawah dilengkapi dengan roda
  • Harganya bersahabat
  • Dilengkapi teknologi filter terbaru
  • Harga bersahabat
  • Garansi resmi Sharp selama 1 tahun
  • remot kontrol yang responsif
  • Tersedia 2 pilihan warna yaitu hitam dan putih

Kekurangan Sharp PJ-A26MY-B

  • Kurang cocok untuk ruangan kecil
  • Air cooler cukup besar sehingga membutuhkan ruangan yang lega

Harga Sharp PJ-A26MY-B

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 755.000Diskon 15%
TokopediaRp 749.000Diskon 10%
Shopee IndonesiaRp 900.000
BukalapakRp 850.000
LazadaRp 840.000

6. Mayaka CO-023 AL

 

Mayaka CO-023 AL mungkin merupakan air cooler yang dibutuhkan jika dirumah bukan hanya panas tapi juga banyak nyamuk. Air cooler satu ini dilengkapi dengan pengusir nyamuk dan sistem pad yang kuat.

Pada bagian atas, terdapat tombol yang bisa membuat arah angin menjadi ke kiri atau kekanan. Untuk masalah filter, Mayaka CO-023 AL sudah tersertifikasi HEPA sehingga sudah pasti aman dan bebas kuman.

Kelebihan Mayaka CO-023 AL

  • Memiliki teknologi evaporation core
  • Terdapat mechanical button untuk pengaturan
  • Bisa menjadi alat pengusir nyamuk
  • Ada 3 tingkat kecepatan
  • Pada bagian bawah terdapat roda
  • Harga bersahabat

Kekurangan Mayaka CO-023 AL

  • Hanya terdapat 2 buah boks es
  • Cukup sulit didapatkan kecuali pada kota besar

Harga Mayaka CO-023 AL

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 699.000Diskon 12%
TokopediaRp 800.000
Shopee IndonesiaRp 861.000
BukalapakRp 778.000
LazadaRp 823.000

7. Symphony Ice Cube i AC

Symphony Ice Cube i AC mungkin belum terlalu sering didengar, tetapi merk satu ini merupakan ice cooler yang bagus dan hemat listrik. Apalagi sudah dilengkapi dengan sistem timer hingga 7 jam dan alarm saat tangki kosong yang bisa diandalkan.

Bagi yang bermasalah dengan nyamuk, produk satu ini bisa membantu sekaligus hadir dengan filter canggih sehingga kualitas udara menjadi lebih baik. Air cooler satu ini, diperuntukan untuk ruangan yang luas sehingga wajar jika daya yang dibutuhkan mencapai 105 watt.

Kelebihan Symphony Ice Cube i AC

  • Tangki air yang sangat besar hingga 17 liter
  • Dilengkapi dengan teknologi dura pompa sehingga pompa lebih awet
  • Air cooler bisa diubah arahnya tanpa merubah posisi
  • Dilengkapi roda pada bagian bawah
  • Memiliki 3 level kecepatan yang berbeda

Kekurangan Symphony Ice Cube i AC

  • Khusus untuk ruangan yang besar
  • Harganya cukup mahal

Harga Symphony Ice Cube i AC

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 1.520.000
TokopediaRp 1.580.000
Shopee IndonesiaRp 1.200.000Diskon 20%
BukalapakRp 1.619.000
LazadaRp –

8. Gree KSWK-0502A

Gree KSWK-0502A hadir dengan 3D filter yang mampu menyaring debu dan partikel jahat, sehingga kualitas udara lebih sehat dihirup. Arah angin juga bisa dirubah bukan hanya kekanan dan kiri saja namun atas dan bawah tidak seperti air cooler kebanyakan.

Bagian bawah, dilengkapi roda yang membuat produk satu ini mudah dipindah dari satu ruangan ke ruangan lain. Lalu masalah daya, sudah pasti hemat listrik karena hanya membutuhkan 65 watt.

Kelebihan Gree KSWK-0502A

  • Hemat listrik
  • Garansi resmi Gree selama 1 tahun dan dilengkapi buku panduan
  • Bagian bawah terdapat roda yang kuat
  • Tipe kipas adalah soft fan
  • Menggunakan teknologi 3D filter pada penyaringannya

Kekurangan Gree KSWK-0502A

  • Belum dilengkapi remot
  • Kapasitas tangki air hanya 5 Liter

Harga Gree KSWK-0502A

Nama TokoHargaKeterangan
BlibliRp 925.000
TokopediaRp 945.000
Shopee IndonesiaRp 950.000
BukalapakRp 950.000
LazadaRp 950.000

Rekomendasi Produk Air Cooler terbaik

Untuk memilih satu produk air cooler terbaik 2019 dari semua rekomendasi yang bukan hanya bagus tapi juga hemat listrik dan awet di atas, bukanlah hal yang mudah. Sehingga berbagai faktor perlu dilihat termasuk masalah harga yang ditawarkan.

Keputusan akhirnya, Sharp PJ-A26MY-B adalah rekomendasi produk terbaik untuk kali ini. Dilihat dari segi harga yang sangat terjangkau, lalu berbagai fasilitas yang ada termasuk hemat daya, dilengkapi remot kontrol dan kapasitas tangkinya cukup besar.

Produk satu ini juga menyediakan 2 pilihan warna yaitu hitam dan putih sehingga bisa disesuaikan dengan desain ruangan. Adanya roda yang kuat pada bagian bawah juga tidak bisa diabaikan karena mempermudah jika ingin memindahkannya ke ruangan lain.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan air cooler yang hemat listrik, bagus dan sudah pasti awet ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini sudah tertuang dalam tips yang sudah dibagikan di atas. Lalu, sebelum memutuskan untuk membeli air cooler juga ada yang perlu diperhatikan seperti memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Baca juga: 12 Merk Oven Listrik yang Bagus dan Hemat Listrik

Setelah mengetahui tipsnya, perkara mudah untuk menentukan merk air cooler hemat listrik yang bukan hanya sekedar bagus dan awet. Beberapa rekomendasi merk di atas bisa dijadikan pertimbangan menentukan mana yang akan dipilih.

Setelah semua hal selesai dibahas, tiba saatnya untuk mengakhiri topik pembahasan mengenai air cooler kali ini. Bagi yang memiliki pertanyaan bisa disampaikan, atau kalau ingin membagikan informasi bermanfaat ini juga pasti diizinkan.